Rumus Luas Permukaan Limas, Volume, dan Jenisnya – Materi Matematika Kelas 6

Hai, pembaca sobatcloud.com, kamu pasti sudah pernah mempelajari materi bangun datar dan bangun ruang kan? Nah, di artikel ini, aku mau mengajak kamu belajar rumus luas permukaan limas segi empat, segi lima, segitiga lengkap dengan volume dan jenis-jenisnya. Yuk, baca artikel ini sampai selesai!

Apa Itu Limas?

Sebelum lebih jauh membahas rumus luas permukaan limas, ada baiknya kamu paham dulu nih apa itu limas? Biar lebih mudah, kamu tahu kan bangunan Piramida di Mesir? Yap, betul sekali bentuk Piramida pada dasarnya limas segi empat. 

Coba bayangkan bangunan bersejarah bernama Piramida di Mesir. Bisa dibayangkan ya.

Selain piramida Giza, bentuk bangun ruang ini yang biasa kamu temui di kehidupan sehari-hari misalnya adalah tenda, rubrik, menara telepon, hingga bagian atas kuil yang dikenal sebagai shikhara atau shikhar.

Limas adalah sebuah bangun ruang (tiga dimensi) yang memiliki alas berupa poligon (segi banyak: yaitu segitiga, segi empat, dan segi lima). Sisi-sisinya berbentuk segitiga dan memiliki puncak. Nama dari bangun ruang ini ditentukan berdasarkan bentuk alasnya.

Buat kamu yang belum punya aplikasi sobatcloud.com, yuk download apps-nya sekarang! Klik banner di bawah ini sesuai device yang kamu gunakan ya!

Rumus Limas

Sekarang sudah tahu kan bentuk bangun ruang limas kayak gimana. Yuk lanjut ke rumus limas. Terdapat 2 jenis rumus limas yaitu rumus luas permukaan limas dan rumus volume bangun ruang limas, kamu bisa gunakan rumus berikut ini.

BACA JUGA :  Pengertian, Ciri-Ciri, dan Struktur Teks Negosiasi – Materi Bahasa Indonesia Kelas 10

Rumus Luas Permukaan Limas

Luas alas + jumlah luas sisi tegak (selubung)

Rumus Volume Limas

⅓ x luas alas x tinggi

Tapi, rumus tersebut perlu kamu sesuaikan lagi dengan luas alas dari masing-masing bentuk alasnya ya.

Jenis Limas dan Rumusnya

Sebelumnya, aku sudah bilang kalau nama jenis limas ini ditentukan dari bentuk alasnya. Makanya jangan heran ya rumus luas permukaan limas akan berbeda tergantung dengan alasnya. 

Jenis limas ada apa aja sih? Ada yang limas segitiga, limas segi empat (persegi), limas segi lima (pentagon), hingga limas segi enam (hexagon).

Rumus Volume dan Luas Permukaan Limas Segitiga

Rumus Volume

V: ⅓ x (½ x a x t) x t

Rumus Luas Permukaan

LP: (½ x a x t) + (3 x luas sisi tegak)

Kok jadi panjang banget sih rumusnya? Tenang, untuk rumus luas permukaan yang di dalam kurung adalah luas alas ya. Jadi, yang perlu kamu hafal cuma luas segitiga, persegi, segi lima dan segi enam ya.

Pembahasan lainnya terkait rumus limas segitiga bisa kamu baca di artikel berikut: Rumus Volume Limas Segitiga dan Pembahasan Soal.

Rumus Volume dan Luas Permukaan Limas Segi Empat (Persegi)

Rumus Volume

V: ⅓ x (s x s) x t

Rumus Luas Permukaan

LP: (s x s) + (4 x luas sisi tegak)

Nah, untuk luas volume sama ya pembaca sobatcloud.com. Yang tercantum di dalam kurung adalah luas alas juga, baik itu segi lima, segi enam dan segitiga. 

Rumus Volume dan Luas Permukaan Limas Segi Enam (Hexagonal)

Rumus Volume

V: ⅓ x (2,598 x s x s) x t

Rumus Luas Permukaan

LP: (2,598 x s x s)  + (6 x luas sisi tegak)

Kalau kamu masih bingung cara dapat luas sisi tegaknya gimana sih? Kalau kamu perhatikan sisi tegaknya berbentuk segitiga, bukan? Kamu tinggal mencari luas segitiga kemudian hasilnya dikali sesuai jenisnya (segitiga, segi empat, segi lima atau segi enam).

BACA JUGA :  Mind Mapping untuk Belajar yang Lebih Efektif dan Kreatif

Rumus Volume dan Luas Permukaan Limas Segi Lima (Pentagonal)

Rumus Volume

V: ⅓ x (1,72 x s x s) x t

Rumus Luas Permukaan

LP: (1,72 x s x s) + (5 x luas sisi tegak)

Nah, untuk lebih jelasnya, kamu bisa langsung melihat gambar di bawah ini!

Rumus limas masuk dalam ragam pembahasan rumus bangun ruang. Untuk belajar rumus bangun ruang lainnya, kamu bisa kunjungi artikel ini: Rumus Luas Permukaan Bangun Ruang dan Rumus Volume Bangun Ruang.

Contoh Soal dan Pembahasan

Sekarang, kita lihat contoh soal, yuk. Agar kamu bisa semakin paham dan mengenal lebih jauh mengenai bangun ruang yang satu ini. Diingat lagi ya rumus yang tadi dipelajari bersama.

Soal

Sebuah limas segi empat T.PQRS dengan panjang sisi 10 cm memiliki tinggi 12 cm. Berapa luas permukaan dan volumenya?

Pembahasan

Bisa dibaca di soalnya ya, alasnya berbentuk segi empat. Kamu bisa menjawabnya menggunakan rumus luas permukaan limas segi empat.

Luas permukaan T.PQRS = Luas alas + jumlah luas sisi tegak (selubung)

Luas alas = s x s = 10 x 10 = 100 cm persegi.

Jumlah luas sisi tegak = jumlah segitiga x luas segitiga QRT atau 4 x luas segitiga QRT

Luas segitiga QRT (menggunakan perhitungan phytagoras), maka tinggi BT adalah 13 cm.

Sehingga, luas segitiga QRT = ½ x QR x BT = ½ x 10 x 13 = 65 cm persegi.

Jumlah luas sisi tegak = 4 x luas segitiga QRT = 4 x 65 = 260 cm persegi.

Jadi, luas permukaan limas segi empat adalah = 100 + 260 = 360 cm persegi.

Selanjutnya, kita cari volumenya:

Volume limas T.PQRS = ⅓ x luas alas x tinggi

Jadi, volume T.PQRS adalah = ⅓ x 100 x 12 = 400 cm kubik.

———-

Itu dia pengertian, rumus luas permukaan limas, hingga contoh soalnya. Gimana, apakah kamu sudah paham tentang bangun ruang ini? Udah donk pastinya. Kalau kamu mau belajar rumus volume dan luas permukaan bangun ruang lain, kamu bisa klik link ini.

BACA JUGA :  Soal-soal UAS Semester Ganjil Matematika Kelas 10

Semoga penjelasan di atas bisa bermanfaat untuk kamu ya dan jangan lupa terus berlatih supaya rumus-rumus tadi gak cepet lupa ya, guys. Have a nice day!

Khusus buat pembaca sobatcloud.com yang ingin meningkatkan nilai rapor, sekaligus menambah pemahaman semua materi belajar di sekolah, kamu bisa gabung di sobatcloud.com Aktiva Sekolah. 

Di sini, kamu akan dapat akses ke ribuan video materi belajar premium, dibimbing langsung sama tutor sobatcloud.com di Live Class, Try Out untuk mengukur kemampuan jawab soal ujian, sampai latihan soal intensif yang bikin kamu makin jago jawab segala jenis soal. Apalagi ada diskon sampai 78% lho buat kamu. Tunggu apalagi, yuk cek informasi lengkapnya dengan klik banner di bawah ini, sekarang!

Selain materi ini, kamu bisa cek materi matematika lainnya yang nggak kalah seru dan menarik hanya di Youtube Channel sobatcloud.com ya!

Youtube sobatcloud.com Education

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *