Teori Solidaritas Emile Durkheim – Materi Sosiologi Kelas 11

Hai sobat sobatcloud.com! Gue ada pertanyaan nih– pernah nggak elo liat K-pop Idol kesukaan baru keluar album baru, terus elo patungan sama temen demi tukeran photo card? Atau yang lebih sederhana, elo janjian buat nobar pertandingan bola tim favorit sama temen geng lo.  

Nah, hal yang elo lakukan bareng teman, komunitas, bahkan masyarakat yang didasari suatu kesamaan sebenarnya merupakan bagian dari kesadaran kolektif. 

Ketika kalian punya kesamaan, mulai dari cita-cita, keyakinan bahkan kesukaan, kesadaran ini akan membawa elo untuk saling percaya dan membantu satu sama lain hingga membentuk solidaritas. 

Emile Durkheim yang dikenal sebagai bapak sosiologi modern punya teori menarik mengenai solidaritas. Yuk, kita dalami dulu pengertian teori solidaritas Emile Durkheim.

Teori Solidaritas Emile Durkheim

Durkheim mengatakan bahwa solidaritas merupakan perasaan saling percaya antara para anggota dalam suatu kelompok atau komunitas. Solidaritas ini merupakan bagian penting dalam hubungan antara individu dengan masyarakat. 

Berdasarkan buku berjudul “The Division of Labour in Society” yang ditulis Durkheim pada tahun 1964, pertumbuhan dalam pembagian kerja meningkatkan suatu perubahan dalam struktur solidaritas sosial mekanik ke solidaritas organik. (Santoso, S., & Harsono, 2014).

Wait, ini apa solidaritas mekanik dan organik? Mekanik mesin? Organik as in– bahan organik?

Hehe nggak dong. Jadi, Durkheim itu membedakan solidaritas menjadi dua macam, yaitu solidaritas mekanik dan solidaritas organik. Mari kita kupas satu persatu dari pengertian, ciri-ciri dan contohnya.

Baca juga : Kelompok Sosial – Materi Sosiologi Kelas 11 SMA

Pengertian Solidaritas Mekanik

Solidaritas mekanik merupakan bentuk solidaritas yang didasarkan pada kesamaan kesadaran kolektif yang dimiliki antar individu dengan sifat-sifat dan pola-pola normatif yang sama. 

Nah, mekanik di sini nggak berkaitan sama mesin atau hal-hal modern ya. Justru solidaritas mekanik merupakan sebuah solidaritas yang tercipta di masyarakat tradisional.

BACA JUGA :  Multikulturalisme – Materi Sosiologi Kelas 11

Misalnya, di sebuah desa pinggir pantai yang dihuni para nelayan. Masyarakatnya terbiasa melakukan suatu hal bareng-bareng. Mulai dari berlayar bareng, cari ikan bareng, pulang bareng, jualan bareng, pokoknya kompak deh kayak elo dan bestie lo yang janjian belajar pake sobatcloud.com hehe. Nah, kegiatan yang dilakukan bersama-sama ini merupakan salah satu bentuk solidaritas mekanik.  

Sumber utama solidaritas mekanik nggak cuma dari profesi dan tempat elo tinggal. Kepercayaan, cita-cita, komitmen serta moral yang sama juga membangun rasa solidaritas antar individu. Hal ini terjadi karena para masyarakat ini memiliki perasaan dan kepentingan yang sama, ini lah kenapa solidaritas mekanik sering terjadi di masyarakat homogen.

Oh iya, elo juga perlu tahu kalau dalam masyarakat yang memiliki solidaritas mekanik hukum yang dibentuk biasanya bersifat represif. Artinya, jika seorang individu memiliki pandangan berbeda atau melakukan sesuatu yang menyimpang dari moral yang dipegang masyarakat maka ia bisa dikucilkan atau kena sanksi. 

Pengertian Solidaritas Organik

Nah, solidaritas organik merupakan kebalikan dari solidaritas mekanik karena solidaritas organik justru lahir dari sebuah perbedaan. Hal ini terjadi seiring dengan berkembangnya masyarakat ketika suatu pembagian kerja menjadi lebih kompleks. 

Biasanya solidaritas organik terjadi di perkotaan di mana setiap orang memiliki berbagai macam pekerjaan dengan tanggung jawab dan kebutuhan yang berbeda-beda. Semakin beragamnya pembagian kerja maka tingkat saling ketergantungan makin tinggi. 

Eh gimana? Korelasinya apa ya?

Oke, biar lebih gampang gue kasih contoh. Anggap nih elo adalah seorang marketer di sebuah perusahaan, dengan spesifikasi pekerjaan yang elo punya,  kemampuan elo di bidang penjualan jago banget. Tapi misal, ketika elo sakit gigi skill yang elo punya nggak bisa memenuhi kebutuhan elo untuk mengobati sakit gigi. Makanya elo jadi butuh kehadiran dokter gigi kan? 

Masing-masing individu dalam masyarakat ini memiliki keahlian tertentu dalam suatu pekerjaan. Hal yang mereka lakukan terbatas hanya berdasarkan pekerjaannya. Jadi, ketika ada kebutuhan di luar batas pekerjaannya dia membutuhkan orang lain yang bisa melakukan pekerjaan itu. Dari sini setiap individu dengan keterampilan yang berbeda-beda pun saling bekerja sama demi memenuhi kebutuhan masing-masing. 

BACA JUGA :  Future Perfect Continuous Tense – Pengertian, Rumus, Fungsi, dan Contohnya

Dalam masyarakat solidaritas organik hukum yang dipakai berbentuk restitutif. Berbeda dengan hukum represif hukum ini bertujuan bukan untuk menghukum melainkan untuk mengembalikan aktivitas normal dari suatu masyarakat yang kompleks. Pelanggaran yang terjadi akan dilihat sebagai serangan pada individu atau kelompok tertentu dari masyarakat bukannya terhadap keseluruhan sistem moral yang dianut. 

Teori solidaritas emile durkheim
solidaritas mekanik dan solidaritas organik

Perbedaan Solidaritas Mekanik dan Solidaritas Organik

Oke,sebelum kita lanjut ngomongin ciri solidaritas organik dan mekanik, biar pemahaman elo lebih mateng gua ada tabel yang bisa bantu elo membandingkan perbedaan karakter antara solidaritas organik dan solidaritas mekanik.

Penanda
Solidaritas Mekanik
Solidaritas Organik
Masyarakat
Tradisional
Modern
Pembagian Kerja
Rendah, Generalisasi
Spesialisasi
Sifat Hukum
Represif
Restitutif
Kesadaran Kolektif
Tinggi
Rendah
Aksentuasi
Persamaan Kolektif
Perbedaan Individu
Sumber: Moderasi – Jurnal Studi Ilmu Pengetahuan Sosial,Volume I, No. 2

Ciri-Ciri Solidaritas Mekanik 

Elo bisa mengindentifikasi kelompok solidaritas mekanik dengan memahami kesamaan khas yang mereka miliki, mulai dari pakaian, garis keturunan, hobi, dll. Simak yuk ciri-ciri solidaritas mekanik berikut ini: 

  • Populasi sedikit
    Populasi sedikit artinya kelompok solidaritas mekanik biasanya beranggota sedikit, seperti dalam keluarga, pertemanan serta etnis dan suku. Jumlahnya nggak sampai berjuta-juta gitu. 
  • Bersifat homogen
    Antar individunya mirip, bisa dari penampilan, kepribadian dan cara pikir.
  • Diikat kesadaran kolektif
    Hubungan antar individu terjadi karena kesadaran keberanggotaan, misal temen satu fandom grup idol favorit elo.
  • Bersifat informal dan jangka panjang
    Masyarakat solidaritas mekanik memulai hubungan mereka dengan alami. Ibaratnya, elo berteman sama orang nggak pakai kontrak atau ngisi formulir dulu kan?

Ciri-Ciri Solidaritas Organik

Kelompok solidaritas organik masing-masing individunya terspesialisasi dan terhubung satu sama lain. Berikut ini ciri-ciri dari kelompok solidaritas organik:  

  • Bersifat formal dan kontraktual
    Hubungan yang terjadi biasanya bersifat sementara. Sering terjadi di lingkungan pekerjaan ketika elo menjadi bagian dari sebuah perusahaan melalui perjanjian.
  • Pembagian tugas menurut keahlian dan fungsi
    Setiap individu memiliki keterampilan tertentu yang berbeda satu sama lain.
  • Saling terhubung dan membutuhkan
    Masih berhubung sama ciri sebelumnya, saling terhubung di sini artinya antar individu saling bergantung sama lain berdasarkan fungsi masing-masing. 
BACA JUGA :  Peristiwa Rengasdengklok – Latar Belakang, Kronologi, dan Tujuan

Contoh Solidaritas Mekanik dan Organik

Dari hal yang gue bilang di atas, solidaritas mekanik biasa terjadi di pedesaan di mana masyarakatnya memiliki kesamaan profesi. Tapi, jenis solidaritas mekanik sebenarnya nggak terbatas hanya di desa lho.

Misal ceritanya begini, elo orang Padang yang merantau ke Bandung untuk kuliah. Di kampus, elo temenan sama mahasiswa Padang  lainnya yang juga sama-sama ke Bandung demi belajar. Di sini elo ngerasain perasaan ‘senasib’ apalagi ternyata kalian berdua juga sama-sama ngekos sendirian. Ikatan yang elo rasakan sama temen elo merupakan bagian dari solidaritas mekanik. Kesamaan akan hal-hal primodial yang diyakini penting sering kali membuat antar individu memiliki kesadaran kolektif yang kuat. 

Biar lebih paham mari kita lihat contoh lainnya! 

Contoh Solidaritas Mekanik

  • Masyarakat Suku Baduy yang terbagi menjadi Baduy Dalam dan Baduy Luar menunjukan solidaritas mekanik di mana selain warna kain yang beda, setiap orang di suku Baduy memiliki kesamaan seperti, pakaian, gaya hidup, kepercayaan, dan lainnya. 
  • Dalam kehidupan modern elo bisa temui contoh paling simpel ketika elo nonton konser. Misalnya, pas elo nonton konser BTS otomatis elo bakal dikelilingi sesama ARMY yang sama-sama demen BTS kayak elo kan? Mendukung BTS adalah bentuk solidaritas mekanik yang terjadi di fandom elo. 

Contoh Solidaritas Organik

  • Solidaritas organik biasanya terjadi di sebuah lembaga dan organisasi. Pokoknya yang punya dokumen legalitas formal seperti  perusahaan atau lembaga pendidikan kayak sekolah. Proses pendidikan yang elo alami selama 3 tahun sebagai murid SMA juga merupakan bentuk dari solidaritas organik karena keberadaan elo di sekolah ini memiliki jangka waktu tertentu.
  • Sebuah perusahaan biasanya memiliki departemen dengan tugas masing-masing. Misal bagian administrasi yang mengurus hal teknis ketatausahaan, bagian sales yang bertanggung jawab akan target penjualan. Semua departemen saling bekerja sama sesuai peran nasing-masing untuk memenuhi tujuan bersama. 

Sip, segitu dulu aja pembahasan kita soal teori solidaritas mekanik dan organik Emile Durkheim. Kalau elo makin penasaran sama materi Sosiologi lainnya, coba deh nonton video materi sobatcloud.com terus ngerjain soal-soalnya biar makin mantep. Pastikan dulu ya elo udah log in di akun sobatcloud.com biar bisa akses fitur-fiturnya.

Teori Solidaritas Emile Durkheim - Materi Sosiologi Kelas 11 17

Anyway, nggak cuma sosiologi kok kalau elo juga pengen belajar mata pelajaran lainnya dengan paket komplet ditemani tutor asik, sobat sobatcloud.com bisa coba paket belajar yang udah kita sesuaikan sama kebutuhan elo. Yuk intip paketnya!

Teori Solidaritas Emile Durkheim - Materi Sosiologi Kelas 11 18

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *