Jangan Lewatkan 7 Manfaat BPJS Kesehatan untuk Keluarga

7 Keuntungan BPJS Kesehatan

1. Menanggung berbagai penyakit

Salah satu keuntungan BPJS yang menjadi daya tarik utama program jaminan kesehatan nasional ini adalah cakupan penyakit yang ditanggung. Melalui manfaat BPJS Kesehatan, sebagian biaya dari pengobatan berbagai penyakit ringan maupun berat akan ditanggung. Bagusnya, BPJS bahkan menanggung perawatan yang pada umumnya dikecualikan oleh asuransi lain, misalnya kemoterapi untuk kanker, cuci darah untuk penyakit ginjal, konsultasi gangguan jiwa, dan pengobatan penyakit hormonal atau bawaan dari lahir.

Dengan adanya BPJS Kesehatan, masyarakat tidak perlu lagi khawatir tentang biaya pengobatan yang mahal. Semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik dan terjangkau. Tidak ada lagi alasan untuk menunda atau mengabaikan kesehatan karena masalah biaya.

2. Preminya murah

Alasan lain mengapa manfaat BPJS Kesehatan sangat patut dipertimbangkan adalah harga preminya yang terjangkau, terutama saat mempertimbangkan kualitas layanannya. Sebagai gambaran, tingkatan kelas tertinggi dari BPJS Kesehatan atau kelas 1 memiliki premi bulanan sebesar Rp150 ribu, sedangkan yang terendah hanya seharga Rp35 ribu per bulan. Bahkan untuk penerima bantuan iuran dari pemerintah, mereka sama sekali tidak perlu mengeluarkan biaya sepeser pun untuk menikmati manfaat BPJS.

Dengan premi yang terjangkau, semua lapisan masyarakat dapat mengakses layanan kesehatan yang sama tanpa harus khawatir dengan biaya yang mahal. Hal ini membantu masyarakat yang kurang mampu dalam mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik dan berkualitas.

BACA JUGA :  Ingin Pergi ke Luar Negeri? Pahami Perbedaan Visa dan Paspor, Yuk!

3. Ada jaminan seumur hidup

Manfaat BPJS Kesehatan sangatlah menguntungkan. Hanya dengan satu kali mendaftar BPJS Kesehatan, keuntungannya akan kamu rasakan seumur hidup. Hal tersebut juga berlaku untuk semua anggota keluarga. Untuk memperolehnya, kamu hanya perlu melunasi pembayaran premi bulanan dengan tepat waktu. Dengan demikian, biaya perawatanmu di rumah sakit atau klinik akan lebih murah.

Jaminan seumur hidup ini memberikan perlindungan kesehatan yang berkelanjutan bagi masyarakat Indonesia. Tidak hanya saat masih produktif, tetapi juga saat sudah memasuki usia lanjut yang sering kali membutuhkan perawatan kesehatan lebih intensif.

4. Tidak memerlukan pengecekan medis saat pendaftaran

Pada umumnya, calon pemegang polis asuransi kesehatan harus menjalani pengecekan medis sebelum bisa mendapatkan asuransi. Langkah ini biasanya bertujuan untuk mendeteksi adanya pre-existing condition atau penyakit yang sudah ada sebelumnya demi menentukan besaran premi. Akan tetapi, BPJS Kesehatan tidak memberlakukan sistem ini. Jadi, keuntungan BPJS lainnya adalah kamu bisa langsung menjadi anggota dan menerima manfaatnya tanpa harus menjalani proses screening kesehatan.

Dengan tidak adanya pengecekan medis saat pendaftaran, semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan perlindungan kesehatan. Tidak ada diskriminasi berdasarkan kondisi kesehatan sebelumnya.

5. Menghemat biaya operasi persalinan

Menurut informasi dari CNBC, harga rata-rata persalinan normal di rumah sakit ternama ibu kota per tahun 2022 berkisar antara Rp9 juta hingga Rp30 juta. Selain itu, tidak dapat dimungkiri bahwa operasi persalinan darurat juga bisa menambah pengeluaran. Maka dari itu, manfaat BPJS Kesehatan berupa penggratisan biaya persalinan untuk rawat inap tingkat pertama akan sangat menghemat biaya. Tidak hanya persalinan normal, manfaat BPJS juga berlaku untuk operasi persalinan dengan komplikasi.

BACA JUGA :  5 Cara Top Up GoPay, Mudah dan Praktis!

Dengan adanya BPJS Kesehatan, biaya persalinan tidak lagi menjadi beban yang berat bagi keluarga. Semua ibu hamil dapat memperoleh pelayanan persalinan yang aman dan berkualitas tanpa harus khawatir dengan biaya yang mahal.

6. Pelayanan kesehatan yang berkualitas dan terjangkau

Dengan mendaftarkan diri serta semua anggota keluarga dalam program BPJS, kamu berhak mendapatkan manfaat BPJS Kesehatan dalam wujud pelayanan medis yang berkualitas tinggi dengan harga murah. Pasalnya, setiap peserta BPJS berhak menerima manfaat dari pelayanan kesehatan tingkat pertama, mulai dari konsultasi dengan dokter umum hingga bahkan pengobatan dengan spesialis tertentu. Untuk semakin melengkapi keuntungan tersebut, biaya tebusan obat dari apotek dan fasilitas penunjang lainnya juga sudah ditanggung oleh BPJS.

Dengan pelayanan kesehatan yang berkualitas dan terjangkau, masyarakat dapat memperoleh perawatan yang sesuai dengan kebutuhan mereka tanpa harus khawatir dengan biaya yang mahal. Semua orang memiliki akses yang sama terhadap pelayanan kesehatan yang berkualitas.

7. Tidak memberlakukan masa tunggu yang panjang

Biasanya, asuransi akan memberlakukan masa tunggu untuk peserta sebelum bisa menikmati manfaat yang ditawarkan. Durasi masa tunggu tersebut sangat beragam dan bergantung dari kondisi awal pendaftar, yaitu antara satu bulan sampai dua tahun. Namun, BPJS Kesehatan hanya memberlakukan masa tunggu selama 14 hari atau dua minggu saja, apa pun kondisimu. Setelah itu, kamu bisa segera merasakan manfaat BPJS Kesehatan untuk diri sendiri dan keluarga.

Dengan tidak adanya masa tunggu yang panjang, peserta BPJS Kesehatan dapat segera memanfaatkan manfaat yang ditawarkan tanpa harus menunggu lama. Hal ini sangat penting terutama dalam situasi darurat atau ketika seseorang membutuhkan perawatan segera.

Kesimpulan

BPJS Kesehatan merupakan program jaminan kesehatan yang memberikan banyak keuntungan bagi masyarakat Indonesia. Dengan mendaftar BPJS Kesehatan, kamu akan mendapatkan manfaat berupa perlindungan kesehatan yang meliputi berbagai penyakit, premi yang terjangkau, jaminan seumur hidup, tidak memerlukan pengecekan medis saat pendaftaran, penghematan biaya operasi persalinan, pelayanan kesehatan yang berkualitas dan terjangkau, serta tidak memberlakukan masa tunggu yang panjang.

BACA JUGA :  Mau Kuliah di Harvard University? Simak Dulu Info Penting Berikut!

Dengan adanya BPJS Kesehatan, masyarakat Indonesia dapat lebih mudah mengakses layanan kesehatan yang berkualitas tanpa harus khawatir dengan biaya yang mahal. Semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan perlindungan kesehatan yang baik dan terjangkau. Jadi, jangan ragu untuk mendaftarkan diri serta semua anggota keluarga dalam program BPJS Kesehatan.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *