Ekonomi Kreatif: Konsep, Pengertian menurut para Ahli, dan Contohnya

pembaca sobatcloud.com, gimana kabar elo? Semoga sehat selalu, ya!

Dalam artikel ini gue akan membahas materi seru yang lagi happening, yaitu ekonomi kreatif. Yuk kita bahas sama-sama materi tentang konsep, pengertian menurut para ahli, dan contoh ekonomi kreatif.

Pendahuluan

pembaca sobatcloud.com, game apa yang paling sering elo mainin? Saat ini ada banyak banget pilihan game, ada game untuk PC, handphone, juga berbagai konsol. Nah, menurut elo, kenapa perkembangan game bisa besar banget?

Game adalah salah satu produk ekonomi kreatif. Nah, saat ini pelaku ekonomi kreatif didominasi oleh Generasi Milenial dan Generasi Z. Jumlah kedua generasi ini mencapai 53,87% dari total populasi Indonesia, makanya nggak heran kalau produk ekonomi kreatif berkembang pesat di tengah masyarakat.

Pengertian Ekonomi Kreatif menurut para Ahli

Eits, kita udah ngobrolin tentang ekonomi kreatif aja! Tapi, sebenarnya ekonomi kreatif itu apa, sih? Kita simak pengertiannya menurut para ahli, yuk!

1. John Anthony Howkins

Dalam buku The Creative Economy: How People Make Money from Ideas, John Anthony Hawkins menyampaikan bahwa ekonomi kreatif adalah sektor ekonomi yang melibatkan bisnis dan organisasi yang menghasilkan nilai dan pendapatan dari produksi, distribusi, pemasaran, dan penjualan karya seni, budaya, dan kreatif lainnya.

Pelaku ekonomi kreatif mencakup barang atau jasa seperti perangkat lunak, film, kerajinan, arsitektur, fashion, televisi & radio, musik, periklanan, penelitian dan pengembangan, seni, penerbitan, permainan video, desain, seni pertunjukan, serta mainan & permainan

2. Kementerian Perdagangan Republik Indonesia

Ekonomi kreatif adalah beberapa upaya pembangunan ekonomi secara berkelanjutan melalui berbagai kreativitas dengan iklim perekonomian yang berdaya saing dan juga memiliki cadangan sumber daya yang terbarukan (2009)

BACA JUGA :  Materi dan Contoh Soal Pengetahuan Kuantitatif – TPS UTBK

3. Batara Ningrat Simatupang

Tokoh ekonomi senior Indonesia ini mengatakan bahwa ekonomi kreatif adalah suatu industri yang terfokus pada kreasi dan eksploitasi karya kepemilikan intelektual seperti film, seni, permainan atau desain fashion, dan termasuk layanan kreatif antar perusahan seperti iklan (2007).

Perbedaan Ekonomi Mikro & Makro Beserta Ruang Lingkupnya

Jadi, Apa itu Ekonomi Kreatif?

pembaca sobatcloud.com, kalau kita simpulkan dari definisi-definisi di atas, ekonomi kreatif adalah pengembangan konsep ekonomi berdasarkan sumber aset kreatif yang diharapkan dapat meningkatkan potensi pertumbuhan ekonomi.

Pelaku usaha pun mengandalkan ide dan pengetahuan sebagai faktor produksi utama, hingga dapat menghasilkan produk atau karya kreatif. Nah, saat ini pelaku ekonomi kreatif juga memanfaatkan teknologi untuk menunjang kegiatan usaha mereka. Makanya, pelaku usaha ekonomi kreatif berkembang pesat. 

Selain itu, dengan adanya teknologi dan sumber ide yang nggak terbatas, para pelaku ekonomi kreatif juga jadi bisa menemukan ciri dan keunikan tersendiri pada produknya. Berdasarkan data UKM Center FEB UI pada tahun 2018, ekonomi kreatif 90% didominasi oleh UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah).

Lalu menurut data Kementerian Koordinator bidang Perekonomian Indonesia pada tahun 2022, UMKM berkontribusi 60,5% pada PDB Indonesia.

Contoh Pekerjaan & Usaha Ekonomi Kreatif

Di atas tadi gue sempat membahas sedikit tentang pengertian usaha ekonomi kreatif. Nah, sekarang kita bahas lebih lanjut, yuk!

1. Perangkat Lunak

Majunya teknologi bikin perangkat lunak jadi berkembang. Pekerjaan terkait bidang ini pun jadi sangat banyak. Contohnya, di balik aplikasi atau platform yang bikin hidup elo jadi makin gampang ada para app developer yang bikin dan menguji aplikasi. Lalu ada software engineer yang berperan di proses analisis & desain pengguna, konstruksi, dan menguji perangkat lunak

2. Film

Nah, di industri perfilman tuh ada production house sebagai perusahaan yang menyokong produksi film. Ada banyak banget pekerjaan kreatif yang bisa dilakukan di sini, misalnya editor film yang mengedit film supaya menarik di mata penonton.

BACA JUGA :  PMB ISI Yogyakarta 2022: Jalur Mandiri

3. Kerajinan

Contoh Produk Usaha Ekonomi Kreatif
Contoh produk ekonomi kreatif dalam bidang kerajinan (Arsip sobatcloud.com)

Kerajinan tuh luas banget, guys! Bahan dasarnya beragam dan bisa dimanfaatkan untuk membuat berbagai kerajinan. Misalnya usaha buket bunga, ornamen pajangan, aksesoris, dan macrame. Selain itu juga ada usaha custom, misal custom furniture, motor, dan pakaian

4. Arsitektur

Gedung-gedung dengan bentuk yang menarik itu adalah hasil karya arsitektur. Meskipun kesannya bekerja di bangunan itu harus tepat banget, tapi arsitek juga perlu kerja kreatif. Arsitek harus mampu merancang bangunan sesuai permintaan client, namun tetap punya ciri khas tertentu. Nah, biasanya arsitek nggak kerja sendirian, tapi tergabung dalam perusahaan yang menyediakan jasa desain bangunan

Peran Pelaku Ekonomi dalam Kegiatan Ekonomi

5. Fashion

Ada banyak pekerjaan kreatif di industri fashion, seperti fashion designer yang  mendesain pakaian dan fashion stylist yang memberikan saran dalam berpakaian dan padu padan outfit.

6. Televisi & Radio

Terdapat berbagai pekerjaan yang terkait dengan kreativitas di bidang penyiaran, seperti penyiar radio dan produser program yang tugasnya bikin program dan menentukan proses produksi.

7. Musik

Ekonomi Kreatif dalam Bidang Musik
Usaha ekonomi kreatif dalam bidang musik. (Arsip sobatcloud.com)

Elo suka dengerin musik, nggak? Di balik musik yang sering elo denger, ada banyak pihak yang terlibat. Mulai dari pencipta lagu, pemain musik, label rekaman sebagai perusahaan yang memproduksi dan menjual rekaman & CD, dan juga sound engineer yang merekam dan mengolah suara dari suatu musik.

8. Periklanan

Setiap hari ada banyak iklan yang muncul seperti di baliho, transportasi umum, dan aplikasi. Ternyata di baliknya ada banyak pekerja yang terlibat lho, ada KOL specialist sebagai jembatan kerja sama antara perusahaan dan influencer. Lalu ada media planner yang merencanakan media apa yang digunakan sesuai dengan produk & permintaan client

9. Penelitian & Pengembangan

Proses penelitian & pengembangan perlu kreativitas yang tinggi karena terkait sama inovasi. Divisi ini ada di berbagai sektor perusahaan yang memerlukan inovasi secara terus-menerus, di baliknya ada ilmuwan dan para ahli dari berbagai bidang

BACA JUGA :  6 Keuntungan Ikut Kursus Bahasa Korea Bareng Zenius dan Hybe Edu Biar Makin Jago

10. Seni

Para pelaku seni menuangkan kreativitas mereka melalui karya yang dihasilkan. Seni juga ada banyak cabangnya seperti seni lukis, seni patung, dan seni grafis. Mereka disebut sebagai pelukis, pematung, dan graphic designer

11. Penerbitan

Contoh usaha ekonomi kreatif dalam bidang percetakan
Ekonomi kreatif dalam bidang percetakan (Arsip sobatcloud.com)

Dari kecil kita udah akrab banget dengan buku. Tapi, elo tau nggak siapa aja yang bekerja di baliknya? Ada perusahaan percetakan yang tugasnya menerbitkan berbagai karya, ada penulis, juga ada ilustrator yang menggambar ilustrasi untuk buku.

12. Permainan Video

Video game juga merupakan produk ekonomi kreatif, pembaca sobatcloud.com. Di balik visual keren para games ini, ada animator yang membuat animasi dan elemen-elemen visual. Ada juga game writer sebagai pembuat naskah agar game memiliki alur cerita yang menarik

13. Desain

Desain punya banyak jenis sesuai dengan kebutuhan produksi. Misalnya, desain visual identity yang berfungsi untuk mendesain identitas seperti logo, ada juga desain apparel untuk baju, ada desain produk untuk barang-barang, dan berbagai desain lainnya.

Baca juga:

Pengertian & Jenis-Jenis Ilmu Ekonomi

14. Seni Pertunjukan

Seni pertunjukan seperti teater, tari, dan akrobat dijalankan oleh para pelaku seni dengan menuangkan ide kreatif ke dalam pertunjukan. Ide tersebut dapat berupa koreografi yang disusun oleh koreografer dan penata cahaya yang mengatur pencahayaan di pertunjukan

Penutup

Oke deh pembaca sobatcloud.com, itu dia materi tentang ekonomi kreatif, pengertian ekonomi kreatif menurut para ahli, dan contohnya. Semoga elo bisa memahami materi ini dengan baik ya! Kalo elo mau belajar lebih dalam, bisa banget klik banner di bawah ini.

Ekonomi Kreatif: Konsep, Pengertian menurut para Ahli, dan Contohnya 26

sobatcloud.com juga ada beberapa paket belajar yang bisa elo pilih sesuai kebutuhan elo. Di sini kita bisa belajar konsep materi dan latihan soal buat ngukur seberapa jauh kemampuan elo. Yuk klik banner di bawah ini!

Ekonomi Kreatif: Konsep, Pengertian menurut para Ahli, dan Contohnya 27

Penulis: Dinda Puspitasari

Sumber:

Setiawan, I., Pusparatri, R. K. D., Suciati, & Mushlih, A. (2018). Ilmu Pengetahuan Sosial. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sri. (n.d.). Kementerian Komunikasi dan Informatika. Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Limanseto, H. (2022, October 3). Perkembangan UMKM sebagai Critical Engine Perekonomian Nasional Terus Mendapatkan Dukungan Pemerintah. Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

UMKM 2018: Isu Akses Pembiayaan, Ekonomi Kreatif, dan E-Commerce. (2023, February 14). Universitas Indonesia.

Siaran Pers Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *