Penyebab Tragedi Serangan 11 September 2001 ke Gedung WTC

Halo sobat sobatcloud.com! Berapa banyak dari elo yang suka nonton film action? Terutama tentang teroris yang menginvasi suatu negara? Misalnya White House Down (2013), Iron Man (2008), dan Mission Impossible-nya (1996) akang Tom Cruise?

Oh, atau mungkin elo suka nonton film thriller tentang kecelakaan pesawat, kayak Final Destination (2000), Cast Away (2000), atau Sully: Miracle on Hudson (2016)?

Coba sekarang elo bayangin kalau dua tipe film tersebut digabung. Tentang terorisme dan pembajakan pesawat, kebayang nggak sih ngerinya? Eh ternyata ada kejadiannya di dunia nyata guys, dan bukan di film doang lho. 

Kali ini gue bakal ngebahas tentang Tragedi Gedung WTC (World Trade Center) atau yang biasa dikenal dengan Serangan 11 September 2001 (9/11). Tragedi yang melibatkan terorisme, pembajakan pesawat, dan ribuan korban jiwa.

Tapi apa ya penyebab dari tragedi serangan 11 September 2001 yang berlokasi di Amerika Serikat itu? Kita kupas tuntas penyebabnya di bawah ini, ya!

Apa Itu Serangan 11 September 2001?

Awalnya, gue bertanya. Siapa pelaku serangan 11 September 2001 ini? Kok bisa melakukan aksi mereka kayak di film-film action itu?

Setelah browsing, ternyata semua bermula ketika negara api menyerang. 

Eh, maksudnya semua bermula pada tanggal 11 September 2001, di mana 19 orang dari kelompok ekstrimis asal Pakistan bernama Al-Qaeda membajak 4 pesawat di Amerika Serikat.

Mereka melakukan misi bunuh diri dengan rencana menabrakkan pesawat tersebut ke 3 tempat penting di Amerika.

Al-Qaeda merupakan organisasi ekstrimis yang didirikan Osama bin Laden pada akhir tahun 1980. Sebelumnya, mereka udah terlibat beberapa kasus terorisme sejak tahun 1990an, kayak pengeboman kedutaan Amerika Serikat di Kenya dan Tanzania (1998), Bom Bali (2002), Bom London (2005), dan Penyerangan di Hotel Mumbai (2008).

Gambar Osama bin Laden, Pemimpin Al-Qaeda.
Osama bin Laden, Pendiri Organisasi Al-Qaeda (Dok. AP Photo)

Terus tau nggak, 3 dari 4 pesawat yang dibajak tersebut berhasil nabrak ke dua tempat penting di Amerika! Sedangkan satu pesawat berhasil digagalkan. 

Al-Qaeda tau kalo mereka nggak punya kekuatan segitu besarnya untuk nyerang militer Amerika secara langsung. Makanya Al-Qaeda berencana nyerang 3 titik vital di pusat kota Amerika saat itu.

Satu pesawat berhasil digagalkan dan terjatuh ke sebuah lahan di Shanksville, Pennsylvania. Oh ya, pesawat ini target awalnya adalah Istana Kepresidenan Amerika Serikat, White House, atau Gedung Putih

BACA JUGA :  Pengertian Elips Beserta Rumus dan Contoh Soalnya – Materi Matematika Kelas 10

Satu pesawat lainnya berhasil menabrak kantor pusat Departemen Pertahanan Amerika Serikat, Pentagon, dan yang paling terkenal dua pesawat lagi menabrak pusat bisnis dan perdagangan, yaitu gedung kembar World Trade Center di New York.

Target pada Tragedi WTC, Serangan 11 September 2001
3 Target Al-Qaeda di Serangan 11 September 2001 (Dok. AP Photo)

Bukan cuma menabrak aja, World Trade Center yang udah kebakar gara-gara ditabrak dua pesawat sekaligus langsung runtuh menyisakan puing dan debu.

Orang-orang di sekitar tempat peristiwa dalam sekejap langsung histeris dan melarikan diri menuju tempat yang aman karena mereka khawatir bakal ada serangan lagi.

Ada sekitar 2.996 korban jiwa dan kurang lebih 6.000 orang luka-luka dari tiga tempat kejadian 9/11 ini. Di mana hal tersebut berdampak ke perkembangan terorisme di dunia.

Akibat dari peristiwa ini, presiden AS saat itu George W. Bush langsung turun tangan buat membalas perbuatan Osama bin Laden dan Al-Qaeda.

Saat kejadian, presiden George W. Bush lagi melakukan kunjungan ke sekolah di Sekolah Dasar Sarasota, Florida. Jaraknya sekitar 1.606 kilometer dari lokasi kejadian.

Kemarahan George W. Bush saat mendengar kabar tentang 9/11.
Ekspresi George W. Bush saat Mendapatkan Laporan Serangan Kedua ke WTC (Dok. Reuters)

Seketika, raut kemarahan yang ditutupin sama sang presiden mulai terlihat saat pidato.

“Terrorist attacks can shake the foundations of our biggest buildings, but they cannot touch the foundation of America.”

George W. Bush

And boom! Taring Amerika Serikat langsung keluar dua pekan kemudian.

Presiden George W. Bush yakin banget kalau ada keterkaitan antara organisasi Al-Qaeda-nya Osama bin Laden dalam penyerangan ini.

Apa yang terjadi setelahnya? Bener guys, Amerika nggak mungkin tinggal diam dan pada 7 Oktober 2001, Amerika memburu Osama bin Laden hingga ke Afghanistan lewat serangan udaranya.

Serangan 11 September 2001 berujung pada Perang Afghanistan
Perang Afghanistan 2001-2021 (Dok. Wikimedia Commons)

Buat elo yang mau tau lebih lengkap tentang kronologi dan apa yang terjadi setelah serangan 11 September 2001 ini, langsung cus aja ke artikel di bawah ini!

Penyebab Serangan 11 September 2001

Terus kira-kira apa ya yang jadi penyebab serangan 11 September di tahun 2001 ini?

Kalian perlu tau gengs, kalau WTC itu adalah kompleks bisnis yang saat itu tertinggi dan terbesar di AS. Terus Pentagon adalah markas militer Amerika Serikat. Terakhir, target yang gagal adalah Gedung Putih Amerika, tempat Presiden Amerika Serikat tinggal dan bekerja.

BACA JUGA :  7 Unsur Kebudayaan dan Contohnya – Materi Sosiologi Kelas 11

Berarti, Al-Qaeda yang dipimpin Osama bin Laden udah paham betul nih titik-titik penting yang harus dihancurin biar si Amerika nge-down. Karena kayak yang udah disebutin di awal dari Al-Qaeda tau mereka nggak punya kekuatan sebesar itu untuk menaklukan militer AS.

Ternyata, usut punya usut berdasarkan video interview bersama Osama bin Laden, dia punya beberapa alesan kenapa bisa benci banget sama Amerika saat itu.

Interview Osama bin Laden oleh CNN
Video Interview Osama bin Laden (Dok. CNN)

Melansir dari laman History, Osama bin Laden menentang Amerika Serikat karena mereka ngasih dana dan bantuin Israel untuk merenggut tanah Palestina, Saudi Arabia dan pendanaan Israel di Perang Teluk Persia. Which is itu adalah daerahnya si Al-Qaeda, di Timur Tengah.

Kedua, Bin Laden juga nggak suka karena AS selalu intervensi negara-negara di Timur Tengah dengan keberadaan pasukan militernya. 

Ada juga alasan yang dilansir dari laman 911 Memorial, bahwa Al-Qaeda berharap dengan mereka nyerang simbol penting di Amerika, mereka bisa menyebarkan ketakutan di dunia.

Sampai akhirnya, hal tersebut bisa memperkuat politik dan tujuan agamis mereka di Timur Tengah dan dunia keislaman.

Terakhir, keyakinan atas jihad agar bisa mati syahid. 

Melansir dari laman MUI, Jihad diserap dalam bahasa Arab artinya “berperang”. Berperang dalam memperjuangkan kebaikan. Makanya, dari Osama bin Laden pada jihadnya ini adalah keyakinan bahwa dengan mengorbankan diri dan membela kaum yang tertindas (tertindas dari Perang Teluk Persia). Sehingga mereka beranggapan bahwa mati berperang adalah mati syahid atau mati dalam keadaan suci (masuk surga).

Makanya, 19 orang teroris yang jadi “pasukan bunuh diri” buat ngancurin Amerika itu sebenernya udah dilatih dari bertahun-tahun sebelumnya lho buat jadi pasukan dari penyerangan ini.

Dilansir dari laman Britannica, beberapa teroris tersebut udah mengambil sekolah penerbangan di Amerika Serikat itu sendiri dan udah tinggal di Amerika buat waktu yang lama.

Sedangkan sisanya, udah nyelip-nyelip tuh dari sebelum bulan September buat ngerencanain penyerangan berdarah nan mengerikan itu.

Ada 19 orang yang jadi pasukan penyerang pada Serangan 11 September 2001.
Pasukan Al-Qaeda di Penyerangan 11 September 2001 (Dok. History)

Cerdasnya, Al-Qaeda udah monitoring tentang penerbangan pagi dan mana aja pesawat yang masih banyak bahan bakarnya. Mereka juga nyelipin pisau dan pemotong kotak di bagasi dan bisa keluar dengan mudah.

Setelah itu, mereka berhasil ngambil alih beberapa pesawat dari pilot dan merubah pesawat tersebut jadi misil yang bisa dikontrol. Karena tentunya, bahan bakar yang masih penuh itu kalo sampe nabrak gedung atau bangunan, jadi salah satu senjata yang paling mematikan.

BACA JUGA :  ZenCore Leaderboard: Ayo Cek Ranking Kamu!

Contoh Soal

Nah, elo pastinya udah paham dong dengan apa yang gue jelasin tadi. Biar makin paham cus yuk kerjain soal di bawah ini!

  1. Siapa yang jadi dalang di balik peristiwa penyerangan 11 September 2001?

A. Uni Soviet

B. George W. Bush

C. Nazi

D. Osama bin Laden

Apa ya kira-kira jawabannya? Tentu elo tau dong, ya sudah pasti jawabannya D. Osama bin Laden! Osama bin Laden yang jadi pemimpin ekstrimis Al-Qaeda, tiran di balik penyerangan 11 September 2001.

2.    Ada berapa situs yang diincar oleh kelompok Al-Qaeda untuk dihancurin pas 11 September 2001 di Amerika Serikat?

A. 3

B. 1

C. 4

D. 2

Kalo elo nyimak artikelnya, pasti tau ada berapa tempat yang jadi inceran Al-Qaeda. Jawabannya adalah A. 3, di mana beberapa tempat yang diincar adalah gedung kembar World Trade Center, Pentagon, dan Gedung Putih di Washington DC.

3. Terakhir nih! Ada berapa teroris yang jadi tangan kanan Osama bin Laden dalam penyerangan 11 September 2001?

A. 5

B. 16

C. 19

D. 10

E. 6

Jawabannya adalah, C. 19 orang gengs! 19 orang yang terbagi menjadi empat kelompok adalah dalang dari tragedi 9/11 tersebut. Mereka semua berasal dari negara Timur Tengah. 15 berasal dari Arab Saudi, 2 dari Uni Emirat Arab, 1 dari Lebanon, dan 1 lagi dari Mesir.

Nah, pasti elo udah ngerti banget nih sama materi 9/11 ini, tapi coba deh pikirin lagi, kenapa 9/11 ini hypenya masih tetep ada sampe sekarang? Padahal udah lebih dari 20 tahun loh kejadiannya.

Buat tau lebih lanjutnya, coba nonton video pembelajaran dari sobatcloud.com di bawah ini yuk! Elo juga jadi bisa tau apa dampak dari penyerangan gedung WTC ini ke Indonesia. Selamat menonton videonya dan selamat belajar, pembaca sobatcloud.com!

Penyebab Tragedi Serangan 11 September 2001 ke Gedung WTC 9

Referensi

WTC 2001 – Video Sejarah Kontemporer Dunia, UTBK, sobatcloud.com Education

9/11 FAQs – 911 Memorial Museum.org

Apakah Sebenarnya Makna Jihad? – MUI Digital, 2020

September 11 2001 AttacksPeter L Bergen, 2022, Britannica.com

September 11 Attacks History.com, 2020

#16 Sang Mediator Konflik di Laut Tiongkok Selatan – Namira, Alumna sobatcloud.com 2009

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *