Transaksi Kini Bisa Lewat Messaging App, Begini Cara Menggunakan WeChat Pay

Layanan WeChat Pay di Indonesia

WeChat Pay China adalah dompet digital asal Tiongkok yang dapat digunakan untuk berbagai transaksi online dan offline. Di China, WeChat Pay menjadi metode pembayaran yang sangat populer digunakan untuk berbagai transaksi. Layanan ini sudah resmi beroperasi di Indonesia sejak 1 Januari 2020 dengan izin dari Bank Indonesia. Dengan WeChat Pay Indonesia, pengguna dapat melakukan transaksi pembayaran dengan mudah dan cepat melalui aplikasi perpesanan WeChat. Tidak hanya itu, WeChat Pay juga menawarkan berbagai fitur menarik, seperti transfer uang ke sesama pengguna WeChat dan pembayaran di merchant yang bekerja sama dengan WeChat.

WeChat adalah aplikasi pesan instan yang memiliki lebih dari 1 miliar pengguna aktif di seluruh dunia. Aplikasi ini tidak hanya digunakan untuk berkomunikasi dengan teman dan keluarga, tetapi juga memiliki fitur-fitur lain yang memudahkan pengguna dalam melakukan aktivitas sehari-hari, salah satunya adalah WeChat Pay.

Dengan adanya WeChat Pay di Indonesia, pengguna tidak perlu repot membawa uang tunai atau kartu kredit saat bertransaksi. Cukup dengan menggunakan smartphone dan aplikasi WeChat, pengguna bisa melakukan pembayaran dengan mudah dan cepat. Hal ini tentu menjadi solusi yang praktis dan efisien, terutama di era digital seperti sekarang ini.

Keunggulan WeChat Pay di Indonesia

WeChat Pay memiliki beberapa keunggulan yang membuatnya semakin populer di Indonesia. Pertama, WeChat Pay merupakan salah satu dompet digital yang memiliki jangkauan yang luas. Dengan WeChat Pay, pengguna dapat melakukan pembayaran di berbagai merchant yang bekerja sama dengan WeChat, baik di dalam maupun di luar negeri. Hal ini tentu memudahkan pengguna dalam bertransaksi, terutama bagi mereka yang sering bepergian ke luar negeri.

BACA JUGA :  5 Aplikasi P2P Lending Terbaik yang Bisa Kamu Coba

Kedua, WeChat Pay juga menawarkan berbagai fitur menarik, seperti transfer uang ke sesama pengguna WeChat. Fitur ini sangat berguna untuk melakukan pembayaran kepada teman atau keluarga dengan mudah dan cepat. Tidak perlu lagi repot mencari ATM atau membawa uang tunai, cukup dengan transfer melalui WeChat Pay, pembayaran bisa selesai dalam hitungan detik.

Ketiga, WeChat Pay juga memiliki fitur Red Envelope yang memungkinkan pengguna untuk memberikan atau menerima uang dalam bentuk angpao digital. Fitur ini sangat populer di Tiongkok, terutama saat perayaan Imlek. Namun, fitur ini juga bisa digunakan di Indonesia, terutama saat merayakan hari raya atau acara spesial lainnya.

Keunggulan lain dari WeChat Pay adalah kemudahan dalam penggunaannya. Pengguna hanya perlu mengunduh aplikasi WeChat, membuat akun, dan menghubungkan kartu debit atau kredit dengan akun WeChat Pay. Setelah itu, pengguna dapat langsung menggunakan WeChat Pay untuk bertransaksi. Tidak perlu lagi repot membawa uang tunai atau kartu kredit, cukup dengan smartphone dan aplikasi WeChat, semua transaksi bisa dilakukan dengan mudah.

Cara Menggunakan WeChat Pay

Untuk menggunakan WeChat Pay, pengguna perlu mengikuti beberapa langkah yang mudah. Berikut adalah langkah-langkah menggunakan WeChat Pay:

1. Download Aplikasi WeChat

Langkah pertama adalah mengunduh aplikasi WeChat melalui Google Play Store atau App Store. Setelah aplikasi terunduh, buka aplikasi dan lakukan proses pendaftaran dengan menggunakan nomor teleponmu.

2. Registrasi Akun WeChat

Setelah mengunduh aplikasi WeChat, pengguna perlu mendaftar akun WeChat terlebih dahulu. Caranya cukup mudah, pengguna hanya perlu mengisi beberapa data diri seperti nama, negara, kata sandi, dan nomor telepon yang belum pernah didaftarkan di WeChat sebelumnya. Setelah itu, pengguna akan menerima SMS kode verifikasi dari WeChat yang perlu dimasukkan untuk menyelesaikan proses registrasi.

BACA JUGA :  Rekomendasi Provider TV Kabel Murah, Sudah Include Internet!

3. Tambahkan Rekening Bank

Setelah berhasil membuat akun WeChat, pengguna perlu menambahkan rekening bank atau kartu kredit ke akun WeChat Pay. Caranya adalah dengan membuka akun WeChat, klik “ME” di sudut kanan bawah, lalu pilih “WeChat Pay” dan “Bank Cards”. Selanjutnya, pengguna dapat memilih antara menambahkan rekening bank atau kartu kredit. Ikuti langkah-langkah yang diminta dan selesaikan proses verifikasi.

4. Melakukan Pembayaran dengan WeChat Pay

Setelah rekening bank atau kartu kredit terhubung dengan akun WeChat Pay, pengguna dapat langsung menggunakan WeChat Pay untuk melakukan pembayaran. Terdapat beberapa cara pembayaran yang didukung oleh WeChat Pay, antara lain:

– Quick Pay: Pengguna dapat melakukan pembayaran dengan cara ini apabila penerima memiliki akun WeChat dan kontaknya sudah tersimpan di ponsel pengguna. Caranya adalah dengan membuka chat dengan kontak tersebut, klik “Transfer” di bagian bawah layar, masukkan jumlah uang yang ingin ditransfer, dan klik “Transfer”.

– QR Code Payment: Pengguna dapat memindai QR code WeChat dari merchant tempat pengguna membeli barang atau jasa. QR code tersebut biasanya terletak di kasir atau di meja pembayaran. Setelah memindai QR code, pengguna perlu memasukkan jumlah uang yang ingin dibayarkan dan melakukan konfirmasi pembayaran.

– Mini program payment: Fitur ini hanya dapat digunakan untuk melakukan pembayaran pada mini program yang ada di aplikasi WeChat. Pengguna dapat membuka mini program yang ingin digunakan, pilih barang atau layanan yang ingin dibeli, pilih WeChat Pay sebagai metode pembayaran, dan konfirmasi pembayaran dengan memasukkan PIN atau sidik jari.

– In-app payment: Fitur ini digunakan untuk melakukan pembayaran di dalam aplikasi yang ingin digunakan. Pengguna dapat membuka aplikasi yang ingin digunakan, pilih barang atau layanan yang ingin dibeli, pilih WeChat Pay sebagai metode pembayaran, dan konfirmasi pembayaran dengan memasukkan PIN atau sidik jari di aplikasi WeChat.

BACA JUGA :  5 Universitas Terbaik di Turki, Bisa Daftar Lewat Jalur Beasiswa!

– Web payment: WeChat Pay juga dapat digunakan untuk melakukan transaksi online lewat website. Pengguna cukup memilih WeChat Pay sebagai metode pembayaran saat melakukan checkout barang, lalu konfirmasi pembayaran dengan memasukkan PIN atau sidik jari di aplikasi WeChat.

Dengan menggunakan WeChat Pay, pengguna dapat melakukan pembayaran dengan mudah dan cepat. Tidak perlu lagi repot membawa uang tunai atau kartu kredit, cukup dengan smartphone dan aplikasi WeChat, semua transaksi bisa dilakukan dengan praktis.

Kelebihan dan Kekurangan WeChat Pay

Sebagai salah satu aplikasi pembayaran yang populer, WeChat Pay memiliki kelebihan dan kelemahan tersendiri. Kelebihan WeChat Pay antara lain:

– Jangkauan yang luas: WeChat Pay dapat digunakan di lebih dari 15 negara, termasuk Indonesia. Hal ini memudahkan pengguna yang sering bepergian ke luar negeri dalam melakukan transaksi.

– Fitur Red Envelope: Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memberikan atau menerima uang dalam bentuk angpao digital. Fitur ini sangat berguna saat merayakan hari raya atau acara spesial lainnya.

– Kemudahan penggunaan: WeChat Pay mudah digunakan, pengguna hanya perlu mengunduh aplikasi WeChat, membuat akun, dan menghubungkan rekening bank atau kartu kredit. Setelah itu, pengguna dapat langsung menggunakan WeChat Pay untuk bertransaksi.

Namun, WeChat Pay juga memiliki kekurangan, antara lain:

– Kurang dikenal di Indonesia: WeChat Pay masih kurang dikenal oleh masyarakat Indonesia dibandingkan dengan dompet digital lokal. Hal ini membuat pengguna di Indonesia cenderung lebih memilih menggunakan dompet digital lokal.

– Terbatasnya merchant yang bekerja sama: Meskipun WeChat Pay sudah beroperasi di Indonesia, jumlah merchant yang bekerja sama dengan WeChat Pay masih terbatas. Hal ini bisa menjadi kendala bagi pengguna yang ingin menggunakan WeChat Pay untuk bertransaksi.

Meskipun demikian, WeChat Pay tetap menjadi salah satu pilihan yang menarik untuk melakukan pembayaran. Keunggulan-keunggulannya, seperti jangkauan yang luas dan fitur-fitur menarik yang ditawarkan, membuat WeChat Pay semakin populer di kalangan pengguna. Apalagi dengan semakin berkembangnya era digital dan industri 4.0, transaksi keuangan melalui aplikasi semakin menjadi pilihan yang praktis dan efisien.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *