Profil Tanah dan Lapisan Horizonnya – Materi Geografi Kelas 10

Tanah yang kita injak ini ternyata punya beberapa lapisan horizon tanah yang kemudian disebut profil tanah. Simak selengkapnya, yuk!

Kapan elo ulang tahun? Tiap merayakan ulang tahun, pernah nggak beli rainbow cake? Kalau elo perhatikan, tampilan rainbow cake itu biasa aja kan ya, nggak ada yang aneh. Maksudnya, tampilan luarnya sama seperti cake lainnya. Tapi, setelah elo buka, tampilan rainbow-nya akan terlihat seperti pada gambar di bawah ini.

analogi profil tanah pada rainbow cake zenius
Rainbow cake terdiri dari beberapa lapisan warna. (dok. Pixabay/LeFrolin)

Setelah dipotong, cake akan memperlihatkan lapisan-lapisan yang berwarna-warni. Lapisan paling atas ada whip cream, di bawahnya ada cake warna merah, terus whip cream lagi, cake lagi warna oren, begitu seterusnya sampai pada lapisan paling bawah.

Ternyata, konsep rainbow cake sama seperti profil tanah lho, guys. 

Baca juga: Petrichor – Bau Aroma Tanah yang Tersiram Hujan

Apa Itu Profil Tanah?

Pada proses pembentukan tanah, kita tahu kalau tanah terbentuk dari hasil pelapukan batuan. Kalau kita amati lebih detail—kita mengkhayal dulu ya sebentar—ceritanya elo punya kemampuan memotong tanah yang ada di bawah permukaan bumi. Setelah diamati, ternyata tanah tersebut terdiri dari beberapa lapisan yang berbeda. Lapisan-lapisan itulah yang dinamakan sebagai profil tanah atau lapisan horizon tanah.

proses pembentukan tanah zenius education
Proses pembentukan tanah disebut pedogenesis. (Arsip sobatcloud.com)

Ngomong-ngomong tentang proses pembentukan tanah, sebutan lainnya adalah pedogenesis. Bahan induk merupakan bahan yang paling penting dalam prosesnya—wajib ada lah ya pokoknya. Nah, bahan induk yang lapuk secara terus menerus akan menghasilkan campuran bahan organik dan mineral. Semakin banyak bahan induk yang lapuk, maka akan semakin banyak juga lapisan tanah yang terbentuk.

BACA JUGA :  AKM Diisukan Jadi Pengganti UN, Bagaimana Faktanya?

Jadi, bisa disimpulkan dari uraian di atas bahwa horizon tanah adalah lapisan tanah yang kurang lebih sejajar dengan lapisan bumi dan mempunyai ciri-ciri tertentu. Jelas ya sampai sini kalau pelapukan itu penting banget bagi pembentukan horizon tanah.

Baca juga: Faktor dan Proses Pembentukan Tanah – Materi Geografi Kelas 10

Macam Macam Horizon Tanah

Horizon tanah dibagi menjadi beberapa lapisan, yaitu horizon O, A, B, C, dan D/R (bedrock). Berikut adalah macam-macam profil tanah atau horizon tanah.

lapisan horizon tanah zenius education
Lapisan horizon tanah. (Arsip sobatcloud.com)

Horizon O

Horizon O atau organik merupakan lapisan yang terletak paling atas, sekaligus sebagai tempat tumbuhnya tanaman. Hal itu karena horizon ini mengandung banyak bahan organik yang dibutuhkan oleh tanaman untuk tumbuh. Horizon ini memiliki ketebalan hanya beberapa cm dari permukaan.

Ciri-ciri horizon O yaitu memiliki warna gelap kehitam-hitaman dan terdiri dari sisa-sisa makhluk hidup seperti daun-daun yang gugur dan ranting pepohonan.

Horizon A

Lapisan ini disebut juga dengan top soil, ukuran ketebalannya sekitar 20-35 cm. Horizon ini juga disebut dengan zona eluviasi, yaitu wilayah pencucian partikel-partikel tanah oleh air hujan.

Horizon B

Horizon B disebut juga dengan subsoil yang terbentuk dari proses penimbunan atau iluviasi dari bahan-bahan yang tercuci dari horizon A. Ciri-ciri horizon ini yaitu warnanya yang lebih terang.

Horizon C

Horizon C atau zona regolith yang merupakan lapisan batuan dasar yang sudah mengalami proses penghancuran dan pelapukan. Nah, di lapisan tanah ini udah nggak subur lagi, guys. Karena, bahan organik dan mineral pada lapisan ini sudah sangat sedikit.

Horizon D/R

Horizon ini merupakan lapisan paling dalam. Lapisan ini masih tersusun atas batuan keras yang belum mengalami pelapukan. Horizon ini disebut juga dengan bedrock atau batuan induk atau batuan dasar.

BACA JUGA :  Infografis: Perbedaan Introvert dan Ekstrovert

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai macam macam horizon tanah, elo bisa meluncur ke video belajar sobatcloud.com dengan klik banner di bawah ini!

belajar materi pelajaran geografi di zenius

Baca juga: Metode Konservasi Tanah dan Contohnya – Materi Geografi Kelas 10

Contoh Soal Profil Tanah dan Pembahasannya

Untuk menguji sejauh mana pemahaman elo mengenai materi profil tanah dan lapisan horizon tanah, gue ada beberapa contoh soal dan pembahasan yang bisa dijadikan sebagai referensi.

Contoh Soal 1

Apa yang dimaksud dengan horizon tanah?

Jawab: Horizon tanah merupakan hasil dari proses pembentukan tanah yang membentuk lapisan tanah yang kurang lebih sejajar dengan lapisan bumi dan mempunyai ciri-ciri tertentu, yaitu horizon O, A, B, C, dan D/R.

Contoh Soal 2

Pada horizon tanah, terdapat zona eluviasi yang berada pada lapisan ….

A. regolith

B. topsoil

C. bedrock

D. batuan induk

E. subsoil

Jawab: B. topsoil.

Pembahasan: Zona eluviasi berada pada lapisan topsoil atau horizon A, yang mana terjadi pencucian tanah oleh air hujan.

*****

Gimana nih, sampai sini udah paham kan tentang profil tanah dan lapisan horizon tanah? Buat yang lebih menyukai belajar dengan nonton video, elo bisa mengakses materi ini di video belajar sobatcloud.com menggunakan akun yang sudah didaftarkan di website dan aplikasi sobatcloud.com sebelumnya, ya!

Baca juga: 4 Penyebab Terjadinya Gempa Bumi – Materi Geografi Kelas 10


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *