Sejarah dan Penyebab Terjadinya Konflik Syria – Materi Sejarah Kelas 12

Hai, pembaca sobatcloud.com! Tahu nggak sih, kalau di salah satu negara di Timur Tengah sana ada negara yang sampai sekarang mengalami konflik berkepanjangan? Bahkan konflik tersebut bisa disebut dengan “perang saudara”. Yap, negara tersebut adalah Suriah atau Syria.  

Suriah ini merupakan negara yang memiliki wilayah strategis karena menghubungkan tiga benua, yaitu Asia, Afrika, dan Eropa, sehingga banyak banget nih pedagang yang datang kesana dari berbagai negara untuk melakukan perdagangan.

Terus kenapa ya terjadi konflik Syriah? Apa sih penyebab konflik Suriah? Nah, biar nggak penasaran, elo bisa simak artikel ini sampai selesai ya!

Kawasan Asia Barat atau Timur Tengah (termasuk kawasan perang Syriah)
Kawasan Asia Barat atau Timur Tengah (Arsip sobatcloud.com)

Kronologi Konflik Suriah

Suriah mengalami krisis keamanan atau perang saudara semenjak tahun 2011 hingga sekarang. Konflik Syria dikatakan sebagai perang saudara karena terjadi secara internal dalam  negara tersebut. Pada saat itu terjadi gelombang revolusi berupa aksi demonstrasi dan protes yang dilakukan oleh rakyat sipil atau sebagai fenomena Arab Spring, yang terjadi di kawasan Timur Tengah. Fenomena ini pun sampai ke Suriah. 

Konflik Suriah terjadi pada awalnya adalah dari adanya protes terhadap pemerintah, publik menuntut penurunan kekuasaan Presiden Bashar al-Assad. Wah, ternyata nggak cuma Indonesia ya, yang warganya pernah demo untuk menuntut presidennya mundur. Suriah ternyata juga melakukan hal serupa nih, sayangnya nasibnya agak beda sama Indonesia. 

Presiden Bashar Al-Assad ini telah memerintah selama hampir lima dekade, lho. Desakan untuk turun dari kursi presiden ini dijawab Presiden Bashar Al-Assad dengan mengerahkan Tentara Nasional Suriah untuk memadamkan pemberontakan tersebut dan mengakibatkan ditahannya beberapa para demonstran. 

BACA JUGA :  Mengenal Kampus Universitas Sebelas Maret (UNS)

Cara yang cukup keras dilakukan untuk menghadapi para pemberontak. Reaksi tentara terhadap protes tersebut tidak manusiawi, mereka menembaki para pendemo dan mengakibatkan korban meninggal. Akibat respon kekerasan tersebut, akhirnya aksi protes berlanjut dan kemudian menyebar ke kota-kota lain di Suriah. Cara tersebut bukannya membuat permasalahan selesai, tapi malah memicu perlawanan yang semakin besar dari publik. 

Peta Konflik Suriah)
Peta Perang Suriah (Dok. Wikimedia Commons)

Penyebab Konflik Suriah

Berita mengenai kebrutalan dalam menghadapi para demonstran yang dilakukan Presiden Assad tentunya menyebar ke seluruh dunia, sehingga banyak negara yang mengecam pemerintahan tersebut. Selain tindakannya yang dinilai sangat otoriter dan tidak mau mendengarkan suara rakyat, rakyat Suriah juga mengalami ketidakpuasan terhadap pemerintah Suriah yang dinilai korup dan nggak menghargai kebebasan rakyat. 

Konflik Syria tak hanya terjadi karena faktor internal, tapi juga terjadi karena pihak barat seperti Amerika Serikat, Perancis, Inggris, Uni Eropa, dan Kanada berusaha untuk mendesak Assad untuk turun dari kursi presiden. 

Namun, Assad masih terpilih pada pemilu 2014.  Hasil tersebut membuktikan bahwa walaupun banyak yang ingin ia turun dari pemerintahan, nggak sedikit juga yang masih mendukung Assad untuk duduk di kursi presiden. 

Dampak Perang Suriah

Dampak Konflik Suriah
Dampak Konflik Suriah (Arsip sobatcloud.com)

Seperti situasi perang lainnya, konflik Syria juga menimbulkan ratusan korban tewas. Menurut data PBB, ada lebih dari 250 ribu orang meninggal dalam perang ini dari tahun 2011. Tapi nih, sampai sekarang jumlah korbannya masih nggak bisa dipastikan, tapi diyakini kalau korban meninggal akibat perang ini jumlahnya semakin bertambah. Sedih banget kan? 🙁

Kenapa warga Suriah mengungsi? Tentunya dengan keadaan yang nggak kondusif seperti itu menyebabkan banyak warga Suriah mengungsi. Mereka membutuhkan bantuan kemanusian akibat perang tersebut. Banyak warga Suriah yang kemudian melarikan diri ke negara lain demi keselamatannya.

BACA JUGA :  Mengenal Perspektif Sosiologi Beserta Contohnya

Dengan adanya perang saudara di Suriah, banyak kota yang hancur. Termasuk kota-kota yang bersejarah. Sayang banget kan? Salah satunya adalah Kota Homs, yang merupakan kota ketiga terbesar Suriah yang kini tinggal puing-puing reruntuhan. Selain itu, ada pula bangunan bersejarah dan penting di Suriah yang hancur seperti Allepo yang merupakan salah satu kota terbesar di Suriah.

Dengan kondisi Suriah yang seperti itu, ekonomi pun ikut terpuruk. Sebuah laporan terbaru oleh kelompok amal World Vision dan kelompok konsultan Frontier Economics memperkirakan konflik Suriah sejauh ini menelan biaya 275 miliar dolar AS atau 150 kali lebih dari anggaran kesehatan Suriah praperang. Nilai ini masih bisa bertambah lho, mengingat konflik yang nggak kunjung selesai sampai sekarang. 

Contoh Soal dan Pembahasan

Oke guys, itu tadi materi yang bisa gue bagi ke elo tentang konflik Suriah. Seperti Biasanya nih, sebelum gue tutup ada contoh soal yang bisa elo simak nih!

  1. Konflik Suriah terjadi karena perlawanan terhadap rezim ….

Jawab: Bashar Al-Assad

Pembahasan: Pada hakikatnya, konflik di Suriah semakin panas akibat konflik etnis yang beragam di negara tersebut. Hal itu diperparah dengan otoritarianisme pemerintahan Bashar Al-Assad yang dianggap melanggar kemanusiaan dan isu lainnya.

Sip deh, udah selesai nih materi kita kali ini, jangan lupa elo masih bisa dapet penjelasan lebih jelasnya dengan klik banner di bawah ini dan jangan lupa daftarin akun elo ya! See you!

Pelajari materi Sejarah di video materi belajar Zenius


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *