Contoh Skripsi Sistem penggajian karyawan berbasis web

Pengelolaan penggajian karyawan adalah hal yang krusial bagi setiap perusahaan. Proses penggajian yang baik dan efisien sangat penting untuk memastikan karyawan menerima gaji yang sesuai dengan pekerjaan yang dilakukan. Seiring dengan perkembangan teknologi, sistem penggajian berbasis web telah menjadi pilihan yang popular bagi banyak perusahaan dalam mengelola penggajian karyawan mereka.

Sistem penggajian karyawan berbasis web memungkinkan perusahaan untuk mengelola data penggajian secara elektronik melalui aplikasi web. Dengan sistem ini, perusahaan dapat memasukkan data karyawan, menghitung gaji, dan menghasilkan laporan penggajian dengan cepat dan efisien. Sistem ini juga memungkinkan karyawan untuk mengakses informasi gaji mereka secara online.

Berikut ini adalah beberapa contoh sistem penggajian karyawan berbasis web yang dapat dijadikan referensi dalam perancangan sistem penggajian di perusahaan Anda:

1. Abstrak Sistem Informasi Penggajian Karyawan Berbasis Web (Studi Kasus PT. Suci Raharjo)

Penelitian ini dilakukan di PT. Suci Raharjo, perusahaan yang bergerak dalam pengolahan ayam pedaging. Sistem informasi penggajian karyawan ini dirancang menggunakan metode prototyping. Metode prototyping adalah proses pembuatan model sederhana perangkat lunak yang memungkinkan pengguna memiliki gambaran dasar tentang program serta melakukan pengujian awal terhadap prototipe.

Sistem informasi penggajian ini memberikan fasilitas bagi pengembang dan pemakai untuk saling berinteraksi selama proses pembuatan, sehingga pengembang dapat dengan mudah memodelkan perangkat lunak yang akan dibuat. Tujuan dari sistem informasi penggajian ini adalah untuk mempermudah personalia dalam melaksanakan tugasnya, seperti menginput data karyawan, menginput gaji, menghasilkan laporan gaji bulanan atau tahunan, dan menyediakan slip gaji untuk karyawan tetap maupun magang. Sistem ini juga dapat diakses secara online, sehingga personalia dapat menggunakan aplikasi ini kapan saja dan di mana saja.

BACA JUGA :  10 Game PPSSPP Terbaik Untuk Android

2. Abstrak Sistem Informasi Penggajian Karyawan Berbasis Web Pada Kejaksaan Negeri Tangerang

Kejaksaan Negeri Tangerang merupakan instansi pemerintah yang memberikan pelayanan dalam bidang penegakan hukum untuk menciptakan keamanan dan ketentraman dalam masyarakat. Sistem penggajian di Kejaksaan Negeri Tangerang sudah menggunakan sistem terkomputerisasi dengan menggunakan aplikasi Microsoft Visual Basic.

Namun, dalam tugas akhir ini diusulkan pengembangan sistem penggajian menggunakan aplikasi pemrograman berbasis web untuk memperoleh perhitungan gaji yang lebih akurat dan memudahkan proses perhitungan gaji. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan melakukan pengumpulan informasi melalui observasi dan wawancara dengan berbagai pihak yang terkait dalam proses sistem penggajian.

3. Abstrak Perancangan Sistem Informasi Penggajian Berbasis Web Dengan Metode Waterfall Pada PT. Sinar Metrindo Perkasa

PT. Sinar Metrindo Perkasa (SIMETRI) adalah perusahaan yang bergerak di bidang produksi panel listrik. Dalam proses pengelolaan penggajian, perusahaan masih menggunakan proses manual dengan menggunakan program bantu MS. Excel. Hal ini menyebabkan terjadinya kesalahan perhitungan gaji karyawan dan proses cetak slip gaji yang memakan waktu lama.

Untuk meminimalisir masalah tersebut, tugas akhir ini merancang sistem informasi penggajian karyawan berbasis web yang terkomputerisasi. Sistem ini memudahkan perusahaan dalam pencatatan dan pelaporan penggajian karyawan. Selain itu, sistem ini juga membantu meminimalisir kesalahan dalam pengolahan perhitungan gaji karyawan.

4. Abstrak Sistem Informasi Penggajian Karyawan Berbasis Web Pada Badan Musyawarah Warga Delatinos Tangerang Selatan

Badan Musyawarah Warga Delatinos Tangerang Selatan memiliki kebutuhan akan kecepatan dan ketepatan dalam penyampaian informasi untuk memberikan kontribusi yang optimal bagi perusahaan. Namun, sistem pengolahan data penggajian dan data karyawan yang saat ini digunakan masih sederhana.

BACA JUGA :  Download Wallpaper Samsung Galaxy S10 Gratis

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, penelitian ini merancang sistem informasi penggajian karyawan berbasis web menggunakan metode waterfall. Diharapkan sistem ini dapat memberikan kemudahan dalam pengolahan data absensi, penggajian, dan laporan. Sistem ini juga memudahkan akses data karyawan dari mana saja dan kapan saja.

5. Abstrak Sistem Informasi Penggajian Karyawan Berbasis Web Menggunakan Framework Laravel

PT. Evershine Convertindo merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri kertas. Saat ini, perusahaan ini masih menggunakan sistem penggajian yang manual dan konvensional, yang menyebabkan proses penggajian sering terlambat. Dalam tugas akhir ini, penulis merancang sistem informasi penggajian karyawan berbasis web menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan format database MySQL, serta menggunakan framework Laravel.

Dengan sistem ini, diharapkan perusahaan dapat memperoleh kemudahan dalam penginputan data penggajian dan penyusunan laporan penggajian secara lebih cepat dan efisien.

6. Sistem Informasi Penggajian Berbasis Web Pada CV Wsk (KNK Koffee Resources)

CV WSK (KNK Koffee Resources) adalah perusahaan dagang yang bergerak di bidang penjualan kopi di Kota Semarang. Dalam mengelola penggajian, perusahaan ini masih menggunakan sistem manual dan konvensional. Oleh karena itu, penulis tugas akhir ini merancang sistem informasi penggajian karyawan berbasis web yang dapat membantu dalam pengolahan data penggajian.

Sistem ini dilakukan dengan melakukan analisis kebutuhan sistem, perancangan sistem, dan implementasi rancangan sistem menjadi sebuah sistem baru. Penulis menyimpulkan bahwa sistem informasi penggajian karyawan yang dibangun dapat membantu dalam pengolahan data penggajian dan menyajikan informasi yang diperlukan oleh karyawan CV WSK (KNK Koffee Resources).

Kesimpulan

Sistem penggajian karyawan berbasis web adalah solusi yang efisien dan efektif dalam mengelola penggajian karyawan. Dengan menggunakan sistem ini, perusahaan dapat memperoleh manfaat seperti pengolahan data penggajian yang cepat, akurat, dan efisien, serta kemudahan akses informasi bagi karyawan.

BACA JUGA :  Menambahkan Link Sosial Media Ke Sampul Channel Youtube

Melakukan analisis kebutuhan sistem, merancang sistem berbasis web, dan mengimplementasikan sistem tersebut adalah langkah-langkah yang penting dalam membangun sistem penggajian karyawan berbasis web yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Dalam pemilihan metode pengembangan sistem, metode prototyping dan waterfall adalah dua metode yang popular digunakan dalam penelitian ini.

Dalam hal implementasi, penggunaan bahasa pemrograman seperti PHP dan framework seperti Laravel dapat membantu mempercepat dan mengoptimalkan pengembangan sistem penggajian. Diharapkan dengan adanya sistem penggajian berbasis web, perusahaan dapat meningkatkan efisiensi, akurasi, dan transparansi dalam proses penggajian karyawan mereka.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *