Materi Listrik Dinamis – Materi Fisika Kelas 12

pembaca sobatcloud.com, elo tau wireless charger? Pernah liat? Atau pernah pake? Kira-kira gimana reaksi elo terhadap teknologi itu. Yap, kalo gue lagi-lagi tepuk tangan untuk inovasi teknologi yang satu ini. Lebay memang, tapi karena bagi gue inovasi semacam ini sangat amat membantu hidup. 

Oke, cukup apresiasinya. Kalo elo tau, pernah liat, atau bahkan pernah pake wireless charger, kira-kira elo tau nggak gimana caranya benda semacam itu bisa nge-charge hp kita tanpa adanya kabel? Gue spill sedikit nih. Jadi, teknologi semacam itu menggunakan konsep kerja listrik yang kita sebut listrik dinamis. Apa tuh?

Nah, elo simak artikel ini karena gue akan ngejelasin tentang pengertian listrik dinamis. Gue akan mulai dari pengertian listrik dinamis secara konsep, contohnya dalam kehidupan, hingga rumus perhitungan yang bisa elo operasikan. Simak sampai beres ya!

Pengertian Listrik Dinamis

pembaca sobatcloud.com, kita mulai dari pengertian listrik dinamis, ya.

Sebelumnya elo pernah dengar istilah listrik dinamis? Pengertian listrik dinamis adalah listrik yang dikirimkan melalui kontak fisik antara sumber daya listrik dan perangkat yang membutuhkan tenaga listrik. Wah, gimana tuh?

Kata kuncinya adalah “dinamis”, yaitu “bergerak”. Jadi simple-nya, pengertian listrik dinamis adalah konsep listrik yang membicarakan tentang muatan listrik yang bergerak. Nah, gimana sih cara muatan listrik bergerak?

Pergerakan muatan listrik membutuhkan sumber daya listrik. Itulah kenapa dalam pengertian listrik dinamis disebutkan adanya kontak antara sumber daya listrik dan perangkat yang membutuhkannya. Jadi, listrik dinamis berbicara tentang pengiriman muatan listrik dari sumber daya listrik ke perangkat yang membutuhkan listrik. 

Contoh yang bisa kita temukan di kehidupan sehari-hari adalah ketika kita mau menyalakan TV. Kita harus memastikan kabel TV udah tersambung ke aliran listrik. Aliran listrik yang ada di rumah kita pastinya udah tersambung ke sumber-sumber listrik yang lebih besar. 

Jadi ketika TV kita tersambung ke aliran listrik, muatan listrik yang mengalir di sana juga turut bergerak sampai TV. Dengan begitu, TV pasti bisa menyala.

BACA JUGA :  Persiapan UNBK Matematika IPS 2020

Perbedaan Listrik Dinamis dan Listrik Statis

Nah, kalo ada listrik dinamis, ada juga yang namanya listrik statis. Apa lagi itu? Listrik statis bisa kita definisikan sebagai konsep listrik yang timbul ketika partikel bermuatan ditransfer dari satu benda ke benda lainnya. 

Kuncinya adalah listrik statis berbicara tentang muatan listrik yang diam. Transfer muatan yang terjadi dari satu benda ke benda lainnya disebabkan oleh perbedaan sifat muatan yang ada, yaitu muatan positif dan muatan negatif. 

Jadi kalo pengertian listrik dinamis adalah tentang pengiriman atau penyaluran muatan listrik, listrik statis bicara tentang interaksi muatan listrik pada suatu benda. 

pengertian listrik dinamis dan bedanya dengan listrik statis
Perbedaan Listrik Dinamis dan Listrik Statis (Arsip sobatcloud.com)

Listrik Statis: Pengertian, Rumus, dan Contoh

Rumus Listrik Dinamis

Nah sebagai salah satu bagian dari ilmu fisika, listrik dinamis tentunya bisa kita ukur atau hitung. Dalam menghitung listrik dinamis, komponen pertama yang perlu kita ketahui dan pahami adalah arus listrik. 

Listrik dinamis adalah muatan listrik yang bergerak. Pergerakan yang terjadi menimbulkan adanya arus dalam suatu aliran listrik. Oleh karena itu, arus listrik adalah muatan listrik yang bergerak per satuan waktunya. Dalam perhitungannya, arus listrik bisa kita simbolkan dengan huruf “I”. Arus listrik juga memiliki satuan hitung, yaitu ampere (A). 

rumus arus listrik pengertian listrik dinamis
Rumus Arus Listrik (Arsip sobatcloud.com)

Gimana caranya arus listrik bisa timbul? Muatan listrik akan bergerak dari daerah dengan potensial tinggi ke daerah dengan potensial rendah. Kalo kita liat dalam rangkaian listrik, arus listrik akan bergerak dari daerah positif ke daerah negatif. Coba elo cermati ilustrasi di bawah ini.

rangkaian listrik dinamis
Rangkaian Listrik Dinamis (Arsip sobatcloud.com)

Nah untuk itu, komponen lain yang perlu kita ketahui dalam listrik dinamis adalah potensial atau tegangan. Potensial bisa kita simbolkan dengan huruf “V” dengan satuan hitung volt (V). 

Selain potensial, ada satu lagi komponen yang selalu ada dalam rangkaian listrik. Komponen tersebut adalah hambatan atau resistor. Fungsi utama hambatan dalam suatu rangkaian listrik adalah untuk mengontrol arus listrik. 

Sama seperti polisi tidur yang mencegah kita untuk mengebut di jalan, hambatan juga berperan untuk mengurangi kecepatan arus listrik dalam rangkaian listrik. Hal ini dilakukan untuk mencegah hal-hal buruk yang bisa terjadi berkaitan dengan listrik. 

BACA JUGA :  Karakteristik Penelitian Sosial – Materi Sosiologi Kelas 10

Kembali ke rumus perhitungan, elo bisa cermati hubungan antara arus listrik, potensial listrik, dan hambatan melalui ilustrasi di bawah ini.

rumus arus, tegangan, dan hambatan listrik
Rumus Arus, Tegangan, dan Hambatan Listrik (Arsip sobatcloud.com)

Listrik Arus Searah: Pengertian dan Rumus

Manfaat Listrik Dinamis

pembaca sobatcloud.com, apa elo udah paham dengan pengertian listrik dinamis?

Sekarang coba elo renungkan, seberapa sering elo menggunakan listrik sehari-harinya? Apalagi di tengah gempuran barang-barang canggih saat ini. Perlu kita ketahui, sebagian besar dari listrik yang kita gunakan sehari-harinya bekerja dengan konsep listrik dinamis. Apa aja tuh?

manfaat listrik dinamis
Contoh Manfaat Listrik Dinamis (Arsip sobatcloud.com)

1. Listrik Rumah Tangga

Kehidupan sehari-hari kita di rumah tentunya menggunakan perangkat-perangkat elektronik. Mulai dari lampu, mesin air, mesin cuci, TV, dan banyak lagi. Listrik yang mengalir di rumah kita akan dialirkan pula ke perangkat-perangkat terkait agar perangkat tersebut bisa kita gunakan untuk beraktivitas sehari-harinya. 

2. Transportasi

Listrik dinamis juga berperan dalam transportasi, contohnya aki pada kendaraan kita. Dengan adanya aki yang bekerja dengan listrik dinamis, mobil dan motor kita bisa menyala dan bisa kita gunakan untuk berkendara. 

3. Teknologi Nirkabel

Listrik dinamis saat ini nggak hanya bicara soal kabel. Saat ini, mulai marak teknologi nirkabel. Teknologi nirkabel adalah teknologi penyaluran listrik tanpa melalui kabel sebagai konduktor. Contoh perangkat nirkabel yang bisa kita temukan adalah wireless charger

Teknologi nirkabel yang bekerja berkat listrik dinamis tentunya membawa banyak manfaat bagi kita, di antaranya adalah kemudahan penggunaan energi listrik dan mobilitas yang lebih tinggi karena nggak terbatas dengan kabel lagi. 

Nah, contoh-contoh di atas baru segelintir dari banyaknya manfaat listrik dinamis di kehidupan kita. Jadi, elo udah terbayang gimana listrik dinamis bisa bekerja, kan?

Contoh Soal Listrik Dinamis

pembaca sobatcloud.com, sampai sini elo udah memahami pengertian listrik dinamis. Elo juga udah mengenal konsep listrik dinamis dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. Nah untuk itu, gue akan menguji pemahaman elo dengan contoh soal di bawah ini. 

Perhatikan pernyataan berikut ini:

(1) beda potensial pada konduktor menimbulkan arus listrik

(2) arah arus listrik searah dengan aliran elektron pada konduktor

(3) arus listrik mengalir dari potensial lebih tinggi ke potensial lebih rendah

BACA JUGA :  Infografis Gundam: Asal Usul, Harga, hingga Manfaatnya

(4) elektron mengalir dari potensial lebih tinggi ke potensial lebih rendah

Pernyataan berikut yang benar mengenai arus listrik pada suatu konduktor adalah ….

a. (1), (2), dan (3)

b. (1) dan (3)

c. (2) dan (4)

d. (4) saja

e. Semua benar

Pembahasannya:

Nah untuk menjawab contoh soal ini, elo perlu inget lagi konsep arus dalam pengertian listrik dinamis. Pengertian listrik dinamis adalah konsep listrik dengan muatan yang bergerak. Pergerakan muatan ini memiliki arus. 

Arus listrik bermuatan positif pada listrik dinamis akan bergerak dari daerah potensial tinggi ke daerah potensial rendah. Sementara itu, muatan negatif atau elektron akan bergerak berlawanan arah. Dengan kata lain, bergerak dari daerah potensial rendah ke daerah potensial tinggi. Untuk itu, kita bisa menganggap pernyataan (3) benar. 

Selain itu, pergerakan arus listrik ini juga terjadi karena perbedaan potensial yang ada. Ada yang lebih tinggi dan ada yang lebih rendah. Untuk itu, kita bisa menganggap pernyataan (1) benar.  

Oleh karena itu, jawaban untuk contoh soal ini adalah (1) dan (3).

Lalu gimana untuk pernyataan lainnya?

Pernyataan (2) dan (4) bicara soal elektron atau muatan negatif. Berbeda dengan arus listrik bermuatan positif, elektron bergerak berlawanan arah. Elektron bergerak dari daerah potensial rendah ke daerah potensial tinggi.

pembaca sobatcloud.com, kita udah belajar semua hal tentang listrik dinamis. Kita udah cari tahu pengertian listrik dinamis, rumus listrik dinamis, contoh penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, serta contoh soal listrik dinamis.

Kalau elo butuh soal yang lebih menantang, elo tinggal download aplikasi sobatcloud.com di hp elo untuk dapetin soal-soal dan video pembahasannya sekalian.

Elo juga bisa klik banner di bawah ini untuk lebih memahami pengertian listrik dinamis atau materi fisika lainnya. Tinggal klik banner dan ketik materi yang diinginkan di kolom pencarian ya.

Materi Listrik Dinamis – Materi Fisika Kelas 12 9

Nah, supaya pemahaman elo makin dalam, ikuti terus review materi dan kerjakan berbagai latihan soal di sobatcloud.com, yuk. Ada berbagai paket yang bisa elo beli sesuai kebutuhan elo. Klik banner di bawah ini untuk info selengkapnya!

Langganan Zenius

Pembahasan gue tentang pengertian listrik dinamis kelas 12 sampai sini dulu ya! Kalau elo ada pertanyaan, bisa langsung tulis di kolom komentar. 

Sampai bertemu di artikel selanjutnya. Semangat terus ya, pembaca sobatcloud.com!

Penulis: Trisnajaya Shalsabila


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *