Mengenal Apa Itu QRIS dan Manfaatnya untuk Pelaku Bisnis

Apa Itu QRIS?

QRIS atau Quick Response Code Indonesian Standard adalah sebuah metode pembayaran yang praktis menggunakan teknologi QR code. QRIS merupakan singkatan dari Quick Response Code Indonesian Standard. Keberadaannya sebagai upaya nyata dari Bank Indonesia dalam melakukan standardisasi cara pembayaran dengan memanfaatkan teknologi canggih saat ini. Dalam penerapannya, QRIS mempersatukan berbagai Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) yang menyediakan layanan pembayaran berbasis kode QR, baik lokal maupun asing.

QRIS memiliki peran yang penting dalam mengubah cara pembayaran di Indonesia. Dengan menggunakan QRIS, masyarakat tidak perlu lagi membawa uang tunai atau kartu kredit saat melakukan pembayaran. Cukup dengan menggunakan smartphone, pembayaran dapat dilakukan dengan cepat dan mudah. QRIS menjadi salah satu inovasi yang mendukung perkembangan ekonomi digital di Indonesia.

Manfaat QRIS untuk Pengguna

QRIS menawarkan banyak manfaat bagi para penggunanya, baik itu pembeli maupun merchant. Berikut adalah beberapa manfaat QRIS untuk pengguna:

Kemudahan dan Kecepatan Transaksi

Salah satu manfaat utama QRIS adalah kemudahan dan kecepatan dalam melakukan transaksi. Dengan menggunakan QRIS, pembeli tidak perlu lagi mengeluarkan uang tunai atau kartu kredit. Cukup dengan memindai kode QRIS yang terdapat di toko atau tempat pembayaran, transaksi dapat segera dilakukan. Hal ini membuat proses pembayaran menjadi lebih cepat dan efisien.

BACA JUGA :  Panduan Pemasangan PDAM Baru di Kantor PDAM Terdekat

Keamanan Transaksi

QRIS juga menawarkan keamanan dalam melakukan transaksi. Setiap transaksi yang dilakukan melalui QRIS akan tercatat secara detail dan lengkap. Hal ini memungkinkan pembeli atau merchant untuk memeriksa riwayat transaksi dengan mudah. Selain itu, QRIS juga menggunakan sistem keamanan berstandar internasional yang dapat melindungi data dan informasi pengguna.

Tidak Perlu Bawa Uang Tunai

Dengan QRIS, pengguna tidak perlu lagi repot membawa uang tunai dalam jumlah besar. Cukup dengan menyimpan uang di dalam e-wallet atau rekening, pembayaran dapat dilakukan dengan mudah. Hal ini membuat pengguna lebih praktis dan tidak perlu khawatir kehilangan uang tunai.

Berbagai Pilihan Pembayaran

QRIS memberikan fleksibilitas dalam melakukan pembayaran. Pengguna dapat memilih berbagai metode pembayaran yang disediakan oleh QRIS, seperti menggunakan e-wallet, rekening bank, atau kartu kredit. Hal ini memudahkan pengguna dalam memilih metode pembayaran yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka.

Manfaat QRIS untuk Merchant

Selain pengguna, QRIS juga memberikan banyak manfaat bagi merchant atau penjual. Berikut adalah beberapa manfaat QRIS untuk merchant:

Proses Transaksi yang Praktis

Merchant yang menggunakan QRIS akan merasakan manfaat pemrosesan transaksi yang praktis. Dengan QRIS, karyawan di bagian kasir tidak perlu lagi menghitung uang secara manual atau menyiapkan uang kembalian. Cukup dengan memindai kode QRIS, transaksi dapat segera diproses dengan cepat dan akurat.

Keamanan Bertransaksi

QRIS memiliki sistem keamanan yang tinggi, sehingga merchant tidak perlu khawatir dengan keamanan transaksi. Setiap pembayaran yang dilakukan melalui QRIS akan langsung masuk ke rekening merchant dengan aman. Hal ini menghindarkan merchant dari risiko kehilangan atau kecurangan dalam transaksi.

Mencegah Pembayaran dengan Uang Palsu

QRIS juga mampu mencegah peredaran uang palsu. Dalam transaksi dengan QRIS, pembayaran dilakukan secara elektronik melalui e-wallet atau rekening bank. Hal ini membuat merchant terhindar dari risiko menerima uang palsu yang dapat merugikan bisnis mereka.

BACA JUGA :  Tuntut Ilmu Sampai Negeri Tirai Bambu, Ini 7 Alasan Kuliah di China

Tidak Perlu Menyiapkan Uang Kembalian

Dalam transaksi menggunakan uang tunai, merchant perlu menyiapkan uang kembalian untuk pelanggan. Namun, dengan QRIS, merchant tidak perlu lagi repot menyiapkan uang kembalian. Pembayaran dilakukan secara elektronik, sehingga tidak ada kembalian yang perlu diberikan.

Terdapat Catatan Transaksi yang Jelas

Setiap transaksi yang dilakukan melalui QRIS akan tercatat secara jelas dan lengkap. Hal ini memudahkan merchant dalam mengelola dan memeriksa riwayat transaksi. Dengan adanya catatan transaksi yang jelas, merchant dapat melakukan pelacakan dan analisis secara lebih efektif.

Berpotensi Meningkatkan Omzet

QRIS juga memiliki potensi untuk meningkatkan omzet bisnis merchant. Dengan menggunakan QRIS, merchant dapat menerima pembayaran dengan berbagai cara, seperti melalui e-wallet, rekening bank, atau kartu kredit. Hal ini memudahkan pembeli dalam melakukan pembayaran dan mengurangi risiko pembatalan transaksi akibat masalah pembayaran.

Cara Menggunakan QRIS Sebagai Sarana Pembayaran

Untuk menggunakan QRIS sebagai sarana pembayaran, berikut adalah langkah-langkah yang perlu diikuti:

1. Pastikan kamu memiliki saldo yang mencukupi di e-wallet atau rekening bank.
2. Periksa apakah merchant tempat kamu berbelanja menyediakan layanan pembayaran dengan QRIS.
3. Buka aplikasi mobile banking atau e-wallet yang mendukung layanan pembayaran QRIS.
4. Pindai atau scan kode QRIS yang terdapat di toko atau tempat pembayaran menggunakan aplikasi.
5. Verifikasi identitas pemilik kode QRIS dan masukkan nominal pembayaran.
6. Setelah melakukan verifikasi, transaksi akan segera diproses dan saldo rekening atau e-wallet kamu akan berkurang otomatis.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat dengan mudah menggunakan QRIS sebagai sarana pembayaran. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua merchant menyediakan fasilitas pembayaran dengan QRIS. Beberapa merchant mungkin tidak menggunakan QRIS karena adanya biaya MDR (Merchant Discount Rate) yang harus mereka bayarkan kepada penyelenggara QRIS. Biaya MDR ini sebesar 0,7% dari nilai transaksi.

BACA JUGA :  10 Prinsip Ekonomi yang Perlu Diketahui

Namun, ada cara pembayaran alternatif yang dapat digunakan jika merchant tidak menyediakan layanan QRIS. Salah satunya adalah menggunakan aplikasi sobatcloud.com. sobatcloud.com adalah aplikasi pembayaran yang memberikan kemudahan dalam melakukan pembayaran ke mana saja, baik itu rekening bank berbeda atau e-wallet. Yang lebih menarik, sobatcloud.com menyediakan layanan pembayaran secara gratis tanpa biaya administrasi atau biaya sejenis. Jadi, kamu dapat mengunduh dan menggunakan aplikasi sobatcloud.com untuk mendapatkan manfaat pembayaran yang lebih praktis dan efisien.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *