Rumus Daya, Contoh Soal, dan Penerapannya Sehari-hari

Hi pembaca sobatcloud.com, tau gak sih? Kali ini gue mau sharing contoh soal daya, rumus & penerapannya sehari-hari. Pasti ini related banget sama elo deh. Simak sampai selesai yuk!

Sebelumnya, gue pengin nanya, nih. Elo itu tim tidur lampu dinyalain atau dimatiin? Nah, sekarang coba bayangin kalau di rumah elo ada tiga buah TV, kulkas delapan pintu, satu set PS5, komputer, laptop, hape, belum lagi berbagai macam peralatan rumah tangga berbasis listrik kayak kompor, microwave, kipas angin, dan lain-lain …

Wah, udah, deh. Kira-kira, apa manfaat perubahan energi pada alat hairdryer? berapa banyak energi yang dikeluarin? Dan yang paling penting, berapa banyak tagihan listrik yang harus dibayar? Buat cari tahu tentang itu, elo bisa simak pembahasan tentang daya di bawah ini, ya!

Gue juga nulis artikel ini, berharap pembaca sobatcloud.com dapat mengaplikasikan nilai daya untuk mengurutkan nilai daya. Maksudnya, agar elo bisa mengerti konsep tentang daya sekaligus mengaplikasikan serta menentukan nilainya melalui sebuah soal atau mungkin permasalahan di kehidupan sehari-hari.

Apa Itu Daya Listrik?

Sederhananya, daya merupakan sejumlah energi yang dihabiskan per satuan waktu tertentu.

James Watt
James Watt (Dok. Wikipedia)

Coba tebak, siapa sosok yang ada di foto tersebut? Yap, beliau adalah James Watt (1733-1819), seorang ilmuwan terkemuka asal Skotlandia yang berhasil menemukan mesin uap. 

Kalau dilihat-lihat, daya mempunyai satuan watt sesuai dengan nama belakang beliau. Memang! Satuan Watt ini didedikasikan untuk beliau atas jasa-jasanya terhadap perkembangan ilmu pengetahuan.

BACA JUGA :  Gimana Caranya Mengukur Jarak Matahari dari Bumi?

Kalau kita ambil contoh ke alat-alat elektronik yang ada di rumah elo, misalnya setrika listrik. Nah, daya di sini berarti berapa banyak sih energi yang diperlukan oleh setrika listrik elo itu per satuan waktunya, supaya bisa dipake buat bikin baju-baju elo nggak kusut lagi.

Satuan Daya

Kalau elo nemuin satuan daya yang beda-beda, nggak perlu bingung gundah gulana lagi, Sobat sobatcloud.com. Satuan daya itu memang bisa dikonversi jadi beberapa satuan lain, yaitu:

  1. Secara umum, menurut sistem Satuan Internasional (SI), daya dilambangkan dengan Watt (Watt).
  2. Kalau daya yang dikeluarkan jauh lebih gede dari biasanya, bisa juga dilambangkan dengan KiloWatt (KW) atau MegaWatt (MW) untuk mempermudah perhitungan.
  3. 1 joule setara dengan 1 Watt, per sekon joule-nya ya
  4. 750 Watt setara dengan 1 pk ataupun 1 hp.
  5. 1 pk setara dengan 1 hp.

Rumus Daya

Mari pembaca sobatcloud.com, langsung masuk ke daya rumus. Ups rumus daya maksudnya, tadi dibalik-balik mau tes konsentrasi elo aja. hehehe…

Rumus Umum Daya

Rumus Daya, Contoh Soal, dan Penerapannya Sehari-hari 129

Keterangan:

P = daya (Watt atau Joule/sekon)

W = usaha (Joule atau kg.m2/s2)

t = waktu (sekon)

Rumus Usaha

Nah, sebelum lanjut nih, alangkah lebih baiknya buat elo paham dulu tentang konsep dari “Usaha”. Di sini, gue bakal bahas sedikit aja tentang usaha.

Rumus Daya, Contoh Soal, dan Penerapannya Sehari-hari 130

Rumus Daya, Contoh Soal, dan Penerapannya Sehari-hari 131

Rumus Daya, Contoh Soal, dan Penerapannya Sehari-hari 132

atau

Rumus Daya, Contoh Soal, dan Penerapannya Sehari-hari 133

Rumus Daya, Contoh Soal, dan Penerapannya Sehari-hari 134

Keterangan:

W = usaha (Joule atau kg.m2/s2)

F = gaya (Newton atau kg.m/s2)

s = perpindahan (m/s)

Rumus Daya, Contoh Soal, dan Penerapannya Sehari-hari 135 = perubahan perpindahan (m)

t = waktu (sekon)

Rumus Daya, Contoh Soal, dan Penerapannya Sehari-hari 136 = kecepatan rata-rata (m/s)

Rumus Daya, Contoh Soal, dan Penerapannya Sehari-hari 137 = perubahan energi potensial (Joule)

Rumus Daya, Contoh Soal, dan Penerapannya Sehari-hari 138 = perubahan energi kinetik (Joule)

Sekarang, capcus balik lagi ke rumus-rumus daya yang selanjutnya!

Rumus Turunan Daya

Jadi, prinsipnya, gini, pembaca sobatcloud.com. Elo bisa pilih rumus daya mana yang bakal dipake, tergantung dari apa aja yang diketahui dari soal yang ditemuin. Tapi, lagi-lagi, sebelumnya elo harus paham dulu tentang konsep “Hukum Ohm”.

BACA JUGA :  Panduan Belajar UN SMP Matematika 2019

Rumus Daya, Contoh Soal, dan Penerapannya Sehari-hari 139

Rumus Daya, Contoh Soal, dan Penerapannya Sehari-hari 140

Rumus Daya, Contoh Soal, dan Penerapannya Sehari-hari 141

atau

Rumus Daya, Contoh Soal, dan Penerapannya Sehari-hari 142

Rumus Daya, Contoh Soal, dan Penerapannya Sehari-hari 143

Keterangan:

P = daya (Watt atau Joule/sekon)

V = tegangan listrik (Ω atau ohm)

I = kuat arus (Ampere)

R = hambatan (Volt)

Penerapan Daya dalam Kehidupan Sehari-Hari

rumus daya
SUTET (Dok. Pok Rie, dari Pexels)

Elo udah tahu belum, kalau PLN itu mengukur daya listrik yang ada di rumah pake satuan kilowatt-hour alias kWh? Nah, untuk penghitungannya itu kayak gini, nih:

1 kWh = 1 kW x 1 jam

            = 1000 Watt x 3600 sekon

            = 3,6 x 106 Joule.

1 kWh sendiri adalah besaran jumlah daya listrik yang dipakai per satu jam. Nah dari sini elo bisa itung sendiri nih, misal 1 hari jika dikonversi ke sekon adalah 86.400 sekon, berarti dalam satu hari elo butuh berapa kWh.

Contoh Soal dan Pembahasan

Contoh Soal 1

Selama 5 menit terakhir, Malin telah memindahkan meja belajarnya ke sudut dengan usaha sebesar 1200 Joule. Berapa daya yang dikeluarkan oleh Malin?

Pembahasan

Diketahui:

W = 1200 J

t           = 5 menit

            = 5 x 60 sekon

            = 300 sekon

Ditanyakan: P?

Jawab:

Rumus Daya, Contoh Soal, dan Penerapannya Sehari-hari 129

= 1200 / 300

= 4 Watt

Jadi, daya yang dikeluarkan oleh Malin sebesar 4 Watt.

Contoh Soal 2

Hairdryer milik Dayang memiliki tegangan 200 Volt dengan arus sebesar 5 Ampere. Dayang harus membayar sebesar Rp400,00 per kWh, sementara ia menggunakan hairdryer tersebut selama satu jam setiap harinya. Berapa biaya yang harus Dayang bayarkan setiap bulannya untuk penggunaan hairdryer tersebut?

Pembahasan:

Diketahui:

V = 200 V

I = 5 A

1 bulan = 30 hari

Ditanyakan: Biaya penggunaan?

Jawab:

P          = V.I

            = 200.5

            = 1000 Watt

P          = 1000 / 1000

            = 1 kiloWatt

Lalu, dalam satu bulan itu, total Dayang menggunakan hairdryer adalah selama 30 jam. Maka:

P          = 1 kW x 30 jam

            = 30 kWh

Biaya penggunaan      = 30 kWh x Rp400,00

                                    = Rp12.000,00

Jadi, biaya penggunaan hairdryer yang harus dibayarkan oleh Dayang setiap bulannya sebesar Rp12.000,00.

BACA JUGA :  Pengertian Sisa Hasil Usaha dan Cara Menghitungnya – Materi Ekonomi Kelas 10

Segitu dulu untuk pembahasan tentang daya kali ini, pembaca sobatcloud.com! Semoga bisa bermanfaat dan bikin elo ketagihan buat cari tahu lebih banyak. Kalo rasa penasaran elo udah mulai meningkat, dan mau tau materi Fisika lainnya, langsung aja deh klik banner di bawah dan tinggal ketik topik yang elo cari di kolom pencarian!

rumus daya
Link Video

Energi dan Daya Listrik

Baca juga artikel lainnya

Materi Fisika SMA: Usaha dan Energi

Rumus Hukum Ohm dalam Rangkaian Listrik

Rumus Kuat Arus Itu Apa Sih?

Originally Published: September 5, 2021
Updated By: Arieni Mayesha


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *