Apa itu Rekening Perusahaan: Ciri Khas, Manfaat Pembuatan, dan Cara Membuatnya

Definisi Rekening Perusahaan

Rekening perusahaan merupakan salah satu aspek penting yang perlu Anda buat ketika membuat sebuah perusahaan. Bagi pelaku bisnis, rekening perusahaan akan sangat membantu untuk menghindari tercampurnya uang perusahaan dan uang pribadi. Tercampurnya uang perusahaan dan uang pribadi bisa berdampak negatif bagi perusahaan. Pasalnya, bisa saja Anda mengeluarkan uang yang dialokasikan untuk modal untuk kebutuhan konsumtif. Dengan begitu, modal Anda jadi berkurang dan bisnis pun jadi sulit berkembang karenanya.

Sebelum mengenal lebih lanjut mengenai manfaat dan cara membuat rekening perusahaan, mari kenali dulu apa definisi rekening perusahaan. Rekening perusahaan adalah sebuah rekening bank yang dibuat khusus untuk nasabah pelaku usaha perseorangan atau sebuah perusahaan. Karena nasabahnya bukan nasabah umum perorangan, ada karakteristik tersendiri yang dimiliki jenis rekening ini. Salah satunya adalah penarikan dana yang hanya bisa dilakukan dengan menggunakan cek/bilyet giro. Selain itu, Anda bisa menemukan detail transaksi yang lebih lengkap pada rekening koran perusahaan. Tidak lupa, tingkat bunga rekening perusahaan juga mungkin berbeda jika dibandingkan dengan rekening milik perseorangan.

Ciri Khas Rekening Perusahaan

Beberapa karakteristik dari rekening perusahaan adalah sebagai berikut.
– Nasabah adalah pelaku usaha perorangan atau perusahaan.
– Nasabah harus memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) bisnis.
– Dana yang ada dalam rekening perusahaan hanya bisa dicairkan melalui cek atau bilyet giro.
– Rekening bersifat likuid karena dana perusahaan memiliki kecenderungan untuk keluar-masuk dengan cepat seiring banyaknya transaksi bisnis yang dilakukan.
– Sistem administrasi untuk jenis rekening ini lebih kompleks jika dibandingkan dengan rekening nasabah umum perorangan.
– Fitur dan layanan lebih lengkap dibandingkan dengan nasabah perorangan. Salah satunya adalah detail pada rekening koran perusahaan yang lebih detail isinya dibandingkan dengan rekening koran biasa.
– Batas penarikan dan/atau pencairan dana lebih tinggi dibandingkan dengan rekening nasabah umum.
– Tingkat bunga kadang berbeda jika dibandingkan dengan tingkat bunga rekening bank milik nasabah umum perorangan.

BACA JUGA :  Pahami Manajemen Kas Lebih Dalam: Definisi, Tujuan, Bentuk, Model, dan Contohnya

Manfaat Pembuatan Rekening Perusahaan

Mengapa rekening perusahaan penting untuk dibuat? Ada beberapa alasan rekening perusahaan sangat dibutuhkan, yaitu:

1.Memisahkan antara uang pribadi dan uang bisnis

Ini bisa disebut sebagai manfaat utama dari sebuah rekening perusahaan, khususnya untuk pelaku usaha perseorangan yang mengelola keuangan perusahaan sendiri. Dengan membuat rekening perusahaan, pelaku usaha bisa menghindari tercampurnya uang perusahaan dari uang pribadi. Bayangkan saja jika uang perusahaan tercampur dengan uang pribadi. Anda akan kesulitan untuk memantau pengeluaran perusahaan ketika semua tercampur.

Tercampurnya uang pribadi dan uang untuk bisnis juga bisa berdampak pada pengurangan modal bisnis. Ini sangat mungkin terjadi jika modal bisnis Anda baik sengaja atau tidak sengaja diambil untuk kebutuhan pribadi. Akibatnya, bisnis Anda bisa berisiko kurang modal. Jika berulang, ini dapat berakibat pada terganggunya proses bisnis.

2. Memudahkan pelaporan pajak

Dengan membuat rekening perusahaan, Anda bisa mempermudah pelaporan pajak. Pasalnya, Anda bisa dengan mudah meminta rekening koran perusahaan sebagai salah satu dokumen yang dibutuhkan untuk pelaporan pajak. Apa bahayanya jika Anda tidak membuat rekening bank sendiri untuk perusahaan? Jika rekening bank tercampur dengan rekening pribadi, maka sangat mungkin pajak yang akan dikenakan jadi lebih tinggi. Pasalnya, uang pribadi tercampur sehingga nominal uang yang dikenakan pajak pun jadi lebih besar.

3. Lebih mudah memantau pemasukan dan pengeluaran bisnis

Manfaat selanjutnya yang bisa didapat dari membuat rekening perusahaan adalah kemudahan dalam memantau pemasukan dan pengeluaran bisnis. Jika tercampur dengan rekening bank pribadi, rasanya akan sangat susah untuk memisahkan transaksi keluar-masuk perusahaan. Terlebih lagi, perusahaan Anda sudah cukup besar hingga transaksi keluar-masuk terjadi dalam hitungan menit saja. Nah, supaya pemasukan dan pengeluaran bisa tetap terpantau, akan lebih baik jika Anda menggunakan rekening tersendiri untuk bisnis.

BACA JUGA :  Hal-hal yang Perlu Anda Ketahui tentang Aspek Keuangan dalam Studi Kelayakan Bisnis

4. Menunjukkan kredibilitas dan profesionalitas usaha

Selain manfaat-manfaat yang disebutkan di atas, Anda juga bisa menunjukkan kredibilitas dari usaha yang sedang Anda jalankan dengan memiliki rekening bisnis. Mengapa bisa begitu? Adanya rekening perusahaan secara tidak langsung menunjukkan bahwa perusahaan yang Anda miliki bisa dipercaya. Bagaimanapun juga, ini berarti perusahaan Anda terdaftar secara resmi karena pembukaan rekening perusahaan membutuhkan akta pendirian perusahaan.

Calon klien Anda bisa semakin teryakinkan ketika berencana mentransfer dana untuk produk/layanan yang diberikan. Sebab, nama yang muncul adalah nama perusahaan–bukan nama pribadi pemilik bisnis.

Bagaimana Cara Membuat Rekening Perusahaan?

Bagaimana cara membuat rekening atas nama usaha? Sama seperti ketika Anda membuat rekening bank pribadi, Anda bisa membuat rekening perusahaan melalui layanan pembuatan rekening baik offline (langsung di bank) ataupun secara online. Anda bisa langsung membuat rekening di bank jika ingin langsung melakukan tatap mata dengan petugas bank. Dengan datang langsung ke bank, Anda juga bisa bertanya langsung mengenai fitur-fitur rekening perusahaan maupun detail lain yang ingin Anda ketahui.

Jika Anda ingin membuat re


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *