Mengupas Salah Satu Kampus Top di Jepang – Universitas Tokyo

Sekilas Tentang Universitas Tokyo

Universitas Tokyo atau The University of Tokyo adalah salah satu perguruan tinggi terbaik di Jepang. Didirikan pada tahun 1877, universitas ini terletak di Kota Tokyo, Jepang. Universitas Tokyo dikenal dengan sebutan Todai atau UTokyo. Menurut QS Rankings 2023, Universitas Tokyo menduduki peringkat ke-23 dunia. Sedangkan menurut Times Higher Education, UTokyo menempati peringkat ke-6 sebagai kampus terbaik di seluruh Asia.

Universitas Tokyo telah berdiri sejak zaman imperialisme Jepang. Universitas ini terdiri dari lima kampus dan 10 fakultas. Jumlah mahasiswa di Universitas Tokyo mencapai 30.000 orang, di mana sekitar 2.100 di antaranya adalah mahasiswa internasional. Prestasi dan reputasi universitas ini membuatnya menjadi pilihan menarik bagi mereka yang bercita-cita kuliah di Jepang.

Universitas Tokyo dan Tokyo University of Foreign Studies: Sama kah?

Bagi sejumlah mahasiswa asing, Universitas Tokyo kerap dikira sama dengan Tokyo University of Foreign Studies (TUFS). Padahal keduanya adalah dua institusi yang berbeda. Tokyo University of Foreign Studies lebih mengarah ke kampus riset, terutama untuk studi bahasa asing, budaya, dan studi internasional. TUFS didirikan pada tahun 1873 di Kota Fuchu, Tokyo. Universitas ini menyediakan banyak program bahasa asing seperti bahasa Polandia, Kamboja, Laos, Jerman, Indonesia, dan masih banyak lagi.

Jurusan di Universitas Tokyo

Universitas Tokyo memiliki 10 fakultas yang menawarkan berbagai program studi. Kesepuluh fakultas tersebut adalah:

  1. Fakultas Pertanian: Fakultas Pertanian UTokyo memiliki tiga program studi, yaitu Ilmu Hayati Terapan, Ilmu Pengelolaan Sumber Daya dan Lingkungan, dan Ilmu Kedokteran Hewan.
  2. Fakultas Hukum: Fakultas Hukum UTokyo memiliki tiga program studi, yaitu Hukum Umum, Profesi Hukum, dan Ilmu Politik.
  3. Fakultas Farmasi: Fakultas Farmasi UTokyo memiliki dua program studi, yaitu Farmasi Sains dan Farmasi.
  4. Fakultas Seni dan Sains: Fakultas Seni dan Sains UTokyo memiliki empat program studi, yaitu Humaniora dan Ilmu Sosial, Ilmu Interdisipliner, Ilmu Terpadu, dan Program Lintas Disiplin.
  5. Fakultas Pendidikan: Fakultas Pendidikan UTokyo memiliki satu program studi, yaitu Ilmu Pendidikan Terpadu.
  6. Fakultas Ekonomi: Fakultas Ekonomi UTokyo memiliki tiga program studi, yaitu Ekonomi, Administrasi Bisnis, dan Keuangan.
  7. Fakultas Sastra: Fakultas Sastra UTokyo memiliki 27 program studi yang dibagi menjadi empat divisi. Beberapa divisi tersebut adalah Agama dan Filsafat, Sejarah, Bahasa dan Budaya, serta Psikologi dan Sosiologi.
  8. Fakultas Sains: Fakultas Sains UTokyo memiliki sembilan program studi, yaitu Matematika, Informasi Sains, Fisika, Astronomi, Fisika Bumi dan Planet, Ilmu Lingkungan, Kimia, Biofisika dan Biokimia, Bioinformatika dan Sistem Biologi, serta Ilmu Biologi.
  9. Fakultas Teknik: Fakultas Teknik UTokyo memiliki 16 program studi, yaitu Teknik Sipil, Arsitektur, Fisika Terapan, Kimia Terapan, Penerbangan dan Astronotika, dan masih banyak lagi.
  10. Fakultas Kedokteran: Fakultas Kedokteran UTokyo memiliki dua program studi, yaitu Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Terpadu.
BACA JUGA :  Antiribet! Ini Syarat dan Cara Buka Rekening BCA Online Lengkap

Beasiswa di Universitas Tokyo

Bagi kamu yang tertarik berkuliah di Universitas Tokyo, terdapat tujuh beasiswa yang bisa kamu manfaatkan. Beasiswa-beasiswa tersebut adalah:

  1. ADB JSP: Beasiswa S2 fully funded di School of International Health Todai.
  2. MEXT University Recommendation: Beasiswa S3 fully funded untuk program studi Teknik Multidisipliner.
  3. Todai Fellowship: Beasiswa S3 partial.
  4. MEXT University Recommendation: Beasiswa S2 dan S3 fully funded untuk program studi Teknik Nuklir.
  5. The University of Tokyo Summer Internship Program: Beasiswa partial untuk undergraduate di Kashiwa.
  6. MEXT University Recommendation: Beasiswa S2 dan S3 fully funded untuk program internasional Studi Pembangunan Agrikultur.

Meskipun mendapatkan beasiswa, kamu tetap perlu mempertimbangkan biaya hidup sehari-hari saat kuliah di UTokyo. Biaya hidup di Tokyo termasuk yang paling mahal di Jepang dan bahkan di dunia. Untuk mahasiswa yang tidak mendapatkan beasiswa atau mengikuti program beasiswa partial, diperlukan sekitar 10,5 juta rupiah atau 92 ribu yen per bulan.

Untuk sewa apartemen per bulan di Tokyo, dibutuhkan sekitar 44 ribu yen atau setara dengan 5 juta rupiah. Biaya ini belum termasuk tagihan utilitas seperti listrik, air, dan gas yang bisa mencapai sekitar 7 ribu yen atau sekitar 800 ribu rupiah per bulan. Biaya makan per bulan rata-rata mencapai 30 ribu yen atau setara dengan 3,5 juta rupiah. Sedangkan untuk transportasi, diperlukan sekitar 5 ribu yen atau 600 ribu rupiah per bulan. Biaya lainnya, seperti untuk rekreasi atau hiburan, butuh sekitar 6 ribu yen atau 700 ribu rupiah per bulan.

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *