Rumus Gerak Vertikal Atas dan Bawah

Halo Sobat sobatcloud.com! Di artikel kali ini gue akan membahas salah satu materi Fisika yang akan elo temui di kelas 10 yaitu materi gerak vertikal ke atas dan ke bawah. 

By the way, elo pernah gak sih waktu masih SD gitu main bola bekel? Atau jangan-jangan kalian nggak tahu apa itu bola bekel?

Buat elo yang pernah main dan suka, selamat! Kalian sudah punya basic dasar terkait rumus gerak vertikal ke atas. Selain bola bekel, main bola tenis dan basket juga sama menggunakan konsep gerak vertikal loh!

Buat yang belum pernah main bola bekel, tenang sini-sini kita simak baik-baik isi dari artikel ini

Pengertian Gerak Vertikal

Sesuai namanya, gerak vertikal adalah gerak suatu benda yang arahnya tegak lurus. 

Ada dua jenis gerak vertikal berdasarkan arah lemparan benda, satu yang arahnya ke atas yang disebut dengan gerak vertikal ke atas dan satu lagi yang arahnya ke bawah atau disebut juga dengan gerak vertikal ke bawah. 

Oh iya pembaca sobatcloud.com, sebelum gue lanjut ke bagian rumus vertikal ke atas dan ke bawah, gue mau ngasih info penting nih. 

Materi Fisika yang satu ini adalah salah satu materi penting yang akan elo pelajari di SMA lho. Oleh karena itu, elo harus benar-benar memahami dasar dari gerak vertikal ke atas dan kebawah ini ya. 

Dan supaya belajar elo makin mudah, elo bisa gabung belajar di sobatcloud.com. Karena, selain Fisika, elo juga bisa belajar materi Matematika, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris secara lengkap. Kalo penasaran, langsung klik banner di bawah ini ya!

BACA JUGA :  Latar Belakang dan Hasil Perundingan Linggarjati – Materi Sejarah Kelas 11

Rumus Gerak Vertikal ke Atas 

Gerak suatu benda yang bergerak vertikal ke atas merupakan gerak vertikal ke atas. Cirinya bisa elo lihat saat gerak suatu benda yang dilemparkan tegak lurus ke atas dengan kecepatan awal tertentu (Vo≠0). 

Kecepatan awal yang kalian berikan pada benda saat dilempar vertikal ke atas akan berpengaruh pada tinggi maksimum yang dapat diraih benda tersebut loh!

Semakin besar kecepatan awal maka semakin tinggi juga ketinggian maksimumnya.

Karena dilempar ke atas, berarti geraknya melawan gravitasi bumi, sehingga kecepatan gerak benda tersebut akan melambat (a = -g).

Dan pada benda yang bergerak vertikal ke atas tidak berlaku rumus GLB atau Gerak Lurus Beraturan karena Gerak Vertikal ke atas dan kebawah adalah termasuk GLBB (Gerak Lurus Berubah Beraturan).

Yang membedakan antara GLB dengan GLBB adalah, kalau GLB kecepatannya konstan (tetap) nah kalo GLBB percepatannya lah yang konstan (tetap). Sehingga didapatkanlah rumus vertikal ke atas sebagai berikut:

Rumus Gerak Vertikal ke Atas
Rumus Gerak Vertikal ke Atas (Arsip sobatcloud.com)

Keterangan

h : ketinggian benda (m)
t : waktu tempuh (s)
g : percepatan gravitasi (m/s2)
Vo : kecepatan awal benda (m/s)
Vt : Kecepatan benda saat t sekon

Rumus Gerak Vertikal ke Bawah

Gerak vertikal ke bawah adalah gerak benda yang tegak lurus ke bawah dengan kecepatan awal yang juga tertentu (Vo≠0). 

Sebab adanya gaya gravitasi bumi, maka gerakan tersebut akan semakin cepat (a = g). 

Sehingga, rumus gerak vertikal ke bawah adalah sebagai berikut:

Rumus Gerak Vertikal ke Bawah
Rumus Gerak Vertikal ke Bawah (Arsip sobatcloud.com)

Selain gerakan vertikal ke bawah yang disengaja, ada juga:

Gerak Jatuh Bebas

Yaitu gerak suatu benda yang tegak lurus ke bawah tanpa adanya kecepatan awal (V0=0).

Rumus Gerak Jatuh Bebas
Rumus Gerak Jatuh Bebas (Arsip sobatcloud.com)

Contoh perhitungan rumus gerak vertikal

Sekarang coba kita latihan soal terlebih dahulu agar lebih mengerti dan paham dengan perhitungan gerak vertikal

BACA JUGA :  4 Langkah Menuju Sukses dalam Pendidikan dan Masa Depan

Contoh soal 1

Yu Nabi sedang bermain bola bekel bersama teman-teman sekawannya. Nabi melempar bola ke atas dengan kecepatan 1,8 m/s. Kira-kira berapa lama bola bekel tersebut bisa mencapai tinggi maksimalnya? Lalu, berapa ya tinggi yang dicapai lemparan Nabi?  (g=10 m/s2)

Jawab

Vo= 1,8 m/s

 g  = 10 m/s2

Untuk mengetahui waktu tempuh maksimal bola bekel tersebut pertama kita gunakan rumus

Rumus Gerak Vertikal Atas dan Bawah 33
Rumus Gerak Vertikal Atas dan Bawah 34

Rumus Gerak Vertikal Atas dan Bawah 35 menentukan waktu tempuh yang diperlukan bola untuk mencapai ketinggian maksimum. Sehingga diketahui t = 0,18 s

Setelah diketahui t nya kita lanjut cari h nya

h = Vo . t – ¹/₂ . g .
h = 1,8 m/s . 0,18 s – 1/2. 10 m/. 0,0324
h = 0,324 m – 0,162 m = 0,162 m ~ 16,2 cm

Gimana? Masih kurang paham? Kita coba latihan kerjain soal yang satu ini lagi yuk

Contoh soal 2

Park Jae-eon melemparkan bola basket secara vertikal ke bawah dengan kecepatan awal 10 m/s. Bola basket tersebut ternyata sampai di tanah dalam waktu 2 s. Berapa lama ya hubungan Jae-eon dan Nabi akan bertahan? Eh nggak, nggak! Salah soal. Nah, jadi berapa kecepatan bola basket yang Jae-eon lempar? (g=9,8 m/)

Jawab

Vo= 10 m/s
g  = 9,8 m/
t  = 2 s

Sekarang tau dong kita pakai rumus gerak vertikal yang mana? Yep kita pakai rumus

Vt = V0 + gt
Vt = 10 m/s + 9,8 m/. 2 s
Vt = 29,6 m/s

Nah, sekarang kita tahu deh kalo Jae-eon melempar bola basket dengan kecepatan 29,6 m/s

Oke, itu tadi penjelasan gue mengenai materi gerak vertikal ke atas dan ke bawah. 

Oh iya guys, selain materi Fisika, sobatcloud.com juga punya banyak banget rangkuman rumus dan soal dari berbagai macam mata pelajaran.

Dan semua rangkuman itu sudah dilengkapi oleh contoh soal dan pembahasan yang komprehensif juga dari para tutor sobatcloud.com. Nah, tunggu apa lagi, yuk, buat akun sobatcloud.com kalian sekarang!

pengukuran

Dan kalo elo mau liat pembahasan dalam bentuk video dan dibahas langsung oleh tutor sobatcloud.com, elo bisa akses materi-materi pelajaran tersebut secara gratis lho! 

BACA JUGA :  Genre Musik Emo, Apa Pengaruhnya dari Masa ke Masa?

Gak cuma itu, ada soal evaluasinya juga buat mengukur tingkat pemahaman elo Semoga artikel ini membantu kalian ya, semangat!

Rumus Gerak Vertikal Atas dan Bawah 36

DOWNLOAD SEKARANG JUGA (ANDROID)

DOWNLOAD SEKARANG JUGA (APPLE)

DOWNLOAD SEKARANG JUGA (APP GALLERY)

Baca Juga Artikel Lainnya:
Hukum Newton 1, 2 dan 3 dalam Keseharian
Gerak Parabola
Gerak Lurus Beraturan (GLB) : Rumus, 3 Contoh Soal dan Pembahasan


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *