Manfaatkan TikTok Affiliate untuk Menambah Penjualan, Ini Tipsnya

Pengertian TikTok Affiliate

TikTok Affiliate atau TikTok Shop Affiliate merupakan metode penjualan yang membantu kreator untuk melakukan monetisasi atas konten yang dibuat. Dengan mempromosikan produk suatu brand, kreator bisa menerima komisi jika terjadi penjualan pada produk tersebut. Tren affiliate marketing semakin berkembang seiring pesatnya penggunaan media sosial. Selain TikTok, beberapa platform media sosial dan marketplace juga menerapkan strategi pemasaran ini untuk membantu pebisnis mempromosikan produknya. Kreator dapat melakukan pemasaran di mana saja, baik melalui media sosial, podcast, blog, maupun video streaming. Namun, mereka dituntut untuk mampu mempromosikan produk yang relevan dengan audiensnya melalui ide konten kreatif. Meskipun begitu, cuan yang dihasilkan dari program TikTok Affiliate cukup menggiurkan.

Data Influencer Marketing Hub menunjukkan bahwa ada sebanyak 1 miliar pengguna aktif TikTok per bulan. Sebagian besar pengguna media sosial populer ini memutuskan untuk berbelanja di TikTok Shop. Deretan kemudahan dan pengalaman berbelanja yang menyenangkan di TikTok Shop membuat user spending TikTok mencapai angka 110 juta dolar AS atau sekitar Rp1,6 triliun pada Februari 2021. Melihat tren ini, jelas bahwa TikTok Affiliate tidak hanya membawa keuntungan bagi penggunanya, tetapi juga menjadi kanal pemasaran efektif yang mampu menjangkau lebih banyak calon konsumen.

Begini Cara Kerja TikTok Affiliate

Cara kerja TikTok Affiliate program ini mirip dengan program sejenis di platform lain. Cara daftar tanpa minimal followers juga mudah dilakukan oleh pengguna TikTok. Terdapat empat pihak yang berperan dalam program pemasaran ini, yaitu merchant, affiliate network, kreator atau affiliate marketer, dan konsumen.

BACA JUGA :  Apa yang Dimaksud dengan Kartu Utang? Simak Pengertian, Fungsi dan Contohnya

Merchant merupakan pebisnis yang menyediakan produk untuk dipromosikan. Affiliate network adalah pihak yang berperan sebagai jembatan antara merchant dan affiliate marketer. Kadang kala beberapa merchant bekerja sama dengan affiliate network untuk menghimpun katalog produk, yang kemudian diserahkan kepada kreator. Kreator atau affiliate marketer adalah pihak yang mempromosikan produk dari merchant melalui konten video TikTok. Konsumen adalah pengguna TikTok yang membeli produk tersebut melalui kode atau link yang dibagikan oleh kreator.

Setiap affiliate marketer akan diberikan kode unik oleh merchant atau affiliate network. Kode ini bisa dibagikan kepada viewers TikTok dengan menampilkan link pembeliannya melalui video atau profil bio masing-masing. Kehadiran link ini sangat penting karena membantu merchant melacak jumlah transaksi yang dilakukan oleh setiap affiliate marketer. Dari hasil pelacakan tersebut, merchant dapat memberikan komisi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Mengapa Perlu Pakai TikTok Affiliate untuk Pemasaran?

TikTok berhasil mematahkan stigma sebagai media sosial yang hanya menampilkan tren menari, makeup makeover, atau berakting. Format video di TikTok justru mendorong kreativitas para pengguna dan membawa lebih banyak manfaat. Salah satunya adalah sebagai platform berjualan atau yang sering disebut sebagai social commerce. Keberadaan TikTok Affiliate program menciptakan kombinasi kuat yang bisa berkontribusi signifikan terhadap kenaikan angka penjualan.

Ada beberapa al


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *