Pengen kuliah di Universitas Chicago? Simak 6 Tipsnya di Sini!

6 Tips agar Siap Berkuliah di Universitas Chicago

1. Cari tahu tentang budaya di Chicago

Chicago, kota terbesar di negara bagian Illinois, Amerika Serikat, merupakan salah satu tujuan populer bagi para calon mahasiswa Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan di luar negeri. Sebelum memutuskan untuk berkuliah di Universitas Chicago, penting bagi kamu untuk memahami budaya yang ada di kota ini. Dengan mengetahui budaya dan kebiasaan masyarakat setempat, kamu bisa lebih mudah menyesuaikan diri dan menghindari kejutan-kejutan yang tidak diinginkan.

Ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang budaya di Chicago. Pertama, sistem transportasi di kota ini sangat efisien, terutama dengan adanya kereta bawah tanah yang disebut “L Train”. Kamu juga perlu mengetahui tentang cuaca di Chicago, karena suhu di kota ini bisa sangat ekstrem, dengan musim panas yang panas dan lembab serta musim dingin yang sangat dingin.

Selain itu, kamu juga perlu mencari tahu tentang tempat-tempat wisata yang ada di Chicago. Kota ini memiliki banyak atraksi menarik seperti Millennium Park, Navy Pier, dan Museum Seni Chicago. Dengan mengetahui tempat-tempat wisata ini, kamu bisa membuat rencana perjalanan yang lebih baik selama waktu luang di antara kuliah dan tugas-tugas kuliahmu.

2. Kenali jurusan yang ditawarkan

Universitas Chicago menawarkan berbagai macam jurusan yang bisa kamu pilih sesuai dengan minat dan bakatmu. Sebelum memutuskan untuk berkuliah di sana, penting bagi kamu untuk memahami jurusan-jurusan yang ditawarkan oleh universitas ini. Jurusan-jurusan tersebut meliputi ilmu sosial, sains, ekonomi, seni, dan masih banyak lagi.

BACA JUGA :  Alasan Kamu Perlu Study Abroad, Buka Banyak Pintu Peluang

Setiap jurusan memiliki kurikulum dan program studi yang berbeda-beda. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk memahami minat dan tujuan karirmu di masa depan agar bisa memilih jurusan yang sesuai dengan keinginanmu. Kamu juga perlu memahami persyaratan khusus yang dibutuhkan untuk masuk ke jurusan tersebut, seperti nilai rata-rata rapor, tes masuk, atau portofolio seni.

Untuk memperoleh informasi lebih lanjut tentang jurusan-jurusan yang ditawarkan oleh Universitas Chicago, kamu bisa mengunjungi situs resminya atau menghubungi pihak universitas melalui email atau telepon.

3. Hitung perkiraan biaya hidup

Sebelum memutuskan untuk berkuliah di Universitas Chicago, kamu perlu menghitung perkiraan biaya hidup yang akan kamu butuhkan selama berada di sana. Biaya hidup di Chicago cukup tinggi, terutama jika kamu tinggal di asrama kampus. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mempersiapkan keuanganmu dengan baik agar tidak mengalami kesulitan keuangan saat berkuliah di sana.

Perkiraan biaya hidup per bulan di Chicago dapat mencapai $1.500 – $2.000, tergantung pada gaya hidup yang kamu jalani. Biaya hidup tersebut mencakup biaya makan, transportasi, akomodasi, dan kebutuhan sehari-hari lainnya. Selain itu, kamu juga perlu mempertimbangkan biaya tambahan seperti biaya visa, biaya perjalanan, biaya asuransi kesehatan, dan biaya kebutuhan kuliah seperti membeli buku dan alat tulis.

Sebagai calon mahasiswa internasional, kamu juga perlu mempertimbangkan kurs dolar terhadap mata uang rupiah. Fluktuasi nilai tukar antara dolar dan rupiah dapat mempengaruhi biaya hidupmu di Chicago. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk memantau kurs dolar terkini dan mempertimbangkan strategi keuangan yang tepat untuk mengelola uangmu dengan baik.

4. Siapkan keuangan atau cari beasiswa

Setelah menghitung perkiraan biaya hidup, kamu perlu memastikan bahwa kamu memiliki dana yang cukup untuk menyelesaikan kuliah di Universitas Chicago. Jika kamu tidak memiliki cukup dana, kamu bisa mencari beasiswa yang ditawarkan oleh pihak universitas atau sumber beasiswa lainnya untuk mahasiswa internasional.

BACA JUGA :  Daftar Harga Pulsa Tri Terlengkap

Universitas Chicago menawarkan berbagai macam beasiswa untuk mahasiswa internasional. Beasiswa ini bisa berupa beasiswa penuh atau beasiswa sebagian yang dapat membantu kamu mengurangi biaya kuliah dan biaya hidup selama berkuliah di sana. Kamu bisa mencari informasi lebih lanjut tentang beasiswa yang tersedia di situs resmi Universitas Chicago atau menghubungi kantor penerimaan mahasiswa internasional.

Selain beasiswa dari universitas, kamu juga bisa mencari beasiswa dari lembaga pemerintah, lembaga swasta, atau organisasi non-profit yang memberikan beasiswa untuk mahasiswa internasional. Kamu bisa mengunjungi situs-situs beasiswa seperti LPDP, Fulbright, atau Chevening untuk mencari informasi tentang beasiswa yang tersedia.

5. Perbaiki Bahasa Inggris

Kemampuan Bahasa Inggris sangat penting ketika ingin berkuliah di luar negeri, termasuk di Universitas Chicago. Universitas ini menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dalam pengajaran dan pembelajarannya. Oleh karena itu, kamu perlu memperbaiki kemampuan Bahasa Inggrismu sebelum berkuliah di sana.

Banyak universitas di Amerika Serikat yang mensyaratkan mahasiswanya untuk mengikuti tes kemampuan Bahasa Inggris seperti TOEFL (Test of English as a Foreign Language) atau IELTS (International English Language Testing System). Nilai tes ini dapat menjadi salah satu syarat masuk ke universitas tersebut.

Untuk mempersiapkan dirimu menghadapi tes TOEFL atau IELTS, kamu bisa mengikuti kelas persiapan atau les Bahasa Inggris yang disediakan oleh lembaga-lembaga pendidikan di Indonesia. Les atau kelas persiapan ini akan memberimu bimbingan dan tips dalam menjalankan tes tersebut. Selain itu, tempat-tempat kursus seperti ini juga biasanya menyelenggarakan mock-up test yang akan memberimu gambaran tentang tes sesungguhnya.

Selain mengikuti les atau kelas persiapan, kamu juga bisa meningkatkan kemampuan Bahasa Inggrismu dengan membaca buku, menonton film atau acara televisi berbahasa Inggris, mendengarkan lagu-lagu berbahasa Inggris, dan berlatih berbicara dengan teman atau anggota keluarga yang juga mahir berbahasa Inggris.

BACA JUGA :  ICONNET vs Indihome, Mana Pilihan yang Tepat?

6. Lengkapi dokumen aplikasi

Setelah mempersiapkan diri dan memenuhi persyaratan-persyaratan di atas, kamu bisa melanjutkan dengan melengkapi dokumen aplikasi untuk berkuliah di Universitas Chicago. Setiap universitas memiliki prosedur aplikasi yang berbeda-beda, jadi pastikan kamu mempelajari setiap persyaratan dan dokumen yang dibutuhkan oleh universitas ini.

Dokumen aplikasi yang biasanya dibutuhkan oleh universitas meliputi surat rekomendasi dari guru atau dosen, transkrip nilai, dan essay atau esai pribadi yang menjelaskan mengapa kamu tertarik untuk berkuliah di universitas tersebut. Pastikan bahwa dokumen yang kamu kirimkan sudah lengkap dan sesuai dengan persyaratan yang diminta. Jangan sampai kamu kehilangan kesempatan hanya karena lupa mengunggah dokumen penting.

Setelah semua dokumen lengkap, kamu bisa mengirimkan aplikasi melalui situs resmi Universitas Chicago atau melalui sistem aplikasi online yang disediakan oleh universitas ini. Pastikan juga bahwa kamu mengirim aplikasi dalam waktu yang cukup untuk memastikan bahwa dokumenmu diterima dan diproses dengan baik oleh pihak universitas.

Jika sudah merasa siap, maka kamu bisa langsung mendaftar sesuai dengan prosedur dari Universitas Chicago, atau sesuai dengan beasiswa yang menjadi sponsormu. Pastikan juga bahwa kamu terus memantau perkembangan proses aplikasi dan jangan ragu untuk menghubungi pihak universitas jika ada pertanyaan atau kekhawatiran yang perlu kamu sampaikan.

Sesampainya di Chicago, kamu akan memulai perjalanan baru dalam hidupmu sebagai mahasiswa di Universitas Chicago. Kamu akan bertemu dengan mahasiswa dari berbagai negara dan budaya yang berbeda, serta mendapatkan pengalaman belajar yang berbeda dari yang kamu alami di Indonesia. Selamat berkuliah dan semoga sukses!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *