Bangun Ruang Tabung – Rumus Luas Permukaan dan Volume

Halo pembaca sobatcloud.com! Elo lagi butuh pembahasan tentang bangun ruang tabung? Nah, di artikel ini gue bakal kupas tuntas tentang bangun ruang yang satu ini, dari rumus luas permukaan tabung sampai ciri-ciri dan volumenya.

Gue juga udah nyiapin beberapa contoh soalnya dari masing-masing rumus plus pembahasannya, lho, biar elo makin paham. Simak sampai habis, ya!

Penerapan bangun ruang tabung ini juga sebenarnya cukup mudah kita temukan, seperti pipa, kolom, celengan, botol minum, kaleng, dan lain-lain. 

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), tabung sendiri didefinisikan sebagai tempat sesuatu yang bentuknya seperti bumbung, atau silinder. Seperti apa sih silinder atau tabung itu?

Ciri-Ciri Tabung

ciri-ciri tabung
Ilustrasi ciri-ciri tabung (Dok. sobatcloud.com)

Dalam bangun ruang, tabung tuh udah identik banget sama alas dan juga tutupnya yang berbentuk lingkaran seperti gambar di jaring-jaring tabung di atas. Untuk lebih lengkapnya, berikut di bawah ini ciri-ciri tabung:

Sebelum gue kasih tahu rumus volume tabung, elo harus tahu dulu nih ciri-cirinya.

Dalam bangun ruang, tabung tuh udah identik banget sama alas dan juga tutupnya yang berbentuk lingkaran, dan selimut tabung berbentuk seperti persegi panjang.

Untuk lebih lengkapnya, berikut di bawah ini ciri-ciri tabung:

  • Tabung memiliki berapa sisi, ya? Tabung memiliki 3 buah sisi, yaitu sisi alas, dan sisi tutup yang berbentuk lingkaran, dan juga sisi selimut (tegak) yang berbentuk persegi panjang.
  • Memiliki 2 rusuk, yaitu rusuk atas, dan rusuk bawah.
  • Tidak memiliki titik sudut.

Rumus tabung termasuk dalam ragam rumus bangun ruang. Kamu bisa belajar rumus bangun ruang selengkapnya di sini: Rumus Volume Bangun Ruang & Rumus Luas Permukaan Bangun Ruang.

BACA JUGA :  Kontranim: Ketika Kata Punya Krisis Identitas

Bangun Ruang Tabung dalam Kehidupan Sehari-hari

Tadi gue sudah kasih tahu nih ciri-ciri dari bangun ruang tabung. Sebelum gue kasih tahu cara mencari luas permukaan tabung, elo perlu tahu contoh bangun ruang yang satu ini. Gue akan berikan elo gambar yang related dengan kehidupan sehari-hari.

Contoh tabung dalam kehidupan sehari-hari.
Ilustrasi Snare Drum (Dok. Unsplash)

Elo tahu nggak sih kalau Snare Drum ini berbentuk tabung. Coba perhatikan deh, Snare memiliki 3 buah sisi, yaitu sisi alas, dan sisi tutup yang berbentuk lingkaran, dan juga sisi selimut.

contoh tabung
Ilustrasi toren air (Dok. Unsplash)

Toren Air yang berfungsi menampung air ini juga berbentuk tabung. Benda ini memiliki semua ciri-ciri bangun ruang tabung.

contoh tabung
Ilustrasi kaleng (Dok. Unsplash)

Begitupun kaleng minuman bersoda ini merupakan bangun ruang tabung. Kaleng ini memiliki 3 buah sisi, yaitu sisi alas, dan sisi tutup yang berbentuk lingkaran, dan juga sisi selimut.

Oya, sebelum masuk ke rumus luas permukaan tabung, gue mau minta elo untuk download dulu aplikasi sobatcloud.com. Soalnya, aplikasi ini bakal bantu banget buat belajar elo dengan nyediain ribuan video pembahasan, latihan soal, sampai fitur-fitur gratisnya. Klik gambar di bawah ini, ya!

Rumus Luas Permukaan Tabung

Sekarang gue akan kasih tahu nih rumus luas tabung dan rumus volumenya.

Untuk memahami konsep dari rumus luas permukaan tabung, akan lebih mudah bagi kita kalo lihat jaring-jaring tabung pada gambar di atas. Dapat dilihat bahwa tabung terdiri dari 2 lingkaran dan 1 persegi panjang bukan?

Dalam artikel mengenai bangun datar lingkaran, kita ketahui rumus luas dan keliling lingkaran adalah sebagai berikut:

Keliling Lingkaran: Bangun Ruang Tabung - Rumus Luas Permukaan dan Volume 89

Luas Lingkaran: Bangun Ruang Tabung - Rumus Luas Permukaan dan Volume 90

Keterangan: K= keliling (m); La= Luas Alas (Bangun Ruang Tabung - Rumus Luas Permukaan dan Volume 91)

Selain itu, kita ketahui bahwa sisi tegak tabung berupa persegi panjang, dimana rumus luas persegi panjang adalah

BACA JUGA :  5 Rumus Rubik 3×3 untuk Pemula

Luas Persegi Panjang:Bangun Ruang Tabung - Rumus Luas Permukaan dan Volume 92

“p” yaitu panjang dalam luas persegi panjang pasti sama dengan keliling lingkaran, bukan? Karena sisi panjang pada persegi panjang akan melengkung mengelilingi alasnya yang berbentuk lingkaran. Oleh karena itu rumus luas selimut tabung adalah sebagai berikut:

Luas Selimut Tabung: Bangun Ruang Tabung - Rumus Luas Permukaan dan Volume 93

Sehingga luas permukaan tabung, dapat disusun sebagai berikut:

Luas Permukaan Tabung: Bangun Ruang Tabung - Rumus Luas Permukaan dan Volume 94

Di mana, Ls= Luas selimut tabung (Bangun Ruang Tabung - Rumus Luas Permukaan dan Volume 91); 𝜋= pi, Bangun Ruang Tabung - Rumus Luas Permukaan dan Volume 96 atau 3,14; r= radius atau jari-jari lingkaran (m); t=tinggi tabung (m).

Karena lingkaran pada tabung ada 2 yaitu alas dan tutupnya, maka pada rumus luas permukaan tabung, luas lingkaran dikalikan dengan 2 (dua).

contoh soal luas permukaan tabung

Untuk mempelajari rumus luas permukaan tabung hingga luas selimut tabung, baca artikel berikut: Rumus Luas Permukaan Tabung dan Luas Selimutnya.

Rumus Volume Tabung

Setelah mempelajari mengenai luas permukaan tabung, maka sekarang kita ke volume tabung. Secara sistematis rumus volume tabung disusun sebagai berikut:

Bangun Ruang Tabung - Rumus Luas Permukaan dan Volume 97

Keterangan: V= volume (Bangun Ruang Tabung - Rumus Luas Permukaan dan Volume 98); 𝜋= pi, Bangun Ruang Tabung - Rumus Luas Permukaan dan Volume 96  atau 3,14; r= radius atau jari-jari lingkaran (m); t=tinggi tabung (m).

Jika elo udah memahami mengenai jaring-jaring tabung dan juga luas permukaan tabung, elo pasti tidak akan mengalami kesulitan dalam memahami rumus volumenya. 

contoh soal volume tabung

Untuk mempelajari rumus volume tabung dan contoh soal lainnya, baca artikel berikut: Rumus Volume Tabung dan Contoh Soalnya.

Gimana rumus volume tabung ini, pembaca sobatcloud.com? Mudah dipahami kan?

Sebenarnya kalo elo udah ngerti dari konsep bangun datar, pasti waktu mulai belajar bangun ruang, akan mudah dan lebih cepat pahamnya, itulah kenapa penting untuk ngerti dan paham mengenai konsep dasar terlebih dahulu sebelum naik ke level selanjutnya.

Tapi kalo elo mau matengin lagi materi tentang berbagai bentuk bangun ruang serta rumusnya, elo bisa klik link ini ya: cara menghitung luas permukaan tabung, kubus, prisma dan lain-lain.

BACA JUGA :  OKI (Organisasi Kerja Sama Islam) – Latar Belakang, Tujuan, dan Anggotanya

Biar makin mantap, sobatcloud.com punya beberapa paket belajar yang bisa lo pilih sesuai kebutuhan lo. Di sini lo nggak cuman mereview materi aja, tetapi juga ada latihan soal untuk mengukur pemahaman lo. Yuk langsung aja klik banner di bawah ini!

indeks harga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *