Mengenal Bentuk-Bentuk Molekul Kimia – Materi Kimia Kelas 10

Halo, pembaca sobatcloud.com! Buat elo yang lagi duduk di kelas 10 udah nggak asing ya pasti sama materi bentuk bentuk molekul. Nah, dalam artikel kali ini gue akan mengupasnya lebih dalam lagi, mulai dari pengertian hingga teorinya.

bentuk molekul kimia
Bentuk molekul trigonal (image by WikimediaImages from Pixabay)

Gue pernah membahas tentang ikatan kimia di artikel sebelumnya. Hayoo.. buat yang belum baca, coba dibaca dulu yuk supaya bisa nyambung bahas materi tentang bentuk molekul kali ini. 

Di sana dijelaskan tentang ikatan antar atom yang membentuk suatu molekul kimia. Misalnya, atom Na dan Cl yang akan membuat bentuk molekul NaCl (garam dapur). 

Nah, ikatan tersebut ternyata memiliki bentuk yang bervariasi, guys. Salah satu cara untuk meramalkan bentuk tersebut adalah berdasarkan gaya tolak menolak elektrostatik antar pasangan elektron. 

Gaya tersebut yang nantinya akan memberikan susunan sedemikian rupa hingga berada pada tingkat energi potensial yang serendah mungkin. 

Penasaran? Yuk, simak pengertian serta macam macam bentuk molekul di bawah ini!

Apa Itu Bentuk Molekul?

Apakah pembaca sobatcloud.com masih ingat pengertian dari molekul? Molekul adalah gabungan dari dua atom atau lebih yang terdapat dalam suatu susunan tertentu dan terikat oleh gaya kimia. 

Bentuk geometri molekul bisa bervariasi karena atom-atom yang saling berikatan akan membentuk berbagai senyawa atau molekul yang berbeda-beda supaya bisa stabil. 

Bentuk tersebut berdasarkan jumlah pasangan elektron terikat (PEI), pasangan elektron bebas (PEB), dan domain elektron.

Cara mengetahui PEI, PEB dan domain elektron bagaimana? Nah, di sinilah materi ikatan kimia berperan. Kamu ingat dengan struktur lewis pada suatu senyawa? 

BACA JUGA :  Arus Bolak-balik – Pengertian, Rumus, dan Contoh Sehari-hari – Materi Fisika Kelas 12

Yap, struktur lewis adalah langkah awal untuk menentukan geometri molekul. Struktur tersebut menggambarkan keadaan elektron-elektron valensi dari atom yang saling berpasangan dan berikatan secara kovalen.

Nah, sebelum berlanjut ke bentuk-bentuk molekul dan teorinya, gue mau ngasih tahu elo buat download aplikasi sobatcloud.com dari sekarang, nih!

Pasalnya, lewat aplikasi elo bakal mendapatkan fitur-fitur menarik buat belajar, seperti ZenBot, ZenCore, hingga simulasi ujian try out.

Yuk, tunggu apa lagi? Download aplikasinya sekarang juga! Gratis!

Tipe Bentuk Molekul

Supaya lebih jelas dan kebayang, gue bakal kasih gambaran tentang tipe bentuk molekul. Ini dia varian bentuknya:

geometri atau bentuk molekul kimia
Geometri molekul yang bervariasi (Dok. chemannex.weebly.com)

Itu dia varian dari geometri molekul, ada linear, trigonal, hingga tetrahedral.

Elo bisa menentukan bentuk suatu molekulnya dari hasil percobaan atau meramalkan bentuk molekul dari struktur elektronnya. Kira-kira lebih mudah menentukan bentuk dengan cara apa?

Teori Bentuk Molekul

Teori yang membahas tentang bentuk suatu molekul ada tiga, yaitu Teori VSEPR (Valence Shell Electron Pair Repulsion), Teori Domain Elektron, dan Teori Hibridisasi.

Wah, seperti ya teori dari ketiganya?

Teori VSEPR

Teori yang pertama adalah VSEPR, yaitu pasangan elektron yang mandiri atau tidak dipakai bersama akan saling tolak menolak.

Pasangan elektron akan cenderung saling berjauhan satu sama lain. Prinsip dari teori ini adalah sebagai berikut:

  • Semakin jarak antara kedua pasangan elektron mengecil, maka gaya tolak menolaknya akan semakin kuat.
  • Gaya tolakan akan semakin kuat ketika sudut di antara pasangan tersebut membentuk 90 derajat.
  • Tolakan yang melibatkan pasangan elektron tunggal akan lebih kuat dibandingkan dengan pasangan ikatan: pasangan mandiri – pasangan mandiri > pasangan mandiri – pasangan ikatan > pasangan ikatan – pasangan ikatan.
BACA JUGA :  4 Faktor Pendorong Integrasi Sosial dan Contohnya – Materi Sosiologi Kelas 11

Teori Domain Elektron

Bentuk suatu molekul berdasarkan teori domain elektron didasarkan pada jumlah pasangan elektron ikatan dan elektron bebas atau kedudukan suatu elektron.

pembaca sobatcloud.com bisa melihat elektron-elektron tersebut dari struktur lewisnya. Prinsip dari teori ini adalah sebagai berikut:

  • Antar domain elektron pada atom pusat saling tolak menolak, dengan begitu mereka akan saling mengatur diri dan tolakannya menjadi minimum.
  • Kekuatan tolakan dari domain elektron yaitu: PEB – PEB > PEB – PEI > PEI – PEI. Akibat dari adanya perbedaan kekuatan tersebut yaitu mengecilnya sudut ikatan pada bentuk molekulnya.
  • Bentuk suatu molekul hanya ditentukan oleh pasangan elektron ikatan (PEI).

Teori domain elektron menggunakan rumus:

AXmEn

Keterangan:

A : atom pusat

Xm : jumlah domain elektron ikatan (PEI)

En : jumlah domain elektron bebas (PEB)

Ada 11 bentuk molekul berdasarkan teori ini, antara lain: linear (AX2), segitiga planar (AX3), segiempat piramida (AX5E), T-shape (Ax3E2), dll.

Teori Hibridisasi

Terakhir, ada teori hibridisasi yang menyatakan bahwa suatu ikatan molekul terjadi akibat terbentuknya orbital hibrida pada sub orbital atomnya.

Dari teori ini muncul 5 bentuk molekul seperti linear (sp), trigonal planar (sp2), tetrahedral (sp3), segitiga bipiramida (sp3d), oktahedral (sp3d2).

Demikian penjelasan mengenai ikatan kimia dan bentuk molekul yang bisa pembaca sobatcloud.com pelajari dengan saksama.

Selain belajar lewat artikel, pembaca sobatcloud.com juga bisa, lho, belajar lewat video materi pembelajaran yang dibawakan oleh ZenTutor.

Lewat video pembelajaran, elo juga bakal mendapatkan contoh soal dan pembahasan yang lengkap banget!

Yuk, akses segera dengan klik banner di bawah ini!

Pelajari materi Kimia di video materi belajar Zenius

Selain itu, elo juga bisa belajar banyak hal melalui paket belajar sobatcloud.com Aktiva. Dengan berlangganan paket tersebut, elo bisa mengakses ribuan video premium sobatcloud.com serta berkesempatan mengikuti ujian try out sekolah.

BACA JUGA :  14 Ribu Murid Zenius Berhasil Lulus SBMPTN 2020!

Menarik, kan? Yuk, segera berlangganan dari sekarang!

Mengenal Bentuk-Bentuk Molekul Kimia - Materi Kimia Kelas 10 9

Baca Juga Artikel Kimia Lainnya

Ikatan Kovalen

Ikatan Kimia

Ikatan Logam


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *