Mengenal IBAN, Solusi Praktis untuk Transfer ke Eropa

Pengertian IBAN

IBAN atau International Bank Account Number adalah sebuah kode rekening internasional yang digunakan untuk mengidentifikasi akun individu yang melakukan transaksi keuangan lintas negara. Fungsi dari IBAN ini sangat penting dalam transaksi keuangan internasional, terutama saat melakukan transfer ke negara-negara di kawasan Eropa. Kode rekening bank ini terdiri dari 22-30 rangkaian huruf dan angka yang memiliki arti dan fungsi tertentu.

1. Country code

Kode ini merupakan bagian dari IBAN yang menunjukkan negara asal dari rekening yang digunakan. Kode ini terdiri dari dua karakter yang mengidentifikasi negara tujuan transfer. Misalnya, kode “DE” untuk Jerman, “GB” untuk Inggris, dan sebagainya.

2. Check digits

Angka ini terdiri dari dua digit yang digunakan untuk memvalidasi keabsahan kode rekening bank internasional sebelum transfer dilakukan ke rekening tujuan. Detail dari check digits ini akan dikirimkan kepada penerima untuk memastikan validitas kode rekening bank yang digunakan.

3. Branch code

Branch code atau kode cabang merupakan bagian dari IBAN yang digunakan untuk mengidentifikasi kantor cabang bank yang menerbitkan rekening bank penerima. Dalam IBAN, branch code ini berfungsi untuk memperjelas lokasi kantor cabang yang terkait dengan rekening bank tersebut.

4. Account number

Account number atau nomor akun merupakan bagian terakhir dari kode rekening bank internasional. Nomor akun ini merupakan identifikasi yang unik untuk setiap rekening penerima. Dalam IBAN, nomor akun ini diletakkan pada bagian akhir kode rekening bank internasional.

BACA JUGA :  Pasar Modal Syariah: Pengertian, Prinsip, dan Macam-Macam Produknya

Sebagai contoh, jika Anda ingin mengirim uang ke Deutsche Bank Tiergarten di Jerman dengan kode bank 951051 dan nomor rekening tujuan 98734231, maka kode rekening bank internasionalnya adalah DE 836526 951051 98734231. Dengan menggunakan kode rekening bank internasional, proses transfer ke luar negeri dapat dilakukan dengan lebih mudah dan cepat.

Negara-Negara yang Menggunakan IBAN

IBAN digunakan oleh banyak negara di Eropa dan kawasan sekitarnya. Proses transfer dengan menggunakan IBAN akan lebih mudah jika Anda memiliki rekening bank di negara-negara yang tergabung dalam single euro payment area (SEPA). SEPA merupakan inisiatif perbankan di kawasan Eropa yang mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah, komisi Eropa, dan bank sentral.

Dalam SEPA, perorangan, entitas, maupun perusahaan dapat melakukan pembayaran dan menerima transfer dana dari berbagai negara dengan lebih mudah. Namun, tidak semua negara di Eropa menjadi bagian dari SEPA. Saat ini, sekitar 27 negara Uni Eropa yang tergabung dalam SEPA, antara lain Swiss, Monako, Norwegia, Islandia atau Liechtenstein, Austria, Andorra, Belgia, Bulgaria, Kroasia, Siprus, Republik Ceko, Denmark, Estonia, Finlandia, Prancis, Jerman, Gibraltar, Yunani, Hongaria, Islandia, Irlandia, Italia, Latvia, Liechtenstein, Lituania, Luksemburg, Malta, Belanda, Polandia, Portugal, Rumania, San Marino, Slovakia, Slovenia, Spanyol, Swedia, Swiss, dan Inggris.

Keunggulan IBAN

IBAN sebagai kode rekening internasional memiliki beberapa keunggulan yang membuatnya menjadi pilihan yang baik dalam melakukan transaksi keuangan internasional. Berikut ini adalah beberapa keunggulan dari IBAN:

1. Memaksimalkan Pembayaran

Dengan menggunakan kode rekening bank internasional seperti IBAN, kesalahan dalam pembayaran dan pembengkakan biaya transaksi dapat dihindari. Penggunaan kode ini juga dapat menghindarkan Anda dari kesalahan pengetikan dan memastikan validasi data penerima. Sehingga, proses pembayaran dapat dilakukan dengan lebih akurat dan efisien.

BACA JUGA :  Lengkap! Daftar Promo Harbolnas 12.12 dari Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Blibli, dan Lazada! Jangan Sampai Terlewat!

2. Waktu Lebih Hemat

Kode rekening bank internasional seperti IBAN dapat membantu memvalidasi pembayaran dan pengambilan uang di bank. Dengan demikian, proses transaksi dapat dilakukan dengan lebih cepat dan efisien. Anda tidak perlu repot mengecek dan memvalidasi data rekening secara manual, karena IBAN akan melakukan validasi secara otomatis.

3. Otomatisasi Data Diri

Dalam proses transaksi menggunakan IBAN, pengisian detail dilakukan secara otomatis. Beberapa data yang muncul otomatis pada IBAN antara lain kode BIC (Bank Identifier Code), nama bank tujuan, dan data-data pendukung lainnya yang diperlukan dalam proses transaksi. Hal ini memudahkan Anda dalam mengisi detail transaksi dan menghindarkan kesalahan manusia dalam pengisian data.

4. Menyederhanakan Sistem

Dengan menggunakan kode rekening bank internasional seperti IBAN, sistem transaksi keuangan internasional menjadi lebih terstruktur dan disederhanakan. Seluruh proses transaksi dapat terintegrasi dengan baik menggunakan IBAN, sehingga Anda hanya membutuhkan sedikit waktu dan usaha untuk melakukan transfer ke luar negeri.

5. Aman dan Tepercaya

Pengelolaan kode rekening bank internasional menggunakan server data berkualitas tinggi. Hal ini membuat pihak bank dapat menjamin keamanan data dan kenyamanan saat Anda bertransaksi menggunakan IBAN. Dengan adanya sistem yang aman dan tepercaya, Anda dapat melakukan transaksi keuangan internasional dengan lebih tenang dan percaya diri.

Cara Transfer Menggunakan IBAN

Untuk melakukan transfer menggunakan IBAN, Anda dapat mengunjungi beberapa perbankan di Indonesia yang menyediakan layanan transaksi keuangan internasional, seperti BRI, BCA, Mandiri, dan BNI. Anda hanya perlu mengunjungi bank tersebut dan memberikan nomor rekening tujuan yang menggunakan IBAN. Petugas bank akan membantu Anda dalam proses transfer menggunakan IBAN.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan layanan sobatcloud.com Globe. sobatcloud.com Globe merupakan bagian dari aplikasi sobatcloud.com yang dapat membantu Anda dalam mentransfer dana ke negara-negara di dunia, termasuk kawasan Eropa. Layanan ini dapat diakses melalui smartphone yang terkoneksi internet, sehingga Anda tidak perlu repot pergi ke bank. Kelebihan menggunakan sobatcloud.com Globe adalah Anda tidak perlu menukar rupiah ke mata uang asing, prosesnya dapat dilakukan dari rumah, dan lebih praktis.

BACA JUGA :  Ingin Buka Rekening Mandiri Online, Tahapnya Seperti Ini

Dengan demikian, Anda tidak perlu ragu lagi untuk berbisnis dan bertransaksi ke luar negeri, terutama negara-negara di Eropa. Dengan menggunakan IBAN, proses transfer ke luar negeri dapat dilakukan dengan mudah, cepat, dan aman. Jika Anda ingin melakukan transfer antarbank tanpa biaya admin, Anda dapat menggunakan layanan sobatcloud.com. sobatcloud.com dapat membantu Anda dalam melakukan transfer antarbank secara praktis dan efisien.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *