Penting! Ini Cara Bayar Air PDAM Online dengan Mudah dan Aman

Cara Cek Tagihan PDAM Online

Sebelum membahas cara bayar air PDAM secara online, penting untuk mengetahui terlebih dahulu cara cek tagihan PDAM secara online. Dengan cek tagihan PDAM online, kamu dapat mengetahui berapa besar tagihan air yang harus kamu bayar. Berikut ini adalah beberapa cara cek tagihan PDAM online yang bisa kamu lakukan:

1. Melalui Aplikasi PDAM Info

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk cek tagihan PDAM online adalah melalui aplikasi PDAM Info. Aplikasi ini dapat diunduh melalui Google Play Store. Setelah mengunduh dan menginstal aplikasi ini, kamu perlu melakukan registrasi dan login menggunakan nomor pelanggan PDAM serta password yang telah kamu buat. Setelah berhasil login, kamu dapat langsung melihat rincian tagihan air PDAM kamu. Aplikasi PDAM Info juga dilengkapi dengan fitur-fitur lain seperti mendaftar sambungan baru, melakukan pengaduan, dan mendapatkan informasi terkini seputar PDAM.

2. Melalui Website Resmi PDAM

Cara kedua yang bisa kamu lakukan untuk cek tagihan PDAM online adalah melalui website resmi PDAM. Setiap daerah biasanya memiliki website resmi PDAM yang dapat kamu akses untuk melihat tagihan air. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu mengunjungi website resmi PDAM daerahmu, kemudian masuk ke menu cek tagihan. Pada halaman tersebut, kamu perlu memasukkan nomor pelanggan PDAM dan beberapa data lain yang mungkin diperlukan. Setelah itu, rincian tagihan air PDAM kamu akan muncul di layar.

BACA JUGA :  Syarat dan Rekomendasi Tempat Jual Emas Antam, Praktis!

3. Melalui Aplikasi e-Commerce

Selain melalui aplikasi PDAM Info atau website resmi PDAM, kamu juga dapat cek tagihan PDAM online melalui aplikasi e-Commerce seperti Tokopedia, Shopee, atau e-Commerce lainnya. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu mencari menu layanan PDAM pada aplikasi e-Commerce tersebut, kemudian memasukkan nomor pelanggan PDAM dan beberapa data lain yang diperlukan. Setelah itu, rincian tagihan air PDAM kamu akan muncul di layar HP kamu.

Cara Bayar Air PDAM Online Mudah dan Aman

Setelah kamu mengetahui cara cek tagihan PDAM online, selanjutnya adalah membahas cara bayar air PDAM secara online. Berikut ini adalah beberapa cara bayar air PDAM online yang bisa kamu lakukan:

1. Cara Bayar PDAM Online Melalui Aplikasi

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk bayar air PDAM secara online adalah melalui aplikasi PDAM Info. Setelah cek tagihan PDAM menggunakan aplikasi ini, kamu dapat langsung melakukan pembayaran dengan mudah dan cepat. Caranya sangat sederhana, kamu hanya perlu memasukkan nomor pelanggan PDAM dan beberapa data lain yang diperlukan, kemudian memilih metode pembayaran yang kamu inginkan seperti transfer bank atau melalui e-wallet. Setelah pembayaran selesai, kamu akan mendapatkan notifikasi bahwa pembayaran PDAM kamu berhasil.

2. Bayar Air PDAM Melalui e-Commerce

Selain melalui aplikasi PDAM Info, kamu juga dapat bayar air PDAM online melalui aplikasi e-Commerce seperti Tokopedia, Shopee, atau e-Commerce lainnya. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu mencari menu layanan PDAM pada aplikasi e-Commerce tersebut, kemudian memasukkan nomor pelanggan PDAM dan beberapa data lain yang diperlukan. Setelah itu, rincian tagihan air PDAM kamu akan muncul di layar HP kamu. Untuk melakukan pembayaran, kamu bisa memilih metode pembayaran yang kamu inginkan seperti transfer bank, melalui e-wallet, atau membayar melalui minimarket terdekat.

BACA JUGA :  Cara Upgrade DANA Premium: Kelebihan dan Cara Top Up Hemat

3. Pembayaran PDAM Online Melalui Mobile Banking

Selain melalui aplikasi PDAM Info dan e-Commerce, kamu juga dapat membayar air PDAM secara online melalui aplikasi mobile banking yang kamu miliki. Setiap bank biasanya memiliki aplikasi mobile banking yang dapat kamu unduh melalui Google Play Store atau App Store. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu masuk ke aplikasi mobile banking tersebut, kemudian mencari menu pembayaran PDAM. Setelah itu, kamu perlu memasukkan nomor pelanggan PDAM dan beberapa data lain yang diperlukan. Setelah itu, kamu dapat langsung melakukan pembayaran PDAM dengan memilih metode pembayaran yang kamu inginkan.

Untuk contoh, berikut adalah langkah-langkah cara bayar PDAM online melalui beberapa aplikasi mobile banking yang populer:

Cara bayar PDAM online via M-Banking BCA

1. Masuk ke aplikasi M-Banking BCA, pilih menu “m-Payment”.
2. Pilih “Publik / Utilitas”.
3. Pada pilihan nama perusahaan, pilih “PAM”.
4. Masukkan ID pelanggan PDAM kamu.
5. Masukkan wilayah PDAM kamu.
6. Kemudian pilih kantor cabang PDAM yang terdaftar.
7. Cek kembali nominal tagihan PDAM kamu.
8. Masukkan PIN M-Banking BCA kamu dan pembayaran berhasil.

Cara bayar PDAM online via Livin’ by Mandiri

1. Buka aplikasi Livin’ by Mandiri di HP kamu, lalu lakukan login.
2. Pilih menu “Bayar”.
3. Pilih “PDAM” dan pilih Penyedia Jasa PDAM kamu.
4. Masukkan ID pelanggan.
5. Cek tagihan kamu, lalu pilih rekening sumber yang akan kamu gunakan, kemudian pilih “Lanjutkan”.
6. Pilih “Lanjutkan” pada halaman konfirmasi.
7. Masukkan PIN kamu dan tagihan berhasil dibayar!

Cara bayar PDAM online via BRI Mobile (BRImo)

1. Buka aplikasi BRImo, kemudian lakukan login.
2. Pada halaman utama, pilih menu “PDAM”.
3. Masukkan data-data yang diperlukan.
4. Cek kembali detail dan rincian tagihan PDAM kamu dan pilih “Bayar”.
5. Masukkan PIN BRImo kamu, kemudian akan muncul notifikasi tagihan PDAM berhasil dibayar.

BACA JUGA :  Kuliah di Universitas Stanford Butuh Biaya Berapa? Intip Penjelasannya di Sini

Setelah mengetahui cara bayar PDAM online melalui berbagai metode yang telah dijelaskan di atas, kini kamu dapat memilih cara yang paling nyaman dan memudahkan untuk melakukan pembayaran air PDAM. Apakah kamu lebih suka menggunakan aplikasi PDAM Info, e-Commerce, atau mobile banking semuanya memiliki kelebihan dan kemudahan masing-masing.

Penting untuk selalu melakukan pembayaran tagihan air PDAM tepat waktu agar dapat terus menikmati fasilitas dari PDAM. Jadi, yuk segera gunakan cara bayar PDAM online yang paling sesuai dengan kebutuhanmu dan nikmati kemudahan pembayaran air PDAM secara online!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *