Ingin Pergi ke Luar Negeri? Pahami Perbedaan Visa dan Paspor, Yuk!

Pengertian Visa dan Paspor

Ketika seseorang ingin melakukan perjalanan ke luar negeri, visa dan paspor adalah dua dokumen penting yang harus dimiliki. Paspor adalah dokumen yang dikeluarkan oleh negara asal seseorang dan berfungsi sebagai identitas saat berada di negara lain. Proses pengurusan paspor dilakukan di kantor imigrasi negara asal. Sementara itu, visa adalah dokumen yang menunjukkan adanya persetujuan kunjungan dari negara yang akan dikunjungi. Visa diterbitkan oleh kantor kedutaan atau konsulat negara yang ingin dikunjungi.

Perbedaan Visa dan Paspor

Perbedaan antara visa dan paspor dapat dilihat dalam empat aspek utama, yaitu fungsi, bentuk fisik, lembaga penerbit, dan cara pengurusan.

1. Fungsi

Perbedaan pertama antara visa dan paspor terletak pada fungsinya. Paspor berfungsi sebagai kartu identitas saat berada di negara lain. Paspor membuktikan bahwa pemiliknya adalah seorang warga negara Indonesia dengan identitas yang tercantum di dalamnya. Di sisi lain, visa adalah dokumen yang menunjukkan adanya persetujuan kunjungan dari pemerintah negara tujuan. Visa membuktikan bahwa perjalanan ke negara tersebut dilakukan secara legal dan sah.

Beberapa negara juga memberikan fasilitas bebas visa bagi pemegang paspor dari negara tertentu. Contohnya, pemegang paspor Indonesia dapat melakukan kunjungan ke 72 negara tanpa visa, termasuk di antaranya adalah Thailand, Laos, Hong Kong, Malaysia, Singapura, Peru, dan Kolombia.

2. Bentuk Fisik

Perbedaan selanjutnya antara visa dan paspor terletak pada bentuk fisiknya. Paspor memiliki bentuk yang mirip dengan buku saku. Pada bagian depan paspor terdapat halaman yang berisi biodata lengkap pemilik paspor. Di dalam paspor juga terdapat halaman kosong yang akan digunakan untuk menempelkan visa.

BACA JUGA :  Untung dan Rugi Menggunakan FOB Destination Point

Sementara itu, visa memiliki bentuk berupa stiker atau stempel yang ditempelkan pada halaman kosong di paspor. Beberapa visa juga dapat diterbitkan dalam bentuk digital yang dikirim melalui email. Pemilik visa digital perlu mencetaknya dan menempelkannya pada paspor.

3. Lembaga Penerbit

Perbedaan berikutnya antara visa dan paspor terletak pada lembaga penerbitnya. Paspor diterbitkan oleh negara asal seseorang. Di Indonesia, paspor diterbitkan oleh Kementerian Hukum dan HAM melalui Direktorat Jenderal Imigrasi. Proses pengurusan paspor dilakukan di kantor imigrasi terdekat.

Sementara itu, visa diterbitkan oleh kantor kedutaan atau konsulat negara yang ingin dikunjungi. Pemohon visa perlu mengurusnya di kantor kedutaan atau konsulat negara yang bersangkutan.

4. Cara Pengurusan

Perbedaan terakhir antara visa dan paspor terletak pada cara pengurusannya. Pengurusan paspor dapat dilakukan dengan melengkapi persyaratan yang ditentukan oleh kantor imigrasi. Beberapa dokumen yang diperlukan untuk pengurusan paspor antara lain KTP, Kartu Keluarga (KK), akta kelahiran/buku nikah/surat baptis/ijazah, dan surat penetapan pengadilan untuk pemohon yang telah melakukan penggantian nama.

Sementara itu, pengurusan visa lebih rumit karena dilakukan di lembaga pemerintahan negara lain. Persyaratan pengurusan visa lebih banyak, termasuk paspor dan rekening koran. Proses pengurusan visa biasanya dilakukan di kantor kedutaan atau konsulat negara yang ingin dikunjungi.

Itulah perbedaan antara visa dan paspor dalam empat aspek utama. Keduanya memiliki peran penting dalam melakukan perjalanan ke luar negeri dan harus dimiliki dengan kondisi yang masih berlaku. Jika akan tinggal dalam waktu yang lama di luar negeri, pastikan juga untuk menyiapkan dana yang cukup.

Namun, jika terjadi keadaan darurat dan kehabisan uang di luar negeri, ada cara mudah untuk mendapatkan dana dari sanak saudara di Indonesia. Saat ini, pengiriman uang ke luar negeri menjadi lebih mudah dan terjangkau dengan menggunakan layanan seperti sobatcloud.com.

BACA JUGA :  Gimana Cara Beli Paket AXIS yang Mudah dan Praktis?

sobatcloud.com adalah platform yang memungkinkan pengguna untuk mengirim uang ke lebih dari 50 negara dengan biaya yang terjangkau dan proses yang praktis. Pengguna dapat mengunduh aplikasi sobatcloud.com dan mengirimkan uang dengan mudah melalui smartphone mereka.

Dengan demikian, perjalanan ke luar negeri memang membutuhkan visa dan paspor, namun dengan pemahaman yang baik tentang perbedaan antara keduanya, kamu dapat mempersiapkan dokumen yang diperlukan dengan lebih baik dan merencanakan perjalananmu dengan lebih matang. Jangan lupa untuk selalu memeriksa masa berlaku visa dan paspormu agar tidak mengalami masalah di perjalanan.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *