Pengertian SLIK OJK dan Manfaatnya

Apa yang Dimaksud dengan SLIK OJK?

SLIK OJK atau yang sebelumnya dikenal dengan BI checking adalah prosedur pemeriksaan riwayat kredit calon debitur melalui Sistem Informasi Debitur Bank Indonesia. Sebelumnya, pengecekan skor kredit dilakukan oleh Bank Indonesia, namun sejak 1 Januari 2018, tugas ini dialihkan kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai regulator dan pengawas aktivitas keuangan di Indonesia.

SLIK OJK bertugas mengawasi dan memberikan informasi keuangan, termasuk menyediakan iDeb atau informasi debitur. Selain itu, SLIK juga digunakan untuk melakukan pelaporan, fasilitas penyediaan dana, dan data lainnya yang berasal dari masyarakat, lembaga keuangan, lembaga perkreditan, dan pihak lainnya.

Dengan adanya SLIK OJK, masyarakat dapat merasakan kemudahan dalam pengajuan pinjaman. SLIK juga diharapkan dapat menurunkan angka NPL (Non-Performing Loan) atau kredit yang bermasalah.

Manfaat SLIK OJK

SLIK OJK memiliki beberapa manfaat, antara lain:

1. Memudahkan individu dan pelaku usaha, terutama UMKM, untuk memperoleh akses pendanaan dari penyedia kredit. Dengan melihat data debitur pada data pengecekan, bank dan lembaga keuangan dapat melakukan penilaian kelayakan kredit seseorang.

2. Mendorong pihak penyedia kredit agar mempertahankan kredibilitas mereka. Dengan adanya SLIK OJK, pihak penyedia kredit dapat lebih mudah mengevaluasi risiko kredit dan menjaga kualitas portofolio kredit mereka.

3. Memudahkan proses analisis sehingga risiko kredit bermasalah dapat diturunkan. Dengan adanya data debitur yang terintegrasi dalam SLIK OJK, proses analisis kredit dapat dilakukan dengan lebih efisien dan akurat.

4. Calon debitur dapat dengan mudah membuktikan reputasi kreditnya kepada pemberi pinjaman. Dengan memiliki SLIK OJK yang baik, calon debitur dapat membuktikan bahwa mereka memiliki riwayat kredit yang baik dan dapat dipercaya.

BACA JUGA :  Panduan TikTok Seller Shop Agar Penjualan Moncer Terus

Data SLIK OJK dapat digunakan dalam proses pengajuan Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Kredit Tanpa Agunan (KTA), Kredit Multiguna, dan berbagai jenis pembiayaan lainnya.

Bagaimana Cara Mengurus SLIK OJK?

Ada dua cara untuk mengurus SLIK OJK, yaitu secara offline dan online.

Cara Membuat SLIK OJK Secara Offline

Jika Anda ingin mengurus SLIK OJK secara offline, Anda dapat datang langsung ke kantor OJK yang ada di kota Anda. Sebelum melakukan pembuatan SLIK OJK secara offline, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui:

– Pembuatan SLIK OJK tidak dikenakan biaya. Individu maupun badan usaha tidak perlu membayar apapun untuk membuat SLIK OJK. Jika ada oknum yang meminta dana, berhati-hatilah.
– Proses pembuatan SLIK OJK relatif cepat, hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit.
– Lebih baik melakukan pengurusan SLIK OJK sendiri untuk menghindari penyalahgunaan data pribadi. Jika Anda tidak dapat datang langsung, buat surat kuasa dengan materai dan sertakan identitas asli Anda serta identitas asli orang yang akan mewakili.
– Persiapkan identitas asli yang diperlukan, seperti KTP untuk WNI, paspor untuk WNA, dan salinan identitas badan usaha jika Anda adalah debitur yang merupakan badan usaha.

Cara Membuat SLIK OJK Secara Online

Jika Anda ingin mengurus SLIK OJK dengan cara yang lebih mudah, Anda dapat melakukannya secara online. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka browser pada perangkat Anda dan akses situs pembuatan permohonan di konsumen.ojk.go.id/minisitedplk/registrasi.
2. Lengkapi data yang diminta dan isi nomor antrean.
3. Unggah semua berkas yang diminta, seperti kartu identitas, NPWP, dan berkas kelengkapan usaha seperti akta pendirian dan identitas pengurus.
4. Lengkapi kolom Captcha dan tekan tombol “Kirim”.
5. Tunggu balasan dari pihak OJK melalui email yang berisi bukti pendaftaran dan antrean SLIK online.
6. Pihak OJK akan melakukan verifikasi data dan Anda akan menerima pemberitahuan hasil verifikasi antrean SLIK online melalui email. Waktu tunggu maksimal adalah H-2 dari tanggal antrean.
7. Jika data yang disampaikan valid, Anda dapat mencetak formulir dan menandatangani formulir tersebut sebanyak 3 kali.
8. Scan atau foto formulir yang sudah ditandatangani.
9. Kirimkan hasil scan atau foto formulir ke nomor WhatsApp yang tertera di email, sertakan juga foto selfie sambil memegang KTP.
10. OJK akan melakukan pengecekan data melalui WhatsApp. Jika diperlukan, Anda mungkin akan diminta melakukan panggilan video.
11. Jika dianggap lolos, hasil iDeb SL

BACA JUGA :  Mau Sukses? Ini Dia 12 Faktor Keberhasilan Wirausaha yang Harus Anda Tahu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *