Tidak Lolos UTBK? Persiapkan Ujian Mandiri dengan Zenius Ultima Bootcamp

Halo pembaca sobatcloud.com! Di artikel kali ini gue akan membahas persiapan apa aja sih yang harus elo siapkan setelah lolos UTBK. Selain itu, gue juga akan membahas strategi apa yang harus elo lakukan ketika tidak lolos UTBK. 

Tenang aja Sobat, tidak lolos UTBK bukan akhir segalanya kok, karena elo masih bisa ikutan ujian mandiri yang diselenggarakan oleh banyak perguruan tinggi di Indonesia. 

Nantinya ujian mandiri ini akan terbagi menjadi dua yaitu ujian mandiri dengan nilai UTBK, dan ujian mandiri tanpa nilai UTBK. 

Gue juga akan ngasih daftar lengkap universitas mana aja yang membuka ujian mandiri setelah pengumuman lolos UTBK selesai. 

Dan yang gak kalah penting adalah strategi selanjutnya untuk bisa menaklukan perguruan tinggi impian lewat jalur mandiri. 

Oke, daripada berlama-lama, gue mulai aja ya!

Persiapan Setelah Lolos UTBK 

Kamis, 23 Juni 2022, pukul 15.00 WIB akan menjadi waktu bersejarah bagi banyak orang, dan mungkin elo salah satunya. 

Di hari inilah, semua jerih payah elo selama kurang lebih tiga tahun atau mungkin lebih (khusus untuk para alumni dan gap year) akan memperoleh jawaban. 

Kalau ternyata dapet “lampu hijau” selamat ya Sobat!

Akhirnya berhasil meminang jurusan dan universitas impian setelah perjuangan panjang dan bergelut dengan soal-soal UTBK SBMPTN. 

Tapi, setelah dapet selamat dari LTMPT, jangan bersantai dulu karena meskipun udah lolos, elo belum bisa dikatakan official diterima di PTN impian kalo enggak daftar ulang. 

Iyap, daftar ulang adalah hal yang sakral dan gak bisa elo sepelekan begitu saja. 

Ketika dapet pengumuman diterima, langsung cari website resmi PTN tempat elo diterima kemudian lihat tanggal atau jadwal untuk Mahasiswa Baru (Maba) jalur UTBK SBMPTN. 

Catat tanggalnya dan jangan sampai terlewatkan. Selain tanggal, hal lain yang harus elo perhatikan adalah berkas-berkas administrasi. 

Umumnya universitas akan meminta beberapa berkas di bawah ini saat daftar ulang (bisa lebih atau kurang ya, tergantung jurusan juga):

  • Kartu Peserta SBMPTN 2022 yang asli.
  • Bukti kelulusan SBMPTN 2022.
  • Surat Tanda Kelulusan (STL) Sementara (bagi angkatan yang baru lulus)
  • Ijazah SMA asli (bagi alumni atau gap year)
  • Akta Kelahiran asli.
  • Bukti Kepemilikan Asuransi Kesehatan (BPJS atau asuransi swasta)
  • Surat Keterangan Bebas Buta Warna dari Dokter Spesialis Mata (biasanya untuk jurusan Saintek)
  • Scan KTP atau kartu pelajar.
  • Surat Keterangan Berkelakuan Baik dari Sekolah atau dari Kepolisian. 
  • Scan slip gaji orang tua/surat keterangan penghasilan.

Nah, saat daftar ulang nanti biasanya bersamaan dengan waktu pengajuan banding biaya kuliah (UKT) jika elo dan keluarga elo merasa keberatan dengan UKT yang elo terima. 

Kalau mau mengajukan banding biasanya syarat atau berkas yang diperlukan akan lebih banyak lagi dan masing-masing PTN punya kebijakan sendiri, makanya elo wajib memperhatikan dengan seksama ya. 

Gagal UTBK? Bukan Akhir Segalanya

Kalau kata orang bijak: “Hidup adalah mempersiapkan untuk kemungkinan terburuk”.

Dari total 800.852 orang yang bertarung di UTBK SBMPTN 2022, kenyataan bahwa tidak semuanya akan diterima di PTN impian adalah hal yang nyata, dan mau gak mau harus diterima.

BACA JUGA :  Mengenal Jenis-Jenis Organisme Laut Beserta Habitatnya

Tapi, kalo ternyata elo tidak lolos UTBK, ini bukan akhir dari segalanya Sobat!

Saran gue, segera move on dan tata lagi strategi baru untuk menghadapi kesempatan lain. 

Elo gak akan menang kalau hanya bersedih dan meratapi nasib karena gak lolos SBMPTN, sementara mungkin temen-temen elo yang lain, yang sama-sama gak lolos udah mulai menata strategi baru untuk bisa masuk PTN lewat jalur selanjutnya, yaitu jalur Mandiri. 

Setelah adanya UTBK SBMPTN, beberapa universitas negeri di Indonesia mengubah sistem ujian mandiri mereka. 

Beberapa di antaranya menggunakan nilai UTBK SBMPTN dalam penilaian ujian mandiri, tapi ada juga PTN yang tetap menggunakan nilai tes mereka sendiri untuk menyaring calon mahasiswa. 

Jadi inget ya, ada dua jenis seleksi mandiri di Indonesia. Yang pertama adalah ujian mandiri yang menggunakan nilai UTBK dan yang kedua adalah ujian mandiri yang tidak menggunakan nilai UTBK.

Mungkin, elo bertanya-tanya nih, kira-kira gue harus ikut atau daftar yang mana?

Jawabannya, tergantung. 

Iya, itu tergantung. Misalnya elo mau masuk suatu PTN lewat jalur mandiri dan jalur mandiri di PTN tersebut menggunakan nilai tes dari soal mandiri mereka, ya mau gak mau elo harus mengikuti tes lagi. 

Kalo enggak, misalnya PTN tersebut ternyata seleksi pake nilai UTBK SBMPTN, berarti elo tinggal input aja nilai UTBK SBMPTN 2022 elo nanti. 

Tapi… ada tapinya nih. 

Setelah pengumuman UTBK SBMPTN 2022 nanti, elo pastinya akan mengetahui nilai UTBK elo sesungguhnya kan?

Nah, meskipun elo mau ikutan PTN yang seleksi mandirinya lewat nilai UTBK, pastikan bahwa nilai UTBK elo juga mampu bersaing dalam peringkat nanti. 

Kalau ternyata nilai UTBK elo gak terlalu bagus atau malah jeblok, mungkin memilih PTN dengan seleksi mandiri melalui tes lebih bisa membuka peluang elo diterima. 

Ingat, selalu pertimbangkan langkah yang elo ambil di jalur mandiri ini. 

Nah, supaya elo gak bingung daftar PTN dengan ujian mandiri yang menggunakan nilai UTBK dan mana yang enggak, gue udah bikin daftar PTN sekaligus website resmi pendaftarannya.

Langsung cek aja di bawah ini dan jangan lupa share ke temen-temen elo yang membutuhkan info ini ya: 

Daftar PTN dengan Kombinasi Ujian Mandiri Menggunakan Nilai UTBK dan Nilai Tes

  • Seleksi Mandiri Universitas Padjadjaran (Unpad) – SMUP Unpad daftar di sini: smup.unpad.ac.id
  • Seleksi Mandiri Institut Teknologi Bandung (ITB) daftar di sini: admission.itb.ac.id
  • Seleksi Mandiri UM Undip daftar di sini: pmb.undip.ac.id
  • Seleksi Mandiri (UM) UNAIR – (SMUA) daftar di sini: ppmb.unair.ac.id
  • Seleksi Mandiri Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) daftar di sini: pendaftaran.spmb.unsoed.ac.id
  • Seleksi Mandiri Institut Teknologi Surabaya (ITS) –  SKMP ITS/SMITS daftar di sini: smits.its.ac.id
  • Seleksi Mandiri Universitas Negeri Surabaya daftar di sini: admisi.unesa.ac.id
  • Seleksi Mandiri Universitas Negeri Padang daftar di sini: spmb.unp.ac.id
  • Seleksi Mandiri UPN Veteran daftar di sini: simaba.upnjatim.ac.id 
  • Seleksi Mandiri Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) daftar di sini: pmb.uny.ac.id
  • Seleksi Mandiri Universitas Negeri Semarang (UNNES) daftar di sini: penerimaan.unnes.ac.id
  • Seleksi Mandiri UNS Surakarta daftar di sini: uns.ac.id
BACA JUGA :  Pengertian Gaya Sentripetal dan Sentrifugal Beserta Rumusnya – Materi Fisika Kelas 10

Daftar PTN dengan Ujian Mandiri Tanpa Nilai UTBK (Hanya Nilai Tes)

  • Seleksi Mandiri Universitas Gadjah Mada (UGM) – UTUL UGM daftar di sini: um.ugm.ac.id
  • Seleksi Mandiri Universitas Indonesia (UI) – Simak daftar di sini: simak.ui.ac.id
  • Seleksi Mandiri Institut Pertanian Bogor (IPB) – UTMBK daftar di sini: admisi.ipb.ac.id
  • Seleksi Mandiri Universitas Diponegoro (Undip) daftar di sini: pmb.undip.ac.id
  • Seleksi Mandiri SBMPTBR Universitas Jember daftar di sini: sbmptbr.unej.ac.id
  • Seleksi Mandiri ISBI Tanah Papua daftar di sini: pmb.tanah-papua.ac.id
  • Seleksi Mandiri ISI Yogyakarta daftar di sini: isi.ac.id
  • Seleksi Mandiri Universitas Negeri Medan daftar di sini: sm.unimed.ac.id
  • Seleksi Mandiri Universitas Musamus daftar di sini: unmus.ac.id
  • Seleksi Mandiri Universitas Riau daftar di sini: unri.ac.id
  • Seleksi Mandiri Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar) daftar di sini: unsulbar.ac.id
  • Seleksi Mandiri Universitas Mulawarman (Unmul) daftar di sini: smmptn.unmul.ac.id
  • Seleksi Mandiri Universitas Sumatera Utara (USU) daftar di sini: seleksi.usu.ac.id
  • Seleksi Mandiri Universitas Halu Oleo daftar di sini: regsm.uho.ac.id
  • Seleksi Mandiri Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) daftar di sini: untirta.ac.id
  • Seleksi Mandiri Universitas Sembilanbelas November Kolaka (USN Kolaka) daftar di sini: usn.ac.id
  • Seleksi Mandiri Universitas Samudra daftar di sini: unsam.ac.id
  • Seleksi Mandiri Universitas Hasanuddin (Unhas) daftar di sini: regpmb.unhas.ac.id
  • Seleksi Mandiri Universitas Trunojoyo Madura (UTM) daftar di sini: pmb.trunojoyo.ac.id
  • Seleksi Mandiri Universitas Cendrawasih (Uncen) daftar di sini: pmb.uncen.ac.id
  • Seleksi Mandiri Institut Teknologi Kalimantan (SUMMIT ITK) daftar di sini: summit.itk.ac.id 
  • Seleksi Mandiri Universitas Negeri Malang daftar di sini: um.ac.id
  • Seleksi Mandiri Universitas Teuku Umar daftar di sini: akademik.utu.ac.id
  • Seleksi Mandiri Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta daftar di sini: upnvj.ac.id
  • Seleksi Mandiri SMMPTN BARAT daftar di sini: smmptnbarat.id

Ada 25 universitas negeri yang bisa elo pilih dari web SMMPTN BARAT, yaitu:

  1. Universitas Syiah Kuala (USK),
  2. Universitas Jambi (UNJA),
  3. Universitas Lampung (Unila),
  4. Universitas Bengkulu (UNIB), 
  5. Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang,
  6. Universitas Palangka Raya (UPR),
  7. Universitas Malikussaleh (Unimal),
  8. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA),
  9. Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH),
  10. Universitas Bangka Belitung (UBB),
  11. Universitas Teuku Umar (UTU),
  12. Institut Teknologi Sumatera (ITERA),
  13. Institut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI) Aceh,
  14. Universitas Samudra (Unsam),
  15. Universitas Riau (UNRI),
  16. Universitas Siliwangi (UNSIL),
  17. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah (UIN Jakarta),
  18. Universitas Sumatera Utara (USU),
  19. Universitas Andalas (UNAND),
  20. Universitas Negeri Padang (UNP),
  21. Universitas Tanjungpura (UNTAN),
  22. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau (UIN Suska Riau),
  23. Institut Agama Islam Negeri Batusangkar (IAIN Batusangkar),
  24. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI),
  25. Institut Pertanian Bogor (IPB). 

Cara Lolos Ujian Mandiri 

Oke, sekarang elo udah tau mana PTN yang punya ujian mandiri menggunakan nilai UTBK dan yang tidak.

Informasi tadi, gue harap bisa membantu elo memilih universitas mana yang akan menjadi tujuan elo selanjutnya. 

Nah, kalo udah tau mau ujian mandiri di PTN mana, selanjutnya adalah mempersiapkan cara lolos ujian mandiri. 

Perlu elo ketahui bahwa kuota maksimum jalur mandiri masing-masing PTN adalah sebesar 30% dan khusus PTN Badan Hukum (PTN-BH) kuota Mandiri bahkan lebih besar, yaitu maksimum 50%.

BACA JUGA :  Seni Pengambilan Keputusan – Bagaimana Cara Mengambil Keputusan dengan Tepat?

Jumlah ini membuat jalur Mandiri adalah jalur kedua dengan kuota terbanyak, setelah jalur UTBK SBMPTN. Berarti, elo masih punya kesempatan untuk diterima di PTN pilihan, karena meskipun kuotanya banyak, jalur Mandiri tidak seketat persaingan di UTBK SBMPTN. 

Mempersiapkan cara lolos ujian mandiri, menurut gue sebenernya susah-susah gampang. 

Agak susah karena waktu yang elo perlukan untuk belajar materi Mandiri (jika elo pilih PTN yang ujian mandirinya pakai tes) lumayan sempit. 

Artinya, elo harus menyiapkan strategi seefektif dan seefisien mungkin. Mulai dari memilih jurusan, fakultas, universitas hingga jenis seleksi mandiri apa yang ada di PTN tersebut. 

Nah, karena waktunya sedikit, elo bakalan susah buat menentukan materi belajar Mandiri mana dulu yang harus elo pelajari. Padahal supaya memahami materi, elo harus tau jadwal belajar apa yang cocok dengan materi Mandiri yang akan elo hadapi. 

Mungkin kelihatannya ribet ya menghadapi ujian Mandiri ini?

Tapi enggak kok pembaca sobatcloud.com, ada bagian mudahnya juga. Apalagi kalo elo belajar bareng-bareng sama pejuang Mandiri dan didampingi oleh tutor-tutor berpengalaman supaya elo tetep on track menuju kampus impian. 

Untuk membantu elo memenangkan peperangan melawan ujian Mandiri, sobatcloud.com menjawab semua kegelisahan, kekhawatiran hingga gundah gulana elo ini melalui sobatcloud.com Ultima Bootcamp

Apa sih sobatcloud.com Ultima Bootcamp itu?

Ikutan sobatcloud.com Ultima Bootcamp 

Jadi, sobatcloud.com Ultima Bootcamp ujian mandiri merupakan program dari sobatcloud.com yang dikhususkan bagi pembaca sobatcloud.com dalam persiapan ujian mandiri PTN, seperti UI, UGM, UNPAD, Undip, Unair, UB, dan berbagai macam ujian mandiri PTN lainnya.

Zenus Ultima Bootcamp ini akan dilaksanakan secara intens dengan jadwal yang sudah dibentuk seefektif dan seefisien mungkin (jadi apa yang elo pelajari di camp ini gak akan sia-sia) dan waktunya adalah selama 4 minggu.

Melalui sobatcloud.com Ultima Bootcamp, elo akan mendapatkan pengalaman yang maksimal cara lolos ujian Mandiri dalam 30 hari. 

Terus, kenapa sih harus ikutan sobatcloud.com Ultima Bootcamp Ujian Mandiri?

Oke, kalo elo ikutan sobatcloud.com Ultima Bootcamp Ujian Mandiri, elo akan mendapatkan berbagai keuntungan, di antaranya:

  • Sistem belajar terstruktur yang dirancang untuk persiapan Ujian Mandiri apapun selama 30 hari. 
  • Ada jadwal harian dan Ujian Mandiri guide dengan pengingat dan informasi lengkapnya
  • Dibimbing langsung oleh tutor terbaik dan berpengalaman. 
  • Recorded live class plus akses 90k+ video premium dari sobatcloud.com
  • Ada bank soal + pembahasan
  • Rangkuman materi
  • Akses kelas live materi sekolah kelas 10-12
  • Penilaian IRT
  • Konsultasi jurusan
  • Bisa gabung ZenClub dengan wali kelas.

Nah, semua keuntungan ini udah dirancang olah tim sobatcloud.com Ultima Bootcamp, supaya elo bisa menaklukkan Ujian Mandiri yang sudah ada di depan mata. 

Kalau elo mau tau lebih lanjut mengenai sobatcloud.com Ultima Bootcamp Ujian Mandiri atau jika elo ingin langsung gabung, bisa langsung klik banner di bawah ini ya!

Tidak Lolos UTBK? Persiapkan Ujian Mandiri dengan Zenius Ultima Bootcamp 9

Ingat, kesempatan gak datang dua kali, kayak kesempatan elo mengikuti Ujian Mandiri ini. 

Dan karena Ujian Mandiri adalah jalur terakhir yang bisa elo tempuh di tahun ini supaya diterima di PTN impian, pastinya elo harus bersungguh-sungguh mempersiapkan semua strateginya ya~

Oke, sampe sini dulu informasi yang bisa gue bagi mengenai lolos atau tidak lolos UTBK serta cara lolos ujian mandiri. Semoga elo berjodoh dengan PTN impian ya, sampai jumpa!

Sumber:

https://www.instagram.com/ltmptofficial/?hl=en

https://www.zenius.net/blog/zenius-ultima-bootcamp


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *