Yuk, Cek PLN Online agar Lebih Praktis!

Cara cek PLN online

Cara cek tagihan listrik sebenarnya tidak hanya bisa dilakukan lewat aplikasi atau website, tetapi juga lewat SMS dan call center. Untuk pengecekan lewat SMS, cukup dengan mengirim SMS ke nomor 8123 dengan format pesan REK NO ID Pelanggan. Contohnya, REK 0123456789. Setelah itu, tunggu sampai kamu mendapat balasan berupa tagihan listrik yang harus dibayarkan. Sementara itu, jika lewat call center, kamu perlu menghubungi nomor 123. Setelah tersambung, ikuti instruksi yang disampaikan operator sampai pada pilihan cek tagihan listrik PLN. Kemudian, berikan nomor ID langganan PLN untuk validasi data. Setelah itu, operator akan memberikan tagihan bulanan listrik kamu. Kalau ingin cara yang lebih gampang, maka kamu bisa cek PLN online. Tinggal pilih salah satu dari ketiga cara di bawah ini:

Cara cek PLN online lewat aplikasi

Cara cek PLN online yang pertama bisa dilakukan lewat aplikasi PLN Mobile. Pertama-tama, download terlebih dahulu aplikasinya di App Store atau Google Play Store, kemudian ikut langkah-langkah berikut:

1. Buka aplikasi PLN Mobile dan daftarkan diri kamu.
2. Isi nama lengkap, ID pelanggan, nomor meter, dan data yang diperlukan lainnya.
3. Pilih menu Informasi pada halaman depan dashboard akun kamu.
4. Pilih Informasi Tagihan dan Token Listrik
5. Setelah itu, sistem akan otomatis menampilkan tagihan listrik, jumlah pemakaian, serta riwayat tagihan listrik.

Sementara untuk pembayarannya bisa dilakukan di aplikasi yang sama. Caranya dengan pergi ke menu Kelistrikan, Token dan Pembayaran, kemudian ikuti instruksi untuk melakukan pembayaran.

BACA JUGA :  2 Cara Mudah Cek Kuota Indosat, Paling di Rekomendasi

Cara cek PLN online lewat email

Selain lewat aplikasi, cek tagihan listrik juga bisa dilakukan via email. Namun, kamu perlu terdaftar di e-billing PLN terlebih dahulu agar bisa mendapat email tagihan listrik. Bagi yang sudah punya e-billing, cek tagihan listrik bisa dilakukan dengan cara berikut ini:

1. Buka email pribadi, kemudian buat email.
2. Masukkan alamat email PLN, yaitu [email protected]
3. Sebutkan ID pelanggan kamu atau nomor meteran.
4. Sebutkan pula domisili PLN.
5. Kirim email dan tunggu balasan berupa tagihan listrik dari PLN.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai pengecekan tagihan lewat email atau e-billing, bisa kamu tanyakan langsung via email yang sama atau media sosial resmi PLN.

Cara cek PLN online lewat aplikasi PLN Mobile

Pertama-tama, cara cek PLN online yang pertama adalah melalui aplikasi PLN Mobile. Untuk menggunakan cara ini, kamu perlu mengunduh aplikasi PLN Mobile terlebih dahulu melalui App Store atau Google Play Store. Setelah mengunduh aplikasi, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka aplikasi PLN Mobile dan lakukan proses pendaftaran dengan mengisi data diri yang diminta, seperti nama lengkap, ID pelanggan, nomor meter, dan data lainnya yang diperlukan.
2. Setelah melakukan pendaftaran, kamu akan diarahkan ke halaman dashboard akun kamu.
3. Pilih menu Informasi pada halaman depan dashboard akun kamu.
4. Di dalam menu Informasi, kamu akan menemukan opsi untuk melihat tagihan dan token listrik.
5. Klik opsi Informasi Tagihan dan Token Listrik.
6. Setelah itu, sistem akan secara otomatis menampilkan tagihan listrik yang harus kamu bayar, jumlah pemakaian listrik, serta riwayat tagihan listrik sebelumnya.

Selain itu, aplikasi PLN Mobile juga menyediakan fitur pembayaran tagihan listrik. Untuk melakukan pembayaran, kamu bisa pergi ke menu Kelistrikan, Token dan Pembayaran, dan ikuti instruksi yang tertera di aplikasi tersebut.

BACA JUGA :  3 Cara Memaketkan Pulsa AXIS Menjadi Paket Internet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *