Mudah! Begini Cara Cek Tagihan Air Batam

## **Sekilas Tentang PT Adhya Tirta Batam (ATB)**

PT Adhya Tirta Batam (ATB) adalah perusahaan yang bergerak di bidang pengelolaan air bersih di kota Batam. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1995 dan telah berhasil membuktikan kapabilitasnya sebagai perusahaan air terpercaya dengan meraih 31 penghargaan bergengsi. Pencapaian ini tidak lepas dari penerapan sistem berteknologi tinggi, dukungan infrastruktur yang baik, dan SDM yang berkualitas dan berpengalaman di bidangnya. ATB selalu berbenah untuk meningkatkan kinerjanya dan mengembangkan inovasi yang mendukung proses pengelolaan air yang lebih efisien.

## **Keunggulan Layanan Air ATB Batam**

ATB Batam memiliki banyak keunggulan dalam layanan airnya. Ini adalah beberapa keunggulan layanan yang dimiliki ATB:

### **1. Berteknologi Tinggi**

Keunggulan layanan air ATB Batam tidak lepas dari pengembangan teknologi yang dilakukan oleh perusahaan. ATB menggunakan SPARTA Smart Solution dan AIRS Smart Service untuk memungkinkan pemeliharaan dan pemantauan dilakukan secara efektif. Sistem ini juga dapat memberikan informasi mengenai penghentian maupun perbaikan yang diperlukan secara menyeluruh. Pemanfaatan teknologi ini juga membantu penjadwalan otomatis dan efisiensi kerja lainnya, seperti penyelesaian di lapangan dan pemanfaatan tenaga kerja. Ketika terjadi masalah, petugas terdekat akan ditugaskan secara otomatis melalui sistem.

### **2. Proses Berlangganan Mudah**

Proses berlangganan air ATB Batam terbilang mudah. Calon pelanggan hanya perlu mendatangi kantor PDAM ATB Batam terdekat dan melengkapi persyaratan pemasangan air berupa fotokopi KTP atau SIM dan formulir permohonan yang telah diisi. Setelah permohonan diterima, petugas akan melakukan survei ke rumah calon pelanggan untuk mengecek lokasi pemasangan meteran dan menghitung rencana anggaran biaya pemasangan. Jika calon pelanggan setuju dengan anggaran tersebut, petugas teknis ATB akan datang melakukan pemasangan pipa dalam waktu paling lambat 15 hari kerja setelah pembayaran diterima.

BACA JUGA :  5 Pilihan Tempat Bayar Air Terdekat yang Bisa Kamu Kunjungi

### **3. Pelayanan Pelanggan Cepat**

Pelayanan pelanggan ATB Batam tergolong ramah dan cepat tanggap dalam menyelesaikan masalah maupun memberikan informasi. Petugas ATB selalu siap membantu pelanggan dalam hal apapun terkait dengan layanan air. Hal ini menjadikan ATB Batam dinilai unggul dalam melayani masyarakat.

## **Cara Cek Tagihan Air Batam ATB**

Membayar tagihan air secara tepat waktu adalah hal yang penting untuk menghindari denda dan memastikan kelancaran pelayanan air. Tagihan air dihitung berdasarkan jumlah pemakaian air ditambah biaya pemeliharaan meter dan administrasi sesuai aturan yang berlaku. Pembayaran tagihan yang melebihi jatuh tempo akan dikenakan denda sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Jika terdapat tunggakan, tagihan harus dibayar secara keseluruhan, termasuk tunggakan bulan sebelumnya, tagihan bulan berjalan, dan denda. Oleh karena itu, penting untuk melakukan pengecekan tagihan secara berkala. Berikut adalah beberapa cara untuk melakukan pengecekan tagihan air Batam ATB:

### **1. Melalui Website Resmi ATB**

Anda dapat mengunjungi website resmi ATB untuk melakukan pengecekan tagihan air Batam. Setelah masuk ke laman utama website, klik layanan online dan masukkan username dan kata sandi Anda. Setelah itu, masukkan nomor pelanggan dan kode keamanan yang diperlukan. Dengan melakukan langkah-langkah ini, Anda dapat melihat tagihan air Anda secara online.

### **2. Melalui Aplikasi Mobile ATB**

Selain melalui website resmi, Anda juga dapat menggunakan aplikasi mobile ATB untuk melakukan pengecekan tagihan air Batam. Caranya cukup mudah, buka aplikasi dan login menggunakan akun Anda. Setelah masuk, klik tombol Tagihan di beranda aplikasi. Anda akan melihat tagihan air Anda yang akan ditampilkan di layar.

### **3. Melalui ATM yang Bekerja Sama dengan ATB**

BACA JUGA :  4 Cara Berhentikan Paket Indosat, Gampang!

Selain melalui website resmi dan aplikasi mobile, Anda juga dapat melakukan pengecekan dan pembayaran tagihan air Batam melalui ATM yang bekerja sama dengan ATB. Beberapa bank yang bekerja sama dengan ATB untuk pembayaran tagihan air adalah Bank Mandiri, Bank BNI, Bank CIMB Niaga, dan Bank BTN. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan pengecekan dan pembayaran tagihan air melalui ATM:

#### **Bank Mandiri**

– Masukkan kartu debit dan PIN Anda.
– Tekan menu Bayar/Beli kemudian pilih PAM.
– Ketik 4 untuk PAM lainnya, lalu pilih Ya.
– Ketik 30000 untuk kode perusahaan, lalu pilih Benar.
– Ketik 0013 untuk kode PAM, lalu pilih Benar.
– Masukkan nomor pelanggan ATB, lalu pilih Benar.
– Informasi tagihan air Anda akan muncul di layar.
– Ketik 1 lalu pilih Ya untuk melakukan konfirmasi pembayaran.

#### **Bank BNI**

– Masukkan kartu debit dan PIN Anda.
– Pilih menu Lainnya, kemudian pilih Pembayaran.
– Pilih Air Minum/PDAM.
– Masukkan kode 131018.
– Masukkan nomor pelanggan Anda.
– Tagihan air Anda akan muncul di layar.
– Pilih Ya untuk membayar tagihan air.

#### **Bank CIMB Niaga**

– Masukkan kartu debit dan PIN Anda.
– Pilih menu Pembayaran.
– Pilih Fasilitas Umum, lalu pilih Perusahaan Daerah.
– Pilih kode ATB (501).
– Masukkan nomor langganan Anda.
– Tagihan air Anda akan muncul di layar dan bisa dilanjutkan dengan pembayaran.

#### **Bank BTN**

– Masukkan kartu debit dan PIN Anda.
– Tekan menu Transaksi Lainnya.
– Pilih Menu PDAM dan masukkan kode instansi 1036.
– Masukkan Nomor Pelanggan Anda.
– Tagihan air Anda akan muncul di layar.
– Pilih tipe rekening pembayaran dan konfirmasi pembayaran dengan memilih Ya.

BACA JUGA :  5 Cara Top Up Jenius untuk Keperluan Sehari-hari

### **4. Melalui Aplikasi sobatcloud.com**

Selain melalui ATM dan aplikasi mobile resmi ATB, Anda juga dapat melakukan pengecekan dan pembayaran tagihan air ATB melalui aplikasi sobatcloud.com. Untuk menggunakan aplikasi sobatcloud.com, Anda perlu mengunduh dan menginstal aplikasi tersebut di ponsel Anda. Setelah itu, Anda dapat membuka aplikasi sobatcloud.com dan memilih menu PDAM. Selanjutnya, pilih wilayah Anda dan masukkan nomor pelanggan Anda. Data tagihan air Anda akan muncul di layar dan Anda dapat melakukan pembayaran melalui aplikasi tersebut.

Demikianlah beberapa cara untuk melakukan pengecekan tagihan air Batam ATB. Dengan melakukan pengecekan secara berkala dan melakukan pembayaran tepat waktu, Anda dapat memastikan kelancaran pelayanan air dan menghindari denda yang tidak diinginkan. Jika Anda ingin melakukan pembayaran tagihan air secara aman dan praktis, Anda juga dapat menggunakan aplikasi sobatcloud.com yang telah bekerja sama dengan ATB. Jadi, tunggu apa lagi? Segera lakukan pengecekan dan pembayaran tagihan air Anda sekarang juga dengan cara yang paling mudah dan nyaman bagi Anda.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *