Alasan Kamu Perlu Study Abroad, Buka Banyak Pintu Peluang

Study Abroad vs Student Exchange

Perbedaan Study Abroad dan Student Exchange

Ketika mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan studi di luar negeri, ada dua program yang biasanya dapat dipilih, yaitu study abroad dan student exchange. Meskipun keduanya memberikan pengalaman belajar di luar negeri, terdapat perbedaan utama antara keduanya.

Pertama, perbedaan terletak pada durasi studi. Study abroad merupakan program studi di luar negeri yang dilakukan dalam satu masa studi penuh. Artinya, kamu akan belajar di universitas tujuan sejak awal hingga akhir perkuliahan. Sementara itu, student exchange adalah program studi di luar negeri yang biasanya berlangsung dalam beberapa semester, umumnya antara satu hingga empat semester.

Selain itu, dalam study abroad, kamu biasanya mencari universitas tujuan sendiri. Kamu akan melakukan proses pendaftaran dan pemilihan universitas secara mandiri. Berbeda dengan student exchange, program ini biasanya sudah difasilitasi oleh pihak kampus di Indonesia. Kerja sama antara kampus di Indonesia dengan kampus di negara tujuan sudah terjalin sehingga proses pengaturan dan pemilihan universitas lebih mudah.

Dari segi biaya, study abroad cenderung lebih mahal dibandingkan student exchange. Sebagai mahasiswa study abroad, kamu akan membayar biaya perkuliahan sejak awal hingga akhir masa studi. Selain itu, kamu juga harus menyiapkan berbagai biaya lain seperti akomodasi, transportasi, dan biaya hidup. Namun, jika kamu mendapatkan beasiswa, biaya ini dapat diminimalisir atau bahkan tidak perlu dikeluarkan.

Sementara itu, biaya student exchange relatif lebih rendah. Kamu masih perlu membayar biaya perkuliahan, tetapi tidak sebanyak mahasiswa study abroad. Biaya ini juga tergantung pada kebutuhan dan negara tujuanmu.

BACA JUGA :  Waspada, Ini Ciri-Ciri Penipuan Paket Luar Negeri!

Keuntungan Study Abroad

Memperkaya Wawasan

Salah satu keuntungan utama dari study abroad adalah memperkaya wawasan. Saat belajar di luar negeri, kamu akan mendapatkan pengalaman belajar dengan sistem, lingkungan, dan cara pembelajaran yang berbeda. Mayoritas pembelajaran dilakukan dengan mahasiswa internasional dan menggunakan bahasa Inggris sebagai pengantar. Hal ini akan memberikan pengalaman belajar yang berbeda dari di Indonesia.

Selain itu, kamu juga akan belajar untuk beradaptasi dengan budaya baru di lingkungan tempat kamu belajar. Mungkin kamu akan mengalami culture shock, terutama jika belajar di negara dengan budaya yang berbeda seperti di Asia Timur, Eropa, dan Australia. Namun, pengalaman ini akan membuka pikiranmu dan membuatmu lebih toleran terhadap perbedaan budaya.

Memperluas Networking

Study abroad memberikan kesempatan emas untuk memperluas networking. Kamu akan bertemu dengan orang-orang dari berbagai negara dan budaya yang berbeda. Melalui networking ini, kamu dapat memperoleh pembelajaran dan wawasan baru. Selain itu, networking yang luas dapat menjadi bekal utama dalam kariermu di masa depan. Semakin banyak relasi yang kamu miliki, semakin banyak kesempatan karier yang dapat kamu dapatkan.

Melatih Kemandirian

Study abroad juga akan melatih kemandirianmu. Ketika merantau di luar negeri, kamu harus melakukan banyak hal sendiri dan tidak bisa mengandalkan orang lain. Mulai dari merawat diri sendiri hingga mengatur kehidupan sehari-hari, kamu akan belajar untuk menjadi lebih mandiri. Pengalaman ini akan membuatmu menyadari kemampuan yang selama ini mungkin tidak kamu sadari.

Kuliah di Perguruan Tinggi Terbaik

Salah satu keuntungan besar study abroad adalah kesempatan untuk belajar di perguruan tinggi terbaik di dunia. Universitas-universitas di luar negeri sering kali memiliki reputasi yang baik dan menawarkan program studi yang berkualitas. Belajar di universitas terbaik akan memberikanmu banyak pembelajaran dan pengalaman yang berharga. Kamu akan belajar dari profesor yang kompeten dan berkualitas serta berinteraksi dengan mahasiswa berkualitas pula.

BACA JUGA :  Simak! Syarat dan Cara Mengajukan Working Holiday Visa Australia

Peluang Kerja Lebih Luas

Keuntungan lain dari study abroad adalah peluang kerja yang lebih luas. Lulusan universitas di luar negeri, terutama yang berasal dari universitas terbaik, memiliki nilai jual yang tinggi. Kemampuan berbahasa Inggris yang baik dan pengalaman belajar di luar negeri menjadi nilai tambah dalam dunia kerja. Selain itu, pengalaman bertahan dan berkembang di lingkungan yang berbeda juga menjadi catatan tersendiri dalam CV. Mereka yang berkuliah di luar negeri biasanya dinilai memiliki kemampuan leadership, komunikasi, dan manajemen yang baik.

Dalam kesimpulan, study abroad adalah pengalaman yang sangat berharga. Keuntungan yang ditawarkan, seperti memperkaya wawasan, memperluas networking, melatih kemandirian, kuliah di perguruan tinggi terbaik, dan peluang kerja yang lebih luas membuatnya menjadi pilihan yang patut dipertimbangkan. Jangan ragu untuk mengambil kesempatan ini jika memungkinkan.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *