What is Schengen Visa for Indonesian? Read This!

Schengen Visa Definition

Schengen Visa adalah jenis visa yang diperlukan oleh warga negara Indonesia yang ingin mengunjungi negara-negara di wilayah Schengen. Wilayah Schengen terdiri dari 26 negara di Eropa, termasuk Austria, Belgia, Republik Ceko, Denmark, Estonia, Finlandia, Prancis, Jerman, Yunani, Hungaria, Islandia, Italia, Latvia, Liechtenstein, Lituania, Luksemburg, Malta, Belanda, Norwegia, Polandia, Portugal, Slovakia, Slovenia, Spanyol, Swedia, dan Swiss.

Dengan Schengen Visa, warga negara Indonesia dapat tinggal di negara-negara Schengen selama maksimal 90 hari. Visa ini dapat digunakan untuk berbagai tujuan, seperti liburan, mengunjungi keluarga atau teman, perjalanan bisnis, atau keperluan lainnya, asalkan tidak melebihi batas waktu yang ditentukan. Untuk mendapatkan Schengen Visa, terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi.

Persyaratan Pengajuan Schengen Visa untuk Warga Negara Indonesia

Untuk mengajukan Schengen Visa, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh warga negara Indonesia, antara lain:

1. Formulir aplikasi Schengen Visa.
Calon pemegang visa harus mengisi formulir aplikasi Schengen Visa secara lengkap dan akurat. Formulir ini berisi informasi pribadi, seperti nama, alamat, tanggal lahir, dan tujuan perjalanan.

2. Paspor yang masih berlaku.
Paspor yang digunakan untuk mengajukan visa harus masih berlaku minimal enam bulan sejak tanggal kedaluwarsa visa yang diminta. Paspor juga harus memiliki setidaknya dua halaman kosong untuk menempatkan visa.

3. Foto paspor terbaru.
Calon pemegang visa harus menyertakan foto paspor terbaru dengan latar belakang abu-abu. Foto ini harus sesuai dengan ukuran yang ditentukan, yaitu 3,5 cm x 4,5 cm.

BACA JUGA :  Cara Bayar Indihome Tepat Waktu Agar Tidak Kena Blokir

4. Tiket pesawat pulang-pergi.
Calon pemegang visa harus menyertakan bukti pemesanan tiket pesawat pulang-pergi yang valid. Tiket ini harus menunjukkan tanggal penerbangan yang sesuai dengan rencana perjalanan yang diajukan.

5. Reservasi hotel.
Calon pemegang visa harus menyertakan bukti reservasi hotel selama tinggal di negara-negara Schengen. Bukti ini dapat berupa konfirmasi pemesanan hotel atau surat jaminan dari keluarga atau teman yang tinggal di negara tersebut.

6. Rekening bank selama tiga bulan terakhir.
Calon pemegang visa harus menyertakan salinan rekening bank selama tiga bulan terakhir. Salinan ini akan digunakan untuk menunjukkan bukti keuangan yang mencukupi selama tinggal di negara-negara Schengen.

7. Asuransi perjalanan.
Calon pemegang visa harus memiliki polis asuransi perjalanan yang mencakup seluruh periode tinggal di negara-negara Schengen. Asuransi ini harus memiliki cakupan minimal €30.000 untuk biaya medis darurat dan repatriasi.

8. Surat sponsor keuangan.
Jika calon pemegang visa tidak memiliki cukup dana untuk membiayai perjalanan, mereka harus menyertakan surat sponsor keuangan. Surat ini harus ditandatangani oleh sponsor dan menyatakan komitmen mereka untuk membiayai perjalanan yang diajukan.

Selain persyaratan di atas, pemohon di bawah usia 18 tahun harus didampingi oleh orang tua atau wali saat mengajukan Schengen Visa. Mereka juga harus menyertakan persyaratan tambahan, seperti akta kelahiran, akta cerai jika orang tua bercerai, dan akta kematian jika salah satu atau kedua orang tua telah meninggal dunia.

Setelah semua persyaratan telah dipenuhi, calon pemegang visa dapat melanjutkan proses pengajuan Schengen Visa dengan mengikuti langkah-langkah berikut.

1. Mengajukan Aplikasi

Calon pemegang visa harus datang langsung ke kedutaan atau VFS Global dan mengajukan persyaratan lengkap pada waktu yang telah ditentukan. Waktu ini ditentukan saat membuat janji dengan institusi yang dipilih. Jika Anda mengajukan visa melalui VFS Global, Anda tidak perlu menunggu terlalu lama antara janji dan pengajuan.

BACA JUGA :  Mau Jadi Supplier Baju Import? Cek Dulu Serba-serbinya di Sini

Terdapat juga pengecualian visa Schengen untuk pemegang paspor diplomatik Indonesia. Mereka akan mendapatkan waktu yang sangat singkat setelah janji untuk melakukan pengajuan.

2. Wawancara dan Pembayaran

Anda akan dipanggil untuk melakukan wawancara setelah persyaratan Anda diterima. Pada saat itu, Anda juga akan melakukan pengambilan foto dan sidik jari serta pembayaran visa. Harga yang harus Anda bayar adalah €80, namun €40 untuk anak usia 6-12 tahun, dan gratis untuk mereka yang berusia di bawah enam tahun.

Karena Anda mengajukan Schengen Visa untuk warga negara Indonesia, Anda dapat menggunakan rupiah untuk pembayaran. Oleh karena itu, sekitar 1,3 juta rupiah untuk yang berusia di atas 12 tahun, dan sekitar 650 ribu rupiah untuk anak usia 6-12 tahun.

3. Tunggu Proses

Setelah semua pemeriksaan selesai dilakukan oleh kedutaan atau VFS Global, Anda akan diberitahu tentang status visa Anda. Proses pembuatan Schengen Visa biasanya memakan waktu sekitar 15 hari. Anda tidak perlu mengambil visa sendiri karena akan dikirimkan kepada Anda melalui kurir.

Tips untuk Pemula

Mengajukan Schengen Visa untuk warga negara Indonesia tidaklah sulit selama Anda mengikuti langkah-langkah dengan benar. Selain itu, ada beberapa tips untuk membuat aplikasi lebih nyaman.

Pertama, Anda dapat membuat itinerary perjalanan Anda ke Eropa sebelum mengajukan Schengen Visa. Dengan itinerary yang terperinci, Anda akan tahu negara mana yang akan Anda habiskan waktu paling lama. Penting untuk memutuskan ke kedutaan mana Anda harus datang untuk mengajukan visa. Misalnya, Schengen Visa Indonesia Jerman.

Kedua, pastikan bahwa persyaratan Anda benar-benar lengkap untuk menghindari penundaan atau penolakan dalam pengajuan Schengen Visa. Jika visa Anda ditolak, Anda masih dapat memperbaiki beberapa hal nantinya. Anda dapat mengajukan visa setidaknya enam bulan sebelum perjalanan Anda, sehingga Anda tidak perlu terburu-buru.

BACA JUGA :  Pulsa Darurat XL Bikin Tetap Bisa Komunikasi Saat Genting, Gimana Caranya?

Terakhir, Anda harus menginstal aplikasi sobatcloud.com di smartphone Anda. Ketika Anda melakukan perjalanan ke Eropa dengan Schengen Visa untuk warga negara Indonesia, Anda pasti melakukan beberapa transaksi untuk apa pun. sobatcloud.com memungkinkan Anda melakukan transaksi luar negeri dengan mudah berkat fitur keren sobatcloud.com Globe.

Dengan mengikuti langkah-langkah yang benar dan memenuhi persyaratan yang diperlukan, Anda dapat mengajukan Schengen Visa dan menikmati liburan Anda di negara-negara Schengen dengan nyaman. Jangan lupa untuk mempersiapkan semua dokumen dan persyaratan dengan teliti agar tidak ada masalah selama proses pengajuan visa. Selamat berlibur!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *