Macam-macam Metode Pembayaran Online yang Populer di E-commerce

Pengertian Metode Pembayaran

Metode pembayaran adalah cara yang digunakan untuk membayar suatu transaksi jual beli. Mengutip laman Bank Indonesia, metode atau sistem pembayaran terdiri atas dua jenis, yaitu pembayaran tunai dan nontunai. Perbedaan keduanya ada pada instrumen yang dipakai. Uang kartal berupa uang logam dan uang kertas dikenal sebagai alat pembayaran tunai yang paling banyak dipakai. Sementara, pembayaran nontunai memakai Alat Pembayaran Menggunakan Kartu (APMK), bilyet giro, nota debit, cek, dan uang elektronik.

Pembayaran tunai adalah cara pembayaran yang paling sederhana dan umum digunakan. Pada pembayaran tunai, pembeli membayar langsung dengan uang tunai kepada penjual saat melakukan transaksi jual beli. Keuntungan dari metode pembayaran tunai adalah kemudahan dan kecepatan dalam melakukan transaksi. Namun, metode ini juga memiliki kelemahan, seperti risiko kehilangan uang tunai dan sulitnya melacak transaksi secara elektronik.

Sementara itu, pembayaran nontunai mengacu pada metode pembayaran yang tidak menggunakan uang tunai secara fisik. Metode ini lebih modern dan umum digunakan dalam transaksi jual beli masa kini. Salah satu jenis pembayaran nontunai yang populer adalah menggunakan kartu kredit. Dalam pembayaran menggunakan kartu kredit, pembeli dapat membeli barang atau jasa tanpa harus membayar secara langsung. Pemegang kartu kredit akan menerima tagihan bulanan yang harus dibayarkan sesuai dengan transaksi yang dilakukan.

Selain kartu kredit, pembayaran nontunai juga dapat dilakukan menggunakan kartu debit. Kartu debit adalah alat pembayaran yang terhubung langsung dengan rekening bank pemilik kartu. Ketika melakukan transaksi, dana akan langsung ditarik dari rekening bank tersebut. Keuntungan menggunakan kartu debit adalah pembayaran dapat dilakukan secara real-time dan pengeluaran bisa terkontrol dengan lebih baik. Namun, penggunaan kartu debit terbatas pada saldo yang ada di rekening bank.

BACA JUGA :  Manfaat Asuransi Bagi Perusahaan: Bisa Antisipasi Bisnis Hancur?

Selain kartu kredit dan kartu debit, terdapat juga metode pembayaran nontunai lainnya seperti menggunakan uang elektronik. Uang elektronik atau e-money adalah bentuk uang yang tersimpan dalam chip atau media server. Nilai uang elektronik ini dapat digunakan untuk melakukan transaksi jual beli dengan mudah dan cepat. Salah satu contoh uang elektronik yang populer adalah e-wallet, yang dapat digunakan untuk membeli berbagai barang atau jasa secara online.

Macam-macam Metode Pembayaran Online

Jika Anda perhatikan, platform e-commerce masa kini menyediakan beberapa cara pembayaran online. Hal tersebut bertujuan agar konsumen leluasa memilih cara pembayaran mana yang dirasa paling aman sesuai preferensi masing-masing. Pembahasan berikut akan mengupas macam-macam metode pembayaran online yang dikelompokkan sesuai instrumen dan kanal pembayaran. Yuk, simak penjelasannya!

Instrumen Pembayaran Tunai dan Non Tunai

Instrumen pembayaran yang dimaksud adalah alat yang digunakan untuk menyelesaikan suatu transaksi. Artinya, alat tersebut mempunyai bentuk fisik yang dapat digenggam dan dibawa ke mana saja oleh konsumen. Ada dua jenis instrumen pembayaran yang digunakan saat belanja online, yaitu tunai dan nontunai.

COD

Cash on Delivery atau COD adalah salah satu metode pembayaran tunai yang masih mendominasi transaksi belanja online. Menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS), sebanyak 78,72% transaksi e-commerce menggunakan metode pembayaran COD. Hal ini menunjukkan bahwa masih banyak konsumen yang memilih pembayaran tunai karena alasan keamanan dan kepercayaan dalam bertransaksi online.

Pembayaran COD dilakukan dengan cara pembeli membayar langsung kepada kurir atau pengantar barang saat pesanan sudah diterima. Keuntungan dari metode ini adalah pembeli dapat memastikan bahwa barang yang diterima sesuai dengan pesanan sebelum melakukan pembayaran. Namun, kelemahan dari metode ini adalah adanya risiko penipuan atau ketidakjujuran dari pihak pembeli maupun penjual.

BACA JUGA :  500: Internal Server Error

Kartu Kredit

Kartu kredit merupakan salah satu jenis alat pembayaran nontunai yang banyak digunakan dalam transaksi jual beli online. Dengan menggunakan kartu kredit, pembeli dapat membeli barang atau jasa dengan cara mencicil pembayaran atau membayar secara penuh dalam satu tagihan bulanan.

Keuntungan menggunakan kartu kredit adalah pembeli dapat memiliki barang atau jasa yang dibutuhkan tanpa harus membayar secara langsung. Selain itu, pengguna kartu kredit juga dapat memanfaatkan berbagai promo dan diskon yang ditawarkan oleh bank penerbit kartu.

Namun, penggunaan kartu kredit juga memiliki beberapa kelemahan. Salah satunya adalah risiko adanya penyalahgunaan kartu kredit oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu, penting bagi pemegang kartu kredit untuk menjaga kerahasiaan data kartu dan melaporkan segera jika terjadi kehilangan atau pencurian kartu.

Kartu Debit

Kartu debit juga merupakan salah satu jenis alat pembayaran nontunai yang populer dalam transaksi jual beli online. Dalam pembayaran menggunakan kartu debit, dana akan langsung ditarik dari rekening bank pemilik kartu saat melakukan transaksi.

Keuntungan menggunakan kartu debit adalah pembayaran dapat dilakukan secara real-time dan pengeluaran bisa terkontrol dengan lebih baik. Selain itu, kartu debit juga dapat digunakan sebagai kartu ATM untuk menarik uang tunai di gerai ATM.

Namun, penggunaan kartu debit terbatas pada saldo yang ada di rekening bank. Oleh karena itu, penting bagi pemilik kartu debit untuk memastikan bahwa saldo dalam rekening mencukupi sebelum melakukan transaksi.

Uang Elektronik

Uang elektronik atau e-money adalah bentuk uang yang tersimpan dalam chip atau media server. Nilai uang elektronik ini dapat digunakan untuk melakukan transaksi jual beli dengan mudah dan cepat. Dalam transaksi online, uang elektronik dapat digunakan sebagai alat pembayaran yang praktis dan aman.

BACA JUGA :  500: Internal Server Error

Salah satu contoh uang elektronik yang populer adalah e-wallet. E-wallet adalah aplikasi atau layanan yang menyimpan data instrumen pembayaran, baik alat pembayaran berbasis kartu maupun uang elektronik. Dengan menggunakan e-wallet, pengguna dapat melakukan pembayaran dengan mudah melalui smartphone atau perangkat elektronik lainnya.

Namun, perlu diingat bahwa nilai uang yang tersimpan dalam e-wallet tidak bisa dialihkan ke dompet digital lain. Oleh karena itu, pengguna e-wallet perlu memastikan bahwa saldo dalam e-wallet mencukupi sebelum melakukan transaksi.

Kanal dan


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *