10 Manfaat Video Game yang Wajib Elo Ketahui sebagai Gamer!

Manfaat Video game itu bagus buat lo

Loh, kenapa gitu? Bukannya main video game itu cuma buang-buang waktu ya? Bukannya main video game itu ganggu kita belajar? Bukannya video game itu bikin kita bego ya?

Gue mau bilang di tulisan ini, kalo semua itu salah. Video game itu buruk kalau lo mainnya kebanyakan. Nah, kata kuncinya adalah “kebanyakan”. Kalo kita lihat definisinya, kebanyakan artinya lebih dari yang dibutuhkan. Ya semua hal kalo kebanyakan, gak baik, lah. Contoh, deh. Lo pasti setuju kalo makan atau tidur itu hal yang baik. Iya, lah. tapi, kalo makan atau tidur kebanyakan, gimana? Gak baik. Bukan berarti artinya lo jadinya gak makan atau tidur, kan? Tapi ya akhirnya lo batasin makan atau tidur lo supaya gak kebanyakan.

Apa itu video game? video game adalah permainan yang menggunakan interaksi gambar yang dihasilkan oleh peranti video. video game dimainkan dengan cara umpan balik visual dan juga audio. Pemain menggunakan joystick, keyboard, motion sensing untuk bergerak. Permainannya dapat dilihat melalui perangkat layar seperti layar handphone, TV, atau monitor. Supaya lebih seru, video game juga dilengkapi dengan umpan balik audio melalui speaker atau headphone. video game ini bisa dimainkan oleh satu, dua, beramai-ramai, ataupun berkelompok.

Video game ada banyak banget jenisnya. Video game dibagi menjadi dua yaitu permainan dalam jaringan (online) atau permainan yang tidak terhubung dengan jaringan (offline). Contoh video game offline adalah Zuma, Candy Crush, dan Plants vs Zombie. Nah, kalau video game online, pasti kalian bisa menyebutkan di luar kepala deh! Ada Call of Duty (COD), Mobile Legend, Playerunknown’s Battlegrounds (PUBG), dan Defense of the Ancients (DOTA).

Jangan dikira main game itu nggak ada gunanya ya! Main game punya banyak manfaat. Tapi ingat, nggak boleh berlebihan. Semua yang berlebihan pasti hasilnya nggak baik. Nah sekarang kita simak ya 10 manfaat video game di bawah ini.

1. Meningkatkan kemampuan problem solving 

Video game dapat meningkatkan kecepatan otak memproses informasi, meningkatkan kemampuan reasoning, dan problem-solving. Orang yang main video game kemampuan kognitifnya 20% lebih tinggi  dibandingkan yang gak main video game.

Kenapa bisa gitu? Sebenernya video game itu isinya serangkaian masalah yang harus diselesaikan. Lo harus nyari informasi, analisis, mencoba berbagai cara, dan merencanakan strategi untuk bisa melewati sebuah level.

BACA JUGA :  Mutasi Genetik, Pengertian, Dampak & Penyebabnya

Levelnya makin lama pasti makin sulit. Hal ini akan memacu otak untuk terus mengembangkan kemampuan problem solving. Kalah itu urusan biasa, yang penting terus mencoba supaya bisa menang saat main game. 

2. Mengembangkan otak kanan 

Ada banyak cara untuk bisa memenangkan level game. Lo butuh trial and error untuk bisa menang. Di sinilah otak kanan lo diasah. Otak kanan mengatur kreativitas, inovasi, gambaran, dan lain-lain.

Kreativitas yang lo kerahkan untuk bisa menang, lama kelamaan terasah. Lo akan mengerahkan segala cara, taktik, dan inovasi setiap bermain. Kreativitas lo dalam game juga bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Gimana, kamu setuju nggak kalau gamers biasanya lebih kreatif dari yang bukan gamers?

3. Bahasa Inggris makin jago

Lo bisa belajar bahasa Inggris dari video game. Hari gini, belajar bahasa Inggris nggak cuma dari buku pelajaran aja, tapi bisa lewat banyak cara lain seperti nonton video atau main game.

Misal, lo nonton film, walaupun lo gak sepenuhnya ngerti apa yang terjadi, ya ceritanya tetap berjalan. Buku juga kaya gitu. Lo ga sepenuhnya ngerti halaman sebelumnya, tapi ya bisa aja lo lanjut ke halaman selanjutnya. Nah, dalam video game, kalo lo gak ngerti apa yang terjadi, lo harus ngapain dan harus ke mana, ya lo stuck. Gak bisa ngelanjutin ceritanya. video game menuntut lo untuk mengerti semua yang terjadi. Lo harus ngerti semua vocab dan grammar yang ada. Salah ngerti, ya gak bisa ngapa-ngapain karena salah informasi dan akhirnya lo salah tujuan. Jadi, dengan main video game, kalo ada yang lo gak ngerti, lo ada keharusan untuk nyari tau. Dengan gitu, ya lama-lama bahasa inggris lo meningkat.

Oh iya, ketika lo main game online dan melawan orang dari luar Indonesia, bahasa yang digunakan adalah bahasa Inggris sebagai bahasa universal. Mau nggak mau, lo akan terbiasa untuk bicara bahasa Inggris.

Eits, ini dengan catatan hanya berlaku untuk game yang memiliki cerita, bukan game macam candy crush atau angry birds ya!

4. Cepat dalam mengambil keputusan

Menurut penelitian, orang yang main game memiliki kemampuan mengambil keputusan 25% lebih cepat dari yang tidak main game. Kenapa bisa gitu? Dalam video game sering banget butuh kecepatan lo ngambil keputusan. Lo dikasih suatu masalah, dan harus secepat mungkin nyelesain itu. Kalo nggak, ya kalah. Sebenernya, ini gak jauh-jauh dari nomor 1 di atas. Kemampuan problem-solving dilatih terus-menerus, ya lama-lama mengambil keputusan untuk nyelesain masalah itu akan jadi lebih cepat.

BACA JUGA :  Rumus Medan Magnet Akibat Arus Listrik

Trus, pentingnya ini buat lo, apa? gini. Kalo lo ngerjain soal, gak ada batas waktunya, ya ini gak ada gunanya. Lo mengambil keputusan cepat sama dengan ngerjain soal lebih cepat. Inget, harus cepat dan tepat ya.  

5. Lebih mudah fokus

Main video game dapat meningkatkan short-term dan long-term memory, serta fokus.  Main video game bisa bikin ingatan lo lebih baik, trus bikin lo lebih gampang fokus. Kenapa bisa gitu? banyak hal yang harus lo perhatiin pas main game. Misalnya jarak antara lo dan musuh lo, tembakan lo, arah gerakan musuh, senjata yang dipakai musuh, jumlah nyawa lo, dan masih banyak lagi. 

Lo harus perhatiin semuanya, tapi harus juga tetep fokus ke satu hal, yaitu masalah yang harus lo selesein. Bengong dikit, kalah. Jadi, lo dilatih untuk multitasking, tapi tetap fokus. Lo dituntut untuk inget semua informasi itu, sembari ngejalanin karakter lo.

Ketika memory lo jadi lebih bagus, jadi pas ngerjain soal gak bengong-bengong lupa. Fokus? Ya lo ngerjain soal jadi gak gampang terganggu. Bisa lebih cepat, gak dikejar-kejar waktu, deh.

6. Meningkatkan kemampuan membaca

Manfaat bermain game menurut para ahli adalah dapat meningkatkan kemampuan membaca. Bermain game selama dua belas jam lebih meningkatkan kemampuan membaca daripada baca buku selama dua belas jam, karena peningkatan attention span. 

Attention span adalah jangka waktu dimana lo bisa konsentrasi dan fokus terhadap suatu hal. Nah, sebenarnya ini masih ada hubungannya sama nomor sebelumnya. Karena bisa lebih fokus, kemampuan membaca lo meningkat. Bahkan lebih meningkat ketika lo main game dibanding lo baca buku, gila gak?

Maksudnya kemampuan membaca meningkat, tuh apa sih? Lo bisa ngerti isi dari suatu bacaan lebih cepat. Lo nggak jadi buang-buang waktu deh.

7. Melatih Otak dan Otot

Main video game menggunakan otak dan juga otot. Otot ini artinya lo perlu menggerakkan tangan lo untuk memencet kursor. Ketika ingin bergerak lincah, otak lo menyuruh otot di tangan dan jari untuk memencet tombol dengan cepat dan juga tepat.

BACA JUGA :  Phonetic Symbol – Mengenal Definisi dan Contoh Simbol Fonetik

Ketika lo terbiasa untuk menggunakan otak dan otot dengan cepat, di dunia sehari-hari lo pasti juga terbiasa untuk bergerak lebih cepat. 

8. Mengurangi stres

Gue yakin banget kali ini lo sepakat kalau main video game bisa mengurangi stres. Nggak cuma anak-anak dan remaja yang butuh main video game. Para pekerja kantoran juga butuh main video game untuk membuat otak jadi lebih fresh.

Makanya, di masa sekarang, banyak banget kantor yang dilengkapi dengan peralatan game online. Fungsinya supaya para pekerjanya bisa bersantai sejenak dan tidak stres saat bekerja.

Ingat, semua yang berlebihan tidak baik. Kalau terlalu banyak main justru elo bakal makin stres karena tugas-tugas elo nggak kelar. 

9. Melatih teamwork

Di kehidupan sekolah sampai dunia kerja, kerjasama tim itu selalu dibutuhkan. Elo bisa belajar kerjasama ketika sedang main game online yang dimainkan oleh anggota tim. 

Dalam tim, para pemain game akan saling memberikan kode, tanda, dan membagi strategi untuk menjatuhkan lawan. Berangkat dari satu tujuan yang sama, akhirnya para pemain game saling berkoordinasi deh. 

Beberapa video game bahkan menyediakan aplikasi pesan dan pesan suara supaya para pemain bisa saling berkomunikasi. Di sinilah terjadinya proses komunikasi dan koordinasi antar pemain. 

Elo dan temen-temen elo secara nggak sadar bisa saling membantu anggota tim supaya bisa menang lewat berbagai cara. 

10. Membantu hubungan sosial

Di antar elo semua, siapa yang kesulitan untuk bersosialiasi? Tenang, ada cara buat elo yang pemalu untuk bisa berinteraksi dengan orang lain. Caranya adalah dengan main game online.

Interaksi antar pemain di game online ternyata memicu para pemainnya untuk saling bertemu. Peneliti mengungkapkan bahwa 70% dari semua pemain bermain dengan teman yang telah ditemuinya beberapa waktu. 

Setelah membaca banyak manfaatnya, kalian jadi makin semangat nggak main video game? Ibarat pedang, bermain juga bermata dua. Ada segudang manfaat yang bisa didapatkan ketika bermain video game, apalagi game yang multiplayer. Tapi jika terlalu sering, bukannya dapat manfaat, tapi malah jadi berbahaya.

sobatcloud.com juga punya fitur menarik buat lo untuk mengasah fundamental skill lo dalam belajar, yaitu Zencore. Lo juga bisa push rank bareng teman lo saking asyiknya. Jadi gimana, elo berani nggak cobain Zencore?  

10 Manfaat Video Game yang Wajib Elo Ketahui sebagai Gamer! 9

Baca juga :

ZenCore: Belajar Asik Sambil Main Game

Mengenal Game: Sejarah dan Alasan Kenapa Kita Jadi Candu?

6 Aplikasi Game Belajar Berhitung yang Menyenangkan untuk Anak

9 Game Edukasi yang Bisa Bantu Proses Tumbuh Kembang Anak

6 Game Keluarga Online dan Offline, Seru Buat Mabar!

11 Aplikasi Belajar Membaca yang Bisa Diunduh Gratis


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *