Penting! Ini Plus Minus Kirim Uang ke Luar Negeri Pakai Western Union

Kelebihan dan Kekurangan Layanan Pengiriman Uang Western Union

Western Union (WU) adalah salah satu penyedia layanan pengiriman uang ke luar negeri yang telah beroperasi sejak abad ke-19. Seiring dengan berjalannya waktu, WU telah menjadi salah satu pilihan utama bagi banyak orang yang ingin mengirim uang ke berbagai negara. Namun, seperti halnya bisnis lainnya, WU juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu kamu ketahui sebelum memutuskan untuk menggunakan layanan ini.

Kelebihan Western Union

Sebagai salah satu layanan pengiriman uang ke luar negeri yang telah berdiri sejak lama, WU memiliki beberapa kelebihan yang menjadi alasan mengapa banyak orang memilih layanan ini. Berikut adalah beberapa kelebihan dari layanan pengiriman uang Western Union:

1. Jangkauan Luas

Kelebihan pertama dari layanan pengiriman uang WU adalah jangkauan yang sangat luas. WU hadir di 200 negara di seluruh dunia dengan jumlah agen mencapai lebih dari 500 ribu. Hal ini membuat kamu dapat dengan mudah mengirim uang ke mana saja dan dari mana saja. Jadi, jika kamu memiliki keluarga atau teman di luar negeri dan ingin mengirim uang kepada mereka, WU adalah salah satu pilihan terbaik.

2. Keamanan Terjamin

Pemanfaatan layanan WU juga memberikan kelebihan dari segi tingkat keamanan. WU menyediakan fitur yang dapat kamu gunakan untuk melacak pengiriman uang. Jika terjadi kesalahan dalam proses pengiriman, WU juga menyediakan fasilitas refund. Untuk mengajukan permintaan refund, kamu dapat mengisi formulir Money Order Refund Request yang tersedia di situs web resmi WU. Setelah menginformasikan data pengiriman uang secara detail, WU akan melakukan refund dalam waktu sekitar 30 hari.

BACA JUGA :  Wajib Tahu! Ini Alasan Mati Listrik Mendadak dan Cara Mengatasinya

3. Kemudahan Cara Pemakaian

Pemakaian layanan WU dalam mengirim uang ke luar negeri juga sangat mudah. WU menyediakan berbagai opsi cara pengiriman uang yang dapat kamu manfaatkan. Bahkan, kamu dapat mengirim uang ke luar negeri meskipun tidak memiliki rekening. Ada tiga metode pengiriman uang yang bisa kamu lakukan:

– Pertama, kamu dapat mengirim uang dengan cara langsung mendatangi agen WU terdekat. Kamu bisa menemukan informasi terkait lokasi agen lewat website resmi WU. Penerima uang dapat mengambil uang tersebut di agen terdekat, rekening, atau e-wallet.

– Kedua, kamu juga dapat menggunakan website resmi WU untuk melakukan proses pengiriman uang. Proses ini dapat dilakukan dari mana saja dan kapan saja. Penerima uang juga memiliki opsi untuk mengambil uang di agen, rekening, atau e-wallet.

– Ketiga, terdapat juga opsi memanfaatkan aplikasi Western Union yang dapat diunduh melalui platform Android maupun iOS. Aplikasi ini memudahkan kamu dalam mengirim uang ke luar negeri dengan cepat dan mudah.

Kekurangan Western Union

Meskipun WU menawarkan berbagai kemudahan dalam pengiriman uang ke luar negeri, ada beberapa kelemahan yang perlu kamu pertimbangkan sebelum memutuskan untuk menggunakan layanan ini. Berikut adalah beberapa kekurangan dari layanan pengiriman uang Western Union:

1. Biaya

Faktor pertama yang menjadi kelemahan dari layanan WU adalah biaya. WU terkenal memiliki biaya pengiriman yang relatif mahal. Selain itu, kamu juga akan dikenakan biaya ekstra ketika menggunakan fasilitas penunjang yang mereka miliki. Salah satu contohnya adalah ketika kamu mengajukan permintaan refund. WU akan mengenakan biaya sebesar 15 USD untuk setiap pemrosesan refund. Biaya tersebut akan secara otomatis dipotong dari dana yang akan dikembalikan. Untuk permintaan refund dengan dana kurang dari 20 USD, WU mengenakan biaya sebesar 3 USD.

BACA JUGA :  Catat, 8 Universitas di New Zealand Ini Tawarkan Beasiswa!

2. Rawan Penipuan

Hal yang tak kalah penting adalah terkait risiko penipuan. Meskipun WU memiliki prosedur keamanan yang ketat, masih ada risiko penipuan yang harus diwaspadai. Ketika melakukan pengambilan uang kiriman melalui WU, kamu perlu memperlihatkan kartu identitas dan nomor transaksi. Namun, cukup banyak kasus penipuan yang terjadi dengan memanfaatkan layanan WU. Oleh karena itu, kamu harus tetap waspada dan berhati-hati dalam menggunakan layanan ini.

Dalam kesimpulannya, layanan pengiriman uang Western Union memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum menggunakannya. Kelebihan utamanya adalah jangkauan yang luas, keamanan yang terjamin, dan kemudahan dalam pemakaian. Namun, kekurangan seperti biaya yang mahal dan risiko penipuan juga perlu diperhatikan. Oleh karena itu, sebelum menggunakan layanan ini, kamu juga dapat mempertimbangkan alternatif lain.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *