QRIS Shopeepay: Ini Fungsi dan Cara Kerjanya!

Cara Bayar via QRIS ShopeePay

Untuk membayar menggunakan fitur QRIS, pengguna ShopeePay harus memastikan terlebih dahulu bahwa saldo e-wallet-nya cukup. Selain itu, pastikan pula smartphone telah terhubung dengan jaringan internet yang memadai, agar transaksi bisa berjalan lancar tanpa hambatan. Adapun langkah-langkah pembayaran dengan fitur QR Code di ShopeePay adalah sebagai berikut:

1. Buka aplikasi Shopee
2. Pilih menu “Saya” yang biasanya terletak di pojok kanan bawah aplikasi
3. Pilih menu “ShopeePay”
4. Pilih menu “Bayar”
5. Arahkan kamera ke kode QRIS yang ada di merchant
6. Selanjutnya, layar smartphone akan menampilkan detail transaksi dan pembayaran pun sukses dilakukan

Selain mengarahkan kamera langsung ke QRIS yang ada di kasir, pengguna juga bisa mengunggah foto QRIS dari galeri ke aplikasi Shopee. Cara ini biasanya digunakan untuk pembayaran belanja di merchant online.

Pembayaran dengan fitur QR Code di ShopeePay termasuk cepat dan mudah. Tidak heran apabila banyak yang memanfaatkan fitur ini untuk bertransaksi. Shopee sendiri pernah mengklaim ada sekitar 500 toko fisik, restoran, warung, dan merchant di seluruh Indonesia yang menggunakan QR Code Shopee sebagai salah satu pilihan pembayaran.

BACA JUGA :  Cara Belanja di Alibaba untuk Dijual Kembali dengan Profit Maksimal

Fungsi QRIS ShopeePay

Bagaimana, tertarik menggunakan fitur QR Code ShopeePay untuk setiap transaksi yang dilakukan? Seperti platform pembayaran lainnya, QR Code tidak hanya memberi keuntungan pada pembeli tetapi juga penjual. Kemudahan transaksi menggunakan kode ini membuat bisnis semakin mudah dikelola. Apalagi ShopeePay juga kerap menawarkan promo cashback hingga 60%, yang tentu saja mampu menarik pelanggan untuk bertransaksi di toko milik kita. Untuk lebih memahami tentang fitur QR Code di ShopeePay ini, mari kita ulas beberapa fungsinya.

1. Sebagai alat pembayaran nontunai berbasis QR Code

QRIS ShopeePay digunakan sebagai alat pembayaran nontunai berbasis QR Code. Dengan menggunakan fitur ini, pengguna ShopeePay dapat melakukan pembayaran dengan mudah dan cepat tanpa perlu menggunakan uang tunai. QR Code yang dihasilkan oleh QRIS ShopeePay dapat dipindai oleh merchant, sehingga pembayaran dapat dilakukan dengan praktis.

2. Sebagai alat pembayaran yang aman

QRIS ShopeePay juga berfungsi sebagai alat pembayaran yang aman. Dalam hal ini, QRIS ShopeePay melindungi pengguna dari risiko peredaran uang palsu yang biasanya menimpa toko dan warung kecil. Dengan menggunakan QRIS ShopeePay, pengguna dapat memastikan bahwa pembayaran yang dilakukan adalah sah dan legal.

3. Sebagai alat pembayaran praktis dan cepat

Salah satu keunggulan QRIS ShopeePay adalah kemudahan dan kecepatan dalam melakukan pembayaran. Pengguna hanya perlu memindai kode QR yang ada di merchant, dan pembayaran pun dapat dilakukan dengan cepat. Tidak perlu lagi membawa uang tunai atau kartu kredit, karena semua transaksi dapat dilakukan melalui aplikasi ShopeePay.

4. Sebagai alat pembayaran legal dan sah

QRIS ShopeePay merupakan alat pembayaran yang legal dan sah yang dinaungi oleh Bank Indonesia (BI) serta Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dengan menggunakan QRIS ShopeePay, pengguna dapat yakin bahwa pembayaran yang dilakukan adalah sesuai dengan regulasi yang berlaku.

BACA JUGA :  Kumpulan Kata-Kata Bijak Terbaik Untuk Temani Hari-Hari Sulitmu!

5. Sebagai alat pembayaran yang dapat membantu pengusaha kecil berkembang di era digital

QRIS ShopeePay juga berperan dalam membantu pengusaha kecil berkembang di era digital. Dengan menggunakan QRIS ShopeePay, pengusaha kecil dapat memperluas jangkauan bisnisnya, karena pembayaran dapat dilakukan dengan mudah oleh pelanggan melalui fitur QR Code ini. Hal ini dapat membantu pengusaha kecil meningkatkan penjualan dan pertumbuhan bisnisnya.

6. Sebagai salah satu metode pembayaran yang bisa dipilih pengguna ShopeePay

QRIS ShopeePay juga merupakan salah satu metode pembayaran yang bisa dipilih oleh pengguna ShopeePay jika ingin melakukan transaksi yang lebih mudah dan sederhana. Dengan menggunakan QRIS ShopeePay, pengguna dapat melakukan pembayaran dengan cepat dan praktis, tanpa perlu repot membawa uang tunai atau kartu kredit.

Setelah mengetahui beberapa fungsi QRIS ShopeePay di atas, kita pasti tertarik untuk menggunakan fitur ini untuk setiap transaksi yang dilakukan di Shopee.

Cara Kerja QRIS ShopeePay

Setelah mengetahui fungsi dan bagaimana cara membayar menggunakan QR Code ShopeePay, selanjutnya mari kita bahas cara kerja fitur ini. Secara teknis, pembayaran melalui ShopeePay di merchant dengan fitur ini melibatkan 3 cara penyajian QR Code. Berikut ulasannya:

1. Merchant Presented Mode (MPM)

Pada jenis ini, pemilik bisnis hanya perlu memajang hasil print out QRIS yang nantinya bisa dipindai oleh pengguna ShopeePay saat akan bertransaksi. MPM biasanya akan dipasang di meja kasir dalam bentuk stiker. Setelah memindai kode tersebut, notifikasi berhasil tidaknya transaksi akan diterima oleh pengguna maupun pemilik merchant. Jenis MPM termasuk banyak digunakan oleh usaha kecil menengah karena kemudahannya. Pemilik bisnis yang telah bekerja sama dengan Shopee hanya perlu mencetak kode QR dan memajangnya. Tidak banyak perangkat ataupun aplikasi dibutuhkan pada jenis MPM ini.

BACA JUGA :  Jadi Ekspatriat adalah Tantangan, Berikut Suka Dukanya!

2. Merchant Presented Mode (MPM)

Pada jenis ini, kode QR akan dihasilkan oleh perangkat seperti mesin EDC atau smartphone. Proses ini tidak membutuhkan biaya alias gratis. Untuk bisa menghasilkan kode QR MPM dinamis ini, pihak merchant harus memasukkan nominal pembayaran terlebih dahulu. Baru setelahnya, pengguna bisa memindai kode QR dan membayar melalui QRIS ShopeePay. Jenis ini biasanya banyak dipakai oleh pemilik bisnis skala menengah dan besar dengan volume transaksi tinggi.

3. Customer Presented Mode (CPM)

Pada cara kerja yang terakhir ini, CPM melibatkan keaktifan pengguna. Jika beberapa cara atau jenis kode sebelumnya mengandalkan QR Code yang disediakan pemilik usaha, cara ini menggunakan QR Code yang ditampilkan oleh smartphone pengguna ShopeePay. Pengguna hanya perlu memindai QR Code yang ditampilkan di layar smartphone mereka, dan pembayaran pun dapat dilakukan dengan cepat dan praktis. Penggunaan QRIS CPM biasanya dilakukan di merchant yang membutuhkan kecepatan transaksi tinggi, seperti pom bensin, jasa parkir, dan pintu tol. Bagi sebagian besar pengguna, CPM dinilai paling praktis dan cepat.

Itulah ulasan tentang metode pembayaran menggunakan QR Code di ShopeePay. Selain ShopeePay, QR Code juga banyak digunakan oleh platform pembayaran lain seperti sobatcloud.com. Cara bayar tagihan atau belanjaan menggunakan QR Code sobatcloud.com juga tidak berbeda jauh dengan ShopeePay. Pengguna hanya perlu memindai kode QR dan pembayaran pun berhasil dilakukan. Selain itu, kita juga bisa top up saldo ShopeePay melalui sobatcloud.com dengan biaya yang lebih terjangkau. Penggunaan sobatcloud.com dan ShopeePay di smartphone tentu akan membuat semua transaksi nontunai semakin mudah dan efisien. Semoga ulasan tentang QRIS ShopeePay di atas bermanfaat, ya! Selamat mencoba.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *