7 Tips Mengatur Keuangan bagi Pekerja Usia 23-30 Tahun

1. Maksimalkan Pemasukan

Tips mengatur keuangan yang pertama adalah dengan memaksimalkan pemasukan. Pada usia 23-30 tahun, biasanya kamu sudah memiliki pekerjaan utama. Dalam mengatur keuangan, aturlah pemasukan yang berasal dari pekerjaan utama dengan teliti. Perhatikan gaji yang kamu terima setiap bulan dan pastikan kamu memanfaatkannya secara optimal.

Jika kamu merasa pemasukan dari pekerjaan utama belum cukup, kamu bisa mencari pekerjaan sampingan. Saat ini, banyak sekali peluang bisnis online yang bisa kamu coba. Kamu bisa membuka toko online atau menjadi freelancer di berbagai agensi. Dengan memiliki pekerjaan sampingan, pemasukan kamu akan bertambah sehingga kamu bisa mengatur keuangan dengan lebih baik.

2. Buat Rencana Keuangan Bulanan

Jika kamu sudah memiliki pekerjaan utama maupun sampingan, artinya kamu memiliki penghasilan setiap bulannya. Langkah berikutnya yang harus kamu lakukan adalah membuat rencana keuangan bulanan. Rencana keuangan bulanan akan membantu kamu mengatur pengeluaran dan pemasukan dengan lebih baik.

Sebelum membuat rencana keuangan bulanan, hitung terlebih dahulu jumlah penghasilanmu setiap bulan. Setelah itu, identifikasi pengeluaran-pengeluaran yang perlu kamu bayar setiap bulan, seperti sewa rumah, tagihan listrik, tagihan air, cicilan pinjaman, dan kebutuhan sehari-hari. Jangan lupa juga untuk menyisihkan sebagian uangmu untuk tabungan atau dana darurat.

Pastikan rencana keuangan yang kamu buat tidak lebih besar dari pemasukan yang kamu terima. Hal ini bertujuan untuk menghindari keadaan dimana pengeluaran melebihi pemasukan. Sebab, jika pengeluaran lebih besar dari pemasukan, kamu akan mengalami kesulitan dalam mengatur keuanganmu.

BACA JUGA :  Mengenal Perbedaan CIF dan FOB dalam Perdagangan Internasional

3. Mulailah Disiplin Menabung

Menabung adalah kebiasaan baik yang perlu kamu mulai sejak usia muda. Untuk mengatur keuangan dengan baik, kamu perlu mendisiplinkan diri untuk menabung. Menabung akan membantu kamu memiliki dana cadangan untuk kebutuhan mendesak atau masa depan.

Caranya, kamu bisa menyisihkan sebagian pendapatan di awal bulan untuk ditabung. Artinya, kamu tidak menabung dari sisa uang selama satu bulan. Dengan menyisihkan uang di awal bulan, kamu akan lebih mudah menjaga komitmen menabung dan tidak tergoda untuk menghabiskan uang tersebut.

Pastikan kamu menabung secara konsisten setiap bulan. Tentukan target jumlah tabungan yang ingin kamu capai dan usahakan untuk mencapainya. Dengan menabung secara disiplin, kamu akan memiliki perlindungan finansial yang lebih baik.

4. Buat Skala Prioritas

Miliki penghasilan sendiri terkadang dapat membuat seseorang berlaku boros. Rasanya selalu ingin memuaskan keinginan dengan berbelanja. Hal ini tentu bukanlah kebiasaan yang baik dalam mengatur keuangan.

Untuk menghindari kebiasaan boros, kamu bisa membuat skala prioritas. Bedakan mana yang menjadi kebutuhan dan mana yang hanya keinginan semata. Ketika ada keinginan untuk membeli sesuatu, pertimbangkan kebutuhan yang lebih penting atau hal lain yang lebih prioritas.

Selain itu, kamu juga tidak perlu memaksakan gaya hidup tertentu bila memang tidak cocok dengan kondisi keuanganmu. Jangan terlalu tergoda dengan tren atau gaya hidup yang mahal. Belajarlah untuk hidup sederhana dan bijak dalam mengelola uang.

5. Catat Pengeluaran Secara Rutin

mencatat pengeluaran rutin

Selain membuat rencana pengeluaran, kamu juga perlu untuk mencatat setiap pengeluaran yang kamu lakukan. Mencatat pengeluaran secara rutin dapat membuat kamu tahu ke mana uang dihabiskan. Dengan mencatat pengeluaran, kamu bisa mengontrol pengeluaranmu lebih baik.

BACA JUGA :  Bisa dari Rumah, Ini 3 Cara Melihat Saldo BPJS Ketenagakerjaan

Cara mengatur keuangan yang satu ini bisa membuat kamu melakukan evaluasi terhadap laporan keuangan pribadi, apakah sudah sesuai dengan rencana pengeluaran atau justru membengkak. Dengan mengetahui pengeluaranmu secara detail, kamu bisa mengambil langkah-langkah untuk mengurangi pengeluaran yang tidak perlu.

Saat ini, sudah banyak aplikasi keuangan yang bisa membantu kamu mencatat pengeluaran secara mudah. Kamu bisa mencoba menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut untuk memudahkan kamu dalam mencatat pengeluaran.

6. Transfer Uang Pakai sobatcloud.com

Tips mengatur keuangan yang juga bisa kamu lakukan sebagai pekerja dengan rentang usia 23-30 tahun adalah memilih platform keuangan yang pas. Saat ini, banyak transaksi keuangan yang sering kali membuat kantong kamu jebol karena harus membayar biaya admin atau tax yang ditetapkan oleh layanan perbankan.

Namun, kini kamu tidak perlu khawatir, sebab ada sobatcloud.com yang bisa memberikan layanan transfer dana antarbank secara gratis. Dengan menggunakan sobatcloud.com, kamu bisa lebih hemat dalam melakukan transfer antarbank. Transfer uang beda bank jadi tidak perlu tambahan biaya sebesar Rp6.500.

Selain transfer bank hemat biaya, kamu juga bisa menggunakan sobatcloud.com untuk top up e-wallet dengan biaya yang lebih terjangkau. Kamu juga bisa menggunakan sobatcloud.com untuk mengirim uang ke luar negeri dengan biaya yang lebih murah. sobatcloud.com juga menyediakan layanan pembelian pulsa, paket data, token listrik, dan pembayaran tagihan listrik dengan biaya penanganan yang murah.

Dengan menggunakan sobatcloud.com, kamu bisa semakin hemat dan praktis dalam memenuhi seluruh kebutuhan pribadi maupun rumah tangga.

7. Jaga Kesehatan

Cara mengatur keuangan pekerja yang terakhir adalah menjaga kesehatan. Melakoni banyak pekerjaan untuk memaksimalkan pendapatan tentu merupakan hal yang baik. Namun, bekerja terlalu keras hingga melupakan kesehatan bukanlah hal yang harus kamu lakukan.

BACA JUGA :  Praktis, Begini Cara Berbagi Pulsa Telkomsel Lengkap dengan Biayanya

Ketika kamu sakit, kamu justru terancam memiliki pengeluaran yang lebih banyak untuk memeriksakan diri ke dokter dan membeli obat. Oleh karena itu, tetap atur pola makan dan istirahat kamu agar tetap sehat. Jangan sampai kegiatanmu dalam mengatur keuangan mengorbankan kesehatanmu.

Itulah tujuh tips mengatur keuangan yang bisa kamu lakukan sebagai pekerja dengan rentang usia 23-30 tahun. Mengatur keuangan pribadi memang penting dilakukan agar kamu bisa memiliki kehidupan yang lebih terjamin. Selain itu, mengatur keuangan juga bisa membantu kamu untuk mencapai tujuan keuanganmu di masa depan. Jadi, mulai sekarang terapkan tips-tips di atas dan jadilah pekerja yang pintar dalam mengatur keuangan!

Sumber gambar: Unsplash


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *