Rumus Balok – Volume, Luas Permukaan, Ciri, dan Contoh Soal

Kalo di artikel sebelumnya kita udah bahas mengenai kubus, sekarang kita move on ke jenis bangun ruang selanjutnya yaitu Balok. Aku mau ajak kamu belajar, mulai dari rumus luas permukaan balok, mencari volume, sisi diagonal, ciri-ciri hingga contoh soal dan pembahasan.

Penerapan dari balok sendiri juga banyak kita temukan di kehidupan sehari-hari, seperti penghapus papan tulis, balok kayu, kolom, dan lain-lain. Yuk, langsung kita mulai aja!

Pengertian Balok

Rumus Balok -  bangun ruang balok dalam bentuk batu bata
Ilustrasi bangun ruang balok dalam bentuk batu bata (Dok. Pixabay)

Dilansir dari website Geometri jurusan MIPA Universitas Gadjah Mada (UGM), balok adalah bangun ruang yang dibatasi dengan 6 bidang berbentuk persegi atau persegi panjang atau keduanya, serta memiliki 12 rusuk, dan 8 titik sudut.

Lantas, apa bedanya dengan kubus? 

Nah untuk lebih lengkapnya, pada artikel rumus balok ini kita akan membahas mengenai ciri-ciri balok, rumus luas permukaan, rumus volume, dan juga contoh soalnya, jadi baca artikel ini sampe abis ya.

Oya, kamu udah download aplikasi sobatcloud.com belum? Caranya gampang banget, tinggal klik gambar di bawah ini trus instal deh! Nanti kamu bisa belajar lewat video penjelasan materi, ngerjain latihan soal, dan belajar langsung dari kakak-kakak Zen Tutor!

Ciri-ciri Balok

Salah satu hal yang paling membedakan antara kubus dan balok adalah, kalau kubus panjang semua rusuknya sama, karena terdiri dari bidang berbentuk persegi, sementara hal ini tidak berlaku pada balok. Sehingga rumus balok berbeda dengan kubus, pembaca sobatcloud.com.

ciri-ciri balok
Ilustrasi Perbedaan Balok dengan Persegi adalah Adanya Sisi Persegi Panjang. (Arsip sobatcloud.com)

Balok biasanya terdiri dari 3 pasang yang berbentuk persegi atau pun persegi panjang, di mana minimal 1 pasang di antaranya memiliki ukuran yang berbeda. Berikut di bawah ini ciri-ciri balok lebih lengkap: 

  • Memiliki total 12 rusuk, yang terdiri dari 4 rusuk panjang, 4 rusuk lebar, dan 4 rusuk tinggi. 
  • Sisi balok berbentuk persegi panjang atau persegi panjang dan persegi.
  • Memiliki 6 sisi, yang terdiri dari 3 pasang, yaitu sisi depan-belakang, sisi atas-bawah, dan sisi kiri-kanan. 
  • Memiliki total 8 sudut. 
  • Memiliki 12 diagonal sisi yang terdiri dari 3 diagonal yang sama panjang untuk setiap pasangan sisi. 
  • Memiliki 4 diagonal ruang yang sama panjang. 
BACA JUGA :  Alasan Indonesia Keluar dari Keanggotaan PBB – Materi Sejarah Kelas 12

Jaring-Jaring Balok

Nah, setelah mengetahui ciri-cirinya, mari kita membahas lebih lanjut mengenai jaring-jaring balok.

Sejatinya, jaring-jaring balok merupakan sisi-sisi balok yang direntangkan dengan mengikuti rusuk-rusuknya.

Buat pembaca sobatcloud.com yang ingin mengetahui jaring-jaring balok sebenarnya bisa dilakukan dengan membongkar kardus yang berbentuk balok. Dari situ, kamu akan memahami jaring-jaringnya dengan baik.

Supaya kamu ada gambaran, aku punya beberapa gambar jaring-jaring balok di bawah ini:

jaring-jaring balok
Ilustrasi jaring-jaring balok (Dok. bobo.grid.id)

Rumus Luas Permukaan Balok

Karena merupakan bangun ruang, balok dapat dihitung isi dan permukaannya. Untuk menghitung isi balok, kamu bisa menggunakan rumus volume balok dan menghitung permukaan menggunakan rumus luas balok.

Pertama, kamu akan berkenalan dengan rumus luas permukaan balok yang disusun sebagai berikut:

Rumus Luas Permukaan Balok
Rumus Luas Permukaan Balok (Arsip sobatcloud.com)

Keterangan:

L = luas permukaan (Rumus Balok - Volume, Luas Permukaan, Ciri, dan Contoh Soal 33)
p = panjang (m)
l = lebar (m)
t = tinggi (m)

Sama halnya dengan kubus, rumus luas permukaan balok ini juga sebenarnya kalo kita paham konsep dari bangun ruang balok, kita bisa dengan mudah mengingatnya. Balok memiliki karakteristik memiliki 3 pasang bangun datar yang berukuran sama, itulah kenapa setiap sisi pada rumus luas permukaan balok dikalikan dengan 2. 

contoh soal luas permukaan balok

Rumus Volume Balok

Secara matematis, rumus volume balok disusun sebagai berikut:

Rumus Volume Balok
Rumus Volume Balok (Arsip sobatcloud.com)

Keterangan:
V= Volume (Rumus Balok - Volume, Luas Permukaan, Ciri, dan Contoh Soal 34);
p= panjang (m);
l=lebar (m);
t=tinggi (m).

Begitu juga dengan balok, kalo kubus rumus volumenya Rumus Balok - Volume, Luas Permukaan, Ciri, dan Contoh Soal 35,kalo pada rumus balok, maka rumus nya jadi panjang x lebar x tinggi, karena ukuran ketiganya nya tidak sama, atau minimal 1 sisi memiliki ukuran yang berbeda. 

contoh soal volume balok

Rumus Menghitung Diagonal Balok

Selain rumus luas dan volume balok, gue juga mau berbagi tentang rumus menghitung diagonal bidang, ruang dan luas bidang diagonal.

Rumus Diagonal Bidang Balok

Rumus diagonal bidang balok
Rumus diagonal bidang balok. (Arsip sobatcloud.com)

Rumus Diagonal Ruang Balok

Rumus diagonal ruang balok
Rumus diagonal ruang balok. (Arsip sobatcloud.com)

Rumus Luas Bidang Diagonal Balok

Rumus balok.
Rumus luas bidang diagonal balok. (Arsip sobatcloud.com)

Contoh Balok dalam Kehidupan Sehari-hari

Nah, di atas kita sudah tahu, nih, rumus-rumus balok. Namun, tahukah elo kira-kira apa saja, sih, barang atau benda yang memiliki bangun ruang balok dalam kehidupan sehari-hari.

BACA JUGA :  Perbandingan Kritik Sastra dan Esai – Materi Bahasa Indonesia Kelas 12

Saat sekolah, beberapa dari pembaca sobatcloud.com pasti ada yang memakai tempat pensil di kelas. Nah, tempat pensil itu ternyata bangun ruangnya itu balok, lho!

Nggak cuman tempat pensil, masih ada banyak sekali benda-benda yang mempunyai bangun ruang balok seperti lemari, kulkas, batu bata, kardus sepatu, hingga akuarium.

lemari adalah contoh bangun ruang balok
Lemari Berbentuk Balok (Dok. Pixabay)

Kurang lebih itu guys pembahasan mengenai rumus balok dan cara menghitungnya, mudah bukan? 

Supaya proses belajarmu semakin efektif, sobatcloud.com punya beberapa paket belajar yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhanmu. Di sini kamu nggak cuman mereview materi aja, tetapi juga ada latihan soal untuk mengukur pemahamanmu. Yuk klik banner di bawah ini untuk berlangganan!

Rumus Balok - Volume, Luas Permukaan, Ciri, dan Contoh Soal 36

Baca Juga Artikel Matematika Lainnya

Kumpulan Rumus Matematika Lengkap

Cara Mudah Menghitung Persen

Rumus Keliling dan Luas Lingkaran


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *