Kenalan dengan Jurusan Perikanan, Yuk!

pembaca sobatcloud.com, sebagai masyarakat negara maritim dengan sumber daya laut yang melimpah, rasanya nggak afdol kalo kita nggak kenalan dengan jurusan perikanan!

Walaupun peminatnya nggak terlalu banyak, nyatanya jurusan ini punya prospek karir yang menjanjikan, loh! Terlebih, ikan adalah bahan makanan yang banyak diolah menjadi masakan sehari-harinya orang Indonesia.

Jurusan yang satu ini sudah tersedia di banyak universitas dengan berbagai nama yang berbeda, seperti Jurusan Perikanan, Jurusan Pemanfaatan Sumber Daya Perikanan, Jurusan Teknologi Hasil Perikanan, dan sebagainya. 

Dalam artikel ini, gue akan mengupas tuntas tentang jurusan perikanan. Mulai dari mata kuliah, info universitas, hingga prospek kerjanya. Kalau elo lagi mempertimbangkan untuk memilih jurusan kuliah ini, gas baca artikelnya sampe akhir!

Baca juga:

Info Kuliah di Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor

Jurusan Perikanan Belajar Apa, Sih?

jurusan perikanan belajar apa aja?

Di jurusan perikanan, elo akan mempelajari ilmu perikanan dari berbagai aspek, mulai dari teknik pengelolaan ikan, pengolahan produk perikanan, konservasi perikanan, hingga manajemen bisnis perikanan. 

Elo juga akan belajar cara menangkap ikan, baik di laut maupun perairan darat, seperti sungai dan danau. Oleh karena itu, elo harus mengenal dengan baik ekosistem perairan serta alat dan teknik yang digunakan untuk menangkap ikan.

Selain menangkap ikan, elo akan diajari cara melestarikan populasi ikan dan memastikan gizi yang terkandung dalam ikan tetap terjamin. Masuk ke jurusan ini artinya elo sudah berkontribusi untuk menjaga keindahan laut dan peningkatan gizi masyarakat Indonesia.

Serunya lagi, elo akan banyak berinteraksi dan bekerja bersama para nelayan Indonesia. Elo akan membantu para nelayan untuk memastikan kualitas ikan terjaga dan memiliki daya jual yang tinggi. Harapannya, ilmu yang elo dapatkan di perkuliahan bisa diterapkan untuk meningkatkan kesejahteraan mereka juga.

BACA JUGA :  Bedah Tuntas Mitos Otak Kanan / Otak Kiri

Baca juga:

Info Kuliah di Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Gadjah Mada

Mata Kuliah Jurusan Perikanan

mata kuliah jurusan perikanan
Mata Kuliah Jurusan Perikanan. (Arsip sobatcloud.com)

Di jurusan perikanan, elo bakal ketemu berbagai mata kuliah yang seru! Pada awal perkuliahan, elo akan mempelajari mata kuliah dasar, seperti Pengantar Ilmu Perikanan dan Kelautan, Prinsip Budidaya Perikanan, Metode Penangkapan Ikan, dan Oseanografi Umum. 

Barulah di semester-semester atas, elo akan mempelajari mata kuliah lainnya yang lebih kompleks dan berfokus pada praktek seperti mata kuliah Teknologi Pembenihan Ikan, Ikhtiologi, Konservasi Sumberdaya Perikanan, Parasit dan Penyakit Ikan, hingga Bisnis Akuakultur. 

Supaya elo lebih kebayang dengan pembelajaran di jurusan perikanan, gue mau jelasin beberapa mata kuliah yang dipelajari di jurusan ini ya. 

Pengantar Ilmu Perikanan dan Kelautan

Mata kuliah ini adalah mata kuliah dasar yang bakal elo pelajari di semester awal perkuliahan. Sebelum bertemu dengan pelajaran yang lebih kompleks, elo bakal diajari terlebih dahulu mengenai konsep dasar ilmu perikanan dan kelautan. Nggak hanya itu, elo juga akan diperkenalkan dengan alat-alat penangkapan ikan dan dasar-dasar budidaya. 

Ikhtiologi

Dalam mata kuliah ini, elo akan mempelajari ikan secara mendalam dari berbagai aspek, yaitu biologi, ekologi, dan manajemen perikanan.

Di aspek biologi, elo akan belajar anatomi, fisiologi, dan sistem reproduksi ikan.

Di aspek ekologi, elo akan menganalisis bagaimana sih cara ikan berinteraksi dengan lingkungan mereka. Elo akan mengamati bagaimana perilaku makan, pola migrasi, dan habitat setiap spesies ikan.

Sedangkan, di aspek manajemen ikan, elo akan belajar mengenai cara untuk menjaga populasi ikan dan melestarikannya. 

Mata kuliah ini cukup kompleks, tapi menarik banget karena elo bakal belajar setiap aspek dari kehidupan ikan. 

Baca juga:

Info Kuliah di Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati, Institut Teknologi Bandung

Bisnis Akuakultur

Seperti yang udah gua bilang di atas, jurusan perikanan juga akan belajar tentang manajemen bisnis akuakultur. Mata kuliah ini membahas secara mendalam tentang cara pengolahan produk perikanan dan memastikan kualitasnya tetap terjaga hingga sampai di tangan konsumen.

BACA JUGA :  Tricky Pronunciation dan Silent Letter, Siapa Bilang Bahasa Inggris itu Ribet?

Jadi, elo akan diajari tentang aspek-aspek bisnis perikanan, seperti penentuan harga, analisis biaya-manfaat, pengembangan usaha, dan lain-lain. Menarik banget kan bahasannya!

Baca juga:

Jurusan Kehutanan Belajar Apa Saja, Ya?

Universitas yang Memiliki Jurusan Perikanan

universitas yang punya jurusan perikanan
Universitas yang Memiliki Jurusan Perikanan. (Arsip sobatcloud.com)

Nah gimana, apakah elo udah mulai tertarik dengan jurusan perikanan? Tenang Sob, udah banyak banget perguruan tinggi di Indonesia yang punya jurusan ini. 

Beberapa di antaranya adalah Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Padjajaran (Unpad), Universitas Diponegoro (UNDIP), Universitas Brawijaya (UB), dan Universitas Sriwijaya (Unsri). Nah, jurusan perikanan di universitas-universitas ini sudah terakreditasi A oleh BAN-PT. 

Selain perguruan tinggi di atas, masih ada banyak lagi perguruan tinggi yang punya jurusan perikanan yang udah terakreditasi A. Bisa langsung elo cek akreditasi jurusannya di website resmi perguruan tinggi yang ingin elo tuju ya!

Baca juga:

Info Kuliah di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya

Prospek Kerja Lulusan Jurusan Perikanan

Prospek Karir Lulusan Jurusan Perikanan
Prospek Karir Lulusan Jurusan Perikanan. (Arsip sobatcloud.com)

Walaupun sepi peminat, tapi lulusan jurusan perikanan punya prospek kerja yang menjanjikan. Apalagi, ikan adalah produk hasil laut yang sudah menjadi makanan pokok sehari-harinya orang Indonesia. Pastinya, permintaan akan ikan akan terus ada.

Berikut ini adalah beberapa prospek kerja dari jurusan perikanan.

Konservasionis Laut

Siapa, nih, yang anaknya alam banget? Si pencinta alam nggak boleh ngelewatin pekerjaan satu ini. Apa lagi isu terkait lingkungan jadi bahasan yang populer banget saat ini.

Seorang konservasionis laut bertugas memantau perkembangan lingkungan, menyajikan informasi, dan memberikan solusi terkait masalah-masalah lingkungan, khususnya laut. Ia berperan untuk mengembangkan teknologi anti polusi, menjaga kualitas sumber daya laut, dan ekosistem laut. 

Konservasionis laut bisa bekerja di bawah perusahaan, organisasi nirlaba, ataupun pemerintahan seperti Kementerian Kelautan dan Perikanan.

BACA JUGA :  Tips Belajar SBMPTN bagi Sobat Zenius yang Lintas Jurusan

Peternak 

Menjadi peternak ikan adalah profesi yang sangat menjanjikan loh, pembaca sobatcloud.com!

Gimana nggak, sebagai salah satu bahan makanan pokok kita, permintaan pasar terhadap ikan akan selalu ada bahkan meningkat. Gak cuman itu, elo juga bisa beternak ikan hias seperti cupang. Peminat ikan hias di Indonesia juga tinggi, lho. 

Quality Assurance & Quality Control

Mungkin elo agak asing sama kedua pekerjaan ini. Apa sih quality assurance dan quality control itu? Terus bedanya apa?

Nah, Quality Assurance (QA) adalah orang yang  bertanggung jawab untuk memastikan sebuah produk memenuhi semua standar kualitas sebelum dijual ke pasaran. Sedangkan, Quality Control (QC) punya tanggung jawab untuk memeriksa produk sebelum, selama, ataupun setelah proses produksi untuk mendapatkan standar kualitas yang diperlukan.

Sederhananya, QA memeriksa kualitas produk sebelum didistribusikan aja, sedangkan QC memonitor produk di setiap tahapan distribusinya. 

Anak Buah Kapal (ABK)

Siapa yang suka melaut atau ke pantai? Sini merapat. Pekerjaan seru yang satu ini bisa jadi opsi ketika elo lulus dari jurusan perikanan nanti.

Pengetahuan tentang laut, ikan, dan ekosistemnya ngebuat elo bisa jadi ABK yang baik, terutama di bagian penyediaan dan penjagaan persediaan makanan. Buat yang nggak betahan di rumah dan suka eksplor ke tempat-tempat baru, pekerjaan ini cocok buat elo! 

Baca juga:

Semua Hal yang Perlu Elo Tau tentang Jurusan Peternakan

Selain pekerjaan-pekerjaan di atas, prospek kerja jurusan perikanan masih banyak banget. Tentunya, elo bisa juga mengelola restoran seafood atau bekerja di Kementerian Kelautan dan Perikanan.  

Elo nggak perlu bingung milih pekerjaan setelah lulus, karena opsinya sangat banyak. Yang penting, perbanyak dan perdalam berbagai skill selama elo kuliah nanti. Supaya, ketika elo lulus, elo nggak hanya punya banyak ilmu, tapi juga mahir dalam melakukan sesuatu.

Mau Cari Tau Jurusan Lainnya?

Gimana, pembaca sobatcloud.com? Elo merasa tertarik dengan jurusan perikanan? Atau mau cari-cari tahu jurusan lainnya? 

No worries, Sob! sobatcloud.com udah siapin panduan jurusan kuliah buat elo lewat Kampus 101.  elo bisa download file-nya gratis dengan klik banner di bawah ini ya. Selamat mengeksplorasi, guys!

Kenalan dengan Jurusan Perikanan, Yuk! 9

Penulis: Aurora Gracia


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *