Contoh Soal PAT Semester 2 Sejarah Kelas 12

Duh, kalau ngomongin soal Sejarah, apa yang ada di benak elo? Hmm, kalau gue, langsung teringat sama peristiwa sejarah kemerdekaan Indonesia yang menarik banget.

Soalnya, peristiwa itu nggak cuma ada di buku pembelajaran Sejarah aja. Yap! Sekarang, sudah banyak banget film-film Indonesia yang membahas tentang perjuangan rakyat Indonesia merebut kemerdekaan, lho. Salah satunya yaitu film Merah Putih (2009) yang salah satu pemerannya yaitu Lukman Sardi.

Menurut gue, film-film sejarah gini tuh menarik banget buat ditonton seharian. Buat elo yang kurang suka belajar sejarah lewat buku karena isinya teks semua, gue saranin elo nonton film aja. Lumayan lho, bisa sambil refreshing juga.

Nah, pas banget! Kali ini, gue mau ngajak elo buat terjun membahas contoh soal PAT semester 2 Sejarah kelas 12 yang kemungkinan bakal elo temui.

Kayak gimana aja contoh soalnya, ya? Yuk, kita bahas bersama!

Apa Itu PAT Semester 2 Sejarah Kelas 12?

Sebelum membahas lebih jauh, PAT ini maksudnya apa, sih? Jadi, PAT merupakan singkatan dari penilaian akhir tahun, tepatnya di semester genap, yang dilakukan sekolah untuk siswa-siswinya.

Ibaratnya, ini tuh kayak ujian kenaikan kelas. Nah, kali ini kebetulan gue bakal bahas contoh soal PAT semester 2 Sejarah kelas 12. Otomatis, ujiannya bakal berlaku buat kelulusan elo juga, nih.

Tapi, materi apa saja yang bakal dibahas, ya?

Persebaran topik PAT semester 2 Sejarah kelas 12
Persebaran topik PAT semester 2 Sejarah kelas 12 (Arsip sobatcloud.com)

Itu dia beberapa persebaran topik dalam PAT semester 2 Sejarah kelas 12 yang bakal elo temui. Tenang, elo nggak perlu pusing liat topiknya.

Gue mau ngajak elo buat membahas beberapa contoh soal terkait topik-topik di atas, nih. Yuk, kita kupas tuntas semuanya!

Topik: Perjuangan Melawan Ancaman Pemberontakan

Topik PAT semester 2 Sejarah kelas 12 pertama yang bakal gue bahas sama elo yaitu mengenai perjuangan melawan ancaman pemberontakan.

Elo pastinya sudah tahu dong, kalau materi ini membahas tentang sejarah berbagai pemberontakan terkenal di Indonesia? Yap! Dahulu, Indonesia dikenal dengan negara yang sentralisasi atau mengutamakan kemakmuran di bagian pusat aja.

Nah, karena itu lah, muncul berbagai pemberontakan daerah yang nggak menyetujui sistem pemerintahan sentralisasi ini.

BACA JUGA :  Pengertian, Tujuan, Manfaat dan Cara Membaca Intensif

Kira-kira, contoh soal kayak gimana yang bakal muncul di PAT semester 2 Sejarah kelas 12 nanti, ya?

Contoh Soal 1:

Salah satu penyebab munculnya pemberontakan daerah di Indonesia adalah karena adanya ketimpangan pembangunan antara pusat dan daerah. 

Pembangunan pada masa itu banyak difokuskan di pulau….

A. Sumatera

B. Jawa

C. Kalimantan

D. Sulawesi 

Jawaban dan pembahasan:

Sudah sejak era kerajaan Hindu-Buddha dan era pemerintah Kolonial Hindia-Belanda, Jawa sudah menjadi pusat dari banyak aspek kehidupan, terutama ekonomi dan politik. 

Jadi, nggak heran kalau pada masa setelah Proklamasi Kemerdekaan hingga saat ini, pembangunan dan pemerintahan berpusat di Pulau Jawa. 

Nah, adanya ketimpangan tersebut menimbulkan kecemburuan sosial bagi wilayah-wilayah yang berada di luar Pulau Jawa yang nantinya berujung pada sejumlah pemberontakan.

Maka, jawaban yang tepat untuk soal ini adalah B.

Contoh Soal 2:

Operasi militer yang dikerahkan untuk menumpas pemberontakan PKI Madiun 1948 dipimpin oleh….

A. Ahmad Yani

B. Abdul Haris Nasution

C. Yos Sudarso

D. M. Jasin

Jawaban dan pembahasan:

Dalam upaya menumpas Pemberontakan PKI Madiun 1948, pemerintah segera membentuk Gerakan Operasi Militer (GOM) yang dipimpin oleh Abdul Haris Nasution. 

Di bawah komando Beliau, Musso akhirnya berhasil ditembak mati di wilayah sekitar Ponorogo setelah berusaha melarikan diri dan Amir Syarifuddin berhasil ditangkap dan diadili hingga divonis hukuman mati oleh pengadilan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

Pelajari Juga: Pemberontakan PKI Madiun 

Topik: Indonesia Era Demokrasi Liberal

Selain pemberontakan, materi PAT semester 2 Sejarah kelas 12 juga bakal membahas Indonesia era demokrasi liberal. Hayo, masih pada ingat sama pengertian demokrasi liberal nggak, nih?

Jadi, demokrasi liberal ini merupakan sistem pemerintahan yang kedudukan tertingginya dipegang oleh badan legislatif. Dulu, Indonesia sempat menganut demokrasi liberal yang dipimpin sama perdana menteri.

Nah, ini dia beberapa contoh soal yang bakal elo temuin dalam soal PAT semester 2 Sejarah kelas 12.

Contoh Soal 1:

Pada masa Demokrasi Liberal, terdapat … kabinet.

A. 4

B. 5

C. 6

D. 7

Jawaban dan pembahasan:

Pada era Demokrasi Liberal (1950 – 1959), sebanyak 7 kabinet pernah terbentuk, di antaranya:

Tujuh kabinet di Indonesia pada era demokrasi liberal
Tujuh kabinet di Indonesia era demokrasi liberal (Arsip sobatcloud.com)

Jadi, jawaban yang paling tepat adalah D.

Contoh Soal 2:

Pada masa Kabinet Ali I, terjadi perkembangan baru terkait Politik Bebas-Aktif. Contohnya, nggak menitikberatkan hubungan Indonesia ke Barat, tetapi menggalang solidaritas negara-negara Asia dan Afrika. Hal itu disebabkan karena….

BACA JUGA :  Luas dan Batas Wilayah Laut Indonesia – Materi Geografi Kelas 10

A. Indonesia ingin negara Asia dan Afrika memiliki peranan bagi perkembangan dunia

B. Indonesia menjadi negara Asia Tenggara terbesar dan ditakuti oleh Amerika Serikat

C. menghapus kolonialisme dan meredakan ketegangan dunia

D. di antara negara Asia dan Afrika lainnya, keadaan politik Indonesia jauh lebih stabil

Jawaban dan pembahasan:

Kabinet Ali I ini kan aktif sejak tahun 1953-1955, ya. Nah, salah satu kegiatan politik yang dicanangkan pada masa itu yaitu adanya Politik Bebas Aktif. Artinya, Indonesia nggak memihak negara lain atau menjadi negara yang netral.

Akhirnya, Indonesia berkonsolidasi sama negara-negara di Asia dan Afrika supaya nggak ada lagi ketegangan dunia. Makanya, jawaban yang paling tepat yaitu C.

Topik: Indonesia Era Demokrasi Terpimpin

Lanjut lagi nih, gue mau ngajak elo untuk membahas tentang Indonesia era demokrasi terpimpin karena materi ini bakal muncul di soal PAT semester 2 Sejarah kelas 12, gengs.

Jadi, Indonesia memiliki sistem demokrasi terpimpin sejak adanya Dekrit Presiden pada tanggal 5 Juli 1959. Tapi sayangnya, ada beberapa kekurangan dalam sistem pemerintahan pada saat itu. 

Soalnya, Presiden Soekarno sempat mencetak Rupiah hingga inflasi mencapai 600%. Akhirnya, pada tanggal 13 Desember 1965 pemerintah melakukan penyederhanaan nilai rupiah (redenominasi) dari 1000 Rupiah menjadi 1 Rupiah.

Contoh soal seperti apa yang akan muncul dalam PAT semester 2 Sejarah kelas 12? Yuk, kita bahas!

Contoh Soal 1:

Sikap Soekarno di dalam pemerintahan banyak dikritik oleh Hatta, salah satunya dalam hal….

A. Soekarno yang salah dalam memahami makna demokrasi sebenarnya

B. Soekarno tidak tegas dalam menyelesaikan perlawanan daerah

C. Soekarno lebih condong menganakemaskan salah satu partai politik

D. Soekarno yang tidak dapat mewujudkan persatuan bangsa

Jawaban dan pembahasan:

Bubarnya Dwitunggal Soekarno-Hatta di era Demokrasi Liberal dilatarbelakangi oleh perbedaan pandangan keduanya mengenai hakikat berdemokrasi. Hatta mengkritik Soekarno dengan menganggap bahwa Soekarno nggak memahami hakikat berdemokrasi yang sebenarnya. 

Hal itu ditunjukkan oleh sikap Soekarno yang ingin banyak menentukan keputusan negara. Padahal dalam sistem parlementer, semua kebijakan diputuskan oleh kabinet dan perdana menteri. Sedangkan presiden hanyalah sebagai simbol negara, bukan kepala pemerintahan.

BACA JUGA :  Bahasa Inggris Kelas 6: Perbedaan Many dan Much

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

Contoh Soal 2:

Lembaga-lembaga berikut dibentuk oleh Presiden Soekarno pada era Demokrasi Terpimpin, kecuali….

A. MPRS

B. Mahkamah Agung

C. Front Nasional

D. DPR-GR

Jawaban dan pembahasan:

Lembaga negara di Indonesia yang dibentuk pada masa demokrasi terpimpin
Lembaga negara yang dibentuk pada masa demokrasi terpimpin (Arsip sobatcloud.com)

Nah, kalau lembaga Mahkamah Agung adalah lembaga tinggi negara yang sudah ada pasca Proklamasi Kemerdekaan. Tepatnya itu pada tanggal 18 Agustus 1945 di mana posisi MA dijabat untuk pertama kalinya oleh Mr. Koesoema Atmadjah.

Jadi, jawabannya adalah B.

Pelajari Juga: Indonesia Era Demokrasi Terpimpin 

Topik: Indonesia Era Orde Baru

Topik terakhir yang akan elo temukan dalam mengerjakan PAT semester 2 Sejarah kelas 12 yaitu mengenai Indonesia di era orde baru.

Kalau ngomongin orde baru, mungkin elo bakal langsung teringat sama Soeharto. Pasalnya, pada saat itu, pemerintahan Indonesia cukup terencana dari segi pembangunan hingga akhirnya Soeharto diangkat menjadi presiden kedua Indonesia di tahun 1967.

Terus, contoh soal seperti apa yang akan muncul di PAT semester 2 Sejarah kelas 12 nanti? Ini dia pembahasannya.

Contoh Soal 1:

Dengan meningkatnya pengaruh Partai Komunis Indonesia (PKI) di Indonesia, pihak nasionalis-militer dan agamis merasa khawatir. Mereka, pihak nasionalis dan agamis, merasa khawatir karena….

A. PKI mungkin untuk menggerakkan massa secara masif

B. ada indikasi usaha kudeta dari PKI

C. PKI dekat dengan buruh dan petani

D. pengaruh militer dan agamis akan terkikis

Jawaban dan pembahasan:

Sudah sejak awal berdiri pada era Pergerakan Nasional, PKI dapat menghimpun banyak massa melalui upaya propagandanya. Bahkan PKI adalah Partai Komunis terbesar ketiga di dunia. 

Banyaknya massa yang dimiliki PKI ini dikhawatirkan oleh pihak militer dan Islam akan mengancam kestabilan politik dalam negeri.

Jika ada yang mengatakan bahwa Komunisme adalah Ideologi anti-agama, tokoh-tokoh PKI di Indonesia justru adalah tokoh-tokoh yang menganut agama tertentu, contohnya Aidit yang beragama Islam.

Jadi, jawaban yang paling tepat adalah A.

Gimana nih, contoh soal PAT semester 2 Sejarah kelas 12 yang baru kita bahas di atas? Semoga contoh soal di atas bisa membantu elo untuk mempertajam kemampuan elo saat ngerjain PAT di sekolah nanti, ya. 

Oh iya, sobatcloud.com juga punya soal latihan PAT Sejarah lainnya, lho. Menarik banget, ada puluhan soal yang bisa elo kerjain, lho. Nah, elo bisa langsung klik banner di bawah ini saja, ya! 

CTA banner PAT contoh soal ujian sekolah

Selain latihan soal, sobatcloud.com juga punya tips buat elo belajar, tahu. Seperti apa tipsnya? Yuk, simak video di bawah ini!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *