Swift Code Bank BNI: Begini Cara Mudah Kirim Uang ke Berbagai Negara

Apa itu Swift Code?

Swift code atau Bank Identification Code (BIC) adalah kode standar yang digunakan oleh lembaga perbankan atau sekuritas dalam transaksi finansial internasional. Kode ini memberikan informasi tentang nama bank dan lokasinya. Swift code juga menawarkan keamanan dalam setiap transaksi finansial yang dilakukan baik melalui perbankan konvensional maupun melalui layanan perbankan digital seperti core banking dan mobile banking.

Swift code merupakan identitas dari lembaga finansial atau perbankan yang telah tergabung sebagai anggota Asosiasi SWIFT. Asosiasi ini memberikan standar dan infrastruktur yang diperlukan untuk memudahkan transaksi finansial antar bank di seluruh dunia. Dengan menggunakan swift code, proses pengiriman uang ke negara lain dapat dilakukan dengan lebih mudah dan aman.

Manfaat Swift Code

Sebagai anggota SWIFT, lembaga finansial akan mendapatkan berbagai manfaat dalam melakukan aktivitas transaksi finansial. Beberapa manfaat tersebut antara lain:

  1. Efisiensi dan efektivitas dalam melakukan transaksi finansial. Dengan menggunakan swift code, proses transaksi dapat dilakukan dengan lebih cepat dan akurat.
  2. Pengurangan biaya. Dalam melakukan transaksi internasional, penggunaan swift code dapat mengurangi biaya yang dikeluarkan oleh lembaga finansial.
  3. Pengurangan risiko terkait aktivitas operasional. Swift code memberikan keamanan dan perlindungan terhadap transaksi finansial yang dilakukan oleh lembaga finansial.
  4. Standarisasi dan optimasi kegiatan transaksi finansial. Dengan menggunakan swift code, lembaga finansial dapat mengoptimalkan proses transaksi dan memastikan bahwa semua transaksi dilakukan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

Syarat Mengirim Uang ke Luar Negeri

Untuk dapat melakukan pengiriman uang ke luar negeri menggunakan swift code, terdapat beberapa persyaratan yang perlu dipenuhi. Misalnya, jika kamu berada di luar negeri dan ingin mengirim uang ke Indonesia melalui Bank BNI, kamu perlu mengetahui swift code Bank BNI.

Untuk mengetahui swift code Bank BNI, kamu dapat menghubungi petugas call center bank tersebut atau mencarinya secara online. Swift code Bank BNI adalah BNINIDJA. Empat huruf pertama menunjukkan nama perusahaan perbankan, yaitu Bank BNI. Dua huruf berikutnya menunjukkan identitas negara, yaitu Indonesia. Dan dua huruf terakhir menunjukkan lokasi perusahaan perbankan.

Apabila pihak yang akan menerima uang menggunakan rekening Bank BNI Syariah, kamu perlu menanyakan swift code Bank BNI Syariah kepada petugas call center Bank BNI Syariah. Swift code Bank BNI Syariah adalah SYNIIDJA.

Cara Mengirim Uang ke Negara Lain pakai Swift Code Bank BNI

Setelah kamu mendapatkan semua informasi yang diperlukan, kamu dapat mengunjungi kantor Bank BNI terdekat dengan lokasimu untuk melakukan pengiriman uang ke negara lain. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Datang ke kantor Bank BNI dengan membawa buku tabungan (jika ada), kartu identitas, dan kartu ATM.
  2. Jika kamu masih ragu, kamu dapat menghubungi petugas call center Bank BNI untuk memastikan proses pengiriman uang ke negara lain.
  3. Isi semua data penerima yang dibutuhkan dengan lengkap dan benar, seperti nama penerima, nomor rekening, dan kode swift bank yang digunakan.
  4. Periksa ulang semua data yang telah kamu berikan sebelumnya, terutama nomor rekening, nominal uang yang akan dikirim, dan nama penerima.
  5. Setelah itu, petugas Bank BNI akan membantu proses pengiriman uang ke penerima sesuai dengan data yang telah kamu berikan.

Lama waktu yang diperlukan untuk transaksi ke luar negeri dengan menggunakan layanan Wire Transfer atau Remittance biasanya sekitar satu sampai empat hari kerja. Kamu dapat melakukan pengecekan secara berkala kepada pihak penerima untuk memastikan bahwa uang yang kamu kirimkan telah diterima.

Transfer Uang ke Luar Negeri dengan Layanan sobatcloud.com Globe

Jika kamu ingin mengirim uang ke luar negeri dari Indonesia, kamu dapat menggunakan layanan sobatcloud.com Globe yang tersedia melalui aplikasi sobatcloud.com. Layanan ini memungkinkan kamu untuk mengirim uang ke rekening perseorangan dengan mudah dan praktis.

Untuk menggunakan layanan sobatcloud.com Globe, kamu perlu memiliki akun sobatcloud.com dan mengunduh aplikasi sobatcloud.com di smartphone kamu. Setelah itu, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Daftar dan buat akun sobatcloud.com melalui aplikasi sobatcloud.com yang sudah kamu unduh.
  2. Pilih menu sobatcloud.com Globe pada aplikasi sobatcloud.com.
  3. Pilih negara tujuan dan masukkan semua informasi yang dibutuhkan, seperti nama penerima, nomor rekening, dan jumlah uang yang akan dikirim.
  4. Pastikan bahwa nama rekening yang kamu gunakan sama dengan nama yang terdaftar pada akun sobatcloud.com yang telah kamu daftarkan sebelumnya.
  5. Proses transaksi dan tunggu konfirmasi bahwa uang telah berhasil dikirim.

Transfer uang ke luar negeri dengan layanan sobatcloud.com Globe dijamin aman dan cepat. Melalui layanan ini, kamu dapat mengirim uang ke berbagai negara dengan nominal minimal 1 (kecuali untuk Korea Selatan dengan nominal minimal 300 KRW dan Filipina dengan nominal minimal 50 PHP) dan nominal maksimal 99 juta.

Untuk menggunakan layanan sobatcloud.com Globe, kamu dapat mengirim uang melalui SMS banking, ATM, mobile banking, dan internet banking. Namun, tidak semua metode pembayaran dapat digunakan. Setoran tunai melalui teller tidak dapat diproses menggunakan layanan sobatcloud.com Globe. Pastikan kamu memilih metode pembayaran yang tersedia dalam aplikasi sobatcloud.com saat melakukan transaksi.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, download dan gunakan aplikasi sobatcloud.com sekarang juga untuk memudahkan transaksi finansial internasionalmu!

BACA JUGA :  Inilah Biaya Transfer BCA ke Bank Lain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *