Praktisnya Cek PDAM Online, Banyak Untungnya!

Keunggulan Cek PDAM Online

Sebagai pelanggan PDAM, penting bagi kamu untuk rutin cek PDAM tiap bulan agar tidak melewati masa tagihan dan berakhir kena denda. Cek PDAM online bisa menjadi cara ampuh untuk menghindari hal tersebut, apalagi metode ini juga menawarkan banyak keuntungan. Bagaimana cara cek tagihan PDAM online? Sebelum itu, ketahui terlebih dahulu keunggulan cek PDAM online berikut ini!

Biasanya, PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) berbentuk Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang hanya beroperasi di daerah bersangkutan saja. Disediakannya layanan secara online menawarkan banyak keunggulan dan kemudahan bagi para pelanggan PDAM. Salah satunya adalah kamu bisa cek tagihan PDAM secara praktis lewat HP. Berikut ini keunggulan yang bisa kamu dapatkan dari layanan PDAM secara online.

1. Lebih cepat dan praktis

Dengan adanya layanan cek PDAM online, kamu tidak perlu repot-repot mendatangi kantor PDAM terdekat. Kamu pun tidak harus mengantri dan menunggu lama untuk melakukan pengecekan ataupun pembayaran PDAM. Kamu hanya perlu HP dan koneksi internet. Kemudian, kamu tinggal mengakses website resmi atau aplikasi PDAM untuk cek tagihan kamu. Lebih cepat dan praktis, bukan?

2. Fleksibel, bisa dilakukan kapan pun

Selain lebih cepat dan praktis, cek tagihan PDAM online juga jauh lebih fleksibel. Bagaimana tidak? kamu bisa mengakses website dan aplikasi PDAM kapan saja dan di mana saja dengan hanya menggunakan HP dalam genggaman. Layanan online ini tentu lebih menguntungkan daripada layanan konvensional yang terbatas pada jam dan hari kerja saja.

BACA JUGA :  7 Cara Menghemat Uang Supaya Aman saat Akhir Bulan

3. Bisa dapat potongan harga dari mitra

Keunggulan lain dari layanan PDAM online yang tak boleh kamu lewatkan adalah kesempatan untuk dapatkan potongan harga dari mitra! Apabila kamu melakukan pembayaran tagihan PDAM melalui marketplace, maka kamu bisa dapatkan beragam voucher diskon yang menarik.

Cara Cek PDAM Online

Lantas, bagaimana cara cek tagihan PDAM online? Ada beberapa platform yang bisa kamu gunakan untuk mengakses layanan praktis ini, yaitu melalui website resmi PDAM, aplikasi PDAM, dan marketplace yang bermitra.

Cara cek PDAM online melalui website resmi

Cara cek tagihan PDAM online yang pertama bisa kamu lakukan melalui website. Namun, kamu harus mengetahui alamat website resmi PDAM yang ada di domisili kamu saat ini. Misalnya, untuk daerah Surabaya, kamu bisa mengakses http://info.pdam-sby.go.id/aplikasi/rekening/.

Setelah berhasil masuk, kamu tinggal masukkan nomor pelanggan dan periode tagihan pada kolom yang sudah disediakan. Kemudian, layar akan otomatis menampilkan jumlah tagihan PDAM kamu bulan itu. Setiap website PDAM akan berbeda-beda tampilannya sesuai dengan domisili kamu. Namun, secara umum, akses dan informasi yang disajikan hampir sama.

Cara cek PDAM online melalui aplikasi

Berikutnya, ada cara lain untuk cek tagihan PDAM secara online, yaitu melalui aplikasi. Ada banyak aplikasi info PDAM yang tersedia di Google Play Store. Kamu bisa pilih salah satu atau yang khusus menyediakan informasi PDAM untuk domisili kamu. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk cek tagihan PDAM lewat aplikasi HP.

– Download aplikasinya dan selesaikan proses instalasinya di HP kamu.
– Klik menu utama info tagihan.
– Masukkan nomor sambungan, nama pelanggan, dan kabupaten atau kota domisili kamu.
– Pilih instansi PDAM sesuai domisili.
– Klik “Simpan”.

BACA JUGA :  Mau Kirim Uang ke Luar Negeri? Pakai Flip Globe Aja!

Cara cek PDAM online melalui marketplace

Selanjutnya, kamu juga bisa cek tagihan PDAM lewat marketplace. Ada banyak marketplace di Indonesia yang sudah bermitra dengan PDAM, seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Blibli, dan sebagainya. Semua marketplace tersebut sudah menyediakan layanan bayar PDAM online dengan mudah, cepat, dan disertai voucher diskon yang menarik.

Untuk cek tagihan PDAM melalui marketplace, kamu bisa langsung masuk ke halaman utama marketplace yang kamu miliki. Jika belum punya sama sekali, kamu bisa download terlebih dahulu di Google Play Store dan melakukan pendaftaran akun.

Setelah masuk di halaman utama, pilih menu bayar tagihan PDAM dan masukkan semua data yang dibutuhkan. Kemudian, layar akan menampilkan jumlah tagihan dan metode pembayaran yang bisa kamu pilih untuk pelunasan. Biasanya, kamu bisa menggunakan metode transfer ATM/m-banking, e-wallet, atau melalui minimarket.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *