Mengenal Pengertian Perusahaan Dagang, Karakteristik, Jenis, serta Kegiatannya

Pengertian Perusahaan Dagang

Perusahaan dagang merupakan jenis perusahaan yang menjalankan aktivitas bisnis berupa perdagangan atau perniagaan. Aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan dagang adalah membeli dan menjual barang dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan. Perusahaan dagang mendapatkan keuntungan dengan mengambil selisih antara harga jual dengan harga pokok penjualan (HPP). HPP merupakan biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk membeli barang yang akan dijual. Selain itu, perusahaan dagang juga mencatatkan laba bersih dengan menghitung selisih antara laba kotor dengan beban operasional.

Perusahaan dagang tidak menjalankan kegiatan produksi atau pengolahan barang. Perusahaan hanya menjual barang yang diperoleh dari pemasok kepada para pelanggan tanpa mengubah fungsi maupun bentuknya. Dalam menjalankan aktivitasnya, perusahaan dagang harus memiliki stok barang yang cukup agar dapat memenuhi permintaan dari pelanggan. Jika stok barang habis, perusahaan dapat mengalami kesulitan dalam menjalankan aktivitas dagang.

Karakteristik Perusahaan Dagang

Perusahaan dagang memiliki beberapa karakteristik yang membedakannya dengan jenis perusahaan lainnya.

1. Aktivitas Utama

Aktivitas bisnis utama dari sebuah perusahaan dagang adalah membeli, mengelola, dan memelihara stok barang, mengeluarkan biaya operasional, serta menjual produk. Perusahaan dagang tidak menjalankan kegiatan produksi atau pengolahan barang. Perusahaan hanya menjual barang yang diperoleh dari pemasok kepada para pelanggan tanpa mengubah fungsi maupun bentuknya.

2. Permodalan

Perusahaan dagang mendapatkan pendapatan dari penjualan barang. Oleh karena itu, perusahaan dagang membutuhkan modal untuk membeli barang yang akan dijual. Jika terjadi penumpukan barang dalam jumlah banyak, perusahaan dagang dapat mengalami kesulitan dalam menjalankan aktivitas dagang karena modal yang tersedia tidak mencukupi untuk membeli barang lebih lanjut.

BACA JUGA :  Catat! Ini Perbedaan Laporan Keuangan Fiskal dan Komersial

3. Sumber Pendapatan

Pendapatan terbesar dari perusahaan dagang berasal dari hasil penjualan barang. Untuk meningkatkan pendapatan, perusahaan dagang perlu meningkatkan angka penjualan. Caranya, perusahaan perlu melakukan manajemen yang baik agar dapat memutar modal dengan efisien dan mendorong omzet penjualan. Salah satu cara untuk meningkatkan laba adalah dengan menekan beban pengeluaran. Perusahaan dagang dapat memanfaatkan layanan manajemen transaksi bisnis yang canggih dan efisien, seperti sobatcloud.com for Business.

4. Perhitungan Laba

Perusahaan dagang menghitung laba dengan mengurangi harga beli dari harga jual. Dalam menentukan harga jual, perusahaan dagang juga memperhitungkan biaya operasional yang dikeluarkan. Dengan demikian, perusahaan dagang dapat menghitung laba bersih dengan menghitung selisih antara laba kotor dengan beban operasional.

Jenis-Jenis Perusahaan Dagang

Terdapat beberapa jenis perusahaan dagang yang dapat dibedakan berdasarkan produk yang dijual dan kelompok konsumennya.

1. Jenis dan Pengertian Perusahaan Dagang Berdasarkan Produk

Pertama, perusahaan dagang dapat dibedakan berdasarkan produk yang dijual. Terdapat dua jenis perusahaan dagang berdasarkan produk, yaitu perusahaan dagang barang mentah dan perusahaan dagang barang jadi.

Perusahaan dagang barang mentah menjual produk berupa bahan baku untuk produk tertentu. Contoh bahan baku yang dijual oleh perusahaan dagang barang mentah adalah kayu gelondongan, bijih plastik, bahan-bahan kimia, dan lain sebagainya.

Perusahaan dagang barang jadi menjual barang yang sudah siap pakai. Contoh barang yang dijual oleh perusahaan dagang barang jadi adalah sepeda motor, lemari es, pakaian, dan lain-lain.

2. Jenis dan Pengertian Perusahaan Dagang Berdasarkan Konsumen

Kedua, perusahaan dagang dapat dibedakan berdasarkan kelompok konsumennya. Terdapat tiga jenis perusahaan dagang berdasarkan konsumennya, yaitu perusahaan dagang besar, perusahaan dagang perantara, dan perusahaan dagang pengecer.

BACA JUGA :  Apa Itu Rekonsiliasi Bank dan Kapan Harus Dilakukan? Simak di Sini!

Perusahaan dagang besar, atau yang sering disebut wholesaler, adalah perusahaan dagang yang melakukan pembelian produk secara langsung dari pabrik. Mereka melakukan pembelian dalam skala besar dengan harga yang murah. Target pemasaran dari perusahaan dagang besar adalah pedagang grosir atau pedagang perantara. Perusahaan dagang besar hanya melayani penjualan secara grosir dengan harga yang lebih murah dibandingkan harga jual eceran.

Perusahaan dagang perantara berperan sebagai perantara antara wholesaler dan perusahaan dagang pengecer. Mereka melakukan pembelian dalam skala besar dan menawarkannya kembali dalam sistem pembelian berskala sedang.

Perusahaan dagang pengecer, atau yang sering disebut retailer, merupakan rantai pemasaran produk di posisi paling bawah. Mereka membeli barang secara grosir dan menjualnya secara eceran kepada konsumen akhir.

Kegiatan Utama dalam Perusahaan Dagang

Dalam operasionalnya sehari-hari, perusahaan dagang menjalankan beberapa kegiatan utama. Kegiatan utama dalam perusahaan dagang meliputi pembelian, pengeluaran, penjualan, dan pendapatan.

Pembelian merupakan kegiatan memasukkan barang ke dalam persediaan perusahaan. Pengeluaran merupakan kegiatan mengeluarkan uang untuk pembayaran berbagai biaya, seperti biaya operasional. Penjualan merupakan kegiatan menjual barang yang ada dalam persediaan perusahaan. Pendapatan merupakan pemasukan uang dari penjualan barang.

Dalam penyusunan laporan keuangan, perusahaan dagang mencatat pembelian sebagai barang masuk dan mencatat pengeluaran sebagai kas keluar. Selain itu, perusahaan dagang mencatat penjualan sebagai barang keluar dan mencatat pendapatan sebagai kas masuk.

Aspek Penting dalam Pengelolaan Perusahaan Dagang

Selain cara meningkatkan angka penjualan, pengelolaan persediaan barang juga merupakan aspek penting dalam pengelolaan perusahaan dagang. Peng


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *