Tips Mempersiapkan Liburan Akhir Tahun dan Destinasi Luar Negeri yang Layak Dikunjungi

Tentukan Jadwal Liburan

Penentuan jadwal liburan sangat penting terutama bagi mereka yang masih bekerja dan terikat di sebuah perusahaan. Pasalnya, jika hanya mengandalkan hari libur nasional, maka waktu yang dimiliki untuk berpergian sangatlah terbatas. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mempertimbangkan untuk mengambil cuti.

Tentu saja, pengajuan cuti perlu dilakukan jauh-jauh hari. Hal ini dikarenakan tidak sedikit karyawan yang berlomba-lomba ingin melakukan liburan akhir tahun sehingga perusahaan harus bijak dalam mengatur persetujuan cuti. Selain itu, ada banyak faktor lain yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan waktu liburan, seperti biaya tiket transportasi dan penginapan.

Anda perlu ingat bahwa akhir tahun merupakan high season di banyak negara. Oleh karena itu, jika ingin berhemat, pilihlah rentang waktu dengan biaya paling rendah. Selain itu, pastikan Anda juga mempertimbangkan cuaca di destinasi yang Anda tuju. Jika Anda ingin menikmati musim dingin, pilihlah negara yang sedang musim dingin pada saat itu.

Siapkan Dana

Jangan sampai keseruan liburan Anda langsung lenyap begitu Anda kembali ke tanah air karena kantong langsung terkuras habis. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengatur kecukupan dana baik untuk liburan maupun kebutuhan sehari-hari.

Pastikan bahwa anggaran untuk liburan yang akan Anda lakukan tidak mengganggu dana untuk keperluan sehari-hari maupun rencana lainnya. Untuk meminimalkan anggaran liburan, Anda bisa mencari tiket promo sebanyak-banyaknya, mulai dari transportasi, penginapan, hingga kesempatan kuliner dan berbagai atraksi lainnya.

Selain itu, Anda juga perlu menyisihkan dana darurat selama liburan. Meskipun Anda tidak berencana untuk berbelanja, belum tentu Anda tidak akan menemukan suvenir unik atau keperluan mendesak lainnya selama perjalanan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda selalu bersiap dengan dana darurat yang cukup.

BACA JUGA :  Cara Setor Tunai di ATM BCA, Super Gampang!

Tentukan Destinasi

Setelah Anda menentukan jadwal dan siap dengan dana, langkah selanjutnya adalah menentukan destinasi liburan. Ada banyak negara yang menawarkan destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi pada akhir tahun. Beberapa negara yang bisa menjadi pilihan Anda adalah Singapura, Malaysia, United Kingdom, India, Jepang, dan Korea Selatan.

Singapura merupakan salah satu destinasi favorit untuk menghabiskan liburan akhir tahun. Banyak paket hemat traveling yang ditawarkan untuk tiket pesawat, penginapan, dan tiket ke berbagai destinasi atraksi seru. Destinasi wisata di Singapura pun sangat beragam, mulai dari yang gratisan seperti Merlion Park dan Singapore Botanic Gardens, hingga yang berbayar seperti Universal Studios dan Singapore Zoo.

Selain Singapura, Malaysia juga bisa menjadi pilihan utama untuk liburan akhir tahun. Banyak kemudahan untuk menuju ke Malaysia, mulai dari tiket pesawat yang murah hingga penginapan yang terjangkau. Destinasi wisata di Malaysia pun sangat menarik, seperti Pulau Redang, Menara Kuala Lumpur, dan Langkawi Cable Car.

United Kingdom juga merupakan destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi pada akhir tahun. Bangunan-bangunan bersejarah, keindahan alam, dan kekhasan yang dimiliki oleh negara ini menarik minat banyak orang. Destinasi wisata di United Kingdom pun sangat beragam, seperti Palace of Westminster, Tower of London, dan Royal Observatory Greenwich di London.

India juga bisa menjadi pilihan selanjutnya untuk menghabiskan liburan akhir tahun. Negara ini memiliki banyak destinasi wisata yang memanjakan mata, salah satunya adalah Taj Mahal di Agra yang sangat terkenal di kalangan wisatawan. Selain itu, ada juga destinasi wisata lainnya seperti Pantai Goa, Taman Nasional Periyar, dan Mecca Masjid.

Jepang tidak diragukan lagi menjadi salah satu pilihan tempat liburan akhir tahun yang menarik. Budaya yang khas, keindahan alam, dan keramahan penduduknya membuat Jepang selalu menjadi destinasi yang populer. Beberapa destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi di Jepang adalah Gunung Fuji, Istana Himeji, dan Tokyo Disneyland.

BACA JUGA :  Cara membuat teka teki silang dengan Google sheets

Korea Selatan juga memiliki daya tarik yang luar biasa bagi para wisatawan. Budaya yang populer dan tempat-tempat wisata yang menarik membuat Korea Selatan menjadi pilihan yang tepat untuk menghabiskan liburan akhir tahun. Beberapa tempat yang bisa Anda kunjungi di Korea Selatan adalah Pulau Nami, Sungai Cheonggyecheon, dan Gyeongbokgung.

Jaga Kesehatan

Bagaimanapun, liburan tanpa memedulikan kesehatan adalah sebuah kesalahan fatal, terutama di tengah situasi yang belum stabil saat ini. Oleh karena itu, pastikan Anda berada dalam kondisi yang sehat sebelum melakukan perjalanan. Lakukan pemeriksaan kesehatan untuk memastikan bahwa Anda dalam kondisi yang baik.

Selain itu, patuhi protokol kesehatan yang diterapkan oleh masing-masing negara tujuan. Pastikan Anda selalu menggunakan masker, mencuci tangan secara rutin, dan menjaga jarak dengan orang lain. Bawalah juga obat-obatan yang memang diperlukan selama perjalanan.

Selama liburan, jangan lupa untuk tetap berkomunikasi dengan orang-orang terdekat. Berbagi kabar tentang keadaan Anda dapat memberikan rasa tenang bagi mereka yang khawatir. Selain itu, pastikan Anda memiliki nomor telepon penting yang bisa dihubungi dalam keadaan darurat.

Nah, itulah empat tips liburan akhir tahun ke luar negeri yang bisa Anda lakukan. Dengan melakukan persiapan yang matang, Anda dapat memastikan bahwa liburan Anda akan berjalan dengan lancar dan menyenangkan. Selamat berlibur dan semoga Anda mendapatkan pengalaman wisata yang tak terlupakan!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *