Mau Pasang Listrik Baru di Rumah? Simak Cara dan Biayanya di Sini!

Cara Pasang Listrik Baru via Website PLN

Setelah selesai dibangun, rumah biasanya akan mulai dipasang listrik. Inilah mengapa, kamu perlu mengetahui bagaimana skema cara pasang listrik baru di PLN dan berapa biaya yang dibutuhkan untuk pemasangannya. Tak hanya itu, mengetahui hal ini juga penting saat kamu berniat untuk menambah daya listrik di rumah.

Seperti disebutkan pada situs resmi PLN, pelanggan yang melakukan pengajuan pemasangan listrik di kantor PLN harus mengisi formulir dan menandatanganinya sesuai dengan arahan petugas. Lalu, pelanggan bisa melakukan pembayaran pemasangan listrik melalui bank BUMN. Umumnya, petugas akan melakukan pemasangan listrik sekitar 3-7 hari setelah pelanggan melakukan pembayaran. Ini juga bergantung pada tingkat kebutuhan pemasangan listrik baru di wilayah tersebut, apakah sedang tinggi atau tidak. Jika kebutuhan sedang tinggi, bukan tidak mungkin pemasangan akan membutuhkan waktu lebih lama.

Cara Pasang Listrik Baru via Website PLN

Selain datang langsung ke kantor PLN terdekat, cara pasang listrik baru juga bisa dilakukan secara online melalui laman resmi PLN di layanan.pln.co.id. Lalu, kamu bisa ikuti langkah berikut:

1. Pilihlah menu Permohonan dan Pasang Baru.
2. Kamu bisa melihat semua syarat dan ketentuan pemasangan listrik baru. Jika sudah, klik Setuju dan OK pada bagian informasi.
3. Isikan semua data pelanggan dan pemohon secara lengkap dan benar.
4. Jangan lupa isikan pulsa data mengenai detail layanan, termasuk tarif dan saya baru. Lalu, pilih Hitung Biaya untuk melihat berapa biaya yang harus kamu bayarkan.
5. Lalu, simpan permohonan dan lakukan konfirmasi melalui email.
6. Kamu bisa membayarkan biaya pemasangan listrik baru melalui pilihan pembayaran yang disediakan.
7. Petugas PLN akan datang ke rumah dan melakukan pemasangan kWh meter.

BACA JUGA :  Profil, Sejarah, dan Berbagai Produk Menarik Dari Bank Mega

Dengan cara ini, kamu bisa mengurus pemasangan listrik baru dengan mudah dan cepat tanpa perlu datang langsung ke kantor PLN. Kamu hanya perlu mengisi formulir online dan melakukan pembayaran melalui layanan yang disediakan. Selanjutnya, petugas PLN akan datang ke rumahmu untuk melakukan pemasangan kWh meter.

Cara Pasang Listrik Baru via Mobile Apps

Supaya lebih mudah dan praktis, sekarang cara pasang listrik baru atau menambah kebutuhan daya listrik di rumah juga sudah bisa dilakukan melalui ponsel dengan menggunakan aplikasi PLN Mobile. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Akses aplikasi PLN Mobile di ponsel kamu dan pilih layanan Pasang Baru.
2. Tentukan lokasi pemasangan. Jangan lupa isikan dengan lengkap dan benar detail layanan, data SLO, data pelanggan dan pemohon, serta token khusus untuk pemasangan listrik prabayar.
3. Setelah semua terisi dengan benar, kamu bisa melanjutkan dengan Kirim Permohonan. Jangan lupa segera lakukan pembayaran sesuai dengan nominal yang tertera.
4. Apabila kamu sudah membayar, cukup menunggu hingga petugas PLN datang ke rumah dan melakukan pemasangan kWh meter.

Selanjutnya, apabila kamu ingin melakukan pemantauan status permohonan pemasangan listrik baru yang sudah kamu lakukan, ikuti langkah berikut:

1. Masuk ke aplikasi PLN Mobile, lalu lanjutkan ke bagian Profil.
2. Pilih Daftar Riwayat dan pilih Permohonan.
3. Lalu, kamu akan memiliki daftar permohonan. Pilih daftar yang hendak kamu lakukan pemantauan dan pengecekan statusnya.
4. Pilih Lihat untuk mengetahui bagaimana status permohonan yang kamu ajukan secara mendetail.

Dengan menggunakan aplikasi PLN Mobile, kamu bisa mengurus pemasangan listrik baru atau penambahan daya listrik tanpa perlu repot datang ke kantor PLN. Semua proses bisa dilakukan melalui ponselmu dengan mudah dan praktis. Kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah yang telah disebutkan di atas.

BACA JUGA :  Mau Kuliah di Luar Negeri? Coba Daftar ke 6 Universitas Terbaik di Asia Ini

Biaya Pasang Listrik Baru Prabayar

Setelah mengetahui bagaimana cara pasang listrik baru, kamu juga perlu tahu berapa biaya pemasangan listrik. Jika kamu menggunakan listrik sistem prabayar, kamu harus membeli token listrik terlebih dahulu dan diisikan pada kWh meter sebelum digunakan, mirip dengan mengisi pulsa pada ponsel.

Nah, berkaitan dengan biayanya, sesuai dengan Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 27 Tahun 2017, biaya untuk pemasangan listrik baru prabayar yaitu:

– Listrik dengan daya 450 VA: Rp421 ribu.
– Listrik dengan daya 900 VA: Rp843 ribu.
– Listrik dengan daya 1300 VA: Rp1.218 ribu.
– Listrik dengan daya 2200 VA: Rp2.062 ribu.
– Listrik dengan daya 3500 VA: Rp3.391 ribu.
– Listrik dengan daya 4400 VA: Rp4.283.600.
– Listrik dengan daya 5500 VA: Rp5.359.500.
– Listrik dengan daya 6600 VA: Rp6.425.400.
– Listrik dengan daya 7700 VA: Rp7.491.300.

Biaya Pasang Listrik Baru Pascabayar

Selanjutnya, biaya pemasangan listrik rumah untuk sistem pascabayar. Tidak sama seperti sistem prabayar yang dilakukan dengan mengisi token sebelum menggunakan listrik, memasang listrik dengan sistem pascabayar berarti kamu diharuskan membayar tagihan listrik yang sudah terpakai setiap bulan paling lambat pada tanggal 20.

Rincian biaya pemasangan listrik baru dengan sistem pascabayar adalah:

– Listrik dengan daya 450 VA: Rp242.900.
– Listrik dengan daya 900 VA: Rp486.300.
– Listrik dengan daya 1300 VA: Rp1.390.900.
– Listrik dengan daya 2200 VA: Rp2.372.000.
– Listrik dengan daya 3500 VA: Rp3.941.000.
– Listrik dengan daya 4400 VA: Rp4.954.400.
– Listrik dengan daya 5500 VA: Rp6.203.000.
– Listrik dengan daya 6600 VA: Rp7.329.400.
– Listrik dengan daya 7700 VA: Rp8.549.300.

BACA JUGA :  4 Cara Stop Paket XL dan Pilihan Kuota Terbaik

Biaya untuk pemasangan listrik baru tersebut sudah termasuk biaya untuk pembelian materai, biaya jaminan langganan, biaya penyambungan atau BP, dan biaya pajak untuk kebutuhan penerangan jalan. Jika ingin mendapatkan gambaran biaya untuk pasang listrik baru di rumah, kamu bisa menggunakan layanan simulasi perhitungan instalasi listrik baru yang disediakan pada situs resmi PLN. Kamu hanya perlu mengakses layanan.pln.co.id/simulasi-pasang-baru-pln.

Demikian tadi informasi tentang cara pasang listrik baru di rumah dan berapa biaya yang dibutuhkan sesuai dengan daya yang kamu pilih.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *