4 Alasan Besar Penyebab VOC Bubar – Materi Sejarah Kelas 11

Pernah nggak elo kepikiran, bagaimana bisa sebuah perusahaan sebesar VOC bubar? Nah, untuk tau jawaban soal penyebab bubarnya VOC, yuk simak artikel ini!

Kayaknya elo udah nggak asing lagi deh nama perusahaan dagang Belanda era merkantilisme Eropa bernama Vereenigde Oost Indische Compagnie (VOC). Perusahaan yang sempat dinyatakan sebagai perusahaan terbesar pada masanya ini, bangkrut dan dibubarkan pada 31 Desember 1799. Nah lho, kenapa ya?

Sebelum dapat jawaban kenapa VOC bisa mengalami kebangkrutan, ada baiknya kita bahas dulu sejarahnya ya! 

Baca juga: Memahami Zaman Renaissance atau Renaisans, Sejarah dan Latar Belakangnya – Materi Sejarah Kelas 11

Sejarah Singkat VOC

Sama seperti negara Eropa lainnya, kedatangan Belanda ke Indonesia adalah untuk mencari rempah-rempah. Persaingan antar negara Eropa seperti Portugis, Spanyol, Inggris, Prancis dan Belanda sangatlah ketat. Hal inilah yang mendasari pembentukan VOC sebagai perusahaan persekutuan dagang asal Belanda yang memonopoli aktivitas perdagangan Asia. 

Perusahan swasta ini dibentuk  dari gabungan beberapa perusahaan dagang kecil dan menengah pada 20 Maret 1602. Sebagai perusahaan dagang, VOC benar-benar istimewa. VOC didukung pemerintah Belanda, sekaligus mendapatkan hak istimewa dari pemerintah Belanda atau juga disebut sebagai hak oktroi. Hak-hak tersebut antara lain:

  1. Hak monopoli perdagangan
  2. Hak membentuk angkatan perang
  3. Hak mencetak dan mengeluarkan mata uang
  4. Hak mengadakan perjanjian dengan raja
  5. Hak memerintah di Nusantara
  6. Hak ekspansi benteng
  7. Hak menentukan perang atau damai
  8. Hak mengangkat dan memberhentikan pegawai
BACA JUGA :  Mengenal 5 Perbedaan TOEFL ITP dan IBT dan Cara Belajarnya

VOC menetap selama 196 tahun di Indonesia mulai tahun 1603 hingga 1799. Selama kurun waktu tersebut, VOC mengalami masa-masa kejayaan di abad 17 dan 18. Perusahaan yang juga disebut sebagai Perserikatan Dagang Hindia Timur ini bahkan menjadi serikat dagang yang paling sukses. VOC berhasil mengalahkan pedagang dari Eropa  yang lebih dulu mencapai Indonesia. 

Dengan kemampuan politik yang mumpuni, VOC berhasil menguasai kerajaan lokal di Nusantara. Akhirnya, jalur perdagangan VOC pun meluas dari Amsterdam, Tanjung Harapan, India, hingga Papua. Keuntungan pun melimpah ruah. Tak hanya itu, VOC juga memperluas kegiatan dalam perdagangan internasional, membangun industri perkapalan, dan memproduksi rempah-rempah sendiri untuk diperdagangkan.  

Masa kejayaan ini tidak bertahan lama. Pada abad 18 VOC mulai melemah dan akhirnya dibubarkan pada 31 Desember 1799.

Baca juga: Sejarah Evolusi Peradaban Eropa dan Periodisasi Lengkapnya – Materi Sejarah Kelas 11

4 Alasan yang Menyebabkan VOC Dibubarkan

1. Pejabat VOC Melakukan Korupsi

Pada masa itu terdapat budaya feodalisme yang berkembang, yang berarti kalangan bawah harus tunduk dengan kalangan atas. Dalam hal ini anggap saja kalangan atas adalah raja  sedangkan kalangan bawah adalah pejabat VOC.

Sebagai tanda penghormatan, pejabat VOC memberikan hadiah kepada raja. Si Raja pun merasa senang karena merasa dihormati. Akhirnya, pejabat VOC tersebut diberikan kedudukan  yang istimewa di manajemen VOC. 

Karena sudah dapat kedudukan yang istimewa, pejabat VOC menikmati fasilitas yang didapat. Fasilitas yang didapat tentunya lebih bagus dari pejabat VOC lainnya. Dengan fasilitas itu, pejabat tersebut hidup dengan hedonisme yang tinggi.  Untuk mendapatkan kemewahan tersebut, mereka rela untuk melakukan korupsi. 

Semakin banyak korupsi yang dilakukan, hutang perusahaan pun menjadi menumpuk. Perusahaan nggak bisa terus-menerus menutupi korupsi di dalamnya. Akhirnya VOC resmi bangkrut akibat terlilit hutang. 

Penyebab VOC bubar -korupsi

2.      Wilayah Kekuasaan yang Luas

Kenapa wilayah yang luas menjadi salah satu penyebab bubarnya VOC?  Banyaknya wilayah VOC berpengaruh pada besarnya biaya operasional yang mahal. Pejabat yang korupsi ditambah dengan biaya operasional yang tinggi ditambah lagi dengan besarnya gaji karyawan, menghasilkan hutang VOC semakin membengkak.

BACA JUGA :  Serba-serbi Perayaan Tahun Baru Imlek di Indonesia

3.      Peperangan

Memonopoli suatu wilayah membutuhkan pertumpahan darah lewat peperangan. Nggak cuma butuh pasukan, tapi juga butuh dana yang banyak banget! Biaya perang yang tidak sedikit ini semakin membuat posisi VOC terhimpit. 

Bukannya dapat wilayah untuk dimonopoli, VOC justru merugi dan kesulitan biaya akibat perang. 

4.  Kalah Saing dengan EIC (East India Company)

Di masa itu selain VOC, ada pula kongsi dagang dari Inggris yang sedang berada di puncak kejayaan. Kongsi dagang itu adalah EIC.

Dengan banyaknya hutang yang dimiliki VOC, otomatis mudah sekali bagi EIC untuk mengalahkan VOC. Sebagai perusahaan besar, EIC membawa ekonomi baru di dunia. Bursa saham di Inggris pada saat itu bahkan mampu mengalahkan bursa saham di Amsterdam. 

Kekalahan ini semakin membuat keadaan VOC terpuruk. VOC tidak dapat membayar hutang dan akhirnya hak-hak istimewa VOC dicabut pada 1795 oleh pemerintah Kerajaan Belanda. 

Hutang yang menggunung, kalah saing dengan kongsi dagang lain, ditambah dengan dicabutnya hak-hak istimewa VOC akhirnya membuat VOC tak berkutik dan resmi dibubarkan pada 1799.

Nah jadi itu dia penyebab bubarnya VOC, kalo mau belajar materi ini lebih dalam, elo bisa banget belajar materinya di sobatcloud.com.Tinggal klik banner di bawah ini! Di sini lo nggak cuma latihan soal aja, tapi juga belajar materi sampe paham!

4 Alasan Besar yang Menyebabkan VOC Bubar

Oh ya, gue juga punya rekomendasi paket belajar yang untuk elo, elo bisa klik banner di bawah ini juga untuk pemesanannya.

4 Alasan Besar Penyebab VOC Bubar - Materi Sejarah Kelas 11 9

Nah pembaca sobatcloud.com, gimana? Udah semakin paham kan penyebab bubarnya VOC? Kalau kalian punya pertanyaan atau pernyataan jangan ragu untuk langsung komen di kolom komentar. Sekian dari gue, semoga bermanfaat dan semangat belajarnya!

BACA JUGA :  Indonesia kok Utang Melulu, Kapan Lunasnya?

Penulis : Yunita Widyaningsih


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *