Perbedaan Virtual Account dan Bank Transfer yang Perlu Diketahui

Memahami Virtual Account

Fixed virtual account

Jenis akun virtual yang pertama adalah fixed virtual account. Jenis akun virtual ini memiliki nomor identifikasi yang dapat ditentukan oleh para pelanggan. Nomor identifikasi ini biasanya tidak akan berubah ketika digunakan pada setiap transaksi. Contoh penggunaan jenis virtual account ini adalah pada layanan dompet elektronik yang menggunakan nomor handphone pengguna sebagai nomor ID-nya. Dalam layanan ini, nomor handphone pengguna akan menjadi nomor rekening tujuan ketika melakukan transaksi pembayaran.

Non-fixed virtual account

Jenis akun virtual yang kedua adalah non-fixed virtual account. Jenis akun virtual ini memiliki nomor identifikasi yang mengalami perubahan pada setiap transaksi yang dilakukan. Contoh penggunaan bank transfer virtual account jenis ini dapat Anda lihat pada transaksi di marketplace. Ketika Anda melakukan pembayaran menggunakan bank transfer virtual account, Anda akan diberikan nomor rekening yang berbeda setiap kali melakukan transaksi. Nomor rekening ini akan digunakan sebagai rekening tujuan pembayaran Anda.

Metode pembayaran online dengan menggunakan rekening virtual sekarang ini sudah sangat umum digunakan oleh banyak pelaku bisnis, baik perusahaan maupun penjual yang memerlukan cara bertransaksi yang cepat, mudah, dan praktis. Dengan menggunakan virtual account, proses pembayaran menjadi lebih efisien dan tidak memerlukan pengiriman bukti pembayaran secara manual kepada pihak penjual.

Perbedaan Virtual Account dan Bank Transfer

1. Nomor rekening yang dipakai

Perbedaan pertama antara virtual account dan bank transfer terletak pada nomor rekening yang digunakan. Virtual account merupakan rekening virtual yang bersifat sementara dan dapat mengalami perubahan pada setiap transaksi yang dilakukan. Nomor rekening virtual hanya berupa nomor identifikasi pengguna yang baru dapat berubah menjadi nomor rekening tujuan apabila memiliki tagihan yang wajib dibayarkan. Sementara itu, rekening yang digunakan untuk pembayaran dengan cara transfer bank memiliki sifat tetap atau tidak dapat berubah karena nomor rekening tersebut telah ditentukan oleh bank ketika nasabah melakukan pembukaan rekening baru.

BACA JUGA :  6 Cara Menghitung Valuasi Perusahaan dan Manfaatnya

2. Pengguna atau nasabah

Perbedaan kedua antara virtual account dan bank transfer terletak pada pengguna atau nasabah yang dapat menggunakan kedua metode pembayaran tersebut. Virtual account hanya dapat dibuka atau diterbitkan oleh bank untuk nasabah yang sudah memiliki rekening bisnis. Jenis rekening ini umumnya dimiliki oleh pemilik usaha atau perusahaan, sehingga pelanggan hanya bisa menggunakan nomor akun virtual yang dikeluarkan oleh perusahaan sebagai rekening untuk transaksi. Sementara itu, transfer antarbank atau sesama bank dapat digunakan oleh setiap pemilik rekening biasa dan bisnis selama masih memiliki nomor rekening yang aktif.

3. Verifikasi atau konfirmasi transaksi

Perbedaan ketiga antara virtual account dan bank transfer terletak pada verifikasi atau konfirmasi transaksi yang dilakukan. Metode transaksi dengan menggunakan virtual account tidak memerlukan konfirmasi setelah pelanggan membayarkan tagihan. Nomor rekening virtual account dapat mengidentifikasi transaksi sesuai dengan jumlah tagihan yang harus dibayarkan oleh pelanggan. Sebagai contoh, saat pelanggan ingin mengisi saldo dompet digital, membayar tagihan, atau memindahkan uang, pelanggan hanya perlu memasukkan nomor ID yang sudah diberikan oleh pihak penjual pada proses pembayaran.

Di sisi lain, konfirmasi secara manual umumnya dibutuhkan jika transaksi dilakukan dengan cara transfer. Pihak penjual atau perusahaan biasanya membutuhkan bukti pembayaran, seperti foto bukti transfer, untuk melakukan verifikasi terhadap transaksi tersebut. Namun, tidak semua pembayaran yang dilakukan dengan transfer perlu dikonfirmasi secara manual. Beberapa kasus transaksi secara transfer dapat langsung dikenali oleh pemilik nomor rekening dengan adanya kode unik yang tercatat di tiga digit terakhir pada nominal transaksi. Selain itu, konfirmasi juga dapat dilakukan melalui layanan SMS Banking yang akan memberikan notifikasi pada pemilik rekening setiap kali terjadi transaksi.

BACA JUGA :  Simak, Cara Menghitung Growth dan Definisinya dalam Bisnis

Dengan mengetahui perbedaan antara virtual account dan bank transfer, Anda dapat memilih metode pembayaran yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Jika Anda memiliki bisnis online atau menggunakan layanan dompet digital, virtual account dapat menjadi pilihan yang efisien dan praktis. Namun, jika Anda lebih nyaman dengan transfer antarbank yang lebih familiar, Anda dapat tetap menggunakan metode tersebut. Penting untuk memahami perbedaan antara kedua metode pembayaran ini agar Anda dapat melakukan transaksi dengan lebih mudah dan aman.

Sekarang, dengan adanya layanan sobatcloud.com for Business, Anda dapat melakukan transfer dan menerima pembayaran untuk bisnis Anda dengan lebih mudah dan cepat. sobatcloud.com for Business menyediakan fitur Money Transfer, Accept Payment, dan International Transfer yang memungkinkan Anda untuk melakukan transfer dengan cepat dan aman. Selain itu, biaya transfer ke luar negeri dengan menggunakan sobatcloud.com for Business juga lebih terjangkau dibandingkan dengan produk serupa lainnya. Jadi, segera daftar sobatcloud.com for Business dan nikmati kemudahan transfer ke rekening domestik secara gratis selama 7 hari.

Dengan adanya kemajuan teknologi dalam sistem pembayaran, kita dapat melihat bahwa pembayaran secara digital atau metode pembayaran online telah berkembang dengan pesat dalam beberapa waktu terakhir. Selain metode pembayaran transfer antarbank, kita juga dapat bertransaksi dengan menggunakan virtual account atau rekening virtual. Meskipun terlihat mirip, ternyata kedua metode pembayaran ini memiliki perbedaan yang perlu kita ketahui.

Virtual account atau VA adalah nomor rekening bank virtual yang dapat dijadikan rekening tujuan ketika melakukan transaksi pembayaran. Virtual account umumnya terdiri dari nomor identifikasi seorang pelanggan dari perusahaan yang dibuka oleh pihak bank. Nomor akun virtual ini akan diberikan oleh perusahaan kepada pelanggan sebagai nomor rekening tujuan ketika melakukan transaksi pembayaran. Setiap kali transaksi, pelanggan akan memperoleh satu nomor identifikasi atau ID akun virtual yang selanjutnya disebut dengan Nomor Akun Virtual (Virtual Account Number).

BACA JUGA :  Wajib Tahu! Ini Dia Perbedaan Kredit Bank Produktif dan Konsumtif

Ada dua jenis virtual account yang kerap digunakan di Indonesia, yaitu fixed virtual account dan non-fixed virtual account. Fixed virtual account memiliki nomor identifikasi yang bisa ditentukan oleh para pelanggan dan biasanya tidak akan berubah ketika digunakan pada setiap transaksi. Contohnya adalah layanan dompet elektronik yang memakai nomor handphone pengguna sebagai nomor ID-nya. Sedangkan non-fixed virtual account memiliki nomor identifikasi yang mengalami perubahan pada setiap transaksi yang dilakukan. Contohnya adalah bank transfer virtual account pada transaksi di marketplace.

Pembayaran menggunakan rekening virtual sekarang ini sudah sangat umum digunakan oleh banyak pelaku bisnis karena cara bertransaksi yang cepat, mudah, dan praktis. Dari sisi pelanggan, pembayaran melalui bank transfer virtual account juga diminati karena dapat mempersingkat proses transaksi. Melalui akun virtual, pelanggan hanya perlu memasukkan nomor ID yang diberikan oleh pihak penjual pada proses pembayaran, tanpa perlu mengirimkan bukti pembayaran secara manual. Transaksi yang berlangsung akan secara otomatis tercatat di pembukuan milik perusahaan atau penjual.

Sementara itu, transfer antarbank merupakan metode pembayaran yang umum dipakai oleh masyarakat sebelum adanya virtual account. Namun, dengan perkembangan teknologi, cara bertransaksi juga mengalami pergeseran. Jika sebelumnya pelanggan harus berkunjung ke kantor cabang bank terdekat untuk melakukan transaksi, kini pembayaran transfer bank sudah dapat dilakukan secara daring.

Pembayaran dengan cara transfer terbagi menjadi dua pilihan, yaitu transfer bank yang sama dan transfer bank yang berbeda. Apabila transfer dilakukan dengan tujuan rekening bank yang sama, pelanggan tidak akan d


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *