Shipping Adalah: Definisi dan Istilah Lainnya dalam Bisnis

Shipping adalah istilah yang pastinya sudah akrab di telingamu. Terlebih kalau kamu kerap berbelanja online, pasti sudah mafhum dengan kosakata tersebut. Ya, shipping memang erat kaitannya dengan kegiatan jasa pengiriman barang. Untuk penjelasan lebih lanjut, simak terus sampai habis artikel berikut.

Apa Itu Shipping?

Shipping merupakan kosakata dalam bahasa Inggris yang artinya pengiriman. Istilah ini kerap digunakan dalam kegiatan ekspor impor produk. Kamu pasti juga pernah menggunakan istilah shipping saat berbelanja lewat e-commerce atau marketplace.

Shipping dalam ekspor dan impor

Dalam sektor ekspor impor (exim), shipping dapat diartikan sebagai suatu kegiatan pengiriman barang melalui jalur udara, laut, dan darat. Pada umumnya, bisnis ekspor impor lebih memilih jalur laut. Pasalnya, jalur ini dianggap lebih mampu mengangkut lebih banyak barang dibanding jalur darat maupun udara.

Di samping itu, tarif jalur laut juga lebih terjangkau. Sebab itu, jalur pengiriman ini banyak dipilih oleh para pelaku usaha ekspor impor. Tak hanya bisnis exsim berskala besar saja, pegiat UMKM seperti supplier pakaian impor pun juga lebih memilih jalur laut.

Shipping dalam bisnis online

Pengertian shipping dalam kegiatan bisnis online tak jauh berbeda dengan sektor exsim. Menurut Holy Icun Yunarto dalam buku BCI: In Sales & Distribution, shipping adalah kegiatan pengiriman produk fisik dari satu tempat ke tempat lain. Contohnya adalah pengiriman barang dari pemilik toko online ke konsumen.

Dalam praktiknya, kegiatan shipping bisnis online melibatkan beberapa prosedur. Di antaranya sebagai berikut:

1. Setelah konsumen menyelesaikan pembayaran, penjual wajib melakukan pengecekan ketersediaan barang.
2. Bila barang ternyata habis dan penjual lupa memperbarui stok barang di toko online, penjual wajib menginformasikannya ke pembeli.
3. Bila barang ada, penjual bisa segera melakukan pengemasan barang.
4. Selanjutnya, penjual mencetak surat jalan atau resi pengiriman.
5. Terakhir, penjual mengirimkan barang melalui jasa logistik yang sudah ditentukan.

BACA JUGA :  Ternyata Begini Cara Investasi Saham yang Benar, Yuk Simak!

Istilah-Istilah Shipping dalam Bisnis Online

Kalau kamu kerap menggunakan aplikasi jual beli online, pasti pernah melihat istilah-istilah lain yang ada kaitannya dengan kata ‘shipping’. Melansir dari berbagai sumber, berikut beberapa istilah shipping beserta pengertiannya.

1. Shipping instruction

Shipping instruction atau shipping order merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut dokumen atau surat perintah untuk mengirimkan barang. Dokumen ini dikeluarkan oleh perusahaan atau penjual ke pihak penyedia layanan pengiriman barang. Pada umumnya, dokumen ini mencantumkan informasi, seperti jenis barang, berat, volume, dan jumlah.

2. Shipping process

Jika diartikan secara harfiah, shipping process adalah proses pengiriman. Ya, istilah ini memang digunakan untuk menyebut proses dikirimnya barang dari pihak penjual ke pembeli. Tentu saja proses ini dilakukan oleh pihak logistik, baik dari jalur udara, laut, maupun darat.

3. Shipping address

Shipping address merupakan alamat tujuan pengiriman barang. Dalam jual beli online, pihak pembeli perlu memberikan alamat pengiriman serinci-rincinya. Tujuannya agar barang tidak nyasar ke alamat lain atau bahkan gagal dikirimkan karena alamat kurang detail. Selain mencantumkan alamat RT/RW dan kelurahan, jangan lupa untuk mencantumkan nomor rumah bila ada. Selain itu juga wajib menyertakan nomor telepon yang aktif agar kurir bisa menghubungi pembeli bila kesulitan menemukan alamat.

4. Shipping fee

Beberapa orang juga menyebut istilah shipping fee dengan shipping cost. Definisi dari istilah ini adalah ongkos atau biaya pengiriman barang. Besar kecilnya ongkos pengiriman ditentukan berdasarkan jarak, dimensi, dan berat barang.

5. Free shipping

Di Indonesia, istilah free shipping lebih dikenal dengan sebutan gratis ongkir (ongkos kirim). Maksudnya, pembeli dibebaskan dari biaya pengiriman barang. Biasanya karena pihak penjual atau platform jual beli online memberikan subsidi dengan persyaratan tertentu.

BACA JUGA :  5 Fakta Menarik Tentang Sejarah Australia

Tapi jangan salah, meskipun ada subsidi ongkos kirim, pihak penjual tetap mendapatkan keuntungan. Umumnya, kebijakan ini diberlakukan untuk mengurangi biaya operasional. Margin keuntungannya juga akan menurun. Namun jumlah pesanan yang masuk akan meningkat dan bisa menutup margin laba tersebut.

Jadi, shipping adalah proses pengiriman barang dari satu tempat ke tempat lain. Dalam kegiatan shipping, tentu butuh yang namanya biaya pengiriman. Terutama dalam sektor exim, ongkos pengiriman cukup tinggi.

Dalam bisnis online, shipping juga memiliki istilah-istilah khusus yang harus kamu ketahui. Istilah-istilah ini berkaitan dengan proses pengiriman barang dari penjual ke pembeli. Dengan mengetahui istilah-istilah tersebut, kamu akan lebih memahami semua tahapan dalam proses shipping bisnis online.

1. Shipping Instruction

Shipping instruction atau shipping order adalah istilah yang digunakan untuk menyebut dokumen atau surat perintah yang dikeluarkan oleh penjual kepada pihak penyedia layanan pengiriman barang. Dokumen ini berisi informasi tentang jenis barang, berat, volume, dan jumlah barang yang akan dikirimkan.

Dalam bisnis online, shipping instruction biasanya dibuat setelah pembeli menyelesaikan pembayaran. Penjual akan memeriksa ketersediaan barang terlebih dahulu. Jika barang tersedia, penjual akan melakukan pengemasan barang dan mencetak surat jalan atau resi pengiriman. Selanjutnya, barang akan dikirimkan melalui jasa logistik yang telah ditentukan.

2. Shipping Process

Shipping process adalah proses pengiriman barang dari penjual ke pembeli. Proses ini melibatkan pihak logistik yang akan mengambil barang dari penjual, mengemasnya dengan baik, dan mengirimkannya ke alamat tujuan yang telah ditentukan oleh pembeli.

Proses pengiriman barang dapat dilakukan melalui jalur udara, laut, maupun darat, tergantung pada jenis barang dan jarak pengiriman. Setiap jalur pengiriman memiliki waktu tempuh yang berbeda-beda. Pengiriman melalui jalur udara biasanya lebih cepat, namun biayanya lebih tinggi dibandingkan dengan pengiriman melalui jalur laut atau darat.

BACA JUGA :  Daftar Harga Paket Smartfren Internet

3. Shipping Address

Shipping address adalah alamat tujuan pengiriman barang. Dalam bisnis online, pembeli harus memberikan alamat lengkap yang terdiri dari nama jalan, nomor rumah, RT/RW, kelurahan, kecamatan, kota/kabupaten, dan kode pos. Alamat yang lengkap dan jelas sangat penting agar barang dapat dikirim dengan tepat ke alamat yang dituju.

Pada saat memesan barang secara online, pembeli harus memeriksa kembali alamat pengiriman yang telah diisi. Pastikan semua informasi yang tertera benar dan tidak ada kesalahan penulisan. Jika alamat pengiriman tidak lengkap atau tidak jelas, barang dapat terjebak atau bahkan tidak dapat dikirimkan oleh pihak logistik.

4. Shipping Fee

Shipping fee atau biaya pengiriman adalah jumlah uang yang harus dibayar oleh pembeli untuk mengirimkan barang dari penjual ke alamat tujuan. Besar kecilnya biaya pengiriman ditentukan oleh beberapa faktor, seperti berat barang, jarak pengiriman, jenis pengiriman, dan asuransi pengiriman.

Dalam bisnis online, beberapa penjual memberikan subsidi atau diskon untuk biaya pengiriman. Hal ini bertujuan untuk menarik minat pembeli dan mendorong penjualan. Beberapa penjual juga menawarkan gratis ongkir atau free shipping untuk pembelian di atas nilai tertentu.

5. Free Shipping

Free shipping atau gratis ongkir adalah istilah yang digunakan untuk menyebut pengiriman barang tanpa dikenakan biaya tambahan. Biasanya, penjual atau platform jual beli online memberikan subsidi atau mengambil alih biaya pengiriman untuk menarik minat pembeli.

Meskipun terdapat subsidi atau diskon untuk biaya pengiriman, penjual tetap mendapatkan keuntungan dari penjualan barang. Keuntungan yang diperoleh dapat berasal dari margin keuntungan produk atau dari peningkatan jumlah penjualan yang dihasilkan oleh kebijakan free shipping ini.

Dalam bisnis online, shipping merupakan salah satu tahapan penting yang harus diperhatikan dengan baik. Setiap istilah yang terkait dengan shipping memiliki peran dan fungsi masing-masing. Dengan memahami istilah-istilah tersebut, kamu dapat melakukan proses pengiriman barang dengan lebih efektif dan efisien.

Untuk menghindari masalah dalam pengiriman barang, pastikan untuk memilih jasa logistik yang terpercaya dan memiliki reputasi baik. Lakukan juga pengecekan terhadap barang sebelum dikirimkan, seperti memastikan barang dalam kondisi baik dan sesuai dengan pesanan pembeli. Dengan melakukan langkah-langkah ini, kamu dapat memberikan pengalaman belanja online yang menyenangkan bagi pembeli.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *