Nilai Guna Barang: Pengertian, Macam-Macam, dan Contohnya

pembaca sobatcloud.com, dalam artikel ini kita akan membahas tentang nilai guna barang. Kita pelajari sama-sama pengertian, jenis-jenis nilai guna barang, dan contoh-contohnya, ya!

Pendahuluan

pembaca sobatcloud.com, coba perhatikan barang-barang di sekitar elo. Setiap barang yang kita miliki pasti punya fungsi. Ada barang yang berfungsi hanya saat hujan, ada juga barang yang berfungsi hanya saat kita berada di luar rumah.

Kalau kita perhatikan, seluruh barang-barang yang memiliki fungsi ini tidak berbentuk bahan mentah. Artinya, bahan-bahan mentah yang telah melewati proses produksi menjadi lebih berguna atau mengalami penambahan nilai guna. Nah, nilai guna barang inilah yang akan kita bahas lebih lanjut.

Ekonomi Kreatif: Konsep, Pengertian Menurut Para Ahli, dan Contohnya

Pengertian Nilai Guna Barang

Nilai guna barang adalah nilai atau manfaat yang diperoleh seseorang dari menggunakan suatu barang atau jasa. Nilai atau manfaat yang dirasakan ini bisa saja terlihat bentuknya, bisa pula tidak terlihat.

Dalam kegiatan ekonomi, produsen akan menambah nilai guna barang pada bahan saat proses produksi. Sedangkan konsumen akan menghabiskan nilai guna barang dengan konsumsi.

Macam-Macam Nilai Guna Barang

Macam-Macam Nilai Guna Barang
Macam-Macam Nilai Guna Barang (Arsip sobatcloud.com)

Ada enam macam nilai guna barang. Apa saja perbedaannya? Mari kita bahas sama-sama.

1. Nilai Guna Tempat (Place Utility)

Barang-barang tertentu memberikan manfaat yang lebih besar jika berada di tempat yang tepat. Contohnya, jaket tebal lebih berguna untuk orang-orang yang tinggal di pegunungan atau wilayah bersalju. Contoh lainnya adalah pasir akan meningkat nilai gunanya ketika berada di toko bangunan daripada ketika masih belum diolah dan berada di alam.

BACA JUGA :  10 Mitos Sains yang Masih Banyak Dipercaya Orang

2. Nilai Guna Bentuk (Form Utility)

Contoh Nilai Guna Bentuk
Contoh Nilai Guna Bentuk (Arsip sobatcloud.com)

Nilai guna bentuk adalah manfaat yang bertambah dari suatu barang setelah berubah bentuknya. Contohnya, balok kayu atau kayu gelondongan yang sudah diolah menjadi meja dan kursi memiliki nilai guna yang lebih tinggi. Contoh lainnya adalah gulungan kain yang diolah menjadi pakaian dan tanah liat yang diolah menjadi batu bata.

3. Nilai Guna Waktu (Time Utility)

Contoh Nilai Guna Waktu
Contoh Nilai Guna Waktu (Arsip sobatcloud.com)

Nilai guna waktu adalah perubahan manfaat barang pada waktu-waktu tertentu. Contohnya saat musim hujan nilai guna jas hujan akan menjadi lebih tinggi dibandingkan musim panas. Begitu pula nilai guna tempat wisata akan menjadi lebih tinggi pada masa libur sekolah dibanding hari biasa.

4. Nilai Guna Pelayanan (Service Utility)

pembaca sobatcloud.com, ada benda-benda yang hanya akan berguna jika dibarengi dengan jasa pelayanan. Contohnya adalah televisi dan radio. Televisi dan radio hanya akan berguna jika ada orang-orang yang melakukan kegiatan penyiaran. Contoh lainnya, adalah becak yang akan berguna jika ada jasa tukang becak.

5. Nilai Guna Kepemilikan (Ownership Utility)

Contoh Nilai Guna Kepemilikan
Contoh Nilai Guna Kepemilikan (Arsip sobatcloud.com)

Beberapa benda akan memiliki manfaat atau nilai guna yang lebih besar ketika berpindah kepemilikan atau dimiliki oleh orang yang tepat. Contohnya, cangkul dan traktor akan lebih berguna bagi petani dibanding buruh pabrik. Contoh lainnya, pakaian dan alat olahraga akan lebih bermanfaat bagi atlet dibandingkan jika dimiliki oleh warga biasa.

6. Nilai Guna Dasar (Element Utility)

Suatu bahan bisa memiliki nilai guna yang lebih tinggi ketika mengalami proses produksi, namun kembali digunakan sebagai bahan dasar proses produksi yang berikutnya. Contohnya kapas akan memiliki nilai yang tinggi ketika sudah dipilin menjadi benang, serta tebu yang diolah menjadi gula dan dimanfaatkan sebagai bahan memasak.

BACA JUGA :  Pengertian Erosi, Faktor, dan Prosesnya – Materi Geografi Kelas 10

pembaca sobatcloud.com, materi tentang nilai guna barang sudah selesai! Materi ini mudah banget untuk dipahami, kan? Nah, elo bisa belajar materi-materi IPS yang lain dengan berlangganan paket-paket belajar dari sobatcloud.com.

Dengan berlangganan paket belajar sobatcloud.com, elo bisa mengakses ribuan materi video pembelajaran, ikutan Live Class bersama tutor-tutor sobatcloud.com yang cerdas dan siap membantu, serta mengerjakan soal-soal latihan untuk asah kemampuan elo.

Yuk, segera langganan sobatcloud.com dengan klik banner di bawah ini.

Nilai Guna Barang: Pengertian, Macam-Macam, dan Contohnya 18

Penulis: Dinda Puspitasari

Sumber: 

Oktima, N. (2012). Kamus Ekonomi. Aksara Sinergi Media.Cucu Risa Asmarani, M.Pd, C. C. R. (2020). Modul Ekonomi Kelas X. Direktorat SMA, Direktorat Jenderal PAUD, DIKDAS dan DIKMEN.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *