Rumus Ragam Data Kelompok dan Pembahasan Soal

pembaca sobatcloud.com ada yang merasa kesulitan nggak, sih, belajar materi yang satu ini? Yap, salah satu ilmu statistika ini memang gampang-gampang susah buat dipelajari, nih! Meski begitu, gue mau ngajak elo buat ngebahas rumus ragam data kelompok beserta contoh soal yang bisa jadi bahan pelajaran pembaca sobatcloud.com.

Sejatinya, materi ragam data kelompok ini gampang dipelajari, kok, asalkan pembaca sobatcloud.com tahu dan paham mengenai dasar dari ragam itu sendiri.

Ragam merupakan salah satu materi yang diajarkan dalam ilmu statistika selain mean, median, dan juga modus.

Nggak cuman rumusnya aja, kali ini gue mau ngajak elo semua buat membedah contoh soal ragam data kelompok beserta pembahasannya, lho! Dengan demikian, pembaca sobatcloud.com bisa mempelajarinya dengan saksama.

Penasaran? Yuk, disimak artikelnya sampai selesai, ya!

Pengertian Ragam

rumus ragam data kelompok
Ilustrasi Matematika (Dok. Pixabay)

Ragam biasanya diajarkan pada ilmu statistik untuk mengukur tingkat kesamaan atau kedekatan dalam suatu kelompok.

Ragam adalah nilai statistik yang sering kali dipakai dalam menentukan kedekatan sebaran data yang ada di dalam sampel dan seberapa dekat titik data individu dengan mean atau rata-rata nilai dari sampel itu sendiri.

Rumus Ragam Data Kelompok

Nah, setelah mengetahui pengertiannya, pembaca sobatcloud.com pasti sudah penasaran mengenai bagaimana cara mencari ragam data kelompok?

Untuk mencarinya, elo bisa menggunakan rumus di bawah ini:

Rumus Ragam Data Kelompok dan Pembahasan Soal 89 = Ragam

Rumus Ragam Data Kelompok dan Pembahasan Soal 90 = frekuensi kelompok

Rumus Ragam Data Kelompok dan Pembahasan Soal 91 = nilai tengah x ke-i

Rumus Ragam Data Kelompok dan Pembahasan Soal 92 = nilai rata-rata data

Rumus Ragam Data Kelompok dan Pembahasan Soal 93 = jumlah data  

Contoh dan Pembahasan Soal

Kini, pembaca sobatcloud.com sudah mengetahui pengertian beserta rumus ragam data kelompok. Gimana, nggak terlalu sulit, kan?

Nah, untuk menguji kemampuan elo, di bawah ini ada contoh soal ragam data kelompok beserta pembahasannya.

BACA JUGA :  Ada Makanan yang Awet, Tapi Ada Juga yang Gampang Basi. Kok Bisa ya?

Tentukan ragam dari tabel berikut:

Rumus Ragam Data Kelompok dan Pembahasan Soal 94

Pembahasan

1. Tentukan nilai tengah dari setiap kelompok yang ada. Selanjutnya hitung jumlah nilai kelompok dengan cara nilai tengah dikalikan frekuensi.

Rumus Ragam Data Kelompok dan Pembahasan Soal 95

2. Hitung nilai rata-rata dengan cara jumlah nilai kelompok dibagi dengan total data tersebut.

Rumus Ragam Data Kelompok dan Pembahasan Soal 96

3. Hitung simpangan setiap kelompok dengan cara mengkalikan frekuensi dengan kuadrat nilai tengah yang dikurang rata-rata data.

Rumus Ragam Data Kelompok dan Pembahasan Soal 97

4. Jumlah simpangan setiap kelompok dibagi dengan total data disebut ragam.

Rumus Ragam Data Kelompok dan Pembahasan Soal 98

Bagaimana? Susah, nggak, contoh soal ragam data kelompok di atas? Elo bisa pelajari secara pelan-pelan dulu, ya, supaya dapat mengerti dengan baik!

Demikian penjelasan singkat mengenai rumus ragam data kelompok beserta contoh soal dan pembahasannya. 

Meski tidak begitu mudah, tetapi elo bisa memahaminya dengan baik. Belajar secara tekun dan konsisten, ya. Jika pembaca sobatcloud.com menyukai materi yang satu ini, bisa jadi elo cocok buat masuk ke jurusan Statistika nanti.

Nah, apabila elo tertarik mempelajari materi di atas lewat video pembelajaran, elo bisa banget, nih, klik banner di bawah ini!

Selain ada materi ragam data kelompok, elo juga bisa mempelajari beragam materi dan contoh soal dari materi-materi yang lainnya, lho.

Rumus Ragam Data Kelompok dan Pembahasan Soal 99

pembaca sobatcloud.com tinggal ketik materi yang ingin dicari di kolom pencarian. Tada! Elo bisa mempelajari materi tersebut sepuasnya.

Baca Juga Artikel Lainnya:

Rumus Simpangan Baku Data Tunggal dan 2 Pembahasan Soal

Rumus Simpangan Kuartil, Jangkauan, Jangkauan Antar-Kuartil, Langkah, dan Pagar

8 Rumus Luas Bangun Datar Yang Harus Kamu Tau!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *