Rekomendasi 7 Universitas di Prancis dengan Biaya Tahunan Termurah

Daftar Universitas di Prancis dengan Biaya Murah

Prancis adalah salah satu negara di Eropa yang memiliki budaya, pendidikan, dan seni yang kaya. Tak heran jika universitas di Prancis menjadi favorit bagi banyak mahasiswa Indonesia. Selain itu, sistem pendidikan di Prancis juga dianggap sebagai yang terbaik di Eropa. Dalam artikel ini, kita akan membahas daftar universitas di Prancis dengan biaya murah yang bisa menjadi pilihan bagi para calon mahasiswa internasional.

1. Université de Montpellier

Université de Montpellier adalah salah satu universitas di Prancis yang menawarkan biaya tahunan yang terjangkau bagi mahasiswa internasional. Universitas riset publik ini berada di peringkat ke-11 di Prancis dan memiliki tingkat penerimaan mahasiswa asing sebesar 16%. Biaya kuliah tahunan bagi mahasiswa internasional di kampus ini bervariasi sesuai dengan jenjang pendidikan yang diambil. Program sarjana membutuhkan dana sekitar $141 USD dan program master sekitar $267 USD. Selain itu, biaya akomodasi tahunan dan pengeluaran pribadi di kampus ini berkisar antara $638 hingga $1,205 USD per bulan.

2. University of Burgundy

University of Burgundy adalah universitas di Prancis yang memiliki jumlah mahasiswa lebih dari 30.000 orang. Persentase penerimaan mahasiswa asing di universitas ini sebesar 10%. Lokasi kampusnya yang terletak di Dijon, Prancis membuat universitas ini menjadi tujuan para mahasiswa internasional. Di University of Burgundy, mahasiswa dapat menempuh berbagai disiplin ilmu dalam bentuk short course maupun diploma. Terdapat 10 fakultas utama di universitas ini, termasuk institut teknologi, pendidikan, dan teknik. Selain itu, universitas ini juga menawarkan kesempatan untuk belajar bahasa Prancis melalui CIEF center. Biaya tahunan di universitas ini untuk program sarjana adalah sekitar $200 USD.

BACA JUGA :  Begini Cara Bayar IndiHome Via M-Banking BCA

3. Université de Paris-Saclay

Université de Paris-Saclay adalah universitas yang masih terkait dengan University of Paris sebagai lembaga riset publik. Salah satu program studi terbaik yang menjadi andalan universitas ini adalah Matematika. Total penerimaan mahasiswa asing di kampus ini mencapai 16% dari jumlah total 28.000 mahasiswa. Selain itu, universitas ini juga terkenal sebagai salah satu kampus di Prancis dengan biaya tahunan termurah. Program sarjana di universitas ini memiliki biaya tahunan sekitar $206 USD, sementara untuk program pascasarjana sekitar $295 USD.

4. University of Orleans

University of Orleans adalah universitas negeri yang telah berdiri sejak tahun 1305. Lokasinya yang tidak jauh dari lembah Sungai Loire membuat universitas ini menawarkan biaya tahunan yang terjangkau bagi mahasiswa asing. Biaya tahunan untuk program sarjana di universitas ini adalah sekitar $206 USD, sedangkan untuk program pascasarjana sekitar $295 USD. Selain itu, pengeluaran bulanan bagi mahasiswa di universitas ini bervariasi antara $692 hingga $1,272 USD, yang sudah termasuk akomodasi. University of Orleans menawarkan program studi yang beragam, mulai dari Teknologi, Sosial dan Sains, Ekonomi, Bahasa, hingga Seni. Universitas ini juga memiliki kampus di tujuh tempat berbeda di Prancis, seperti Orleans-la-Source, Bourges, Châteauroux, Blois, Issoudun, Chartres, dan Tours.

5. Aix-Marseille University

Aix-Marseille University adalah universitas yang telah berdiri sejak tahun 1409 dengan total mahasiswa lebih dari 68.000 orang. Persentase penerimaan mahasiswa asing di kampus ini adalah 13%. Awalnya, universitas ini bernama University of Province sebelum bergabung dengan beberapa lembaga pendidikan lainnya dan berubah menjadi Aix-Marseille University. Selain gedung di Aix-en-Provence dan Marseille, universitas ini juga memiliki kampus di empat tempat lainnya, yaitu Lambesc, Avignon, Gap, dan Arles. Biaya tahunan di kampus ini terbilang ramah di kantong, yakni sekitar $206 USD untuk program sarjana dan $295 USD untuk program pascasarjana.

BACA JUGA :  4 Cara Mudah Mengisi GoPay, Nomor 4 Lebih Hemat Biaya!

6. University de Paris

University de Paris adalah salah satu universitas tertua di Eropa dan terkenal sebagai kampus dengan standar akademik dan tradisi tinggi. Program studi Humaniora di universitas ini telah populer sejak abad pertengahan. Universitas ini didirikan kembali pada tahun 2017 dengan tiga fakultas, yaitu Kesehatan, Sains, dan Humaniora serta Sosial Sains. Meskipun memiliki status sebagai universitas terbaik, biaya pendidikan di kampus ini tidak meroket. Sebaliknya, universitas ini menawarkan biaya tahunan yang terjangkau bagi mahasiswa internasional. Program studi sarjana di universitas ini dapat ditempuh dengan biaya tahunan sekitar $310 USD, sementara program pascasarjana mencapai $405 USD. Persentase penerimaan mahasiswa asing di kampus ini adalah 18%.

7. University of Strasbourg

University of Strasbourg, atau yang lebih dikenal dengan sebutan Unistra, adalah universitas yang memiliki persentase penerimaan mahasiswa internasional sekitar 20%. Uniknya, universitas ini merupakan lembaga pendidikan publik di Prancis yang menggunakan bahasa Jerman sebagai pengantar. Beberapa program studi yang banyak diminati di Unistra adalah Ilmu Sosial & Humaniora, Sains & Teknologi, Seni & Bahasa, hingga Kesehatan. Biaya tahunan bervariasi tergantung program yang dijalani, yaitu sekitar $225 USD untuk program sarjana dan $310 USD untuk program pascasarjana.

Memilih universitas di Prancis dengan biaya tahunan yang terjangkau dapat menjadi strategi tepat bagi para calon mahasiswa internasional. Hal ini dapat membantu menekan biaya kuliah dan memudahkan dalam mengatur anggaran selama menempuh studi di Prancis. Selain itu, mahasiswa juga dapat mencari informasi lebih lanjut mengenai beasiswa yang tersedia untuk mendukung keuangan mereka selama studi di Prancis.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *