Perbedaan Teknik Membaca Skimming & Scanning dan Tujuannya

Salah satu hal yang bikin gue cukup kerepotan waktu ujian adalah ketika gue menghadapi soal bacaan, atau reading comprehension. Yang ngerjain disuruh baca soal satu halaman penuh. Padahal, pertanyaannya cuma minta inti bacaan aja.

Udah gitu, per bacaan cuma dikasih waktu 1,5 menit. Gue langsung ngerasa jadi butiran debu gitu, kalau waktu ujiannya udah mepet, sedangkan fokus gue udah blur waktu baca bacaan panjang. Pasrah aja, udah.

Loading ... Loading …

Setelah ngerasa kayak gitu waktu ujian, gue langsung mikir, “Gue nggak bisa kayak gini terus, nih. Gue harus cari jalan ninja buat menghadapi soal-soal bacaan.”

Dan akhirnya, gue nemu solusinya: teknik membaca skimming dan scanning. Bukan skimming pencurian info nasabah bank, lho, ya, dan bukan scanning barcode PeduliLindungi juga. Ini teknik membaca yang bisa mempermudah elo buat menghadapi soal-soal bacaan UTBK.

Setelah nerapin dua teknik membaca itu, gue bisa memahami bacaan panjang plus menjawab pertanyaannya dengan benar, dalam waktu kurang dari 1,5 menit.

“Wah, teknik apaan tuh? Apakah itu mantra atau sihir? Memang fungsinya apa?”

Buat menjawab itu, gue akan membahas tentang teknik membaca skimming dan scanning. Jadi, simak sampai habis ya!

Teknik Membaca Skimming Teks

Sekarang, kita selami lebih dalam tentang teknik membaca skimming teks. Jadi, apa itu teknik membaca skimming, atau skimming teks?

Menurut Cambridge Dictionary dalam konteks linguistik, teknik membaca skimming adalah teknik membaca cepat atau sekilas aja, tanpa mencermati detailnya.

“Gimana tuh? Emang bisa ya memahami bacaan tanpa mencermati detail kata demi kata? Gue aja yang biasanya baca pelan-pelan tiap suku kata, masih aja sering nggak paham!”

Itu dia yang gue pikirin waktu pertama kali kenalan sama skimming teks ini. Elo mempertanyakan hal yang sama juga nggak? Nih, gue bagi rahasia membaca cepat tanpa harus merhatiin tiap kata!

Buat menjelaskan teknik membaca skimming teks, elo bisa lihat ilustrasi di bawah ini.

teknik membaca skimming adalah teknik membaca cepat tanpa harus menghafal detail.
Ilustrasi teknik membaca skimming. (Arsip sobatcloud.com)

Skimming teks itu ibarat elo yang lagi naik sepeda, mau pergi ke Bank ABC. Buat sampai ke sana, elo harus lewat Jalan A sampai ketemu Pasar X. Dari situ, elo harus belok kiri ke jalan B, ngelewatin Puskesmas Y. Nah, Bank ABC ini ada di sebelah kirinya Puskesmas Y.

Sepanjang perjalanan, elo bakal ngeliat banyak kompleks pertokoan, hotel, dan berbagai gedung lain. Tapi, karena tujuan elo adalah Bank ABC, elo nggak perlu hafal semua nama lokasi yang udah elo lewati.

Elo cuma perlu menyusuri Jalan A sampai ke Pasar X, trus belok kiri ke Puskesmas Y dan lokasi Bank ABC ada di sebelah kirinya. Andai kata elo nggak nemu Puskesmas Y, berarti jalan yang elo lalui nggak sesuai rute yang gue jelasin tadi.

Nah, cara ngelakuin skimming teks juga kayak gitu. Elo nggak perlu baca semua kata dalam bacaan. Namun, elo cukup membaca cepat teks panjang dalam waktu minimal, buat nentuin apakah bacaan itu memuat informasi yang lagi elo cari atau nggak.

BACA JUGA :  Tekanan Fluida: Pengertian, Rumus, dan Soal – Materi Fisika Kelas 11

“Terus, contoh membaca skimming kayak gimana, dong?”

Misalnya, waktu elo lagi baca berita di media online. Elo nggak perlu ngebaca kata-kata dalam berita itu satu per satu. Namun, elo langsung membaca cepat paragraf yang ada di berita itu, buat segera nemuin, “Berita ini intinya ngabarin apa sih?”

Jadi, kalau elo nemu pertanyaan “Jelaskan yang dimaksud dengan membaca sekilas atau skimming”, jawabannya adalah teknik membaca cepat atau sekilas, tanpa harus menghafal detail-detailnya.

Cara Membaca Skimming Teks 

Terus, gimana cara membaca skimming teks?

teknik membaca skimming teks atau teknik membaca cepat
lustrasi membaca skimming teks. (Dok. Freepik/StorySet)

Begini nih, teknik membaca skimming yang benar:

  1. Tentukan Apa yang Ingin Elo Cari

Sebelum ngelakuin skimming teks, tentukan dulu topik apa yang mau elo cari. Misalnya, elo mau nyari nama proklamator negara kita. Elo pun hunting buku yang punya bab berisi sejarah kemerdekaan Indonesia.

Di dalam buku itu, elo cari sub-bab atau anak judul yang nyebutin tentang proklamasi atau proklamator Indonesia. Kalau ada, elo bisa langsung baca sub-bab itu buat dapetin informasinya.

  1. Baca Kalimat Utama

Cara membaca skimming teks kedua, yaitu dengan mencermati kalimat utama. Biasanya, kalimat utama ini ada di awal atau akhir paragraf.

Dari sinilah, elo bakal dapetin gagasan pokok, alias topik yang dibahas sama paragraf itu. Kalo nggak sesuai sama yang elo cari, elo bisa langsung skip dan lanjut ke paragraf selanjutnya.

  1. Baca Bagian Ringkasan dan Kesimpulan

“Kalau paragrafnya banyak banget, gimana bisa bikin kesimpulan dengan cepat dan tepat?”

Caranya gampang, elo cukup baca bagian ringkasan atau kesimpulan. Biasanya, di sana bakal ada penjelasan masalah yang dibahas. Nah, kalau isinya sesuai sama informasi yang lagi elo cari, elo bisa lanjutin baca teksnya!

Tujuan Teknik Membaca Skimming

Sebenarnya, tujuan dari teknik membaca skimming adalah biar elo dapetin poin-poin dan gambaran besar dari teks yang elo baca. Cara ini efektif biar elo bisa nentuin bagian mana aja yang penting dan perlu diingat.

Selain itu, teknik membaca skimming teks juga membantu elo cepat memahami dan menjawab soal bacaan. Jadi, elo bisa memaksimalkan waktu yang sedikit buat mendapatkan intisari atau topik dari bacaan panjang.

teknik membaca skimming teks digunakan untuk menentukan topik dari bacaan panjang.
Ilustrasi penggunaan teknik membaca skimming teks. (Arsip sobatcloud.com)

Kerangka Belajar Ala sobatcloud.com, Efektif Raih Prestasi Akademik!

Teknik Membaca Scanning

Setelah elo tahu pengertian skimming teks, tujuan, dan cara penerapannya, sekarang gue  mau ngenalin elo sama teknik membaca scanning. Yuk, simak penjelasan gue berikut ini. 

So, apa itu teknik membaca scanning?

teknik membaca scanning adalah membaca cepat dan cermat sesuai informasi spesifik yang dibutuhkan.
Ilustrasi teknik membaca scanning. (Dok. Freepik)

Sesuai namanya, scan berarti “memindai”, alias “melihat secara cermat”. Kalau dalam skimming teks, kita membaca cepat tanpa melihat detail. Sedangkan teknik membaca scanning merupakan cara membaca teks secara cepat dan cermat buat mencari informasi spesifik yang elo butuhin.

Contoh kegiatan membaca scanning adalah ketika elo mau beli tiket kereta api. Ceritanya, elo mau naik kereta dari Stasiun Yogyakarta ke Stasiun Solo Balapan.

BACA JUGA :  Daya Tampung dan Syarat Masuk Fakultas Kedokteran Gigi UGM

Di depan elo, ada papan besar yang menampilkan jadwal keberangkatan kereta api se-Jawa. Elo pun bakal fokus nyari jadwal rute Stasiun Yogyakarta-Solo Balapan.

Setelah nemu, elo milih waktu keberangkatan, kelas, dan harganya. Dalam proses ini, tentu elo bakal mengabaikan rute lain yang nggak related sama apa yang elo cari, kan? Inilah yang disebut teknik membaca scanning.

Cara Membaca Scanning Teks 

Dari penjelasan gue di atas, gue sebenarnya udah ngasih sedikit petunjuk tentang cara membaca scanning teks. Namun, biar elo makin paham, gue bakal jabarin satu per satu cara membaca scanning.

  1. Pastikan Bab atau Judul

Masih ingat kan, sama teknik membaca skimming? Nah, teknik membaca skimming adalah salah satu pengantar biar elo bisa nerapin scanning teks.

Kenapa begitu? Soalnya, skimming ngebantu elo buat memilah bahan bacaan mana yang topiknya sesuai sama keinginan elo. Dari sinilah, elo bisa nerapin teknik membaca scanning buat nyari detail-detail informasinya.

  1. Tentukan Kata Kunci dari Informasi yang Ingin Dicari

Hal pertama yang harus dilakukan saat elo nerapin cara membaca scanning, yaitu dengan menentukan kata kunci.

Misalnya, elo lagi baca artikel tentang kehidupan di zaman prasejarah. Elo kemudian penasaran, “Manusia purba itu sebenarnya tinggal di mana, sih?”

Buat mendapatkan jawaban itu secara cepat, elo cukup membaca semua teks secara sekilas sambil nemuin kata kunci “tempat tinggal”. Kalau udah nemu kata kunci tersebut, baru deh, elo dapat info dari situ.

  1. Baca Informasi yang Menjelaskan Kata Kunci

Setelah nemuin kata kunci “tempat tinggal”, elo perlu baca informasi di sekitarnya. Pahami apakah tempat tinggal yang disebutkan itu merujuk ke tempat tinggal manusia purba apa bukan.

Tujuan Membaca Scanning

Teknik membaca scanning biasanya dipakai buat nyari informasi spesifik dari teks panjang atau data yang kompleks.

Misalnya, kayak contoh nyari jadwal kereta api tadi. Teknik membaca scanning juga membantu elo dalam nemuin informasi spesifik seperti tanggal lahir tokoh dalam biografi, nama lokasi dalam teks sejarah, dan sebagainya.

Begitu pula kalau elo ngerjain soal yang didahului bacaan. Penggunaan teknik membaca scanning bertujuan biar elo bisa nemuin informasi yang ditanyain dalam waktu lebih singkat. Biasanya, format pertanyaannya berkaitan sama informasi dalam teks atau mencocokkan pernyataan mana yang tepat menurut teks dalam soal.

Dari sini, elo udah bisa tahu apa manfaat membaca scanning. Dengan membaca scanning, elo bisa lebih cepat mendapatkan dan menguasai informasi yang elo butuhkan dalam waktu singkat, meskipun teksnya panjang.

penggunaan teknik membaca scanning teks.
Ilustrasi penggunaan teknik membaca scanning teks. (Arsip sobatcloud.com)

Perbedaan Skimming dan Scanning Teks

Dari penjelasan materi di atas, elo pasti udah mulai paham dong ya, sama teknik membaca skimming dan scanning, dari cara membaca, tujuannya, sampai penggunaannya.

Terus, kalau dijembrengin, apa perbedaan skimming dan scanning? Yuk, langsung cek aja tabel di bawah ini!

perbedaan skimming dan scanning sebagai teknik membaca.
Ilustrasi perbedaan skimming dan scanning teks. (Arsip sobatcloud.com)

Contoh Soal Teknik Membaca Skimming dan Scanning Beserta Pembahasan

Setelah membaca materi di atas, gue ingin menguji pemahaman elo dengan ngerjain soal-soal di bawah ini. Yuk, coba!

  1. Jelaskan persamaan dan perbedaan antara membaca memindai (scanning) dan skimming teks!
BACA JUGA :  Negara Maju dan Negara Berkembang – Materi Geografi Kelas 12

Jawaban:

Persamaan teknik membaca skimming dan scanning adalah untuk mendapatkan informasi dalam waktu singkat. Cara ini efektif buat ngerjain soal-soal bacaan atau reading comprehension di UTBK maupun ujian sekolah. 

Nah, buat perbedaannya, elo bisa cek lagi tabel perbedaan teknik membaca skimming dan scanning yang udah gue jelasin di bab “Perbedaan Skimming dan Scanning Teks”.

  1. Bacalah teks di bawah ini untuk menjawab pertanyaan nomor 2!

The risk of severe illness from Covid-19 is higher in people with obstructive sleep apnea and other breathing problems that cause oxygen levels to drop during sleep, researchers say. They tracked 5.402 adults with these problems and found that roughly a third of them eventually tested positive for the Covid-19.

While periodic episodes of not breathing while sleep-leading to low oxygen levels, or hypoxia – did not increase people’s chances of being infected, sleep-related hypoxia did increase infected patients’ odds of needing to be hospitalized or dying from Covid-19, Drs. Cinthya Pena Orbea and Reena Mehra of the Cleveland Clinic and colleagues of reported on Wednesday in JAMA Network Open.

(Source: economictimes.indiatimes.com)

Which of the following is true based on the text?

A. An individual will be at a higher risk of being hospitalized for Covid-19 if they have sleep-related hypoxia.

B. If you have sleep-related hypoxia, you will have a higher chance of being infected with Covid-19.

C. If a person with sleep-related breathing problems is tested positive for Covid-19, he or she will be hospitalized.

Jawaban:

Pertanyaan di atas bisa elo jawab dengan teknik membaca scanning. Kenapa? Karena yang ditanyain adalah informasi yang tepat berdasarkan teks. Jadi, elo harus mencocokkan opsi ke dalam bacaan buat tahu apakah opsi itu benar atau salah.

Jawaban yang tepat dari soal di atas adalah A. An individual will be at a higher risk of being hospitalized for Covid-19 if they have sleep-related hypoxia. Jawabannya bisa elo temuin di paragraf kedua.

Ada yang tahu alasannya kenapa? Jawab di kolom komentar, ya!

Yuk, Belajar UTBK Bareng sobatcloud.com!

Akhirnya, kita udah mengupas tuntas teknik membaca skimming dan scanning. Buat elo yang mau mengasah skill membaca untuk persiapan UTBK, sobatcloud.com punya video materi tentang skimming dan scanning teks, yang bisa elo pelajari. Elo bisa klik gambar di bawah ini buat mengaksesnya. Pastikan elo udah punya akun sobatcloud.com, ya.

Buat elo yang belum daftar akun sobatcloud.com, langsung meluncur di sini, ya. Gratis kok.

sobatcloud.com juga punya banyak latihan soal TPS Penalaran Verbal UTBK dan pembahasannya, buat membantu mengasah pemahaman elo. Klik link ini buat ngerjain latihan soalnya>>> Soal Penalaran Verbal PPM dan PPU UTBK

Semoga elo bisa lolos UTBK, ya. Selamat berjuang!

Strategi belajar UTBK ala sobatcloud.com

Ditulis oleh: Ardalena Romantika dari Universitas Gajah Mada, bagian dari Kampus Merdeka 2022

Diperbaharui oleh:  Citra Agusta Putri Anastasia 

Editor: Selli Nisrina Faradila

Referensi:

How to Skim Text – Richard Sutz and Peter Weverka from The Book Speed Reading For Dummies (2016)

Reading Strategies to Save Time – UNSW Sydney (2022)

Skimming – The Learning Center, University of North Carolina at Chapel Hill 

Skimming vs Scanning Reading Techniques – EF Blog (2020)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *