Nggak Usah Jauh-jauh, Kuliah di 7 Universitas Terbaik di Malaysia, Yuk!

1. University of Malaya

Universitas negeri terbaik di Malaysia adalah University of Malaya atau UM. Berlokasi di Kuala Lumpur, inilah perguruan tinggi tertua Malaysia yang berhasil masuk jajaran top 100 perguruan tinggi terbaik dunia versi QS World University Rankings. UM mempunyai 13 fakultas, dua akademi, lima institut, dan enam pusat studi. Beberapa program studi unggulan UM yang telah memperoleh pengakuan internasional antara lain teknik, teknologi, ilmu komputer, dan sekolah bisnis. Jadi, jika kamu mengincar beasiswa di top 100 university, bisa ke UM lho.

University of Malaya (UM) merupakan universitas negeri terbaik di Malaysia dan juga merupakan perguruan tinggi tertua di Malaysia. Berlokasi di Kuala Lumpur, UM telah membangun reputasi sebagai salah satu universitas terkemuka di dunia. Menurut QS World University Rankings, UM berhasil masuk ke dalam jajaran top 100 perguruan tinggi terbaik di dunia. Dengan 13 fakultas, dua akademi, lima institut, dan enam pusat studi, UM menawarkan berbagai program studi yang berkualitas. Beberapa program studi yang menjadi keunggulan UM antara lain teknik, teknologi, ilmu komputer, dan sekolah bisnis.

UM memiliki komitmen yang kuat terhadap penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan. Universitas ini juga menawarkan berbagai kesempatan untuk berpartisipasi dalam kegiatan penelitian yang inovatif dan relevan dengan perkembangan dunia industri. Dengan demikian, mahasiswa di UM memiliki kesempatan untuk mendapatkan pengalaman praktis dan keterampilan yang dibutuhkan dalam dunia kerja.

Selain itu, UM juga memiliki lingkungan akademik yang inklusif dan multikultural. Mahasiswa dari berbagai negara dapat belajar dan berinteraksi bersama, sehingga memperkaya pengalaman belajar mereka. Universitas ini juga menawarkan berbagai fasilitas dan layanan pendukung, termasuk perpustakaan yang lengkap, laboratorium modern, dan pusat kegiatan mahasiswa.

Bagi mereka yang tertarik dengan beasiswa, UM juga merupakan pilihan yang baik. Sebagai salah satu universitas terbaik di dunia, UM sering kali memberikan beasiswa kepada mahasiswa berprestasi. Beasiswa ini dapat membantu mahasiswa mengurangi beban biaya kuliah dan memperoleh kesempatan untuk belajar di lingkungan akademik yang berkualitas.

Jadi, jika kamu berminat untuk kuliah di luar negeri dan mencari universitas yang berkualitas, University of Malaya adalah pilihan yang tepat. Dengan reputasinya yang mapan, program studi unggulan, dan kesempatan beasiswa yang tersedia, UM dapat memberikan pengalaman pendidikan yang tak terlupakan.

2. Universiti Tunku Abdul Rahman

Universiti Tunku Abdul Rahman atau UTAR adalah universitas swasta non-profit yang masuk dalam jajaran kampus terbaik di Malaysia. Meski usianya terbilang muda, UTAR jadi favorit pelajar internasional yang ingin berkuliah di Malaysia. UTAR berdiri tahun 2002 dengan hanya 411 mahasiswa, tetapi kini sudah meluluskan 58.000 alumni. Dua kampus UTAR berlokasi di Kampar, Perak, dan Sungai Long, Selangor. UTAR menaungi sembilan fakultas, tiga institusi akademik, tiga pusat studi, 32 pusat penelitian, dan kemitraan akademik yang tersebar luas di berbagai negara. Beberapa program studi andalan UTAR antara lain, komunikasi massa, ilmu sosial, pendidikan dan pengajaran, seni kreatif dan desain, serta IT dan ilmu komputer.

Universiti Tunku Abdul Rahman (UTAR) merupakan universitas swasta non-profit yang telah diakui sebagai salah satu kampus terbaik di Malaysia. Meskipun berdiri pada tahun 2002 dengan hanya 411 mahasiswa, UTAR telah tumbuh menjadi salah satu universitas terkemuka di negara ini. Universitas ini telah meluluskan lebih dari 58.000 alumni yang sukses di berbagai bidang.

UTAR memiliki dua kampus, yaitu di Kampar, Perak dan Sungai Long, Selangor. Dengan sembilan fakultas, tiga institusi akademik, tiga pusat studi, dan 32 pusat penelitian, UTAR menawarkan berbagai program studi yang berkualitas. Beberapa program studi yang menjadi andalan UTAR antara lain komunikasi massa, ilmu sosial, pendidikan dan pengajaran, seni kreatif dan desain, serta IT dan ilmu komputer.

BACA JUGA :  Saldo Habis? Ini Cara Transfer DANA ke LinkAja!

Selain itu, UTAR juga memiliki hubungan kemitraan akademik yang luas di berbagai negara. Hal ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman internasional yang berharga dan memperluas jaringan profesional mereka. UTAR juga menawarkan berbagai kesempatan untuk berpartisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler dan pengembangan kepribadian, sehingga mahasiswa dapat mengembangkan diri secara holistik.

Dengan reputasinya yang kuat, UTAR telah menarik minat pelajar internasional yang ingin mendapatkan pendidikan berkualitas di Malaysia. Universitas ini juga menyediakan berbagai dukungan akademik dan finansial bagi mahasiswa internasional, termasuk beasiswa dan bantuan keuangan. Dengan demikian, UTAR merupakan pilihan yang baik bagi mereka yang ingin mendapatkan pengalaman pendidikan yang berkualitas di Malaysia.

3. Universiti Kebangsaan Malaysia

Berlokasi di Bandar Baru Bangi, Selangor, Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) berdiri pada tahun 1970. Salah satu universitas terbaik Malaysia ini masuk dalam jajaran Top 150 QS World University Rankings 2023. Sebagai universitas riset, UKM menarik para pelajar internasional untuk melanjutkan pendidikannya di sini untuk mengembangkan penelitian dan publikasi. UKM jadi tujuan bagi mahasiswa yang ingin berkuliah di bidang akuntansi dan finansial, ilmu sains murni dan terapan, arsitektur, teknik, kesehatan dan kedokteran, bahasa Inggris, serta ilmu sosial dan humaniora.

Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) merupakan salah satu universitas terbaik di Malaysia yang berlokasi di Bandar Baru Bangi, Selangor. Dengan berdiri sejak tahun 1970, UKM telah membangun reputasi sebagai universitas riset yang unggul. UKM masuk dalam jajaran top 150 perguruan tinggi terbaik dunia versi QS World University Rankings 2023.

Sebagai universitas riset, UKM menawarkan berbagai program studi yang berkualitas dalam bidang akuntansi dan finansial, ilmu sains murni dan terapan, arsitektur, teknik, kesehatan dan kedokteran, bahasa Inggris, serta ilmu sosial dan humaniora. Mahasiswa di UKM memiliki kesempatan untuk terlibat dalam penelitian yang inovatif dan relevan dengan perkembangan dunia industri.

UKM juga memiliki lingkungan akademik yang inklusif dan multikultural. Mahasiswa dari berbagai negara dapat belajar dan berinteraksi bersama, sehingga memperkaya pengalaman belajar mereka. UKM juga menawarkan berbagai fasilitas pendukung, termasuk perpustakaan yang lengkap, laboratorium modern, dan pusat kegiatan mahasiswa.

Selain itu, UKM juga menawarkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan diri di luar lingkungan akademik. Universitas ini memiliki berbagai klub dan organisasi mahasiswa yang aktif, serta program kegiatan ekstrakurikuler yang menarik. Dengan demikian, mahasiswa di UKM dapat mengembangkan keterampilan sosial dan kepemimpinan yang dapat berguna dalam karir mereka di masa depan.

Dengan reputasinya yang kuat dan program studi yang berkualitas, UKM adalah pilihan yang baik bagi mereka yang ingin mendapatkan pendidikan tinggi di Malaysia. Universitas ini juga menawarkan berbagai kesempatan untuk mendapatkan beasiswa dan bantuan keuangan, sehingga membantu mahasiswa mengurangi beban biaya kuliah dan memperoleh pengalaman pendidikan yang berkualitas.

4. Universiti Putra Malaysia

Universitas terbaik di Malaysia berikutnya adalah Universiti Putra Malaysia (UPM). Berdiri pada 1971, UPM lebih dahulu dikenal sebagai Universiti Pertanian Malaysia yang berfokus pada bidang pertanian. Sejak 1990-an, UPM menyelenggarakan program studi lain dan kini menaungi 15 fakultas, 11 institut, dan dua sekolah. Menempati kampus di daerah Serdang, Selangor, UPM masuk dalam daftar lima kampus terbaik di Malaysia dalam bidang riset. Selain jurusan pertanian, UPM juga menarik minat calon mahasiswa yang ingin berkuliah di jurusan kehutanan, kedokteran hewan, teknik, sains, pendidikan, dan ekonomi.

Universiti Putra Malaysia (UPM) awalnya dikenal sebagai Universiti Pertanian Malaysia dengan fokus pada bidang pertanian. Namun, sejak tahun 1990-an, UPM telah memperluas program studi dan menawarkan berbagai disiplin ilmu. Universitas ini kini menaungi 15 fakultas, 11 institut, dan dua sekolah.

BACA JUGA :  Cara Beli Barang dari Luar Negeri, Mudah Banget!

UPM terletak di daerah Serdang, Selangor dan masuk dalam daftar lima kampus terbaik di Malaysia dalam bidang riset. Universitas ini menawarkan berbagai program studi yang berkualitas, termasuk pertanian, kehutanan, kedokteran hewan, teknik, sains, pendidikan, dan ekonomi. Dengan reputasinya yang kuat dalam bidang riset, UPM menarik minat calon mahasiswa yang ingin mendapatkan pengalaman pendidikan yang berfokus pada penelitian.

UPM juga memiliki fasilitas dan laboratorium yang lengkap untuk mendukung kegiatan penelitian dan pengajaran. Mahasiswa di UPM memiliki kesempatan untuk terlibat dalam proyek penelitian yang inovatif dan berkontribusi pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Selain itu, UPM juga menyediakan berbagai kesempatan untuk berpartisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler dan pengembangan kepribadian.

Dengan demikian, UPM adalah pilihan yang baik bagi mereka yang tertarik dengan bidang pertanian, kehutanan, kedokteran hewan, teknik, sains, pendidikan, dan ekonomi. Universitas ini menawarkan pendidikan tinggi yang berkualitas dan kesempatan untuk terlibat dalam penelitian yang relevan dengan perkembangan dunia industri.

5. Universiti Malaysia Perlis

Universiti Malaysia Perlis masuk dalam daftar universitas terbaik di Malaysia yang bisa jadi destinasi studi kamu. UNIMAP, demikian sebutannya, menawarkan 25 program sarjana bidang engineering, 13 program sarjana untuk gelar insinyur teknologi, serta dua program sarjana bidang bisnis. Ada pula enam diploma teknik dan 39 program pascasarjana jenjang magister dan doktoral. Berlokasi di Arau, Perlis, UNIMAP lahir tahun 2001 dan pendaftaran pertama hanya diisi 116 mahasiswa saja. Jika kamu tertarik mendalami ilmu teknik, UNIMAP tujuan tepat dengan lima jurusan unggulan: kelistrikan, kimia, elektro, mekanik, dan sipil.

Universiti Malaysia Perlis (UNIMAP) adalah salah satu universitas terbaik di Malaysia yang menawarkan berbagai program studi dalam bidang teknik dan bisnis. UNIMAP menawarkan 25 program sarjana bidang engineering, 13 program sarjana untuk gelar insinyur teknologi, serta dua program sarjana bidang bisnis. Universitas ini juga menyediakan enam diploma teknik dan 39 program pascasarjana jenjang magister dan doktoral.

Berlokasi di Arau, Perlis, UNIMAP didirikan pada tahun 2001 dengan pendaftaran pertama hanya diisi oleh 116 mahasiswa. Namun, sejak itu, UNIMAP telah berkembang pesat dan menarik minat calon mahasiswa dari berbagai negara. Bagi mereka yang tertarik dengan ilmu teknik, UNIMAP menyediakan lima jurusan unggulan, yaitu kelistrikan, kimia, elektro, mekanik, dan sipil.

Selain program studi yang berkualitas, UNIMAP juga menawarkan lingkungan akademik yang kondusif untuk belajar dan berinovasi. Universitas ini memiliki fasilitas modern, termasuk laboratorium yang lengkap dan pusat riset yang terkemuka. Mahasiswa di UNIMAP juga memiliki kesempatan untuk terlibat dalam kegiatan ekstrakurikuler dan pengembangan diri.

Dengan demikian, UNIMAP adalah pilihan yang tepat bagi mereka yang tertarik dengan bidang teknik dan bisnis. Universitas ini menawarkan pendidikan tinggi yang berkualitas dalam bidang tersebut dan memberikan kesempatan untuk mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan dalam dunia kerja.

6. Universiti Sains Malaysia

Universiti Sains Malaysia (USM) adalah salah satu universitas negeri terbaik di Malaysia, sekaligus perguruan tinggi tertua di wilayah Malaysia Utara. Berdiri pada 1969, kampus utama USM ada di Penang, kampus teknik di Nibong Tebal, dan kampus kesehatan di Kelantan. Saat ini USM memiliki 26 fakultas/sekolah, 14 centers of excellence, dan 5 institut. Berfokus pada riset dan inovasi, USM menjadi universitas penelitian insentif utama di Malaysia yang diminati pelajar internasional. Beberapa program studi populer USM adalah teknik, ilmu komputer dan IT, bahasa Inggris, sains murni dan terapan, serta ilmu sosial dan humaniora.

BACA JUGA :  Punya Keluhan? Ini Nomor Call Center Bank Indonesia

Universiti Sains Malaysia (USM) adalah salah satu universitas negeri terbaik di Malaysia dan perguruan tinggi tertua di wilayah Malaysia Utara. USM didirikan pada tahun 1969 dan memiliki kampus utama di Penang, kampus teknik di Nibong Tebal, dan kampus kesehatan di Kelantan.

USM memiliki reputasi yang kuat dalam bidang riset dan inovasi. Universitas ini menawarkan berbagai program studi yang berkualitas dalam bidang teknik, ilmu komputer dan IT, bahasa Inggris, sains murni dan terapan, serta ilmu sosial dan humaniora. USM juga merupakan salah satu universitas penelitian terkemuka di Malaysia yang menarik minat pelajar internasional.

Dengan 26 fakultas/sekolah, 14 centers of excellence, dan 5 institut, USM menyediakan lingkungan akademik yang kondusif untuk belajar dan berinovasi. Universitas ini memiliki fasilitas modern, termasuk laboratorium yang lengkap dan perpustakaan yang komprehensif. Mahasiswa di USM juga memiliki kesempatan untuk terlibat dalam kegiatan riset dan pengembangan ilmu pengetahuan.

USM juga memiliki hubungan kemitraan yang luas dengan berbagai universitas dan institusi penelitian di seluruh dunia. Hal ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman internasional yang berharga dan memperluas jaringan profesional mereka. USM juga menyediakan berbagai kesempatan untuk mengembangkan diri di luar lingkungan akademik, termasuk kegiatan ekstrakurikuler dan program pengembangan kepribadian.

Dengan demikian, USM adalah pilihan yang baik bagi mereka yang tertarik dengan riset dan inovasi. Universitas ini menawarkan pendidikan tinggi yang berkualitas dalam bidang tersebut dan memberikan kesempatan untuk terlibat dalam kegiatan riset yang inovatif dan relevan dengan perkembangan dunia industri.

7. Universiti Teknologi Malaysia

Universiti Teknologi Malaysia (UTM) masuk dalam deretan kampus terbaik di Malaysia untuk destinasi studi kamu. Berdiri tahun 1972, UTM menempati kampus utamanya di Skudai, Johor Bahru. UTM membawahi 13 fakultas berikut 17 asrama tempat tinggal para mahasiswanya. Sesuai namanya, UTM dikenal sebagai penyelenggara pendidikan tinggi unggul dalam bidang sains, teknologi, dan teknik. Di sini kamu bakal menjumpai program studi yang boleh jadi jarang ada di kampus lain, seperti Quantity Surveying, Arsitektur Lanskap, Matematika Industri, Kimia-Bioproses, Kimia-Gas, Manajemen Real Estate, dan Teknik Mekanik-Aeronautical.

Universiti Teknologi Malaysia (UTM) adalah salah satu kampus terbaik di Malaysia yang menawarkan program studi unggulan dalam bidang sains, teknologi, dan teknik. UTM didirikan pada tahun 1972 dan memiliki kampus utama di Skudai, Johor Bahru.

UTM memiliki 13 fakultas dan 17 asrama tempat tinggal bagi para mahasiswa. Universitas ini dikenal sebagai penyelenggara pendidikan tinggi unggul dalam bidang sains, teknologi, dan teknik. UTM menawarkan berbagai program studi yang unik dan jarang ditemukan di kampus lain, seperti Quantity Surveying, Arsitektur Lanskap, Matematika Industri, Kimia-Bioproses, Kimia-Gas, Manajemen Real Estate, dan Teknik Mekanik-Aeronautical.

UTM juga memiliki fasilitas dan laboratorium yang lengkap untuk mendukung kegiatan belajar-mengajar. Universitas ini juga menawarkan berbagai kesempatan untuk terlibat dalam kegiatan riset dan pengembangan teknologi. Mahasiswa di UTM memiliki kesempatan untuk belajar dari para ahli dan profesional di bidang sains, teknologi, dan teknik.

Selain itu, UTM juga menawarkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan diri di luar lingkungan akademik. Universitas ini memiliki berbagai klub dan organisasi mahasiswa yang aktif, serta program kegiatan ekstrakurikuler yang menarik. Dengan demikian, mahasiswa di UTM dapat mengembangkan keterampilan sosial dan kepemimpinan yang dapat berguna dalam karir mereka di masa depan.

Dengan reputasinya yang kuat dan program studi yang unik, UTM adalah pilihan yang tepat bagi mereka yang tertarik dengan sains, teknologi, dan teknik. Universitas ini menawarkan pendidikan tinggi yang berkualitas dan memberikan kesempatan untuk terlibat dalam pengembangan teknologi yang inovatif dan relevan dengan perkembangan dunia industri.

Dari daftar universitas terbaik di Malaysia di atas, kamu bisa memperoleh gambaran umum kualitas pendidikan tinggi di negeri jiran. Jadi, nggak perlu jauh-jauh ke Eropa atau AS, cukup kuliah di Malaysia saja.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *