Wajib Dicatat! Ini Keuntungan dan Tips Belanja di Alibaba

Apa Itu Alibaba?

 

Alibaba adalah platform jual beli skala global yang khusus melayani transaksi B2B atau bisnis dengan bisnis. Didirikan pada tahun 1999, Alibaba berhasil mengalahkan Amazon sebagai platform B2B terbesar di dunia. Kesuksesan Alibaba bukan tanpa rintangan dan kerja keras. Alibaba dikenal luas setelah berhasil membuat gebrakan mengenai cara kerja ekspor impor konvensional. Berbekal inovasi dan teknologi, Alibaba sukses mempertemukan jutaan pembeli dengan supplier setiap harinya.

 

Kehadiran Alibaba memudahkan setiap orang berbisnis tanpa batasan tempat dan waktu. Alibaba juga membantu kamu menemukan supplier atau vendor yang tepat dan sesuai kebutuhan. Bahkan, Alibaba juga membantu saat proses negosiasi bisnis dan melancarkan transaksi ekspor impor skala besar.

Keuntungan Membeli Produk di Alibaba

 

Sudah menjadi rahasia umum bahwa pebisnis mencari produk asal Tiongkok karena harganya terjangkau dengan kualitas yang tak perlu diragukan lagi. Beberapa keuntungan membeli produk di Alibaba, antara lain:

Harga Murah

 

Dibandingkan membeli barang serupa di marketplace lokal, kamu bisa mendapatkan harga lebih miring dengan membelinya langsung di Alibaba. Pembelian partai besar sangat menguntungkan karena kamu akan mendapatkan harga grosir. Bahkan, beberapa supplier tak jarang memberikan potongan harga tambahan. Hampir sebagian besar supplier di Alibaba juga memberikan kesempatan bagi kamu untuk melakukan negosiasi harga. Namun, perlu diingat bahwa negosiasi hanya bisa dilakukan dengan jumlah pembelian tertentu.

Supplier Bervariasi

 

Di Alibaba tersedia banyak supplier produk yang serupa sehingga memudahkan kamu memilih. Untuk mendapatkan harga terbaik, kamu bisa membandingkan harga antara supplier yang satu dengan lainnya. Jika perlu, catat di selembar kertas sehingga perbandingan tersebut tampak jelas.

BACA JUGA :  6 Cara Investasi Reksadana untuk Pemula

Navigasi Alibaba Mudah

 

Ketika berbelanja untuk pertama kalinya, kamu tidak akan kesulitan karena navigasi Alibaba mudah dipahami. Hal ini memungkinkan kamu mencari barang dan melakukan transaksi tanpa kendala berarti.

Efisien Waktu dan Biaya

 

Belanja di Alibaba menghemat waktu dan biaya. Pasalnya, kamu tidak perlu datang langsung ke China untuk mendapatkan produk yang diinginkan. Kamu hanya perlu melakukan pemesanan dan barang akan diterima dalam beberapa hari ke depan.

Tips Belanja di Alibaba

 

Untuk mendapatkan harga murah dan gratis ongkos kirim, kamu harus membuat akun di Alibaba lebih dulu. Setelahnya carilah produk yang diinginkan. Supaya lebih jelas berikut cara belanja di Alibaba ongkir murah.

    1. Filter Hasil Pencarian – gunakan menu option di bagian kiri halaman untuk memilah produk dalam waktu singkat. Cara ini efektif mengecilkan skala pencarian secara lebih spesifik. Bahkan, kamu juga bisa memfilter produk pencarian berdasarkan asal negara pembuat produk.

 

    1. Mencari Supplier – cara free shipping di Alibaba adalah carilah supplier berskala besar yang memiliki gudang di Indonesia. Selain mempersingkat durasi pengiriman, cara ini memungkinkan kamu mendapatkan gratis ongkos kirim.

 

    1. Cek Lencana Supplier – untuk memastikan bahwa supplier yang henda kamu pilih adalah penjual tepercaya, lakukan pengecekan lencana pada profil penjual. Lencana A&V menunjukkan bahwa supplier tersebut lulus verifikasi dan keaslian, sedangkan The Assessed Supplier Check mengindikasikan bahwa supplier sudah diverifikasi pihak ketiga. Lencana Onsite Check menunjukkan bahwa staff Alibaba sudah memastikan tempat atau gudang supplier di China.

 

    1. Submit RFQ – kirim Request for Quotation (RFQ) ke supplier di halaman yang tersedia. RFQ memperbesar peluang kamu mendapatkan produk sesuai spesifikasi dengan harga terjangkau. Pengiriman RFQ sangat disarankan bagi kamu yang ingin menjual produk umum di pasaran, tetapi memiliki ciri khas dan keunikannya tersendiri.
BACA JUGA :  Sering Dikira Sama, Ini 7 Perbedaan Jenis Tes TOEFL dan IELTS

 

Demikianlah sekilas informasi tentang cara belanja di Alibaba yang perlu diketahui. Berbekal informasi tersebut, kamu tak perlu lagi memulai bisnis jual beli produk asal Tiongkok.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *